Zero-Sum Game, Kesuksesan Penjualan ATPM adalah Kegagalan Transportasi Publik

3 11 2011

In game theory and economic theory, a zero-sum game is a mathematical representation of a situation in which a participant’s gain (or loss) of utility is exactly balanced by the losses (or gains) of the utility of other participant(s). If the total gains of the participants are added up, and the total losses are subtracted, they will sum to zero. Thus cutting a cake, where taking a larger piece reduces the amount of cake available for others, is a zero-sum game if all participants value each unit of cake equally (see marginal utility). In contrast, non-zero-sum describes a situation in which the interacting parties’ aggregate gains and losses are either less than or more than zero. A zero-sum game is also called a strictly competitive game.

Dalam bahasa simplenya, Zero-Sum Game adalah penggambaran situasi kompetisi. Langsung saja to the point.. Blogger disodori pemberitaan oleh sebuah ATPM motor yang isinya pencapaian penjualan 400-an ribu unit yang memecahkan rekor bulan sebelumnya. Lantas para blogger disodori email dari ATPM tersebut yang seolah berkata seperti ini..”Nyoooh, aku punya berita, monggo dimuat di blog sampeyan yaaa, daripada blog sampeyan kosong..”

Nah, instead of menjadi blogger “paper pusher” (main copy-paste saja tanpa analisa dan piker panjang), maka para OBI-wan (anggota Komunitas Otoblogger Indonesia) melakukan pembahasan di milis mengenai berita ini. Dan khusus bagi ane yang ilmu ekonominya cetek, ane melakukan searching di Wikipedia dan ketemulah istilah Zero Sum Game ini.

Jadi begini..Sesungguhnya dalam hal transportasi sedang terjadi persaingan antara pemerintah dan swasta. Sudah diketahui melalui pemberitaan salah satu ATPM itu bahwa mereka sedang mengalami sukses. Tapi dengan menilik teori Zero-Sum Game ini, maka dapat dipastikan bahwa pihak lain sedang mengalami kegagalan.

Kita semua tahu jawabannya, yaitu pengelola transportasi public di perkotaan yang memang gagal dalam menyediakan fasilitas transportasi yang aman, nyaman, terjangkau finansial dan akses serta tepat waktu. Semua kriteria itu ada pada motor, dan berkat adanya value ini maka pihak ATPM mengalami total victory atas transportasi public…!!

Nah, fokus ke kota Jakarta mari kita analisa. Apakah yang menyebabkan 400-ribuan konsumen baru lebih memilih membeli motor ketimbang menggunakan sarana transportasi public…?

  • Buruknya kondisi dan layanan transportasi public..ini gak usah ditanya lagi. Fakta sudah jelas berbicara.
  • Adanya penundaan 29 rute Kereta Rel Listrik dengan alasan perbaikan sarana listrik. Tragedi ini seolah kurang diberitakan, padahal dampaknya dahsyat. Dengan berhentinya 29 rute KRL ini, maka bukan tidak mungkin penggunanya memilih membeli motor saja.
  • Mudahnya kepemilikan motor. Ya bagaimana gak mudah..hanya dengan 500 ribu s/d 1 juta orang sudah bisa membayar uang muka. Makin moncer tuh penjualan…!!
  • Budaya individualism yang semakin ngetrend, mengalahkan budaya komunal (hidup bersama, naik kendaraan umum bersama).

Dengan sebab di atas, jelas sudah bahwa kekalahan transportasi public semakin terasa. Akibatnya pada bulan Oktober, 400-ribuan orang sukses membanjiri jalanan dengan kendaraan pribadi (motor), sementara transportasi public akan semakin ditinggalkan.

Buntut-buntutnya jalanan semakin padat dan prediksi Pak Bambang Susantono, Wakil Menteri Perhubungan RI semakin mendekati kebenaran bahwa sebelum 2014, Jakarta akan mengalami gridlock, kondisi dimana ketika seseorang masuk ke jalan..sudah pasti akan menemui kemacetan.

Selamat menikmati buah kesuksesan ATPM dan kegagalan pemerintah. Sebuah permodelan dari  Zero-Sum Game.

selamat menikmati


Aksi

Information

48 responses

3 11 2011
ken167

agree, tp saya tetep milih motor😀. pembelaan saya cuman 1, MURAH

Moda transportasi :
1. KRL : 6.000 (krl) x 2 (pp) + 3.000 (parkir motor) + 5.000 (taxi patungan sm temen b4) x 2 (pp) = 25.000 / hari
2. Bis : 3.000 (angkot) x 2 (pp) + 6.000 (bis) x 2 (pp) + 5.000 (ojek) x 2 (pp) = 28.000 / hari
3. Motor : 5.000 (bensin) / hari

pilih mana ? heheheheee

3 11 2011
bennythegreat

gak masalah bro..ane juga pakai motor dgn alasan nyaman dan lebih cepat. tapi kalau transportasi publik udah oke…ya ngapain naik motor lagi..iya toh..

*ngimpi*

3 11 2011
ken167

saya nunggu yg naek mobil pribadi pindah ke angkuatan umum dulu deh… heheheheee :p

3 11 2011
az3angle

emg invest motor tuh berapa????

3 11 2011
sabdho guparman

betul om, kebijakan transportasi publik tanpa arah dan itu memang sangat diharapkan oleh ATPM biar dagangannya laku.
apakah ada deal antara atpm vs pemerintah ? cuma mereka yang tahu . . . .

orang kecil cuma bisa ngeluh dan ngakali keadaan yang serba sulit

keep brotherhood,

salam,

3 11 2011
bennythegreat

gara2 transportasi publik bobrok… wong cilik tabungane gemboss semua… harusnya bisa nabung beli emas dan sawah…

jadi tergoda kridit bebek…

ya monggo saja, asal sadar bahwa dirinya jadi korban kegagalan transportasi…

3 11 2011
sabdho guparman

secara gak sadar ( kebanyakan sadar juga ) keringat kita disedot oleh atpm dan leasing ( baca artikel eyang edo wom dalam taun ini aja udah profit 2 T ) belum leasing dan atpm yang lain .

simalakama juga kalau gak punya motor ( meski bebek )

keep brotherhood,

salam,

4 11 2011
adicuzzy coolrider fixer

kridit bebek? kridit matic, kridit sprot, semua sama saja bikin padet jalan, bukan cuma bebek aja, malahan sekarang lebih banyak matickers alay yg lebih berbahaya.

4 11 2011
janu

saya coba lihat dari sisi lain, ya…

penduduk malam hari kota jakarta sekitar 9,5jt jiwa dan pada siang hari sekitar 12,5jt jiwa (week days). ini artinya ada mobilisasi sekitar 2,5jt jiwa dari sekitar jakarta masuk ke dalam kota. suatu jumlah yg luar biasa besar membebani jalanan jakarta yg ujung2nya macet.

penyediaan sarana transportasi publik dan menambah panjang ruas jalan adalah salah satu solusi dari pemerintah. penambahan ruas jalan berarti harus membebaskan lahan, sesuatu yang sangat amat sangat tidak mudah. pernah dengar ada para pemilik tanah yg pasang harga sampai 5x lipat dari NJOP sehingga sampai sekarang jalan tersebut blm bisa direalisasikan (untuk rencana jalan yang menghubungkan antara jalan sudirman dengan rasuna said kalau tidak salah. padahal kalau jalan ini terealisasi, diperkirakan bisa menguraikan kemacetan di kedua jalan utama tersebut).
sementara itu pembangunan infrastruktur keluar masuk jakarta berarti harus berkoordinasi dengan pemda di sekitarnya, dan banyak sisi yang merupakan kewenangan pemerintah pusat…..

ini cuma berandai-andai saja…
di dalam kota jakarta semakin banyak difasilitasi pembangunan hunian (rusun, apartemen sederhana, dll) sehingga para pekerja tidak harus berkomuter ria setiap berangkat dan pulang kerja menempuh perjalanan jauh nan melelahkan bin membahayakan alias kurang manusiawi. wacana seperti ini tentu harus melihat juga berbagai aspek.

“ada gula ada semut” kata salah seorang investor yg pernah saya tanya kenapa tidak mencoba membangun mall di pinggiran kota yg relatif bebas macet dan sekaligus sedikit mengurangi titik kemacetan. invenstor bangun gedung ya cari laku. karena rame dan lakunya di dalam kota ya bangunnya di dalam kota. alasan yg sangat simple dan memang dapat dimengerti knp pembangunan di dalam kota jakarta sangat gencar . investasi tanah menjadi sangat tinggi sehingga tidak ekonomis dan menguntungkan untuk membangun rusun/apartemen sederhana. apartemen dengan subsidi pemerintah merupakan salah satu terobosan, tp kemampuan pemerintah ada batasnya juga.

dll, dll,…..

secuil sisi ini sudah cukup bikin kepala saya puyeng, belum lagi sisi-sisi lainnya……………

*somehow, i like this blog. tulisan2 seperti ini menarik dan menggelitik untuk ikut2an komen ngawur

3 11 2011
Tyo

Ijin sharing ma temen2 dimilis bang ben.😀

3 11 2011
bennythegreat

monggo..

3 11 2011
necel

Menurut saya paling bagus ya pake motor pribadi. Ya bisa ditambah ama trans Jakarta. Udah cukup untuk anti kemacetan di Jakarta. Wong kadang naik mobil cuma satu orang. Coba naik motor semua dan boleh masuk tol. Dijamin pada wus2 semua (apalagi kalo pake 250 cc ke atas). cepet ampe ke tujuan
http://necel.wordpress.com/2011/11/03/mengenal-honda-rc212v-motor-800cc-4-tak-terbaik/

3 11 2011
Vespa Ijo Rider

Ya bisa ditambah ama trans Jakarta
============================

naek TJ udah gak nyaman lage.. sama aja kayak naek angkot nyang laen cuman minus pengamen doang…!!
lagian kalo naek TJ sekarang2 ini kudu siap mental.. siap2 jadi “sate panggang..”
lha wong udah banyak TJ nyang “ngebul”… gileee…!!!😦

3 11 2011
novriexx

transportasi masal di daerah lbh parah kadang di beberapa ruas jln sama sekali tak ada angkot or transportasi masal yg lewat yg ada cuma ojek yg harga sekali ngojek bisa buat mkn sekelurga.mending beli motor br aja kn trus infrastruktur di daerah yg sangat hancur tak seperti jawa yg jln pada mulus2 soalny pake hot mix (itu pun org dijawa pada masi protes blg jln brlubang,g ada penerangan jln dan sebagainy lah didaerah luar jawa lubang jln itu besar2 bisa kebo berendam)smua tuh memaksakan untuk brpikir membeli motor biar bisa mobile kmn2

4 11 2011
adicuzzy coolrider fixer

no sara gan, gak usah bawa2 suku

3 11 2011
yahonsuwakanja

berkacalah dgn sikap anak muda di Jerman…yg lebih senang mnggunakan transportasi publik…dan menunda utk mmbeli kendaraan pribadi.

keegoisan diatas motor merubah perilaku dijalanan…hanya karena senggolan …saling sodok berubah jadi umpatan2 yg tidak pantas…
anj*ing luh….mon*et luh…as*…bajinga*gan mnjadi sering terdengar.
tidak jarang berakhir keributan…

geng motor terus tumbuh…balap liar….meresahkan..
seabreg permasalahan muncul dari keangkuhan para atpm…

3 11 2011
Igfar Pramarizki

like this

3 11 2011
tovavanjava

di desa ku adol sawah kanggo tuku bebek om..🙂

3 11 2011
yahonsuwakanja

disini juga sama…beli bebek berakhir ngojek…
kalau males ngojek motor disewakan …sehari cuma 15rb..

3 11 2011
setia1heri

semoga pemerintah membca tulisan ini…

http://setia1heri.wordpress.com/2011/11/03/vespa-super-76…/

3 11 2011
Keberhasilan ATPM, Kegagalan Pemerintah « MotorBirunya Igfar

[…] dari artikel Mas Benny, inilah hal yang mendukung keberhasilan ATPM menjual produknya di […]

3 11 2011
anharvictor

aku dulu suka naek kreta waktu belum punya motor om ben, tapi di sana sini aku pun belum nyaman mau tidur barang bawahan takut di rogoh sama orang2 yang tidak beriktikat baik. Tapi jika aku naek motor aku juga capek, butuh konsentrasi waktu riding liat jalanan yang uda pada muter sak enak ke dewe. Jika ada moda yang nyaman bin ada rute yang nyambung sampek tujuan saya saya lebih memilih tu muda. Krn dalam perjalanan saya bisa hemat energi dan pikiran, ketika sampek saya masih fress…
Ayo donk negara kita bangkit…

3 11 2011
3 11 2011
3 11 2011
dara

Kesuksesan pihak leasing ini mah… Kredit2… Daya beli kan ga meningkat ..
konsumsi meningkat yaa dari kredit

3 11 2011
3 11 2011
Vespa Ijo Rider

naek angkot cuman bikin kesel doang…!!!

duit abis gak jelas..nyaman juga kagak..udah tau idup susah, mbok ya ongkos angkot disubsidi pemerintah,eh ini maghh malah naek truuussss…!!

kalo dipikir2..daripada duit gw abis buat nyang gak jelas (mbayar angkot).. mending buat nyicil beli motor.. bisa dipake sekeluarga lageee…!!

gitu kira2 pemikiran secara umum ban Ben..!!

# Era supremasi angkutan umum sudah lewat, sekarang eranya kendaraan pribadi #

CIAOO..!!

3 11 2011
razman_harry

400 ribu itu jakarta apa Indonesia ya???

3 11 2011
smoothy blue

mzbro,mslh KRL liat aja utang pemerintah untuk biaya operasional ke PT KAI tu brapa…cob diobok2 dcari di internet…
yg bobrok bukan angkutan umumnya tapi pemerintahannya yg cuek n kayaknya bekerja sama ma ATPM…
cmiiw

3 11 2011
dudung59

ga usah pake kerja sama…
toh pemerintah tetep lebih untung dengan pertambahan kendaraan…
kendaraan nambah berarti penerimaan pajak khan nambah…

3 11 2011
wow

Pantesan orang2 pada beralih ke motor pribadi, yang bawa angkotnya ugal2an n sering ngetem. cape deh

3 11 2011
gogo

ntah mengapa sepertinya ada perasaan aneh, indikasi konspirasi akan buntunya perkembangan transportasi publik di negeri ini sepertinya disengaja.. mengharapakan ada pemimpin yang dengan tegas melawannya.. sementara pake motor dulu yg udah terbukti murah dan nyaman..

3 11 2011
noldesibelecil

sepertinya pada nyesel idup di Indonesia ya ? hehe… easy going ajah.

kata orang (yg katanya) bijak, mulelah dari diri sendiri…

pada njual motor masing-masing nyoookkk n g usah beli2 motor…

biar kita yg menang, ATPM yg kalah.

piye ? pada berani kagak ?

udah kbanyakan org omdo di negeri ini

g usah ditambah-tambah lahhh…

4 11 2011
dudung59

bukan omdo namanya om…
tapi gak mo mati tolol…

disini (jakarta dsk terutama)
ada tuntutan untuk hidup lebih cepat beradaptasi…
dengan keadaan tranportasi umum sedemikian rupa…
jadilah rakyat memilih transport yang lebih cepat dan lebih murah…
aman n nyaman belakangan…
maka rame2 beli motor…

lalu kalo ngikutin saran om
jual motor n gak usah beli motor…
trus maksa pake tranport yang ada sekarang
(dengan kondisi lebih lama nyampe, lebih boros uang n tidak lebih aman n nyaman)
apa itu pilihan bijak???
apa kita bakal lebih menang dari atpm???

dalam kasus ini tidak lain pemecah persoalan dengan memperbaikin tranportasi umum…
inilah yang ditekan teman2…
koq malah dibilang omdo

3 11 2011
kopaskong

trus maunya gmn??? suruh atpm’a tutup??? suruh org2 ga beli motor??? klo ngarepin pemerintah melek si sama aja ngimpiiiiiiiiiiiii ,,,,,,,,,,, busway meleduk aj adem ayem tuh ,,

4 11 2011
jaos

kalo 400rb itu adalah mtr sprot semua………baru saya angkat topi ……….hahahah

btw, saya rasa kunci kebebasan supaya transportasi publik serius diperhatikan pemerintah adalah………..BIARKAN jualan atpm lancar sampai pada titik jakarta dll MACET TOTAL……..nah..gak repot kan? Kita gak perlu lagi dari sekarang berulang2 berkoar2 ke pemerintah……….tapi biarla keadaan yg memaksa pemerintah. Kalo kita2 ini paling cuma bisa berusaha safety dan mencari aman dulu…sebab bukan kita yg punya otoritas soal masalah di atas.

lihat BEIJING…yg mulai menghentikan penjualan mobil2 baru di beijing sendiri di thn (saya gak ingat) krn mereka (pemerintahnya) melihat tanda2 arah ke kemacetan total di kota itu. Nah yg di sana memang sdh tanggap….yg di sini? baru dikilik2 saja selagi tidur.

so….

4 11 2011
wargasipil

Kasian rakyat dibodohi atpm

4 11 2011
lekdjie

Bener om.ngomongnya gini gini gitu gitu..ngritik knp pake motor kenapa ga pake angkutan umum..
Setauku sih,salah satu penyebab transportasi umum gagal adalah efek krismon 98..setelah era itu harga sparepart melambung jaauuuuh,terutama yg pake diesel.contoh nyata di desa saya dulu,ada satu p.o (perusahaan otobus)..nah,krn efek itulah banyak sparepart yg ngambil dr sesama bus(kanibal).y wis akhire mati,la wong rugi..
Nah,klo buat jakarta ya hampir sama juga.buat bisa jalan saja sudah maturnuwun..liat saja tuh bus 3/4 pulogadung karawang..sampai 24 jam operasi ya tetep gitu2 aja kan?
Kalo berani sih,coba yg ngomong gini2 gitu2 itu naik angkutan umum buat kerja.jgn cm ngomong tapi masih saja pake kendaraan pribadi dgn alasan menunggu sampai ada mode transportasi yg layak.hihihi,ya ga bakalan deh..sampe tahun kuda nil sekalipun..

4 11 2011
cak poer

hosh..hosh….

*kepanasan.maem.sego.panas.:mrgreen:

4 11 2011
adicuzzy coolrider fixer

hadehhh, tiap komen kok ketilep sepam terus

4 11 2011
Mas Agus Ninjers Riyanto

Mobil macet cing , gak bisa buat ngejar waktu . . . Motor lbh simple

6 11 2011
someone

tetep aja ada beberapa komentator yang ga ngerti… salahsatunya atas ane.. beli motor monggo… yg ditekankan disini adalah mass transportationnya yg harus di benahi… di Jepang masyarakatnya punya mobil dan motor .. berangkat kerja? jalan kaki dan naik Kereta supercepat..
jual2in motor juga bukan situasi tepat. karena pemerintah blm bs menyediakan transportasi publik yg nyaman ya orang memilih naik motor

7 11 2011
Tebet

Tetep setia naik mobil. Abis naik motor aja kena macet, stuck, kagak jalan. Mendingan di mobil adem, ada ACnya. Nyaman… (toh sama2 kagak begerak)

Kalo masalah hemat, gue akui naik motor itu hemat banget (sebagai perbandingan motor sama angkutan umum, sama2 pake BBM subsidi), bahkan lebih hemat dari angkot (tapi musti orang yang musti nyambung ya naik angkotnya, kalo bisa naik 1 bis dari depan kompleks rumah, turun depan kantor sih mungkin bisa lebih murah)

8 11 2011
Rupiah Menguat Karena Sentimen Pasar | Link Journal

[…] Zero-Sum Game, Kesuksesan Penjualan ATPM adalah Kegagalan Transportasi Publik (bennythegreat.wordpress.com) Rate this: Share this:Like this:LikeBe the first to like this post. […]

8 11 2011
Abu Tanisha

sifat konsumtif mudah untuk dijajah produsen dlm hal ini produsen kendaraan bermotor (ATPM)

9 11 2011
Antam Akan Terbitkan Obligasi | Link Journal

[…] Zero-Sum Game, Kesuksesan Penjualan ATPM adalah Kegagalan Transportasi Publik (bennythegreat.wordpress.com) Rate this: Share this:Like this:LikeBe the first to like this post. […]

13 11 2011
4201journey

D angkot,bis dll, juga bnyak kjahatan, kalo udah sperti singapura, baru ane mau naik angkot, minimal bis n krl d jakarta, tp kalo d daerah, masi ane maklumi. Ane lbih milih sepedahan buat kerja d jakarta, meskipun ane tinggal d depok… Sori maaf ni… Angkutan umum d jakarta sangat menjijikkan. (maaf)

16 11 2011
Bursa Saham Indonesia Kembali Jatuh | Link Journal

[…] Zero-Sum Game, Kesuksesan Penjualan ATPM adalah Kegagalan Transportasi Publik (bennythegreat.wordpress.com) Rate this: Share this:Like this:LikeBe the first to like this post. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: