Eitsss…Yamaha Ternyata Punya Portfolio Trellis Frame Juga

20 10 2011

Gonjang-ganjing rangka tubular trellis ala Ducati yang digosipkan akan terpasang di motor baru Honda membuat ane penasaran mencari tahu, apakah tipe rangka ini sudah pernah diterapkan pada pabrikan Jepang lain. Setelah ubek-ubek Google secara singkat, ane mendapatkan sedikit pencerahan bahwasanya Suzuki sudah memulai mainan trellis frame pada varian SV seriesnya seperti SV 650 hingga SV 1000.

Suzuki SV 650

Pabrikan the Big four lainnya gimana…? Wah..ternyata Kawasaki kok enggak ikutan mainan trellis frame yaa..? dan hanya Honda yang juga mainan trellis frame yang sekarang lagi inn dengan VTR 250-nya.

Honda VTR 250

Nah Yamaha cukup mengejutkan dan nyeleneh nih, setelah ane mendapatkan foto Yamaha SDR 200. Motor yang cuma berumur singkat (1986 – 1987) dan berbadan ramping  ini ternyata memiliki trellis frame namun di sana tergantung mesin 2-tak 200 cc yang imut-imut. Seolah menyalahi “rule of thumb” pabrikan lain yang selalu mengawinkan trellis frame dengan mesin berkonfigurasi L atau V dua silinder.

Yamaha SDR 200

penampakan engine 200cc 2-stroke

Jadi kesimpulannya adalah, Yamaha pernah memiliki portfolio produk dengan trellis frame, bahkan digantungi mesin 2-tak. Apakah Yamaha juga berniat main-main dengan trellis frame di tahun 2012 nanti…?? Ah, sepertinya tidak..kelihatannya Yamaha masih terdesak dan sedang mengalami pembenahan internal (sok tahu mode – ON).

Menurut penerawangan ane, di tahun 2012 nanti, Yamaha akan menggelontorkan market Indonesia dengan Byson FZ-16S (Byson berbikini fairing), Yamaha R15 v2.0 dan akan dimeriahkan pula dengan kehadiran Yamaha Fazer 250 yang sepertinya akan ditarik dari Brazil sana..Kita lihat saja nanti…

***

Info singkat Yamaha SDR 200

tech specs Yamaha SDR 200 (click to enlarge)

tech specs Yamaha SDR 200 (click to enlarge)

General:
Model: Yamaha SDR200
Model Code: 2TV
Frame starting number: 2TV-000101
Years sold: 1987

Size:
Length: 1945mm
Width: 680mm
Height: 1005mm
Seat Height: 770mm
Wheelbase: 1335mm
Ground Clearance: 160mm

Weight:
Dry weight: 105kg
Vehicle weight: 115kg
Distribution weight:
Front wheel: 56kg
Rear wheel: 59kg
Gross vehicle weight: 170kg
Distribution weight:
Front wheel: 74kg
Rear wheel: 96kg

Efficiency/Performance:
Average Fuel Consumption: 45mpg
Average Tank Range: 55-60miles
Minimum turning radius: 2600mm
Braking braking distance: 14m (50km/h)
Top Speed (upright): 91mph
Top Speed (prone): 99mph
SS 1/4 mile: 14.51s @ 85.0mph (From Performane Bikes, July 1991)
0-60: 5.9s (estimated)

Engine:
Engine Type type: Two-stroke, water cooled
Cylinder Arrangement: Single cylinder
Engine displacement: 195cm3
Inside diameter x distance: 66.0×57.0mm
Compression ratio: 5.9
Compression pressure: 12.0kg/cm2-1000rpm
Power: 34ps(33.5 bhp) @ 9000rpm
Torque: 2.8kg/m @ 8000rpm
Air cleaner: Wet polyurethane foam
Clutch: Wet multiple plates
Gear box: Regular 6-speed sequential gearing system
Starting system: Kick system
Ignition system: C.D.I
Lubricating system: Separate oil supply

Body:
Frame type: Cromed Tubular Steel Trellis Frame
Caster: 25.5 Deg
Trail: 91mm
Steering lock: 35Deg?
Fuel tank capacity: 9.5l
Oil tank capacity: 0.9l
Front Brake: Single Disc, two pot caliper
Rear Brake: Single Disc, two pot caliper
Front Suspension: Telescopic, Oil damper/Coil spring
Rear Suspension: Swing arm, Gas and oil damper/Coil spring
Front Wheel Size: 17inc MT2.15
Rear Wheel Size: 17inc MT2.5
Front Tyre Fitment: 90/80-17 46s
Rear Tyre Fitment: 110/80-17 57s

Power and Torque Curves:

Crankshaft:
Structure: Assembly system
Large End Bearing Type: Needle Bearing
Standard values:

Piston:
Oversize I: 66.25mm
Oversize II: 66.50mm
Clearance: 0.060 – 0.065mm
Pin borehole diameter Standard value: 16.004 – 16.015mm
Pin borehole diameter Use limit: 16.035mm
Assembly direction: Arrow exhaust side
Piston pin major diameter Standard value: 15.995 – 16.000mm
Piston pin major diameter Use limit: 15.975mm

Piston Ring:
Form TOP: Keystone
Form 2nd: Plain
End gap TOP: 0.30 – 0.45mm
End gap 2nd: 0.30 – 0.45mm
End gap Use limit: 0.8mm
Side Clearance Top: 0.02 – 0.06mm
Side Clearance 2nd: 0.03 – 0.065mm
Side Clearance Use Limit: 0.10mm

Cylinder and cylinder head:
Head distortion limit: 0.03mm
Cylinder distortion limit: 0.03mm

Clutch:
Clutch plate Quantity: 6
Clutch plate Standard thickness: 1.05 – 1.35mm
Clutch plate Distortion limit: 0.05mm
Friction plate Quantity: 7
Friction plate Standard thickness: 2.9 – 3.1mm
Friction plate Distortion limit: 2.8mm
Clutch spring Quantity: 5
Clutch spring Length: 32.0mm
Clutch spring Use Limit: 30.0mm

Gear Ratios:
Primary Number of Teeth – Ratio: 51/18 – 2.833
1st Number of Teeth – Ratio: 34/12 – 2.833
2nd Number of Teeth – Ratio: 29/16 – 1.813
3rd Number of Teeth – Ratio: 26/19 – 1.368
4th Number of Teeth – Ratio: 24/21 – 1.143
5th Number of Teeth – Ratio: 23/23 – 1.000
6th Number of Teeth – Ratio: 22/24 – 0.917
Second Number of Teeth – Ratio: 43/16 – 2.687

Drive Chain:
Size: 428
Links: 132
Deflection: 15 – 20mm

Transmission oil:
Designated oil: Yamaha gear oil
Oil capacity, Periodic exchange: 750cm3
Oil capacity, Overhaul: 800cm3

Reed valve:
Valve / seat opening limit: 0.2mm
Stopper height: 8.3mm 

About these ads

Aksi

Information

28 tanggapan

20 10 2011
B M W ♣

Yamaha memang cakep cakep motornya

20 10 2011
Rancho dev

Lebih cakep motor BMW :p

20 10 2011
dwitri dudu oktaria

Ninja RR bukannya palai sasis tralis, Mas

20 10 2011
Modar

Cafe racer 2tak?

20 10 2011
otomotoshare

mantap jaya :D

20 10 2011
SuRyA

Naksir ma suzuki nya mas. Ow ya suzuki jg punya gladius 400 yg rangkanyateralis jg klo ga salah mas.

http://www.dk8000.co.nr

20 10 2011
hanx

ganteng bgt nih bang :)

20 10 2011
Hourex150L

weeiitt,, 34 ps.. S A N G A R :-D #abaikan saja#

20 10 2011
Ya2kzzz

asoooyy….

Nitip spanduk warung kang… :mrgreen:
http://mesin4tak.wordpress.com

20 10 2011
20 10 2011
cusx

calon all new RX-king ZR (pake ZR ahhh biar mirip Vega ZR)

20 10 2011
cosminova

Tren rangka atap baja ringan mewabah tuh..

20 10 2011
Datuk

Menurut penerawangan ane, di tahun 2012 nanti, Yamaha akan menggelontorkan market Indonesia dengan Byson FZ-16S (Byson berbikini fairing), Yamaha R15 v2.0 dan akan dimeriahkan pula dengan kehadiran Yamaha Fazer 250 yang sepertinya akan ditarik dari Brazil sana..Kita lihat saja nanti…

***
dapet wangsit dari mana mbah? :D

20 10 2011
bennythegreat

Hanya tebak2 saja..
Jangan dianggap serius..

:mrgreen:

20 10 2011
Rollerman

trellis motor Jepang gak terkenal seperti Trelis dari motor Eropa (udah ciri khas kalee)

kalo Yamaha udah identik dg DELTABOX,smpe namanya aja dbawa n dsebut kmana2

20 10 2011
Beruang Kutub

#abaikan saja#

20 10 2011
tembaloy

waduh jadi naksir..,kira2 di indo ad yg mau jual ga’ y.??

21 10 2011
win

sepeda koyok ngunu wae sampek 598ewu yen
weekkss…..

21 10 2011
4201journey

*just 4 journey*

21 10 2011
21 10 2011
gogo

mantab, larinya kek dewa dah.. jmn dlu tralis blm populer keknya..

21 10 2011
bapakeValen

yamaha optimalkan saja yang ada.
jangan ikutan main2 lah..

nitip om. orang baru
http://valkyla1723.wordpress.com/2011/10/21/salam-roda-2

21 10 2011
Busa_tio

Kalo Suzuki memulai mainan trellis frame dari tipe TL 1000 S mas Ben. Itu model yg jadi inspirasi desainnya FXR.
Tapi kalo Bandit rangkanya mau disebut trellis frame ya duluan Bandit sih di banding TL.

21 10 2011
sabdho guparman

psywar AHM memang luar biasa , padahal spy shoot pun belum ada

keep brotherhood,

salam,

21 10 2011
Busa_tio

Oya… kalo Yamaha 4 tak yg pake trellis frame ada juga, tipenya TRX 850.

21 10 2011
bennythegreat

nice info oom…matursuwun…

21 10 2011
21 10 2011
ipanase

wow, mantatatap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.698 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: