[Share] Tips Menghadapi Penodongan Bersenjata Api

5 12 2011

waspada penodongan..

Kalau diingat-ingat kejadian penodongan yang menimpa ane seperti diceritakan di artikel sebelumnya itu adalah tindak kriminal pertama sejak terakhir ane dipalak di Metromini 41 oleh sesama pelajar SMU (mungkin STM). Waktu itu ane melawan dan berhasil menendang pelaku keluar dan ia terguling-guling. Sayangnya ane lengah..sewaktu ane berbalik badan, ada 2 pelaku yang mungkin satu komplotan dengan si penodong yang langsung menusukkan pisau ke perut bagian kanan ane. Alhasil ane terhuyung-huyung dan kedua penusuk itu berhasil kabur. Untunglah tusukan itu tidak melukai ginjal ane yang berjarak 2mm lagi dari ujung pisau (kata dokter). Penumpang lainnya..hanya diam saja.

Itulah potret suram kriminalitas ibukota..

Dan penodongan kembali menimpa ane. Untungnya, masa kecil ane yang juga suram..karena keseringan bermain airsoft gun jadi lebih awas dalam membedakan mana senjata api betulan dan mana senjata mainan / airsoft gun.

Agar pembaca blog sekalian dapat turut memerangi kejahatan penodongan dengan senjata api, ane ingin membagikan tips dalam menghadapi penodongan.

ini airsoftgun koleksi ane, bukan senjata betulan

Sebelumnya kita berkenalan dulu dengan senjata api betulan. Ciri senjata api betulan adalah terbuat dari besi solid dan ujung laras yang memiliki ukuran tipikal. Ukuran yang biasa dipakai dinyatakan dengan istilah kaliber. Ukuran tipikal yang dipakai oleh TNI adalah 9mm (kaliber 0.35 inch). Selengkapnya mengenai kaliber bisa dibaca di sini. Yang perlu diperhatikan adalah ujung laras memiliki ukuran diameter sesuai kalibernya dan tidak memiliki lapisan barrell lagi di dalamnya.

Sekarang bahas senjata mainan / airsoft gun. Biasanya pada airsoftgun kelas murah, materialnya yang terbuat dari plastik dapat dengan mudah dikenali. Kecuali pada airsoft gun kelas mahal bermerk seperti Tokyo Marui yang nyaris mirip dengan senpi betulan. Ciri utama airsoft gun adalah adanya barrel berdiameter 6mm di dalam barrel. Misalnya pada handgun Glock 17 milik ane di bawah ini. Tampak adanya lingkaran mengkilap didalam barrel. Sejatinya, Glock 17 betulan memiliki kaliber 9mm namun karena peluru airsoftgun berukuran 6mm, maka di dalam barrel 9mm akan ada lagi barrel 6mm. Jadi jika ditodong dengan senjata seperti ini, jangan takut. Selengkapnya mengenai airsoft bisa mampir kemari.

perhatikan ujung barrelnya

Sekarang tips menghadapi penodongan..

  1. Penodongan dengan senjata api akan membuat ente panik, namun dengan mengingat tips ini dan sedikit antusiasme terhadap dunia senjata api, maka ente bisa terhindar dari penodongan bahkan berbalik melawan si penodong. Kunci pertama adalah: JANGAN PANIK.
  2. Setelah berhasil menguasai panik, tetaplah berpikir jernih dan langsung melihat ke arah senjata yang ditodongkan ke arah kita. Biasanya penodong menggunakan pistol dan jarang menggunakan senapan laras panjang seperti misalnya M4 Carbine atau AK-47:mrgreen:
  3. Perhatikan ujung laras (barrel) senjata api. Senjata api betulan memiliki ujung laras yang benar-benar “bolong” dan tidak ada barrel mengkilap di dalam barrel.
  4. Airsoft gun juga memiliki pintu keluar selongsong yang palsu, dan tidak benar-benar bisa terbuka seperti layaknya senjata betulan.
  5. Airsoftgun memiliki tulisan-tulisan di kiri-kanan bodynya. Jika sempat melihat tulisan “Made In Taiwan” atau “Made In China”, bisa dipastikan itu adalah airsoftgun.

Nah, selanjutnya jika sudah mengetahui apakai itu senjata api betulan atau airsoft, saatnya bertindak. Jika ternyata senjata betulan atau rakitan yah..apa boleh buat, silakan menyerah saja daripada nyawa melayang, kecuali jika ente memiliki kecepatan dan ilmu bela diri yang joss. Namun jika ternyata yang ente hadapi adalah penodong ber-airsoft gun, maka silakan bertindak.

Jika ente ingin melawan, ane yakinkan ente paling parah hanya akan bengkak merah kecil jika terkena peluru airsoft gun. Jadi ya lawan saja..

Ane sarankan untuk menyumbat ujung barrel airsoftgun dengan jempol ente sehingga barrel menjadi kedap udara. Dengan demikian, jika peluru ditembakkan, maka tidak akan terasa sakit..hanya akan terdengar bunyi “bleb..” (note: tidak berlaku untuk airsoft gun jenis gas gun)

Selanjutnya jika ente cukup bernyali, silakan sebisa mungkin bunuh di tempat si penodong tersebut, sebelum ia membahayakan korban lain.

Demikian tips dari ane.

hajar...!!

sikat...!!


Aksi

Information

32 responses

5 12 2011
ipanase

SIP,,,,,berguna kang,,yang dirampok lebih ngeri ternyata dari perampoknya

5 12 2011
mas wahyu

Hukumnya gimana mas kalau bunuh di tempat?
#maklum,buta hukum

5 12 2011
bennythegreat

membela diri bro.. gimana sikon waktu itu aja..

5 12 2011
Bim aja

Hati2 mas bro… sekarang air soft gun replikanya ada yg sama persis dgn aslinya, jdnya susah melihatnya secara cepat, kecuali yg terbiasa dengan airsoft gun bisa melihat moncong senpi nya (metalic dan besar diameternya)

Yg ditakuti justru klo penjahatnya menggunakan revolver.. sudah pasti itu pistol betulan.. lha wong pelurunya aja kelihatan cmiiw ^^

5 12 2011
ipanase

Selanjutnya jika ente cukup bernyali, silakan sebisa mungkin bunuh di tempat si penodong tersebut, sebelum ia membahayakan korban lain.
hahaha, saran yang berani dan bagus……untung disolo masih rada aman
soal bela diri yang jos gandos, kalo kena pistol ya kek bang

5 12 2011
noFUN

wow.. banyak koleksinya..

diriku cuma punya “Heckler & Koch” G36C..
itu juga udah berdebu.. hehehe..🙂

5 12 2011
5 12 2011
mochrasyiid

ampun….keamanan semakin menakutkan…….apa perlu petrus lagi ya bank

5 12 2011
nsx125

weeew
“bunuh di tempat”
terenyuh aku om:mrgreen:
makasih banyak om wes pokok’e saiki modal jempol tok
wani aku lawan air softgun

nitip anu ya om
http://nsx125.wordpress.com/2011/12/05/wooh-banyak-amat-klonengan-cs-1-di-china-yang-di-eksport-ke-luar-negeri/

5 12 2011
az3angle

om yg no 3 dri bawah snjta yg bneran yg mna???ka/ki

5 12 2011
bennythegreat

Coba tebak

5 12 2011
redribbon Army

saran saya.. sedikit belajar aikido untuk kasus senpi… seperti di sini http://www.youtube.com/watch?v=07jnqD8wvyE (frontal banget bro self defencenya)

atau yang ini kalau senjatanya beneran dan kita didalem mobil http://www.youtube.com/watch?v=fe0XvVFCp20&feature=list_related&playnext=1&list=SPD6485D68732D6059

(kalau senjata nya airsoftgun mah tabrak aja membabi buta…. inget game GTA kan? wkakaka)

inget saat memegang moncong senjata api beneran, genggam sekuat tenaga… karena chamber akan terkunci dan senjata macet ga bisa ditembakkan… dan inget jua senpi betulan itu kalau ditembakkan ada sentakannya.. jadi jangan ciut nyali… selama moncong ga kearah kita hajar aja…

5 12 2011
redribbon Army

tambahan : http://www.youtube.com/watch?v=1C3XNDyVXRg&feature=related
mau duduk, jongkok, atau berdiri tekniknya sama koq… pegang laras…. pastikan moncongnya di jauhkan dari tubuh kita….. hajar dulu dengan brutal… baru tarik sekuat tenaga.. (jari si penjahat dipastikan patah)

5 12 2011
beckhem

baru ngerti, thx informasinya….stujuh tuh bunuh ditempat, potong tangan juga tuh klo ketangkep (g sempet dibunuh)…..biar g bisa nyolong lagi…..yang korupsi juga tuh…….*lho……hehee……..

5 12 2011
aviv

baru-baru ini cw ane ditodong pistol di daerah jakarta timur . jadi ceritanya, cw ane bawa motor, trus tiba2 ada pengendara mobil ugal2an, hampr nabrak cw ane,, reflek doi banting kiri. disorakin dah tuh sama cw ane,, ternyata si pengendara mobil ini “GILA” cw ane dikejar, kemudian buka jendela sambil ngacung-ngacungin pistol..
begitu diceritain, miris hati ane, kalo bisa ane pingin bakar aja tu org.

gw butuh saran bro, apa yang harus gw lakukan.
plat no kendaraan udh ditangan.

5 12 2011
anggi

mas benny telat, saya udah kena todong duluan pake pistol ( entah asli atau softgun)

walhasil 2 hp melayang dan uang 130k😥

yah semua ada hikmahnya, namanya nubie baru kena todong, masih untung gak nekat sok tau lalu nyawa dan kendaraan melayang,,

great article mas benny, terimakasih informasi yang bermanfaatnya🙂

5 12 2011
bennythegreat

Penodongan memang lagi trend..
Mari kita waspada selalu..

5 12 2011
anggi

iya mas benar.. semoga pihak kepolisian makin sigap deh dan gak cuman “omdo” dalam melayani dan menciptakan rasa aman untuk masyarakat🙂

5 12 2011
Rendi

Setuju! Hajar, tumpas dan kikis habislah mereka!
Tambahan tips dikit bro, senjata beneran ujung larasnya pasti rada gosong dan nggak mulus lagi, kecuali tu senjata baru di pakai pertama kali…

6 12 2011
dnugros

Busyet dah, cover storynya mirip John Matrix di Commando😀

6 12 2011
yudibatang

Bustjet!! bunuh ditempat..mantab😀

6 12 2011
yudibatang

ijin share gan😀

6 12 2011
bennythegreat

monggo

6 12 2011
Rei

kamsia bro

atas tips dan triksnya

6 12 2011
bapakeValen

om, ben..
ijin share di fb ku yaaa…
thanks…

6 12 2011
mr. kelly

gile lu ndro lol

6 12 2011
aviv

ga ada yg ngasih jalan keluar nh????

6 12 2011
wsardjono

jangan lupa kalo masih didalem mobil….tabraaaakkkkk……

12 12 2011
Teguh

Bang Benny.. ane izin share di FB yee..

Thanks.

15 12 2011
las artes

indosiar.com, Jakarta – Senjata api memang menakutkan, karena mengancam jiwa siapapun yang berada di dekatnya. Tapi bagaimana dengan replika senjata api yang bentuknya amat mirip senjata api betulan?. Belakangan, permainan yang menggunakan replika renjata api bahkan telah menjadi hobi sebagaian warga kota besar, termasuk Jakarta. Permainan air soft gun, kini kian populer dan mudah didapati di sejumlah pusat perbeklanjaan.

1 01 2012
dieta

Pada awalnya, senjata yang dikumpulkan adalah senjata yang tidak dapat digunakan atau hanya tiruan belaka, bahkan ukurannya pun beragam, waktu itu sepertinya kurang tepat juga untuk dapat dikatakan sebagai replika/tiruan. Baik dari bentuk, ukuran, berat maupun fungsi. Dalam perkembangannya, airsoft berkembang hingga dapat meniru bentuk dan tekstur aslinya, dan juga memiliki ukuran yang identik (1:1) dengan senjata api sebenarnya.

26 07 2013
Fisade

Bero kalau kite di todong pake samurai gimana tuh, lebih bahaya keknya dibanding senpi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: