Jokowi – Rudy, Tak Perlu Banyak Bicara Mendukung Otomotif Indonesia

17 10 2011

Pak Joko Widodo

Salut berat sama Pak Jokowi dan Pak Rudy. Sebenarnya memang orang Indonesia itu bisa membuat parts otomotif kok..ini baru SMK saja sudah bisa merakit mesin…!! Tak perlu lah sampai kerja di pabrik ATPM non-Indonesia..

Nah, kita ikuti saja sepak terjang cikal bakal mobil nasional ini, apakah akan ada pihak-pihak yang berniat menjegal cita-cita mulia ini karena khawatir ceruk pasarnya berkurang…?? Only time will tell…

Esemka Rajawali SUV

Esemka Digdaya

Esemka Digdaya

sumber:

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2011/09/17/96623/Mobil-Buatan-Siswa-SMK-Jadi-Mobdin-Jokowi-Rudy

***

Solo, CyberNews. Patut dicontoh dukungan Wali Kota dan wawali Surakarta, Jokowi – Rudy. Dua pejabat itu kini memesan dua unit mobil Esemka Rajawali buatan anak-anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang belum lama ini dipamerkan di Jakarta.

“Pak Jokowi dan Pak Rudy sudah siap menggunakan mobil SMK itu untuk mobil dinas. Ini luar biasa karena mereka ingin secara moral mendukung bangkitnya industry manufaktur yang berintikan anak-anak SMK Indonesia,’’ kata Dr Djoko Sutrisno, Direktur Pembinaan SMK Kemdiknas, Sabtu (17/9).

Berceramah di depan mahasiswa UNS, dia mengatakan, mobil itu dibuat secara keroyokan oleh para siswa SMK. Ada 20 SMK yang terlibat dalam keroyokan membuat komponen mobil itu.

“Misalnya blok mesin dibuat SMK 1 Klaten di Batur. Bodinya bersama Pak Sukiat Klaten dibuat siswa lainnya. Piston, cam shaft-nya dibuat SMK Tegal. Ada lagi yang dibuat anak-anak SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, Magelang. Pokoknya semuanya produksi anak-anak SMK. Tidak ada yang pesan dari luar,” kata dia.

Ternyata setelah jadi, mobil itu dipamerkan di Jakarta dalam International Exebhition yang membuat heboh pengunjung. Pujian mengalir melihat hasil karya anak-anak SMK yang sangat luar biasa.

“Saat itu ada 230 pembeli yang memesan mobil tersebut dan kini dalam proses produksi. Mobil itu sendiri terus diupayakan kelaikan jalan dengan cara menjalani uji coba mesin, uji coba emisi. Jika lolos, maka mobil ini akan jadi salah satu hasil karya luar biasa anak-anak bangsa alias siswa SMK,” kata Djoko.

Dengan bersemangat dia mengatakan, dukungan dari Presiden, Wapres, Menteri Perindustrian dan juga Menperindag serta lainnya, termasuk Wali Kota Jokowi akan menjadi penyemangat. “Jangan membayangkan mobil itu dibuat di pabrik dengan teknologi canggih. Sebab mesin-mesin pembuatnya juga buatan anak-anak SMK itu sendiri. Jadi 100 persen murni hasil karya anak-anak itu,” kata dia.

Tidak hanya mobil penumpang jenis SUV (sport utility vehicles), namun juga mobi jenis truk mini dan juga minibus. Semuanya hasil karya rakitan anak-anak SMK dari berbagai daerah di Indonesia.

“Inilah sumbangsih SMK yang diharapkan bisa menjadi salah satu elemen dan tonggak kemajuan ekonomi Indonesia ke depan. Sebab SMK sudah masuk dalam road map kemajuan ekonomi Indonesia 2011-2015. Jadi semua elemen bangsa perlu memberi dukungan maksimal,” tandasnya.

Berita lain:

http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2010/10/28/68980/Mobil-Rakitan-Siswa-SMK-Jadi-Kendaraan-Dinas-Wali-Kota-Surakarta

***

Solo, CyberNews. Mobil Esemka yang merupakan buatan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruaan (SMK) semakin diakui keberadaanya. Rencananya, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta akan menggunakan mobil yang dinamakan Rajawali dan Digdaya itu sebagai kendaraan dinas mereka.

“Secepatnya kami akan menggunakan mobil itu sebagai kendaraan dinas. Hanya saja pengadaannya menggunakan uang pribadi,” kata Wali Kota Joko Widodo di sela-sela kunjungan Wakil Presiden RI ke SMKN 2 Surakarta, Kamis (28/10).

Saat ini, kata Wali Kota, pihaknya masih menunggu turunnya perizinan pengoperasian mobil yang menggunakan 80 persen komponen dalam negeri. Izin yang dikeluarkan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ini menyangkut sisi keamanan kendaraan itu jika dioperasikan di jalan raya.

“Persoalan keamanan itu memang sangat rigit sekali. Terakhir sudah kami tanyakan dengan Dirjen saat pertemuan di Denpasar beberapa waktu lalu dan mereka menjawab masih dalam proses,” papar pria yang akrab di sapa Jokowi ini.

Ketika ditanya apakah tahun depan sudah bisa menggunakan mobil tersebut, Jokowi hanya menjawab,” Kalau hari ini izinnya sudah keluar langsung saya beli dan saya sebagai orang pertama yang menggunakan mobil buatan anak-anak SMK itu,” jawabnya.

Rencananya, lanjut Jokowi yang memilih untuk menggunakan mobil jenis double cabin, mobil tersebut hanya akan dipakai untuk operasional dirinya selama berada di dalam kota saja.

“Kami sudah test drive, memang nyaman digunakan serta tidak kalah dengan mobil-mobil yang sudah ada. Hanya perlu sedikit
penyempurnaan misalnya terkait panjangnya yang ternyata sedikit lebih pendek dari mobil sejenisnya,” jelas Jokowi.

Sedangkan Wakil Wali Kota FX Hadi “Rudy” Rudyatmo menganggap dengan digunakannya produk dalam negeri tersebut akan memunculkan kebangaan tersendiri. Pria yang akrab disapa Rudy ini justru melihat hal itu dapat mengefisiensikan anggaran daerah.

“Per mobilnya itu kan sekitar Rp 150 juta, jadi bisa lebih efisien dibanding mobil dinas yang ada yang harganya lebih dari itu,” tandas Rudy.


Aksi

Information

36 responses

17 10 2011
#99 bro

sip

17 10 2011
kentang

cuman bisa bilang : Maaf, anda tinggal di negara yg mengagungkan karya import…

17 10 2011
geraltofrivia

terus?:mrgreen:

17 10 2011
kentang

jangan harap pembuat kebijakan mendukung si-esemka. walaupun mendukung, nanti pasti disumpel sama lobby lobby pabrikan import…

18 10 2011
Rainbow

jangan remehkan kebudiluhuran pak walikota dong

*cek kalimat di atas pake kata2 impor gak ya:mrgreen:

17 10 2011
ipanase

GA USAH BANYAK OMONG
jokowi jossssssssssssssss

17 10 2011
Haryudha Azhari Trengginas

Ayo pak, jadi presiden aja..

17 10 2011
Maskur

jadi presiden atau jadi Gubernur JAteng dulu lah..gantiin bibittttttttttttttttt

17 10 2011
B M W ♣

Cakeb.
Salut

17 10 2011
Virus

wkwkwkwkw slogan baru nih om ben…
“LANJUTKAN PENCERDASAN OTOMOTIF!!!”
*by the way any way high way long way down…presiden kita Pak SBY gak mendukung opo yooo karya anak bangsa ini…
sayangkan jikalau harus mengabdi kepada jepun…menangis lah leluhur bangsa yg telah berjuang hingga kita MERDEKA!!!

17 10 2011
17 10 2011
XnorB

Quote: “Per mobilnya itu kan sekitar Rp 150 juta, jadi bisa lebih efisien dibanding mobil dinas yang ada yang harganya lebih dari itu,” tandas Rudy.

Per nya aja 150 juta…😀
Tulisan aja bisa berdampak beda makna… apa lagi ketika hal ini sudah produksi masal… masih panjang dan lammmaaaaaa…

17 10 2011
aanhamzah

SMK sudah bisa nyetak mesinnya, dan bukan dari produksi luar.
*kmaren sempet nanya2

Presiden, menteri dan antek2nya harusnya pake juga..

17 10 2011
bajigur

salut sama abdi negara yg satu ini…gak banyak cincong serahkan pada ahlinya.

17 10 2011
yahonsuwakanja

yg njegal ya kaum kapitalis dan antek2nya…
antek mental pedagang .

17 10 2011
setia1heri

ininih yang patut didukung…
telepas ada kekurangan yah wajarlah…
yang penting bangkit otomotif indonesia

http://setia1heri.wordpress.com/2011/10/17/pelatihan-sist…layak-anak-kla/

17 10 2011
yudibatang

terharu..

17 10 2011
anharvictor

paling gampang kang mensukseskan produk nasional kita…
Ganti aja kang mobil dinas plat merah dengan mobil buatan dalan negeri ini…
Ntr biar di contoh para rakyat…
Gimana kang,…

17 10 2011
Megatron

Saya mendukung Pak Jokowi dan Pak Rudy menjadi Presiden dan wakil presiden Republik Indonesia.

17 10 2011
kasamago

hidup produk nasional..

17 10 2011
Hourex150L

waaa, sebagai Cah Solo dan lulusan SMKN1 Surakarta Saya ikut mendukung Karya Anak bangsa Ini,, Saya juga lulusan EseMka lho tapi jurusan Akuntansi😀😀 #abaikan saja#

*sayang rung tau “KETEMU RAI” karo pak joko wi…

17 10 2011
Hourex150L

sebagai bukti kalo Saya tamatan SMKN 1 Surakarta ni ada Neraca lajur dan perhitungan Rentenya http://www.hourex150l.wordpress.com/2011/10/17/jangan-asal-ganti-ban-lebih-lebar/
hahaha #abaikan saja#😀

17 10 2011
Beruang Kutub

╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗
║║║║║║║╠╗╔╣║║║║
║║║║╦║║║║║║╦║╔╝
╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝ nih buat gantiin
SI BUTET YOGYA…

18 10 2011
bruang teddy

Sekelas anak cendana yg masih berkuasa dulu aja gagal bikin mobnas apalagi smk liat aja mental menteri dan eselon yg setingkat mentri atau yg para wakil rakyat mana mau mobil yg biasa saja kan biar tampil beda …

18 10 2011
pedal2themetal

Soal desain, teknologi & performanya belum pernah coba sih…Yang jadi pikiran itu logo Burung Hantu-nya

Kok tiru dari Hollow Owl dari “Bohemian Club”? Apakah proyek ini disponsori mereka?

18 10 2011
joetrizilo

Lanjutkan !!!! kalo walikotadan wakilnya dah pakai SMK, kepala dinas@nya dikasih SMK ato inova ya???

18 10 2011
boerhunt

Pemimpin yg satu ini (berdasarkan byk referensi) emang top markotop..patut dicontoh oleh pemimpin2 daerah lain..
tp nitip satu ke beliau mas ben, rambu2 arah kotanya mngkin perlu diperbagus/diperjelas..biar kalo ada yang melewati kota Solo, tidak bolak balik kesasar bingung keluar dari Solo…😀
BTW, mobilnya blum bisa dipesen umum yah ?

18 10 2011
penggemar ninja

mantab walikota wong solo ini…walaupun ane bukan orang solo..tapi ane dukung dia jad president nich..

low profile, ramah, dan tidak neko2, dan yg jelas membela rakyat kecil.

patut dicontoh oleh pemimpin lain..

Piss

18 10 2011
brembo aka bybre

teruskanlah….
MERDEKAAA!!!

18 10 2011
jmerahputih

seandainya dari presiden sendiri dah mulai naek buatan indonesia..

ga cuma batik doank.
kalo presiden mulai ya rakyat juga percaya.

tapi kayaknya presiden kita takut mati.

gimana rakyatnya?

kalo pak SBY pake ini produk dalam negeri. ane yakin mulai banyak kepercayaan sama produk dalam negeri. ga cuma slogan doank. kami butuh bukti dari SBY.

http:/jiwamerahputih.net

18 10 2011
SuRyA

Ini neh yg bner2 dukung otomotif nasional
presiden n wapres kok ga mesen ya?
Plg ga pesen satu kek utk keliling rumah atau mungkin jd mobil yg dinaekin presiden saat upacara bareng tni
keren bgt tuh

http://www.dk8000.co.nr

18 10 2011
bapake valen

ini esemka yang juga bikin motor itu ya?

18 10 2011
khabibhsxrider

Woww… jadi nget dulu naek mobil prethelan pas di SMKN I Magelang ..:mrgreen:

19 10 2011
gyard

kita terlalu bangga dengan barang2 impor……., ga pernah menghargai buat dalam negeri……
kebijakan yang diambil hanya menguntungkan para penguasa negeri saja…..

DUKUNG MOBNAS…….

19 10 2011
kambing_knight

duh jadi kangen solo
solo yg dulu aku tinggalin tidak seperti solo yang sekarang

3 01 2012
gerimisbesar

kita liat aja pihak yang berwenang mendukung gak ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: