Persaingan, Bikin Hidup Tambah Semangat…!!

7 10 2011

Run...!!

Terinspirasi dari kompetisi pabrikan roda dua, ada satu hal yang dapat ditilik, yaitu persaingan. Bukan rahasia bahwa Honda dan Yamaha sering dianggap pemimpin pasar, dan seolah pabrikan lain sekedar penggembira saja. Tapi tunggu dulu.. prestasi tak sekedar terlihat dari volume penjualan, namun juga value lain yang terkadang diacuhkan. Suzuki memiliki karakter produk yang dikenal awet, tentu saja karena (katanya) impor langsung dari Jepang. Kawasaki terkenal dengan performance bike-nya yang seolah gemar bermain di pasar niche..

Nah, demikianlah juga dalam kehidupan sehari-hari, dalam kegiatan perkuliahan hingga urusan pekerjaan, persaingan membuat hidup lebih hidup. Tengoklah seorang kawan ane, mahasiswa tingkat akhir yang bersiap menjelang detik-detik UAS, ia mengatakan bahwa ada sebuah benchmark yang harus ia raih. “Gue harus bisa mengalahkan si anu dalam mata kuliah ini..!!” Begitu katanya berapi-api…!!

Ada lagi dua orang kawan kantor yang sebenarnya mereka adalah sobat akrab, namun dengan terang-terangan menyatakan bahwa mereka selalu bersaing secara sehat dalam berbagai hal untuk meraih posisi manager…!! Mantab…!!

***

Lalu apa yang bisa disarikan dari paragraf bin alinea di atas…??

Yesss… adanya sparing partner bro…!! Ini adalah sesuatu hal yang sebenarnya sudah ane praktekkan sejak SD namun barangkali baru ane sadari sekarang. terima kasih kepada orang tua ane yang telah dengan setia memberikan sabetan sulak (kemoceng) jika ane ketahuan bergaul dengan anak-anak yang “nakal”. Sehingga pada akhirnya ane secara otomatis selalu mencari kawan yang “benar”.

Misalnya saja, ketika SD, ada seorang kawan yang selalu ranking #1, naah..ane dekatilah anak ini..Ooo..rupanya si anak doyan belajar dan nonton film sci-fi..mau tak mau ane ketularan juga khan..akhirnya ane pun bisa meraih ranking #3 dan entah kapan ya pada kelas 3, ane bisa menyalip dia jadi ranking #1….xixixi..

balap NASCAR...bentuk persaingan yang seru...!!

Nah..metode ini ibarat pembalap NASCAR yang gemar mantengin mobilnya di belakang mobil lawan, tujuannya adalah memperoleh keuntungan karena hambatan angin (drag) menjadi kecil, sehingga kecepatan pun meningkat..Pada saat yang tepat langsung menyalip sang lawan…!!

Dalam karier dan lingkungan lain pun demikian bro..Simplenya, selalu mencari kawan bergaul yang sama atau lebih cerdas dari kita. Tujuannya apalagi…sebagai penambah value dalam hidup. Beda khan kalau ente sehari-hari bergaul sama tukang nongkrong yang kagak jelas profesi dan prestasinya. Jangan-jangan ente malah diajak ngerampok atau malah dimintai duid…alias ngutang..

Ada lagi contohnya..misalnya ente iri sama si anu yang punya barang anu atau bisa anu..Nah, ubahlah rasa iri itu dengan semangat untuk bersaing..Ah..si anu gaji berapa sih…ane juga bisaaa…begitulaaah..Atau jangan menyaingi mentah-mentah, misalnya si anu punya barang anu, lantas ente ikutan beli..jangaan… Gunakan asset ente sebaik-baiknya. Jika si anu punya barang anu, maka ente belilah EMAS…gak usah banyak-banyak..2 atau 3 gram setiap bulan juga oke kok..dijamin setelah setahun, barang kawan ente itu terdepresiasi, namun ente memiliki aset yang meningkat terusss valuenya…!!

Semoga kita selalu diberikan jalan untuk selalu dekat dengan orang-orang yang cerdas dan berprestasi agar kualitas hidup kita meningkat, dalam hal pendidikan, pergaulan dan pekerjaan…!!

 


Aksi

Information

9 responses

7 10 2011
B M W ♣

Sip mas

7 10 2011
blade_us

mangstaabb…
prinsip ane juga kayak gitu om ben🙂

7 10 2011
xsal

anu itu sesuatu….

7 10 2011
smoothy blue

betul betul betul mazbro…

7 10 2011
willykk

ck2. hebat inspirasi si brot.. tapi kudu ati2 klo punya emas.. jgn ampe ilang diembat hantu😆

7 10 2011
yudibatang

Hhmm.. seperti yang saya jalani sekarang…😀 berarti teori pelajaran PMP jaman dulu gak berlaku ya bro? seperti “kita tidak boleh membeda-bedakan teman dalam pergaulan”

8 10 2011
gogo

wejangan yg mantab, trkdang jg bs lepas ontol atau out of track dr persaingan, kuncinya bersyukur dam ,endekat pd sang ilahi,,

8 10 2011
ridermedan

Good vision…, serupa ane juga tuh…mas Benn…! d:

14 12 2011
motegi

seperti balapan MotoGP, semua ingin menjadi yang terdepan.

Tinggalkan Balasan

