Fenomena Ayu Ting-Ting, Hendaknya Dimanfaatkan untuk Edukasi Teknologi…!!

11 10 2011

Ayu Ting-Ting

Well…meskipun ane gak pernah nonton tipi, namun kawan-kawan di sekitar ane sedang heboh sama yang namanya Ayu Tingting…hal ini jelas lebih sesuatu banget ketimbang menanti Ayumi Tongtong yang meskipun sudah ditowel-towel namun tak kunjung berani nongol di jagad blogosphere…!!

Apakah fenomena menarik dari Ayu Tingting…?? Tak lain adalah lagunya yang mengandung lirik “di manaaa…di manaaa…di manaaa…“. Lirik lagu itu seolah mampu membius orang yang sudah kadung mendengarkan lagunya.

Nah, kemunculan Ayu Tingting ini menurut ane seharusnya dapat menjadi inspirasi bagi beberapa pihak, setidaknya di kepala ane sudah ada figur guru bahasa Indonesia dan figur produsen/pedagang gadget khususnya GPS (Global Positioning System)..yang dapat terkena imbas dari fenomena Ayu Tingting ini.

Kita mulai dengan figur guru bahasa Indonesia…dari lirik lagu Tingting, ternyata masih banyak pihak, terutama media massa yang salah dalam menggunakan “di” sebagai awalan dan kata depan. Pada kata “di mana” ternyata banyak dituliskan “dimana” ini jelas salah, mengingat “di” baru akan dituliskan menyambung jika diikuti kata kerja seperti “dibuka” atau “dibawa”. Nah, diharapkan para guru dapat mengambil sisi edukatif yah..

Selanjutnya yang seru adalah untuk para penjual gadget, khususnya GPS. Hare gene, kemampuan GPS sudah sampai pada taraf mengetahui posisi seseorang yang membawa handphone (yang punya fitur GPS tentunya) dengan cara men-triangulasikan sinyal dari BTS (Base Transciever Station) terdekat, fitur ini lebih tepat disebut A-GPS (Assisted GPS) yang biasanya disematkan pada handphone mid sampai hi-end.

Bagaimana dengan gadget yang dedicated sepenuhnya untuk GPS..?? Sebut saja merk Garmin, Papago atau Mio. Ada juga developer software seperti Sygic, Navitel, Papago, Ndrive dan masih banyak lagi. Fenomena booming lagu Ayu Tingting hendaknya dimanfaatkan sebagai momen yang tepat untuk berpromosi sambil mengedukasi…!!

Bayangkan sebuah iklan gadget, sebut saja dibintangi oleh Mas Rudi Triatmono yang lagi menenteng Apple Ipad 2 yang sudah ter-install Google Latitude, lantas ditelpon oleh Ayu Tingting yang lantas bertanya sambil bernyanyi via handphone…”Maaasss…di manaaa…di manaaa…di manaaa…???

Lantas Mas Triatmono akan menjawab mesra….”Bukalah Android yang kubelikan untukmu sayang…coleklah icon Google Latitude…maka di situ aku akan berkedip untukmu…” Jiaaaah…apa gak kelepek-kelepek itu Ayu Tingting dirayu Juragan ROndO…???

Atau bisa biqin skenario lain ketika cak Girifumi yang baru beli Suzuki FXR ini tersesat di Jakarta lantas bertanya dengan mesra ke kang Nugroho Adhi….“kang..yen aku arep dolan dari rumahnya Yayuk Sentul ke hotelnya mas Iwan Banaran, mesti liwat ngendhi…??”

Lantas dijawab dengan mesra oleh Mbah Dukun Satar…“sampeyan iki wis tak beliken Garmin Zumo kok isih kesasar wae…??? Kamplengisisan nganggo komstir Ducati…!!!” #eaaa…

Yaaah..itu semua hanyalah illustrasi iklan, sekarang tinggal bagaimana para produsen GPS dan gadget mengolah promosinya dengan merekrut mbak Ayu Tingting sebagai bintang iklan…!!

Last…dengan demikian, bisnis gadget lancar…guru bahasa Indonesia tersenyum sumringah…dan rakyat pun teredukasi akan teknologi GPS ini… Masa hare gene masih ada aja cewek nanya di manaaa…di manaaa…?? Pakai GPS atau Google Latitude dooong…!!

***

*dedicated to oom Suyandi Liyis (mantugaul.wordpress.com) , oom Saftari (www.saft7.com) dan oom Buyung Akram (founder http://www.navigasi.net), tokoh berpengaruh di dunia GPS Indonesia*


Aksi

Information

22 responses

11 10 2011
Maskur

aseeeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkkkkk
nonton ayu ting ting sik ahh

11 10 2011
wakwaw

dari banyak penelitian, kemampuan spasial perempuan emang gak sebaik laki-laki – ini menjelaskan kenapa perempuan lebih sering bermasalah parkir, ngapalin/nyari jalan, jadi wajar aja kalo ayu tingting yang nyanyi dari pada ayumi tongtong

11 10 2011
wakwaw

dari banyak penelitian, kemampuan spasial perempuan emang gak sebaik laik-laki, ini menjelaskan kenapa perempuan lebih bermasalah saat parkir, mencari/ngapalin jalan. jadi mendingan ayu tingting yang nyanyi, daripada ayumi tongtong

11 10 2011
Bjl

Susuwatuk banget..

12 10 2011
at0zz

wkwkwkwkwkwk
iso wae bjl iki….

11 10 2011
B M W ♣

Sek nyari alamat dulu

11 10 2011
geraltofrivia

wakakakakakakaaa…gw suka gambarnya diatas😀

11 10 2011
xsal

susu atu…. susu uwa…. susu iga… susu mpat

11 10 2011
Vespa Ijo Rider

kejadiannya ayu tingting itu lima taon yang lalu..en baru booming sekarang.. nach lima taon nyang lalu itu termasuk kategori “taon jebot” untuk perkembangan teknologi IT… maka doi sering nyasar..😀 😀

yang parah yach si ayumi tongtong itu.. jaman udah modern, teknologi IT sudah maju.. tapi dia pake taktik “hit & run”…langsung ngilang begitu aja..gak bisa dilacak bahkan oleh si “Boy Sukro” sekalipun…😀 😀 😀

11 10 2011
EzZa

9 tanggapan to “Fenomena
Ayu-TingTing,Hendaknya
Dimanfaatkan untuk
Edukasi Teknologi…!!”…!!”

11 10 2011
11 10 2011
setia1heri

boleh juga tuh…pakai mbah google earth juga bisa😀

http://setia1heri.wordpress.com/2011/10/11/ngopdarcol-‘ek…ranisum-prides/

11 10 2011
Pak Bambang Nunggang Byson

apik apik apik

11 10 2011
Tukang Ngibul

kata juragan bebek…”di manaa..di manaaa…di manaaa…..”
*clingukan nyari juragan komstir oblak yg ngga berani betelor……

11 10 2011
Long'S

Nice artikel Om😀

11 10 2011
Fbh Koplak

Sayangnya pesek kayak hidungnya yg punya warung..
xixixiii..

12 10 2011
gogo

kancil kalah karena sombong

12 10 2011
13 10 2011
apep

artikel hot…hot…hot…

14 10 2011
aoitsukishrine

maklum banyak yang masih belum meng-optimalkan IT..berani taruhan pengguna BB yg sekedar tahu BBM masih banyak…or pemilik Andro cm tahu Angry Bird…

19 10 2011
the kritz

artikel bagus …

14 12 2011
motegi

memang gps sangat membantu kita dalam perjalanan, apalagi kalau kita belum mengenal jalan dari kota yg kita tuju.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: