Jadi Blogger…Gak Perlu Tajir Untuk Bisa Kritis Menulis…!!

12 10 2011

nah, apakah foto bareng Ayumi harus tajir dulu...enggak...!!

Mari ane bagikan sebuah prinsip hidup Ki Hajar Dewantara“Belajarlah dari mereka yang kaya ilmu, karena setiap orang adalah guru dan setiap tempat adalah ilmu..”. Ini adalah sesuatu yang ane sarikan dari secuil perjalanan hidup..dan ane coba bagikan. Dengan konsep ini, tak sulit untuk lantas memandang sesuatu tidak sekedar dari materi belaka. Karena ilmu bisa diperoleh gratis kapan saja, dari siapa saja tanpa memandang status sosialnya.

Ini comply bin sesuai dengan piramida Maslow dimana puncak tertinggi yaitu “Need Of Achievement” sudah menjadi kebutuhan, dan kebutuhan dasar lainnya sudah terpenuhi seperti sandang, pangan papan dan juga kebutuhan akan kasih-sayang. Dan…comply juga dengan perkataan Renee Descartes yaitu Cogito Ergo Sum yang berarti “I Think, Therefore I am” –> Saya berpikir, oleh karena itulah saya ada”. Tentunya filosofi ini lebih mudah diartikan ketimbang mencoba membahas filosofi dibalik Al-Baqarah ayat 1 (Alif Lam Mim) yang barangkali sangat sulit dipahami.

piramida Maslow

Nah, berpegang pada teori-teori itu, maka ane bisa sedikit in line dengan artikel mas Triatmono hari ini. Sebenarnya nukilan “Blog aing kumaha aing” memang tepat untuk menggambarkan ketegaran sang blogger dalam mempertahankan pendapat, namun secara global..bagaimana sih sikap blogger menghadapi godaan materi..?

artikel Mas Triatmono

Kan sekarang banyak pihak seolah ingin menggoda sang blogger…Entah karena sang blogger memiliki pembaca dan hits yang tinggi sehingga semakin lupa daratan, atau karena sang blogger seperti loose cannon yang sulit dipegang, sehingga opininya sangat membikin pihak-pihak terutama kaum industrialis terancam, sehingga sang blogger harus dibungkam.

Padahal kalau kembali ke paragraf pertama..dan kita memahami benar…Sebenarnya lagi-lagi sang blogger berhadapan dengan pihak-pihak yang tidak ingin merugi secara materi. Kenapa…yaaa…kalau blogger opininya terlalu tajam…nanti produknya bisa gak laku…Kalau blogger terlalu kritis…nanti production cost bisa meningkat karena desain harus diubah untuk menghindari desakan informasi yang disuarakan sang blogger kritis kepada konsumen. UUD deeh…Ujung-Ujungnya Duid..

Lhaaa…padahal seperti Mas Triatmono tulis…sang blogger kan bisa jadi hanyalah orang iseng…yang gemar menulis dan memiliki antusiasme terhadap sebuah topik..seperti otomotif. Jadi yaaa…mau pihak industrialis kebakaran djenggot….mau komentator jadi merah kupingnya yaaa…embooh…sing penting artikelnya berdasar pada fakta toooh…

Makanya, bikin produk yang bener, gunakanlah idealisme dalam berdagang. Janganlaah kualitas diturunkan demi profit sehingga menghasilkan produk ringkih namun dibungkus dengan marketing gimmick yang wah tapi murahan…ah…tak elok rasanya. Tak heran beberapa pabrikan yang membikin produk dengan kualitas prima tetap memperoleh tempat spesial, ya karena produknya ajib dan layak dimiliki…!!

Pesan selanjutnya adalah persepsi pembaca terhadap sang blogger. Barangkali anggapan orang adalah…Oooo…blogger anu itu kan sudah kaya, sehingga bisa bilang “ndak butuh duid…”..atau…Oooo…blogger inu itu kan sombooong…karena seleranya tinggi. Semua orang seolah mengangkat tinggi taraf ekonomi sang blogger lantas mengkerdilkan diri sendiri.

Yaah..namanya persepsi ya terserah orang sih…tapi lagi-lagi..kalau saja semua bisa paham bahwa sesungguhnya Renee Descartes tidak selalu benar, idealisme dan need of achievement pada beberapa kasus bisa menjadi kebutuhan seseorang setiap saat, sehingga value satu hal tidak melulu diukur dengan uang dan lagi-lagi uang.

Contohnya…Mas Triatmono…barangkali dengan jabatan di tempat kerjanya mendapat gaji Rp 1000, tapi di kantor lain, jabatan yang lebih rendah kok bisa dapat Rp 2000..ada lagi di kantor lain yang barangkali terlihat nggembel, tapi dengan jabatan sama bisa dapat Rp 3000. Padahal job desc nya sama saja…!!

Lalu apakah Mas Tri lebih tajir..ah…enggak juga, dia kan sudah mulai duluan, wajar lah kalau achievement nya seperti sekarang..Kalau ane atau ente mau menyaingi Mas Tri, gampaang..Lampaui saja achievementnya pada umur, misalnya saja 40..Mas Tri punya moge 5 biji, kita punya 10…huehehehe…Tapi kalau ditanya apakah Mas Tri cerdas…yaa jelasss…!! itu adalah nilai value intrinsik beliau…ini yang BERHARGA..dan ini harus kita rampok dan colong sebanyak-banyaknya…!!

Naah..jadi jangan sembarangan menilai seseorang dengan sebutan tajir dan sombong..Itu semua karena alat ukur kita adalah materi…sementara value lain yang intangible seperti idealisme, semangat dan kepedulian diacuhkan dan dikesampingkan..

Last, setinggi-tingginya kemampuan kita berpikir..jangan lupakan bahwa kita semua adalah TIDAK SEMPURNA..

 


Aksi

Information

51 responses

12 10 2011
shasya

fotonya ayumi gelap amat…

12 10 2011
B M W ♣

Cakep,7

12 10 2011
RdP

Bennythegreat emang paling benar sedunia, yang lain selalu salah.

12 10 2011
bennythegreat

mas RdP..benar adalah adalah milik Allah SWT..kesalahan milik manusia..seperti ane..

12 10 2011
nha

Banar milik Allah, salah ya milik situ aja kali masak milik Allah wah kacau nih..

12 10 2011
bennythegreat

astaghfirullah…maaf saya khilaf..segera direvisi

12 10 2011
nha

Sippp,… kalau gito komen ane yang atas di hapus juga dong, jadi ngak nyambung tuh. thank.

12 10 2011
#99 bro

ooooooooooo… mbengong tok.

12 10 2011
asmarantaka

muridnya Gus Tri..wkwkkwkw😀

12 10 2011
bennythegreat

The Blogger’s Apprentice

12 10 2011
reborn

rdp sakit hati 😀

12 10 2011
jape methe

Tapi kalo mau sombong ga papa asal tajir, kan wagu kalo biar miskin asal sombong

12 10 2011
Virus

nice share om ben…hohohohoh…

12 10 2011
kentang

2x ngeliat, kok 2x jg itu poto masih item item juga… sotosop dong bang… i luph arumi :-*

12 10 2011
cafebiker

setuja sangat, imho.tapi untuk saat ini sangatlaah sulit melihat orang tanpa memandang materi. apalagi mayoritas penduduk kita masih kurang materi (walaupun banyak juga yang kaya). Mungkin hanya orang tertentulah yang memandang dari achievement itu sendiri. Seperti sama kayanya atau sama ilmunya atau juga orang yang open minded. Tapi di negeri ini masih agak susah menemui orang seperti itu.

12 10 2011
12 10 2011
Datuk

rumah mas tri dimana sih? saya mau datengin rumahnya buat nyuri sesuatu, karena saya yakin bahwa ada sesuatu yang bisa dicuri dari beliow..😀

12 10 2011
extraordinaryperson

nyimak saja, saya blogger newbie

12 10 2011
GrandV

Blogger kan macem-macem, ada blogger iseng, blogger idealis, blogger cari makan dll. Perlu dicatat, blogger yang idealis dan gak cari makan dari blog-nya jangan sombong ama blogger yang emang cari makan dari blog-nya. Ini ibarat pengendara harley sombong ama tukang ojek karena dia gak cari makan dari motornya, atau pengendara penggemar Bike To Work sombong ama orang yang gak punya duit dan mesti naik sepeda untuk berangkat kerja. So, blogger cari makan ndak ada yang salah… yang mesti bijak adalah pembacanya… memilah-milah mana yang obyektif dan mana yang seolah muja-muji pabrikan tertentu mulu. Resiko masing-masing-lah. Klo blogger terlalu ngritik pabrikan dan akhirnya gak diuandang acara-acara, bisa jadi dia akan kekurangan bahan tulisan atau tulisannya kurang up to date, sementara blogger yang kurang kritis bisa jadi digemari pabrikan dan sering dapat update, masing-masing punya pangsa sendiri lah… :p

12 10 2011
cicung uk

memang enak baca blog motor….keren2 artikel dan komentarnya…
dilanjut bung…

12 10 2011
ayumihamasaki

betul2,

blogger yang punya ninja ga perlu nyerang pendapat blogger yang “cuma” punya byson

waduh, dibanned kek wartawan itu ga ya gwe?? iihhh,, atut..

12 10 2011
shumy27

numpang ngakak ah….nguakakkakak….:mrgreen:

12 10 2011
drill&blast

Wew… adu modal!!!

12 10 2011
Rei

ayumi kawasaki mukamu seram seperti di pilem” horor

12 10 2011
Rei

terus terang ane lebih suka dengan blog ente bung ben,ente blak”an dalam menyampaikan aspirasi,ga ada yg ditutupin,tidak munafik,maju terus,dalam berkarya di dunia maya ini,keep brotherhud

12 10 2011
den

Karena ilmu bisa diperoleh gratis kapan saja, dari siapa saja tanpa memandang status sosialnya.

walaupun dari pengendara bebek yg selalu lu hujat kali ya

12 10 2011
sabdho guparman

Apa jadinya kalau semua dihargai dengan uang

Keep brotherhood,

Salam,

12 10 2011
BJUBAH HITAM

gw demen tulisan elu BRO …..awas jgn jadi TERNAKAN ATPM

12 10 2011
Amama Ali

TMC >> obejktif
Triatmono >> cerdas
Benny >> nekadd … itu yg ane suka dari ente😉

12 10 2011
jabul2

hahah ganti aja jadi Benny The Blak2an

12 10 2011
Beruang Kutub

Makanya gua make nick BERUANG KUTUB… Terinspirasi dari yg punya blog ini… Hahahahahaha…
Ngemeng2 kapan nih bakar “bebek” lagi? Wkwkwkwkwk…

12 10 2011
idadzzz

grandv. . .
jgn smkn objektivitas brta dgn cr mkn. . .
krn bhng i2 dosa . . .
dn biarn ja xlw pbrkn g mw undng bloger yg g mw d sogok. . .
krn sesunghnya msh ad cr untk mgthui bgmn mtr trsbt. . .

12 10 2011
Beruang Kutub

Pesen bebek bakar satu mas…

12 10 2011
james

om ben, ane kenal om dari pertama milis pulsar berdiri…pertama ane kenal, om terkesan org yg sgt angkuh, terlalu jujur, malah mungkin dgn kejujuran tsb kadang menyakiti org lain, pemberani atau nekat yah? tp itu emang karakter om ben…tp ane percaya om ben itu org yg selalu berusaha jadi org baik, selalu berusaha jd org jujur…karena om ben ditakdirkan utk jadi org yg blak2an, sehingga banyak menimbulkan beda persepsi dan kontorversi, masih untung nggak di iket trus diarak…tp itulah om ben…ane tiap hari pasti buka blognya, dan selalu tersenyum terutama kalau mengenai kegemarannya akan bebek dan justin beiber…maju terus om ben…

12 10 2011
Beruang Kutub

Pake sambal terasi… JPL…

12 10 2011
dwi

Money talks?

12 10 2011
keshamotor

blogger motor sport dilarang mengkerdilkan blogger motor bebek om,.. jangan merasa lebih baik dengan motor sport dan bebek dihinakan😀

piss

12 10 2011
candra_kawak

sorry OOT. tentang teori maslow, piramida plg puncak adalah melakukan sesuatu dengan passion, kreatifitas, ikhlas, gembira. nah, setau sy di akhir hayatnya mr maslow malah nyesel, krn dia br menyadari ada yg salah dg teorinya itu. yaitu harusnya posisinya piramida dibalik.
gampangnya gini….

*maslow: dibayar yg gede dl,gw bakal semangat kerja/sukses dl,ntar gw bahagia/banyak duit dl,baru deh gw sedekah
*revisi maslow:nikmati kerjaan dl,maka otomatis karir akan naik/ dr skrg gw sedekah gak perlu nunggu kaya/hargain orang dl, jgn nunggu dihormatin.

punya mental kaya dulu, baru kaya. kl kaya dulu baru ada mental kaya, mirip org dapet lotre, setaun dipastikan abis itu duit,gak branak gak berkembang.

kl bro pada amati, semua org sukses menikmati kerjaan yg mereka lakukan,dari awal mereka merintis karir. bukan karena setelah diatas baru menikmati
isn’t right🙂

13 10 2011
apep

artikel hot…hot…hot…

13 10 2011
Mbah Lekot

Yakin itu Arumi ya, peteng tenan gak kethok bro🙂

13 10 2011
jahe

ini baru postingan, ga semua itu harus materialistis! setuju om ben

13 10 2011
setia1heri

tetapi tetap perlu duit buat operasional blognya😛

http://setia1heri.wordpress.com/2011/10/13/ngopdarcol-di-…knya-rame-rame/

13 10 2011
13 10 2011
fathan

yakin deh kalau ada bloger ngomongin kekurangan dari produk AHM pasti comentatornya pada sewot nuduh si empunya blog yg aneh2 malah nuduh jadi fby lagi dan semakin kesini yg saya amati semakin sedikit bloger yg kritis terhadap pabrikan besar seperti AHM karna mereka pada takut kalau hits/kunjungan kewarungnya menjadi sedikit alias sepi kalau gak percaya silahkan cek artikel di obi or indomotoblog yg isinya tentang kekurangan produk AHM pasti isinya cuma coment barisan sakit hati fbh dan cacian kepada si empu yg punya warung
kejujuran memang harus di bayar mahal
1 warung sepi pengunjung
2 cacian dari fb yg bersangkutan
3 bakal di adu domba dgn bloger yg lainya
kesanya comentator skarang malah bisa mendikte si bloger
kalau ente warungnya pengen rame gak usah jelek2in produk ane
kira2 seperti itulah ancamanya

13 10 2011
Datuk

bener juga ya?

13 10 2011
jaos

lah…… saya malah memperkirakan banyaknya fb itu adalah perpanjangan tangan dari si hendi…yg berguna buat menggiring opini thp para blogger yg kritis maupun yg tidak kritis…baik dibuat sepi ataupun dibuat rame komentator…dan yg terakhir, spt prediksi saya dari dulu, fanboi ini jg yg mengadu domba antar blogger.

13 10 2011
kasamago

nice wejangan, initnya tetap jadi diri sendiri. sawang sinawanlah.. rejeki gak kemana, pasti ada aj rejeki bwt tetap ngeblog, yg penting sehat.

14 10 2011
SuRyA

Dalem bgt mas ben
thanx untuk pencerahannya pagi ini

http://www.dk8000.co.nr

14 10 2011
anharvictor

jozz… Mantem om ben::::
yang terpenting dari niatnya… Kita melakukan apapun dari niat nya, dan sesuatu yang di dapat pun ber asal dari niat yang kita jalankan:::
kalo niat uda baek kenapa tidak… Kita jalan terus, meski pahit harus di kata kan…

Sip om ben, setuju…

14 10 2011
Dhadyan

I like u Ben “the blak-blakan man”…😉

14 10 2011
Dhadyan

Masih saja tetap terkagum2 dengan poto yg paling atas Om Ben…
Subhanallah.. Cantik bangeedz yaa Ayumi berfoto disamping Bodyguadnya… Wkwkwk..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: