SABER, Bergerak Melawan Kriminal Penebar Ranjau Paku

18 10 2011

bro Siswanto dan bro Abdul Rohim

Beberapa hari yang lalu ane mendengarkan siaran I-Radio dalam perjalanan ke kantor. Mantan penyiar radio SK, bro Rafiq dan partnernya, sist Poetri membahas tentang fenomena ranjau paku di jalanan Jakarta. Rupanya obrolan menjurus kepada keberadaan komunitas pemberantas ranjau paku bernama SABER (Sapu Bersih). Tak lama kemudian, kemarin di siaran “Pagi Jakarta” di O-Channel, sist Lucy Wiryono kembali membahas mereka..LIVE…!!

Narasumber pun dihadirkan…ada bro Siswanto dan bro Abdul Rohim yang menceritakan pengalaman mereka dalam memberantas ranjau paku.

Ada yang unik dan begitu menyentuh dalam siaran radio ini, yaitu ketulusan dan aksi mereka yang benar-benar tanpa pamrih…!! Seolah hal tersebut memang menjadi panggilan jiwa mereka…!! Bro Siswanto mengatakan bahwa jika sehari saja tidak memunguti ranjau paku, ia bisa tak tenang tidur dan selalu terbayang akan adanya pemakai jalan yang celaka. Sungguh mulia…!!

SABER menggunakan magnet untuk menarik ranjau paku yang diikat ke sepeda motor atau mobil, mereka biasa beroperasi dari jam 8 malam sampai jam 2 dinihari. Bro Siswanto menjelaskan bahwa dalam sebulan mereka bisa mengumpulkan 80 kg ranjau paku. Wow…!!

Nah, sekarang info penting dari mereka yang diulas berdasarkan fakta dalam keseharian mereka memberantas ranjau paku jahanam…!! Ini dia ane sarikan dalam point-point:

  • Confirmed, bahwa tukang tambal ban lah yang bertanggung jawab atas penyebaran ranjau paku. Hal ini dilakukan untuk menambah penghasilan mereka.Yang dimaksud tukang tambal ban ini menurut mereka biasanya adalah si pemilik kompressor udara, dan jarang dilakukan oleh si penambal ban.
  • Penyebar ranjau paku adalah pihak ketiga yang dibayar oleh pihak tambal ban. Dan penampilan penyebar paku ini bisa menipu. Mereka berpenampilan rapih namun membawa kantong plastik berisi paku yang siap disebar.
  • Jam operasi penyebar paku bisa kapan saja, namun biasanya pada waktu malam hari, di atas jam 00.00 pagi. Penyebaran paku dilakukan secara periodik. Misalkan saja pada jam 2 pagi, kemudian lanjut lagi jam 4 pagi.
  • Ranjau paku disebar tidak hanya di pinggir jalan, namun bisa juga di tengah jalan. Target utama mereka adalah pemotor yang melintas dan kemudian akan segera mampir ke tukang tambal ban terdekat. Perlu diperhatikan bahwa jika pada satu ruas jalan terdapat banyak tukang tambal ban, maka bisa dipastikan bahwa ranjau pakunya juga banyak.
Ironisnya, SABER belum mendapatkan respon dari instansi pemerintah. Pada siaran radio ini bro Rafiq pun berkomentar bahwa seharusnya pihak Satpol PP lah yang melakukan tugas ini untuk keamanan jalan. Aneh ya..Lalu sampai kapan SABER harus memberantas ranjau paku…? Kenapa SABER tidak menangkap para penyebar ranjau paku sampai ke akarnya…?? Bagaimana tindakan kepolisian…?? Ahhh…sayang yaa..aparat kita malah cuek sama tindakan kriminal sebar paku ini…!!

nih pakunya..

ini alat pemberantas ranjau pakunya


Aksi

Information

16 responses

18 10 2011
asmarantaka

woah..nice…btw tuh paku di kiloin aja..itung2 bisa buat uang bensin..xixix😀

18 10 2011
Vespa Ijo Rider

pernah ada nyang nulis.. katanya sebulan bisa ngumpulin pake 30 kg alias sehari 1 kg…

WOOooowww… its fantastic..!! 😀 😀

18 10 2011
Rainbow

nikmat Allah emang gak terduga. yang penting ikhlas. nah di balik ikhlas bisa tuh paku2nya diloakin

18 10 2011
andi

Muulia sekali, pemerintah hayoooo cepat tanggap,jgn cuma merhatiin pelanggar rambu2 lalu lintas saja,a lot of works to do !!!

18 10 2011
kentang

yups, baca di twit lucy bbrp hari lalu…. polantas jg ada kok yg patroli (pernah baca d kompas) cuman mungkin kuantitas sweepingnya kurang maksimal yah

18 10 2011
18 10 2011
18 10 2011
Immortalorochimaru

Real hero….

18 10 2011
martini

mayan deh….moga2 tambah rajin…biar dapat 1kuintal perbulan….nek perlu kompresor jahatnya diangkut sekalian………….

18 10 2011
si oom

bisa buat ngebangun rumah:mrgreen:

19 10 2011
apep

artikel cool…cool…cool…

19 10 2011
Adi Nasir Ahmad

permissi kang Benny,
artikelnya menarik, ijin share ya kang🙂

19 10 2011
bennythegreat

Monggo kang

20 10 2011
kY

Satpol pp kerjanya cari duit,
Mana mau mungutin paku.
Mau maju tertata rapih dan aman?
Pakai sistem luar negri, payung hukum, terapkan!
Peraturan pemerintah yg mengatur tempat
Berjualan kan ada? Gusur aja tkng tambal ban
Dan kompresor”nya..itu kan akarnya? gt aja koq repot.

24 10 2011
timbul

tapi sekedar indo, di sudut kiri bawah setelah jalan layang dari arah TVRI senayan, kalau pagi sering saya lihat ranjau juga, tapi yang saya lihat bukan paku, melainkan semacam logam putih (mungkin seperti alumunium atau apa) runcing depan belakang, mungkin ranjau ini akan susah untuk nempel di magnet tersebut. harap hati2 buat temen2 semua jika melewati area ini
salam

14 03 2012
ari hadi anjing

wah muli banget agan” yang saber..terus berjuang gan melawan penebar paku biadab it🙂
ane aja dua kena banyak banget paku disenen😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: