Blogger Di-banned…Wartawan Di-banned juga…?? TERLALU…!!!

12 10 2011

image

Sungguh mantab ulasan mas Triatmono mengenai adanya politik pencitraan yang dilakukan pihak tertentu dengan melakukan pemblokiran terhadap pihak-pihak pewarta yang melakukan pemberitaan terhadap kenyataan pahit yang sebenarnya berhak diketahui oleh khalayak ramai.

Monggo baca di sini:
http://triatmono.wordpress.com/2011/10/11/nggak-sejalan-dengan-pabrikan-wartawan-pun-di-banneeed/

Yang bikin ane kaget adalah bahwa pemblokiran pemberitaan ternyata sudah menimpa kalangan pencari berita profesional alias wartawan. Well..kalau blogger di-banned sih no problemo laaah..memang beberapa blogger otomotif, termasuk ane dan mas Tri memang blogging just for fun dan niatnya berbagi ilmu sebisanya…tidak cari profit dan iseng saja..diundang sukur, bisa dapat makan gratis dan ngorek-ngorek info yang umumnya gak diulas pihak lain..ndak diundang ya ndak papa..undangan semacam itu toh bukan sesuatu banget yang lantas membuat seseorang menjadi di-uwong-ke dan merasa dianggap.

Tapi kalau sampai ada wartawan kritis yang diblokir dari sebuah event otomotif, maka para kuli tinta tersebut tentu akan.bereaksi… Reaksi pertama adalah segera menyingkirkan sikap kritis terhadap sebuah penyimpangan atau kondisi yang tidak wajar, ini tentu saja dilakukan agar periuk nasi tetap mengepul…maka idealisme dan sikap kritis pun dikorbankan.. Sementara sikap kedua adalah sikap kritis sang pencari berita semakin menebal…!! Dan semakin tajam mengulas sisi lain sebuah kejadian.

Misalnya sajaaa…pada sebuah kegiatan yang juga diisi oleh pestaaa dan blablablabla yang intinya. “Aku numpang promossi duooonk di acaramu”, sebuah pihak disebutkan nyumbang sekian rupiah untuk tujuan A, namun lhaaa kok ternyata budget sang sponsor untuk party party dan bergembira ria lebih besar dari tujuan A…?? Lhaa..opo tumon..sebenarnya niat yang lebih guede iku opo…tujuan A yang mulia atau promosi dan mempertebal brand awareness biar makin kinclong..??

Yang kayak gini aja para pewarta warga emoh memberitakan barangkali karena ewuh pekewuh akibat kekenyangan dijamu..dan sikap rata-rata orang yang katanya menjauhi konflik, namun misuh-misuh kemudian di belakang…lhaa kepiyeee…mana idealismenyaa…??

Maka pandangan para pembaca berita pun harus berpaling kepada si empunya acara…kenapa neeeh wartawan yang terkenal kritis dari media anu kok tidak diundang…?? Apakah sang empunya acara takut akan ada sebuah penyimpangan yang terungkap….?? Kenapa di media A ada liputan mengenai sisi minus produk anu, tapi di media B tidak ada…?? Pembaca pun juga ikut kritiss dan bersemangat mengorek kebenaran yang ditutupi.

Kalau sudah begini ceritanya, maka ane sebagai blogger amatiran KW 250 pun harus turut ambil sikap…!! Dan tidak akan ragu bersinergi dengan pihak pihak yang ditutup aksesnya untuk memberitakan hal hal yang sengaja ditutupi…!!

Ingatlaaah wahai sang empunya acara, pewarta yang mewartakan karena enthusiast terhadap satu topik, misalnya saja otomotif..cenderung akan memiliki sense yang lebih tajam kepada sebuah event…dan matanya lebih tajam melihat yang tidak terlihat oleh mata awam..ia pun tidak akan ragu memberitakan sisi lain yang tidak diungkap oleh media yang lempeng-lempeng aja…lembaran rupiah dan sekedar makan siang pun gak akan mempan untuk merayunya. Profesinya adalah sebuah kesenangan yang lebih mahal dari sekedar uang.

Pembaca berita juga tidak bodoh. Lambat laun media yang isinya lempeng-lempeng dan serba baik-baik saja karena disinyalir sudah “disumpeli” oleh pihak tertentu dan cenderung membela yang bayar, serta ogah mengkritisi penyimpangan akan ditinggalkan. Lambat tapi pasti penikmat berita akan malaaas membaca liputannya.

Seperti nasihat Mas Triatmono kepada warga milis Otoblogger Indonesia mengenai pesan dari Allah SWT akan pentingnya saling mengingatkan antar manusia… “Sesungguhnya adalah tergolong manusia merugi, bagi mereka yang enggan menasehati dan mengingatkan sesama manusia”

Ane berani kritis..bagaimana dengan ente…??


Aksi

Information

110 responses

12 10 2011
B M W ♣

pembodohan publik itu

12 10 2011
@BroArdy

Dalam setiap momentum yang terjadi, pergesekan antar dua massa jenis adalah keniscayaan… Pertanyaannya adalah, ia menjadi hancur atau ia akan survive…

12 10 2011
motor kanzen

kita boikot saja perusahaan kaya gitu

12 10 2011
Mbah Dukun ... ┌П┐(‾.‾҂)

Bukanya kalo wartawan punya hak buat ngeliput ben? Disitu yg ngebedain antara wartawan dan blogger? Cmiiw ya? Tp bisa aja sih kalo memang si pewarta ga diundang, itu lain ceritanya. Ini udah nyangkut uu dewan pers kayaknya.

12 10 2011
Mbah Dukun ... ┌П┐(‾.‾҂)

Keteln ben! Udah nulis panjang2 juga … Huff

12 10 2011
assassin

mbah sattar dibanned putri indonesia yah….hihihihihi….kabooor….

12 10 2011
Bayumurti Tejokusumo

njijiki.. idak sisan

12 10 2011
Virus

dah next time pake cara gila aja…pinjem motor kolega/tetangga/teman kerja/siapa pun LALU BUATIN ARTIKEL NY BERDASARKAN REVIEW PRODUK TSB BIAR TERBUKA ADIL DAN NYATA…dr pd susah-susah berjibaku ama ATPM gede yg licik bin culas gitu…
wkwkwkwkwkwkwkwk…

12 10 2011
Gowes

Oh..si ymki yah?
Tp ymki lewat komengtatoR…jd klo BC bisa lgsg ngacir klo blogger khn klo BC gk bs ngacir…

Kasian yah mpe segitunya ymki…market share jeblok lgsg nyebar komengtator BC😀

12 10 2011
Rollerman

Kasian yah mpe segitunya ymki…market share jeblok lgsg nyebar komengtator BC
======================================================

yahh masih mending lha menyebar komentator BC ketimbang HONDA menyiapkan dealer dan sales (bahkan konsumen ) yang doyan BC akibat FANATIK MERK

12 10 2011
Virus

jd review ny independent + bebas suka…suka…suka…wkwkwkwkwkwkwk…cantumkan aja keterangan motor pinjaman gpp, biar ATPM melihat ad bnyak jalan menuju roma…wkwkwkwkwkw…
*kebayangkan kuobong ny review produk tsb, jd konsumen mendapatkan informasi apa ada nya…

12 10 2011
4201journey

Sikap kritis adalah prinsip… Harus dipelihara….
Kalo ga kritis, sama aja dengan korupsi informasi, alias pembodohan., dgn suap makan2 maka harus menulis yg bagus2 say no-lah….

12 10 2011
Lekdjie

Kalo boleh tahu, yg sesungguhnya manusia akan merugi dst.nya itu dari dalil qur’an pa hadist ya um?maklum masih cethek ilmu agama saya.
Bukane nasehat menasehati itu juga ada adab2nya juga to?

12 10 2011
binladeen

Al-Qur’an Bro, Surat Al-Ashr ayat 1-3 ….
Adab menasehati: Sampaikan kebenaran dengan tulus, sabar dan penuh kasih sayang (Al-Balad ayat 17)

12 10 2011
jaos

beranii doong……..apalagi cuma komentator begini.

12 10 2011
lekdjie

tambahin ah…
“Tapi kalau sampai ada wartawan kritis yang diblokir dari sebuah event otomotif,
maka para kuli tinta tersebut tentu akan.bereaksi… Reaksi pertama adalah segera
menyingkirkan sikap kritis terhadap sebuah penyimpangan atau kondisi yang
tidak wajar, ini tentu saja dilakukan agar periuk nasi tetap mengepul…maka
idealisme dan sikap kritis pun dikorbankan.. ”

bukan ne ini jg yg dilakukan oleh pabrikan tsb.agar periuk dan nasinya para karyawan yg jmlnya ribuan(bukan sekedar pabrik itu saja yg jumlahnya ratusan buat masang roda,masang klep piston,masang setang seher,masang knalpot,masangaki,masang stiker,tapi juga karyawan pabrik baut,pabrik jok,pabrik karet setang,pabrik fitting lampu,pabrik rantai,pabrik spion,pabrik kover knalpot dll).sungguh gila kalo mengorbankan ribuan orang hanya untuk satu-dua orang yg berilmu tinggi dan idealis..

12 10 2011
Virus

maaf ya ommm…ane ngerti jalan pikiran si omm…jd singkat ini yg dibela-bela…sampe heran bener bnyak kali yg jd FBH ngebela-bela tuh ATPM…krn bnyak punya karyawan…
yaaa simbiosis mutualisme? bener kan, dmn klo produk tsb di riview apa ada nya lalu ketahuan “cacadnya” lalu pemasukan mereka (ATPM) berkurang lalu PHK karyawan? bukan begitu?
hmmm…pantas aja di kasi produk yg biasa-biasa aja di riview ny “luar biasa”…ini mah sama aja udah men DEWA kan ATPM tsb…
ck…ck…ck…miris…

12 10 2011
bennythegreat

Selama ada kepentingan, gak usah mengharap objektivitas.

12 10 2011
assassin

wah om virus disni kan gak mbawa2 fans boy produk nich…kok disangkut pautkan…lagian ane sring liat om virus mendewa2akn vixion kok…hehehehe……

12 10 2011
Virus

bwakakakakakak…tetep secara value Vixion lebih baik di varian sekelas nya…btw ane gak mendewakan Vixion tpi hanya membanggakan Vixion krn value ny tsb…wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk…

12 10 2011
Louis

sampean kui moco artikele opo ora sech❓
nggak bahas Fansboy….🙄

12 10 2011
indra

widiiiiihhh si virus sang RAJA BC dateng lagi:mrgreen:
kalo mau komen yang mencerdaskan lah, gak usah karena ente FBY semua Merk selain merk Y jelek semua,,😆

12 10 2011
Virus

masa sih selain merk Y jelek smua? ane jg pernah memuji produk H pada supriX125 pgm fi dalam hal keiritan, ane jg pernah memuji produk S pada stariaFU dalam hal power motor dan ane jg pernah Vixion sayang ny ban cungkring + lom disk brake belakang…krn ane punya ketiga nya jd ane review apa adanya…
*ane raja BC? wkwkwkwkwkw gk ad komentar lain apa omm…si omm sndiri komen nya gak mencerdaskan tp sok meng-guru-i…
ckk…ckk…ckk…

12 10 2011
Louis

moosssokkk….:mrgreen:

12 10 2011
Cah nganjuk

Setuju am lekdjie.
bijak dan g egois koment’a.
emang seburuk ap sich produk’a?ampe seolah2 g ad baik2’a?bhkn sampah az ad sisi baik’a looo

12 10 2011
smoothy blue

wani pol mazbro…
REVOLUTION IS THE SOLUTION…

12 10 2011
murator

kejujuran memang menyakitkan.

12 10 2011
Louis

jujur itu wajib…
tapi kalo ngomong itu dijaga….
itu yg bener…

12 10 2011
12 10 2011
setia1heri

kadang seringkali sebuah warta itu tidak berimbang

hati2 indoktrinasi…😀

http://setia1heri.wordpress.com/2011/10/12/usaha-foto-kopi-diatas-motor/

12 10 2011
cak poer

Hmmm…..kalau dalam konteks blogger spertinya semuanya saling mengimbangi lah, ada yg jago kritik/koreksi tajam ada pula yg jago mereview sedetail2nya, ada yg koplax ada yg super serius, ada yg “kejam” ada pula yg kalem:mrgreen:

Tidak bisa dipaksakan satu sama lain, karena habbitnya yg berbeda ….lha wong lingkungan, pergaulan dan faktor2 lain juga mempengaruhi kenapa blogger tsb. mempunyai karakter seperti itu.

Ane malah seneng dgn kemajemukan sudut pandang setiap blogger, selain jadi paham bagaimana orang-lain menyikapi sebuah masalah sekaligus juga nambah ilmu psikolog melihat karakter seorang manusia🙂

*lagi.waras.co.id😀

12 10 2011
abati

@ lekdjie
“…maklum masih cethek ilmu agama saya”.
emang bener situ masih cetek, ente tau apa akibatnya ngasih makan ribuan orang tapi dari hasil yg haram (dengan cara berbohong kepada konsumen tentang keadaan yg sebenarnya dari suatu produk), ga berkah tauu…
pedagang tuh harus jujur kalo jual barang, harus amanah..

12 10 2011
Louis

anda berbicara seolah-olah anda pedagang yg jujur..🙂

12 10 2011
abati

bukan, tp sy guru yg jujur lho… tanya ja murid sy.. hehe …

12 10 2011
12 10 2011
Lekdjie

Hohoho.kobong juga ternyata.y weslah,aku kan cuma mengcounter tulisan dengan tulisan sang penulis.soal haram karena berbohong tentang keadaan barang yg sebenarnya,wah nyuwunsewu saya ga berani ngomong,karena memang tidak tahu dalilnya(beneran tidak tahu lo),soalnya kalo ngomong agama ‘menurut saya’ ntar malah merusak agama itu..dah ah.suwun.

12 10 2011
abati

anda tau kl anda sebetulnya pinter, kl sekiranya anda ga terbebani untuk harus membela pabrikan yg lg diomongin disini tentu akan lebih baik buat anda… bout this “soalnya kalo ngomong agama ‘menurut saya’ ntar malah merusak agama itu”, i agree with u.

12 10 2011
Louis

kayaknya anda ini sesuatu banget…..:mrgreen:
sampai berbusa-busa nanggapin komen Lekdji…

12 10 2011
abati

please deh om louis, saya bt bgt sm gaya nya syahrini dah… suerr..

12 10 2011
Cah nganjuk

@abi.Apakah setiap atpm harus sejujur ampe segitu untk berjualan.
apkh yamaha harus jujur kl komstir vixion oblak,velg matic peyang,segitiga pecah,dll
honda jg?tanki bocor,body getar dll.
ky’a engga dech…
bhkn sy yakin semua penjual akan mmbri thu pd konsumeny tentang sisi baik produk tsb.
trus kl skrg anda yg jd penjualy ap yg anda lakukan?ap anda akn mmberi tahu semua sisi jelek produk tsb???
smua produk punya + – nya.

12 10 2011
Louis

ane setuju sama ente…..

13 10 2011
davied

setuju..sejauh mana konsumen dirugikan selama ini,dan apa keuntungan konsumen,apakah lebih besar kerugiannya dari pada keuntungannya?…selama kelebihannya masi lebih besar daripada kekurangannya dan konsumen masi bisa nerima kenapa gak..?klo 10 kelebihan dikurangani 8 kekurangan hasilnya konsumen masi untung dengan 2 kelebihan dari produk yg diterimanya..buat blogger2 jgnla selalu merasa mewakili konsumen sperti anggota DPR yg selalu merasa mewakili rakyat…padahal dibalikitu memiliki tujuan pribadi…mungkin agar diakui atau apalah itu…jgn selalu membawa2 nama konsumen sedangkan kita sendiri mungkin blon paham apakah kebutuhan mereka sudah terpenuhi dengan produk yang mereka beli. saya rasa blogger itu bukan siapa2, menulis dengan sepenuh hati,boleh kritis asal logis dan adil. masalah diundang atau tidak knapa jadi masalah..??apa ada kebutuhan dibalik itu semua?? tulisan yang didsarkan dari sakit hati akan menghasilkan sesuatu yang tidak adil dan kadang g logis…heran dengan blogger yang marah jika tidak diundang,tersinggungla…apalah..pdhal itu hak yang punya hajatan..kecuali jika sudah sampai pada tahap mengancam krn tulisan yang diterbitkan..itu baru beda…bercermin ajala dl,baru kita tau pantes apa gak pantes…diterimasyukur,gak diterima silahkan marah…

12 10 2011
aguswazza

katakanlah yang benar itu benar,yang buruk itu buruk sekalipun langit runtuh.
Maju terus om ben.

12 10 2011
Louis

kalo gue bilang kayak gini…
” ya ampun pak Edy.. sampean ko’ tambah elek sech… wes gendut,ireng,dingklang pisan…” jujur sich… tapi jujur yg membawa dosa….
mending diem ajah…

12 10 2011
abati

om louis itu mah ga dosa dong, cm ga tepat aja..peace..

12 10 2011
Mat jibrut

@lekdjie : top pemaparan nya .. Kalo masalah agama gak usah di bahas di sini, itumah udah “HABLUMMINALLAH”.

12 10 2011
abati

bang, hablumminannaas jg masalah agama, orang sampe buang aer ja diurusin… baiknya abang tanya dl tuh sm “Ibnu Abdullah” sebelum koment.

12 10 2011
Sih Bongoks

Lage2 honda. .
Tuh ANTEK ANTEK HONDA AHM si LEKJIE TOD

12 10 2011
nha

Jadi yang negative thinking di bannded semua? hahah Syukurin !!!!

Mas Beruang, menyatakan suatu kejelekan walau itu fakta adalah ghibah,
anda tau apa itu ghibah? yaitu perbuatan yang sama dengan memakan bankei manusia alias menjijikkan oh ya sampaikan yah sama bloger senior sok jadi ustat sok mengurui sok menghakimi tetapi ketika digurui, dihakimi dan dikasih tau kesombongannya nauzubillah…

12 10 2011
cicung uk

cuma bisa ngelus dada liat komen kyak gini…
otak lo dah busuk…didoktrin honda ahm….bangkeeee lo

12 10 2011
nha

Emang kebenaran itu sangat menyakitkan bagi orang yang berjhati busuk kayak anda.

12 10 2011
Rollerman

wkwkwkwkwkwkwk

heran deh FBH,temen2 ente banyak yg Ghibah bin Munafik aja gak di ingetin,ehh malah ngingetin orang lain.tuhh urusin saudara2,temen2 sekelompok ente,baru kalo udah sempurna ingetin kelompok lain.

kalo gak,itu artinya ente MUNAFIK.ohh iya,kan FBH itu emg munafik yahh??jadi lupa

12 10 2011
Ibnu Abdullah

iya sayapun hanya ingin bertanya tentang maraji (referensi) nukilan yang disandarkan kepada perkataan Allah diakhir tulisan, karena agama islam adalah berbicara tentangnya harus dengan ilmu, siapa saja yang membawakan riwayat atas nama Allah dan RasulNya maka harus menyebutkan sumbernya atau ia menukil darimana, dan saya paling sering menuntut hal ini kepada siapa saja yang saya dengar atau tulisan yang saya baca apa yang saya mampu, termasuk tulisan kawan-kawan blogger, termasuk mas tri dan yang lainnya ketika memebawakan riwayat atas nama Allah dan Rasul-Nya maka saya kejar sampai disebutkan sumbernya. karena bicara masalah dunia saja kita harus memiliki rujukan apalagi tentang Allah dan Rasul-Nya. Adapun mengenai isi artikel secara umum saya setuju dengan om ben adapun secara rinciannya tentu harus diperinci. tetap jaga sikap kritis om ben yang menurut saya justru itulah ciri khas blog ini, terima kasih.

12 10 2011
triatmono

Monggo dilihat Qs. Al’Ashr ayat 1 – 3 :

waal’ashri
inna al-insaana lafii khusrin
illaa alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati watawaasaw bialhaqqi watawaasaw bialshshabri

*monggo dicari artinya, biar sama-sama ngaji.com*

http://www.alquran-indonesia.com/web/quran/listings/details/103

12 10 2011
ibnu abdullah

tentu yang saya maksud-kan adalah dengan matan/lafadz yang ditulis diatas. terima kasih kalau ternyata yang dimaksud adalah makna dari firman Allah dalam surat Al-Ashr, dan harusnya ditulis sebagaimana makna dari firman Allah:”………………………”, sebagaimana diakhir tulisan. terima kasih

12 10 2011
ober

nah dulu ada istilah blogger ternak
kalo gitu sekarang juga ada wartawan ternak dong ….

12 10 2011
12 10 2011
Louis

podo karo sampean…:mrgreen:
handsome…

12 10 2011
Datuk

banner?
diundang atau tidak itu semua menyimpan hikmah.
hikmah buat yang diundang saya gak tau pasti, tapi buat yang tidak diundang maka pastinya gak ada beban untuk menulis plus minus (terutama minusnya) sebuah produk. yang gak diundang jangan lah merasa sesuatu banget.

to blogger or wartawan tetap aja menulis berdasarkan fakta, beri pembaca sebuah pencerahan, bukan penyesatan. soal dibenci atau disuka itu sudah biasa, wong nabi yang ahlaknya baik aja tetap ada yang gak suka kok, apalagi kita orang biasa yang memiliki lebih banyak alfa & silap ini,
jangan takut dikritik soal kekurangan kesalahan dsb, karena orang yang takut menghadapi kritik biasanya orang2 picik & licik, yang merasa dialah sang maha sempurna.

na’uzubillah, astaghfirullah, wallahu a’lam..

12 10 2011
nha

12. Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Qs. Al Hujarat ayat 12

13 10 2011
jaos

@nha
Wah,kau udah bereskan belum hasutan dan bicara dibelakang thp blogger papan atas beruban itu? Jangan berlaku munafik ya, merk dibela2in sampe menganggap γάπĝ menyatakan kekurangan dianggap menjelek2an…tapi bicarain tu blogger beruban (tau la siapa dia) di tempat blog blogger lain dgn prasangka jahat kau anggap cuma angin lalu.

Jangan jadi penghasut licik yaa…lbh baik bereskan.

13 10 2011
nha

@ Jaos,

Kau ngomong sama saja kayak si vrus menuduh sembarangan,

Kau devinisiskan licik itu apa trus kau abil fakta untuk mendukung
tuduhannmu.

Kalau ternyata tuduhannmu itu salah tetapi kata katamu telah menyakiti orang berati kamu seorang tukang Fitnah.

Kalau ternayata tuduhanmu itu benar tetpi kau bertujuan menyakiti dan mancari borok maka kau tukang Ghibah.

Tanyakan sama temannmu Virus definisi munafik trus berikan faktanya baru bisa bilang munafik.

Setau saya yang munafik itu adalah bloger yang kau sanjung itu. berkata bohong, berjanji mungkir dan dipercaya malah berkhianat.

Buktinya

1 .Ber Janji mau resign dari topik roda dua eh malah ngak megang janji.
2. Ketika di undang untuk orang percaya eh malah memblow up kekurangan orang.

Dan yang suka bekata bohong itu adalah kau mengaku bukan Fanboy tapi pebuatanmu beda dengan pengakuanmu.

Jadi kata munafik lebih pantas untuk kau.

Kalau masalah ane ngak pernah mampir dan komentar di warung bloger pujaanmu itu karena emang adalah sangat naif jika seorang yang ngak di sukai untuk datang bertamu. Bukankah dia sudah bilang kalau boleh jujur dia sangat tidak respect dengan Fbh.

Kau liat aja tulisannya mengenai “TERIMA KASIH yAMAH ….” Kalau belum di hapus.

Bagaimanapun juga Gw lebih mengenal kau dari pada kau mengenal ane.

13 10 2011
nha

eheh sorry kamsutnya bukan si Virus tapi si Rolerrman

13 10 2011
jaos

@nha

1. menyatakan kekurangan/kecacatan di tempat free kayak gini adalah bebas dan perlu. Soal motif hati itu soal lain lagi, jadi jgn tercampur aduk.

2.Tapi kalo fitnah maka hal itu gak akan pernah benar dan gak akan mungkin punya motif benar apapun alasannya.

3.munafik: …lain di mulut lain di hati dan tindakan. Gak munafik=tindakan/mulut dan hati sejalan biarpun perasaan berkata lain. Kenapa org bisa munafik? utamanya krn cari hormat manusia, butuh pengakuan/penghargaan/diterima. Tapi kalo berubah janji BUKAN la munafik bila diberitaukan alasannya.

4. Kenapa saya bilang kau menghasut? krn kau GAK SANGGUP komen langsung ke ORANGnya tp malah koar2 di blog lain..yg malah dibaca secara keliru. Coba kau komen langsung lewat blog atau email dan katakan hai pak rudi engkau berbohong dst dst…..nah sudahkah? kalo tidak itu la namanya bicara dibelakang. Mending kalau kau cuma diam dan pergi diam2 saja, itu masih lebih bijak.

5. kau bilang dia blogger pujaanku? Ini bukti betapa pahitnya kau dengan dia.

6.apa asumsimu kau bilang dia blogger pujaanmu? Bukankah itu berarti kau fitnah saya? apa krn saya sering eksis di sana? Kalau krn saya sering eksis di sana, apa kau tau alasan saya? Jadi gimana dgn fanboi yg hanya eksis di tmpt blog tertentu yg itu2 aja…apa bloggernya jadi pujaannya jg? bisa ya bisa tidak.

7. memang saya bukan fanboi kok…gak terlalu netral iya…kan motor2 saya merk2 non hendi (Bukan cuma yamaka yaa). Saya katakan punya ninka aja kau sdh koar2 fitnah, gimana kalo saya bilang saya punya yg di atas ninka?? Tapi soal kau mau percaya apa tidak , itu gak penting bagi saya samasekali. Memangnya saya mau pamer2 semua milik saya?

8. saya tuh gak percaya ada fby vs fbh….yang ada fanboi (titik) yg memusuhi semua merk dan siapapun yg mengganggu nama hendi merk pujaanmu itu. Coba lihat fakta2 di trit2 yang ada….jgn pura2 gak tau.

9.memang fanboi gak bisa direspek oleh karena tingkah mereka. Fanboi hanya merespek sesama mereka. Untungnya mr. triatmono termasuk cukup blak blakkan dan jujur yg mana blogger lain belum pernah katakan begitu.

10. memang saya gak kenal kau, karena fanboi begitu banyak, no names dan faceless.

semoga dgn reply ini bisa jelas…..bhw jgn coba menjadi tampak spiritual tapi munafik…dan…mengatakan kebenaran to the point dan langsung baik empat mata atau nulis di trit atau di komentar lebih terhormat drpd ngomong di belakang orangnya.

12 10 2011
Pabrikannya Yang Ngak Dewasa = Penjajah Indonesia « Asmarantaka's Personal Blog

[…] membaca artikel dari Gus Tri dan Om Benny…ane terheran2 juga ama beritanya…tentang seorang Wartawan yg di banned karena beliau […]

12 10 2011
ariiiiii

tapi ada lho atpm yang jujur kalo salah satu produk motor seportnya yang di impor itu tidak memenuhi kualitas standar di indonesia dan dengan kenyataan itu maka ATPM tersebut akan memproduksi sendiri saja untuk menjaga kualitas dan standar mereka.

12 10 2011
BJUBAH HITAM

wani piro …..nanti aku undang

12 10 2011
gogo

semoga semua sabar dan berserah diri pada yang kuasa, hidup cm sebentar.. jadi inget berita pembodohan otmotif di sebuah situs besar..

12 10 2011
Datuk

dunia sudah tua, semua menjadi serba abu2 (bahkan agama pun kadang dipaksa jadi grey area oleh oknum2 tertentu) kebenaran mutlak acapkali tertutupi berbagai kepentingan duniawi.
dunia memang terlalu indah untuk tidak dinikmati, karenanya, nikmatilah hidup dengan cara anda, karena anda lebih berhak atas hidup anda sendiri daripada saya, anda sudah paham tentang moral dan agama itu pasti, anda tau baik buruk itu juga pasti, anda tau untung rugi itu lebih pasti.
jadi.. hidup anda milik anda dan hidup saya milik saya.

yaa ayyuhalladzi na aamanu, kuu anfusikum wa ahlikum …
cukuplah jadi pedoman bagi saya. cmiww

12 10 2011
Mas Brot

Keren tulisanya bro beni!Le’ts fuck the rule,if rule is wrong!Ga peduli ada RUU spionase jalan terus …………………….GO

12 10 2011
immortalorochimaru

namanya review produk idealnya ada plus-minusnya… Karena yg direview produk manusia.. Yg ga mungkin sempurna… Jg gak mungkin cuma berisi keburukan

kalo iklan bolehlah cuma berisi plus2nya doang… Bahkan sedikit dilebih2kan juga gak masalah..

12 10 2011
apep

artikel hot..hot…hot…

12 10 2011
olala

menurut saya mah ngundang nda ngundang ya haknya ATPM …sama seperti blogger mo bikin artikel yang bagaimanapun haknya blogger….

mo banned juga wajar, punya rumah banned tamu yo wajar,resepsi yang diundang dipilihin ya wajar, blogger nyaring komentar ya wajar…….

ada yang bilang pabrikan harus selalu jujur ?apakah jujur berarti kita umbar keburukan kita ? yo jebol mas klo semua hal dibuka …ada hal hal yang memang tidak dibuka , ada hal hal yang menunggu waktu yang tepat untuk dibuka …:) manusia sebagai pribadi aja nda bisa jujur terus apalagi pabrikan yang kumpulan manusia🙂

Semua hal butuh pencitraan🙂

ATPM butuh pencitraan, wartawan butuh juga, media juga butuh, blogger juga butuh, manusia pasti butuh…

12 10 2011
vorsekot

……..datang tak diantar, pulang tak diundang……

12 10 2011
Louis

test…
handsome

12 10 2011
12 10 2011
ayumi ting ting

dangkal banget artikelnya wkwkwkwkwk

barisan sakit hati nih yeeeee

12 10 2011
slamet

gak diundang atmp kok ribut………dendam……..jelek-jelekin atpm…….misuh-misuhin atpm…..

sante aja kale……..

12 10 2011
slamet

halah do ribut ….gak diundang atpm kok ribut…..
sante aja lage

12 10 2011
dara

Seeep…………… moga banned wartawannya bisa dilepas …
Ekspose terus Om….
kyk kasus di twitter we lop******************
Kritik berarti banned xixixixi

12 10 2011
jaos

Bagguss..para fanboi sdh sudi mampir di blog ini.

12 10 2011
jape methe

Kalo komengtator menasehati blogger terus komentare di banned sama blogger piye jal?

12 10 2011
bennythegreat

Nah..itu namanya blogger gak tahu diri.. Beberapa kali aku salah ketik, ya dinasihati. Kalo beda pendapat ya monggo mawon… Kecuali yg kebun binatang, ya banned…

12 10 2011
Rollerman

kalo nyebut “Beruang” gmana Om???
hahahahah peace

13 10 2011
nha

Kalau beruang emang icon dan avatar yang punya warung, itu adalah kebanggaan.

12 10 2011
BJUBAH HITAM

Daripada jadi komentator bisa nya jelek-jelekin blog orang ……malu ama jigong hehehehe

12 10 2011
jape methe

wah kalo gitu belajar jadi blogger ahh..biar boleh jelek jelekin blog orang lain

12 10 2011
BJUBAH HITAM

@jape methe silahkan sah – sah saja …..lha wong sama-sama punya rumah …

12 10 2011
binladeen

Di jaman ketika “nilai” dan “popularitas” saya lebih banyak ditentukan oleh pencitraan media tentang saya, — bukan karena kinerja atau prestasi saya — maka insan media yang akan mengekspose citra-diri “yang saya inginkan” (bukan “citra diri saya yang sebenarnya”), perlu saya pertimbangkan dan saya pilih dengan ketat …. Gak mungkin dong saya ngundang seseorang yang tahu “diri saya yang sebenarnya”… Ya, konta produktif dengan tujuan saya donk? Masuk akal kan?

12 10 2011
naruto

saya copykan dari komentar blog sebelah biar ente tidak berpikiran negatif mulu,,,biar tidak merasa di banned…

“saya rasa kalau ada wartawan gak diundang sementara yang lain nggak, harus didalami dulu alasan yang punya event. Saya punya teman PR disalah satu ATPM. ada beberapa case :
1. Media lokal bukan nasional, sementara coverage event dia nasional. Ngapain ngundang yang lokal? Ini kebijakan, ndak usah diprotes.
2. Media nasional, karena eventnya lokal sekelas kabupaten or propinsi yagh gak diundang lagh. Bisa saja ada dualisme berita dan dua kali ngundang wartawan dan bisa saja dua kali budget.

mohon dipahami dalam ilmu PR ada prioritas media mana yang harus diundang. disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Budget, kalau si empunya event mau ngundang 10 media yang ternyata ada 20 media otomotif kenapa yang lain musti pusing sih? Kan itu budget si empunya event dong. Ngapain yg gak diundang musti sebel. Lagian – say sorry – kadang ada wartawan yang nanya “transport”. bikin ribet yang punya event dong.
4. Media. Setiap media punya kebijakan untuk memuat berita. Biasanya PR setiap perusahaan sudah tau mana media yang punya kebijakan khusus. Misal : gak diundang test ride tapi menurut medianya gak perlu memuat berita test ride karena media lain banyak memberitakan. Mau apa? Mau protes tu wartawan?
5. Kalau ada wartawan yang dibanned atau gak diundang liat dulu casenya. Dia nulis berita tsb di media tempat dia bekerja atau bukan. Kalau cuma nulis di socmed berarti ga mewakili media. Kemudian kalau gak diundang bukan berarti ATPM or yang punya event bermusuhan sama media. Bisa jadi hanya sama wartawannya. Itu berarti attitude. Gak bisa serta merta kita rame-rame dukung wartawannya, media tempat dia kerja belum tentu dukung dia.
6. Wartawan or bloggers or socmed freak yang gak diundang suatu acara gak usah nesu-nesu, masing-masing udah ada aturan mainnya. Perusahaan punya kebijakan, Anda punya tulisan. Ingat belum tentu juga mereka benci sama Anda. Justru harus saling intropeksi.”(rasman_harry )

kalo menurutku anda pede banget sok idealis,,,melihat sesuatu hanya pada sisi negatifnya terus,,

12 10 2011
XnorB

Mantaf… setuju banget ntuh…
Yang parah dah ketahuan keberpihakan Blogger or Wartawan tsb, eh masih nuntut diundang… ya goblok aja PR ATPM-nya… wkwkwkw

12 10 2011
ayumi ting ting

pa lagi ngerasa plg bener pulak

14 10 2011
Mas brot

Buset!!Negatif bgmn bro??Emang yg dkritik salah kok.ATPM yg dpikir cuman strategi mengeruk keuntungan,apa yg mereka sebut”kepedulian thdp konsumen” rata2 cuma kedok.Termasuk bloger yg dbanned,karna jika diundang akan “merepotkan atpm”.

12 10 2011
centil

hihihihi rame nih warung sini sm sebelah

12 10 2011
centil

wah komentare kudu tunggu dsetujui
wedi po piye pak bos😀

12 10 2011
ridermedan

Masalahnya bukan berani atau tidak. Tapi idealis bin kritis itu soal konsistensi…., dan itu semua akan dibuktikan oleh perjalanan waktu….!

12 10 2011
dwi

Ho-oh banget…
review negatif atau kritik selama utk perbaikan dan atas nama konsumen adalah kudu adanya

12 10 2011
ayumi tong tong

Halah itu mah jawaban atpm yg nggak punya uang …kismin…kaga gableg uang maunya untung mulu keluar duit dikit untung gede dgn pembodohan otomotif

13 10 2011
yudibatang

Permisi..numpang ngamen.. lagu dengan Judul Darah muda by Bang Haji Rhoma Irama:mrgreen: ….. “Darah muda..darahnya para remajaaa… yang selalu merasa gagah..dan takkan mau mengalaaah..ha..ha.. (suara bass : dong..dong..dong.. ) Masa muda.. masa yang berpi-apiii… yang maunya menang sendiri..walau salah tak perduli…hi..hi… darah mudaaa… (suara gitar, kibor dan bas : torettetet..toretet.. ) Biasanya para remaja..berpikirnya sekali saja..tanpa menghiraukan akibatnya…. wahai kawan para remaja..waspadalah dalam melangkah..agar tidak menyesal akhirnya…😀 (Ora nyambung.. )

13 10 2011
absoluterevo

Saat terjadi kegelapan, Jgn memaki kegelapan tapi cari lilin sbg penerang. Jgn memaki penderitaan tp fikirkan solusi tuk meyelesaikanya🙂

13 10 2011
razman_harry

saya setuju sama ayumi ting-ting, ni artikel masih dangkal dan malah perlu diedit abis (itu kalau saya jadi editor).

terima kasih untuk @naruto yang co paste pendapat saya di blog sebelah.

lebih baik kita as a commentator lebih jeli membaca blog. kalau saya baca ada pergeseran dan pengalihan opini. artinya pembaca digiring untuk tidak menyukai suatu ATPM, langsung atau tidak langsung. Ini malah bahaya. Tidak adanya pengungkapkan nama – atau inisial – wartawan yang tidak diundang serta nama – inisial – medianya dalam konteks yang ditulis Mas Tri dan Mas Ben dapat menjadi fitnah dikemudian hari. Sebisa mungkin ditulis. Memangnya semua orang tau siapakah orang yang tidak diundang itu, oleh siapa dan dalam event apa.

Dari penelusuran saya – CMIIW – kayaknya si wartawan juga blogger. Kalau benar maka kita para pembaca sudah dijebak oleh blog untuk membenci sesuatu yang tidak perlu dibenci. Kenapa ? karna pendapat si wartawan belum tentu yang ditulis di medianya. Apa iya dia dibanned gara-gara nulis di media tempat dia kerja? Harusnya kalau begitu media nya yang dibanned dan tentu saja diketahui oleh PWI. Bisa saja si wartawan ini menulis cuma di sebuah socmed dengan akun pribadi. Nah,kalau si wartawan punya blog berarti bukan menyuarakan aspirasi media tempat dia kerja dong. Tulisannya ybs sebagai blogger alias sebagai pribadi. That’s it.

Jangan terjebak. Alih-alih ingin pandai malah dibodohi.

STOP PEMBODOHAN OTOMOTIF VIA BLOG!

KRITIS ITU PERLU TAPI CERDAS DALAM KRITIK LEBIH PERLU!

MENULIS ITU BAGUS LEBIH BAGUS LAGI MENULIS DENGAN ILMU!

salamkritis!

14 10 2011
davied

setuju..lagian juga blon ada bukti bahwa wartawan itu di banned..apakah tidak diundang = di banned..??? jgn berprasangka buruk dulu negatif thingking dan akhirnya ngambek…mungkin kredibilitasnya blogger/wartawannya yang menurun, masing2 pihak punya penilaian..mari sama2 bercermin..disuatu kelompok kita mungkin dinilai layak masuk dalam 5 besar penilaian,tapi bagi kelompok lain..belum tentu krn dasar penilaiannya juga beda…

13 10 2011
nha

@jaos ketika ada 2 kelompok besiteru dan kau berada di salah satunya maka itu artinya kau fanboy. yang menentukan bukan kau, jd percuma kau memproklamerkan diri bukan fb. kalau membela merk itu lebih terhormat dari pada mencari keburukan apalagi mencaci merk yg kau tdk suka. hnd emang tungangan gw dan gw bangga dengan apa yg punya. lah kau membela orang alasanya apa kalau bukan seseorang berarti bagi kau.

13 10 2011
jaos

owh … masih lanjut dan sekarang menggiring ke topik lain yaa…

1.kan terbukti kata saya yg ini “saya tuh gak percaya ada fby vs fbh….yang ada fanboi (titik) yg memusuhi semua merk dan siapapun yg mengganggu nama hendi merk pujaanmu itu”. How? dgn katamu yg mengatakan 2 kelompok berseteru…artinya kelompok fanboi vs siapapun yg dianggap menjelekkan hendi (uniknya selalu disebut fby).

2. kalau membela merk itu lebih terhormat dari pada mencari keburukan apalagi mencaci merk yg kau tdk suka.===memang sdh tugas fanboi kok….saya? gak mau yaa…

3.hnd emang tungangan gw dan gw bangga dengan apa yg punya. lah kau membela orang alasanya apa kalau bukan seseorang berarti bagi kau.===memang sdh semestinya fanboi bangga dgn merk tunggangannya, wong dibela mati2an. Trus saya membela orang? justru saya bukan sedang membela orang, malahan saya sedang MENUNJUKKAN/menyingkapkan betapa jahatnya fanboi….krn ada yg blak blakkan soal merk hendi itu maka para fanboinya dgn cepat menyerang/membenci/ngomong dibelakang/fitnah orangnya. Tapi bagi kau dan yg lainnya akan berpikir dan menyangka saya sedang membela orangnya….owh…fanboi mana pernah bisa berpikir lurus.

14 10 2011
nha

@ Jaos

Lama-lama kau emang susah diajak bicara baik baik-baik ya. Kau bilang omong belakang itu apa. Apa kalau gw mau bicara tentang kau harus kirim e-mail harus datang ke tempat kau. Kau tau gw ngomong di sini atau dimanapun apa dia ngak tau? Kalau begitu kenapa kau ngak sampaikan kepada dia trus ayo ngomong disini atau dimana saja selain di tempatnya OK.

Emang kau telah dibutakan dengan pemuajaannmu tentang bloger yang satu itu sehingga kau beranggapan gw harus sowan ke dia. kenapa ngak dibalik dia yang sowan ke gw atau tanggapin komen gw disini secara jentel jangan merengek rengek kayak kucing dalam kurungan di blognya sendiri.

Dan satu lagi kau faham yang mendukung mengangap seorang lebih dari yang lain. Pantasan aja di negeri ini banyak orang selalu mengingkari UUD Pasal 27. Dan juga mengingkaran persamaan derajat manusia di mata Tuhan.

14 10 2011
jaos

Hai..
Benarkan saya apa γάπĝ sdh saya tulis di reply2 sebelumnya.
Cuma org pengecut licik γάπĝ gǟƙ sanggup to the point ke orgnya dan langsung berdiskusi. Memang tu blogger, si mr tri, mgkn tau kau komen di tmpt lain…masalahnya kan gǟƙ ada conversation langsung.
Btw,masih terhormat fanboi lain γάπĝ masih konflik lgsg dgn blogger itu di tmptnya..hahahah.

Hei ..koq ngotot ya maksa ngecap saya pemuja blogger itu? Merk yamaka aja tidak apalgi manusia. Mgkn kau itu. Mgkn bkn pemuja blogger tertentu γάπĝ sesuai syarat ketentuan berlakumu, tapi sayang yaa sama blogger γάπĝ sesuai bla bla bla.

Apa itu persamaan derajat? Hai munafik, kalo kau gǟƙ suka dgn seseorang gǟƙ koar2 gǟƙ sudi mampir bla bla bla…apa itu jg persamaan derajat? Coba berpikir dulu sblm komen γάπĝ ini. Itu sama dgn merendahkan org di hadapan org lain lg. Saya yakin di kehidupan real pun kau tak sudi diomongkan persis spt koarmu itu oleh org γάπĝ salah mengerti…dan kemudian kau dapati koar2 kosong org tadi telah menyebar dgn anggapan kau akan tau sndri.

13 10 2011
amplop

ngundang blog keluar kota jg nyangoni alias ngamplopi ya..???

14 10 2011
SuRyA

Sedang mencoba mas ben

http://www.dk8000.co.nr

14 10 2011
nha

jaos kau emang bodoh ya oh ternyata, kau baca lagi urutan komen diatas. Pemburu yang paling bodoh sekalipun tidak akan masuk kandang singa untuk membunuh. Tapi otak kau mungkin udah bebal makanya mulai susah melihat sesuatu itu jadi proporsional. emang takut ya kalau ngomong disini kau liat lagi komen di atas ada ngak dia komen dimari. mendingan kau kawal dia ke mari kalau perlu sediakan karpet merah dan mungkin kau bawakan buku bukunya takut dia keberatan. emang itu yang pantas bagi mental penjilat.

17 10 2011
tutug

Nuwun sewu mau ikut nimbrung.
Sebenarnya, suka-suka pabrikan untuk memilih siapa saja yang bakal diundang dalam satu acara yang dia selenggarakan. Termasuk pula wartawan atau blogger mana yang diundang dan tidak, karena itu memang hak dia.
Berbeda bila acara tersebut diselenggarakan oleh lembaga pemerintah yang penyelenggaraannya dibiayai oleh uang negara yang notabene juga uang rakyat. Maka wartawan berhak mencari tahu karena dia mewakili publik.
Bagaimana jika pabrikan menolak wartawan tertentu untuk hadir dalam acara dia? Wartawan boleh mencari informasi dari sumber lain, sepanjang informasi tersebut bisa dipertanggungjawabkan. Jika informasi tersebut merugikan satu pihak, termasuk pabrikan tersebut, wartawan diwajibkan mengkonfirmasikan balik, terlepas itu nanti dijawab atau tidak oleh pabrikan.
Jadi, terlalu kekanak-kanakan jika wartawan tidak diperbolehkan mengikuti satu acara tertentu kemudian beralasan tidak bisa menulis.
Tentang pem-black list-an wartawan dari media tertentu, biasanya bukan karena satu kasus saja. Wartawan atau media bersangkutan mungkin beberapa kali menurunkan tulisan yang merugikan pabrikan dan tidak berimbang. Meskipun cara mem-black list wartawan dengan alasan tersebut tidak bisa dibenarkan, seharusnya wartawan juga menghargai posisi pabrikan dengan menulis berita berimbang.
Menulis dengan cover both side sebenarnya diatur dalam kode etik jurnalistik yang harus ditaati oleh semua orang yang mengaku sebagai wartawan. Itulah yang membedakan wartawan dengan pewarta lain seperti blogger atau kolumnis. Blogger, meski tidak mempunyai kode etik, saya rasa juga harus mengindahkan tulisan cover both side dan berimbang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: