Safety Riding Kok Diperlombakan oleh ATPM…?? Ane Jadi Bingung…

6 10 2011

image

Hmmm…ane hanya mencoba memberikan sedikit opini mengenai kegiatan “lomba safety riding” yang diadakan oleh salah satu ATPM belum lama ini..artikel ini sebenarnya sedikit banyak berasal dari diskusi bernas dengan beberapa.rekan Otoblogger Indonesia di Angkringan Pancoran beberapa watu lalu..adalah Eyang Edo, kang Nadhi, lae Bodats dan bro Ardy yang membahas topik ini..

Pemberitaan di beberapa blog dan media massa pun terkesan adem ayem saja memberitakan, dan lebih terlihat sebagai “paper pusher” yang manut saja… disinyalir ATPM memberikan lembaran kertas press release..lantas sang pewarta meng copy paste mentah-mentah tanpa mau menganalisa dan lebih lanjut..hehehe..sayang sekali ya..

Kalau ane boleh mendefinisikan frase “safety riding” sebenarnya simple saja, yaitu sebuah ikhtiar dalam mengendarai motor dengan melibatkan pemahaman terhadap Rules, Skill dan Attitude sehingga sampai dengan selamat di tujuan. Nah, dengan berpegangan pada definisi ini..yang mana juga dipakai oleh Road Safety Association, maka ketika terdapat acara “lomba safety riding” ane langsung mikir..apa yang mau dilombakan ya..?

Akan sama herannya jika sebuah perusahaan yang mengedepankan HSE (Health, Safety, Environment) di lingkungan kerjanya, katakanlah sebuah pabrik, lalu mengadakan lomba HSE antar divisi..aneh bukan…? Safety kok dilombakan..??

Kembali ke “lomba safety riding” tadi..rupanya berisi lomba keterampilan berkendara yang meliputi berkendara di atas jalan bergelombang (bumpy road), keseimbangan berkendara di atas papan (balance track), dan.berkendara zig-zag melalui cone (slalom). Menilik isi lombanya, akan lebih tepat disebut dengan “LOMBA KETERAMPILAN BERKENDARA” atau “RIDING SKILL COMPETITION”. Mengapa…?? Karena itu semua adalah murni skill berkendara, tidak melibatkan Rules dan Attitude yang diperlukan untuk mencapai kondisi safety.

Mengherankan bukan…?? Apakah pengendara motor kita dituntut untuk dapat bermanuver di atas motor sehebat polisi BM di Jepang…?? Tentunya tidak tho…justru attitude adalah satu hal yang harus ditekankan melihat perilaku pemotor di jalanan. Apakah ATPM itu hanya sekedar membuat acara untuk mencegah pencitraan bahwa motor adalah kendaraan penjagal nomor satu di jalanan Indonesia…?? Well..silakan saja melakukan pencitraan. Tapi tolong dong jangan melakukan Pembodohan Otomotif…!!

Kenyataannya korban kecelakaan lalu lintas terbanyak tetap pengendara motor kok..mereka adalah korban kegagalan transportasi publik yang mendadak harus bisa, tahu dan mau cara berkendara motor. Memangnya ATPM mengajarkan safety riding ketika motor dibeli…?? Memangnya ATPM peduli sama sarana jalan yang bolong dan makan korban…?? Enggak kan…??

Apakah ATPM tersebut mencoba menggiring opini dan pemahaman konsumen dan juga pengendara motor bahwa safety riding itu hanya sekedar slalom, balance.track dan bumpy road..?? Waah..jika benar demikian maka akan terjadi penyempitan makna safety riding dan lebih luas lagi Road Safety. Padahal makna safety riding itu lebih luas lagi..Kasihan yah..masyarakat kita harus disempitkan pemahamannya tentang keamanan berkendara..padahal mereka setiap hari bermotor mencari nafkah lhoo..

Kembali ke judul artikel..Lalu untuk apa “safety riding” itu dilombakan…?? Hal ini masih membingungkan ane…Adakah yang bisa bantu menjelaskan…??


Aksi

Information

25 responses

6 10 2011
Anggara46

masuk akal….

6 10 2011
Haryudha Azhari Trengginas

safety riding is a bullshit without we knew how to ride safely..

how to control your bike and etc..

http://cornering-indonesia.com/

6 10 2011
bennythegreat

Gimana opini kawan-kawan COIN tentang event ini..?
Sampai ke jepang segala lho acaranya..

6 10 2011
Haryudha Azhari Trengginas

Belum tau bro.. Coba aja join di grup fb CoIn..

http://www.facebook.com/groups/Coined/

Nanti tinggal ente share aja deh artikelnya..

Sekalian minta komentar yang lain lain..
🙂

6 10 2011
Haryudha Azhari Trengginas

Kalau opini pribadi saya sendiri sih ya oke oke aja..

Mungkin namanya aja kali yang harus diubah..

Menjadi PERFORMANCE RIDING or etc..
🙂

6 10 2011
bennythegreat

Naaagh..kalo itu baru oke..
Kalo mau jor-joran di skill ya monggo saja..
Sekalian bikin lomba trykhana dan gymkhana..

6 10 2011
Datuk

bukan safety riding, tapi keterampilan berkendara menggunakan motor mungkin.
kayaknya besok2 free styele juga masuk kategori lomba tu, dasar pemikirannya adalah bagaimana mengendarai sepeda motor secara tidak biasa tapi tetap aman, tidak jatuh, tidak celaka & tetap mengenakan safety gear.
aya aya wae😀

6 10 2011
BukanAnakPanda

keren tuh bahasanya..
“bagaimana mengendarai motor secara tidak biasa tapi tetap aman” keren nih lebih setuju daripada bahas safety riding melulu.., maap om benny kadang gw liat banyak org terlalu lebay soal safety gear ngomong safety riding tp cara dia berkendara sendiri itu gak bener lebih lagi kalo bergerombol / konvoi gitu.. gw juga ga bilang gw bener tp petikan diatas pas bgt untuk diambil.. “mengendarai motor secara tidak biasa namun ttp aman untuk personal dan sekitar” lebih baik diambil ATPM drpada bahas safety riding yang banyak salah kaprah…

6 10 2011
jaos

itu cuma trik buat jualan.

belum ada, rasanya, yg namanya safety, kebaikan dan hal2 yg mulia diperlombakan. Yang biasanya diperlombakan adalah soal performance, keunggulan dan siapa yg paling tamak/rakus/jahat/nekat.

6 10 2011
Rancho dev

Hari rabu kemarin lihat berita di Tv setidaknya 3 pengendara motor tewas kecelakaan dalam sehari, gimana dalam seminggu sebulan. Miris, tragis.

6 10 2011
Long'S

Memberikan lembaran kertas
Ck ck ck bisa kobong nihh klo ada blogger yg di undang ke acara tersebut tersinggung lalu sumpah lontong😆

6 10 2011
dara

Setujuu deh.. sama kamyu……
Dapet coklat gratis … hehehe

Yeep… Lombanya ga sapeti neeh… Harusnya yg lomba tuh dep PU .. jadi kalo ada halang rintang kayak yg dilombakan gitu… hancurkan…. bikin mulus… sukur2 dijadiin jalur kereta …😀

8 10 2011
bimo bapake valen

barangkali maksudnya kalo udah jago nglewati CONE tanpa ada yg jatuh, berarti boleh zig-zag di jalan gitu ya?
aya-aya wae ne lomba..

6 10 2011
Maskur

iya aku jiga bingung
pas di jogja tanya ke mbah Edo, lombanya kayak apa
tetap ra maksud

6 10 2011
ungeex

pencitraaan yg kuraang pass…

6 10 2011
Idog

kalo yg begituan masuk kategori safety riding… berarti jln Kalimalang, tiap hari donk jadi tempat Latihan… Latihan rutin Safety Riding…

Pantesan dinas PU agak berat perbaikan jalan. kalo jln bagus ga da lg tempat latihan safety ride…😀

6 10 2011
augusta

minta ijin share artikel ini di facebook ane ya bro!

6 10 2011
bennythegreat

monggo..

6 10 2011
rzky

klo dlombakan, variabelnya ap????safety riding adalah “behaviour” bukan sekedar game tuk mencari poin,,,,,,

8 10 2011
bimo bapake valen

ga tepat kalo disebut lomba safety riding.
soale safety riding berkaitan dengan habit berkendara di jalan yang sebenarnya. bukan sekedar simulasi di lapangan.
lebih tepat kalo disebut lomba riding skill.
saya malah lebih setuju jika materi safety riding diajarkan di sekolah atau instansi.
lebih mengena..

mungkin ini hanya strategi penjualan ATPM tsb. biar dianggap yang paling getol mengkampanyekan safety riding.

10 10 2011
wong ndeso

kalo pake Puteri Indonesia itu terlalu pencitraan kah?

11 10 2011
ya maho

iya tuh, yang sebelah gimana tuh? pake icon miss miss an itu..iklannya padahal motor mpek rubuhin jembatan

4 10 2012
joko

iklan mas, sama halnya iklan KECAP NOMER 1, apa beneran no 1? tidak kan? bedain mana iklan mana realita.

4 10 2012
joko

sebenernya saya sepemikiran dengan bung ben, maasa sih safety riding dilombakan, kalo gitu ntar ada lomba safety flying safety swimming safety lain-lain. hadeh….safety riding itu diajarkan bukan dilombakan.
memang itu tepatnya riding skill competition, dan kalo gitu kedepannya bisa juga disisipin acara whellie, stoppie dll, juga termasuk skill tuh😀

4 10 2012
jofrin

lhoooo bukannya pencitraan uda jadi budaya disini…sampe muncul istilah doa org teraniaya paling didenger ama Tuhan…..wkwkwkwkwk…..maksudnya di Honda baik cuma cara penyampaiannya yg salah lha riding skill kok dibilang safety riding hehhehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: