The Sleeping Police in Depok is Made in England

19 12 2011

polisi tidur (speed bumps) di Jl. Margonda Depok

Akhirnya menjejakkan ban motor di Depok..baru saja masuk gapura selamat datang di Jl. Margonda, eeeh…barisan speed trap berupa gundukan kecil-kecil menyambut roda Ironhide..mau-gak mau terpaksa perlahan deh.

Kagetnya gak sampai situ, ternyata menjelang zebra-cross ada sebuahgundukan berwarna kuning..nah lo..barang baru nih di kota Depok.

Oalah..ternyata baca di beberapa media, itu adalah polisi tidur yang dipasang dengan maksud agar kendaraan mengurangi kecepatannya menjelang zebra-cross. Kabarnya beberapa jembatan penyeberangan akan dibangun di beberapa titik di Jl. Margonda. Hmmm..ide bagus juga sih agar penyeberang jalan lebih tertib dan aman.

Namun di sisi lain, sebagai pengguna motor ane merasa heran, mengapa solusi polisi tidur yang dipilih? Bagi ane keberadaan gundukan atau lubang di jalan berarti berkurangnya umur suspense dan juga komstir motor. Kacau…

katanya sih untuk melindungi penyeberang jalan dari resiko tabrakan

Bukankah seharusnya jalan arteri sekelas Jl. Margonda itu dibebaskan dari berbagai friksi dan konflik? Apa itu friksi dan konflik…? Mari kita bahas sedikit istilah dasar transportasi.

Friksi itu adalah segala bentuk gangguan di jalan yang mengganggu kelancaran lalu lintas. Biasanya friksi dapat berupa kendaraan yang terparkir liar di pinggir jalan atau pedagang pinggir jalan..pasar kaget juga termasuk lho. Adanya lubang, gundukan atau pekerjaan jalan juga bisa menjadi friksi. Nah, akibat adanya gangguan ini, lalu-lintas menjadi terhambat.

Konflik berhubungan dengan arah arus lalu-lintas. Konflik terjadi ketika arah arus lalu-lintas bertemu. Hal ini berpotensi menyebabkan tabrakan. Oleh karena itulah konflik arus lalu-lintas sebisa mungkin dihilangkan atau diatur, misalnya saja dengan lampu lalu lintas di persimpangan, atau membangun fly-over dan/atau underpass.

Nah..segitu dulu definisinya..sekarang kembali ke urusan sleeping police berwarna kuning ini. Di satu sisi ia bermanfaat untuk mengurangi kecepatan kendaraan agar tidak menabrak penyeberang jalan. So..ini berarti manajemen konflik, karena arah arus kendaraan dan penyeberang jalan bersimpangan.

Namun di sisi lain, sleeping police ini menjadi friksi bagi arus lalu-lintas. Pada jam padat adanya polisi tidur ini menyebabkan pengguna jalan mengurangi kecepatannya sehingga berpotensi menyebabkan macet. Belum lagi pengguna jalan yang nggumunan (penasaran) dan memperlambat laju kendaraan untuk mengamati polisi tidur berwarna mencolok itu..

wuss..kendaraan melintas cepat melalui poldur

Tadi malam, sekembalinya dari acara di rumah Kang Jombloati, ane dan lae Bodats mengambil beberapa foto poldur kuning ini. Jam menunjukkan pukul 01.30 dinihari, kendaraan selalu melintas dengan kecepatan tinggi dan tidak terlalu memusingkan keberadaan si kuning ini.

Ooo..ada tulisan “MADE IN ENGLAND” alias buatan Inggris..Terbersit pertanyaan yang cukup mengusik..Kenapa untuk barang sepele seperti ini saja harus import ya? Memangnya di Indonesia gak ada yang bisa bikin?

MADE IN ENGLAND


Aksi

Information

52 responses

19 12 2011
asmarantaka

wkwkkw..improt is the best…besok2 jangan2 POLWAn juga improt dar Inggris??..duh ane harap sih…lumayan bisa gaul bareng bule…wkwkkwkwkwkkwkwkwk:mrgreen:

19 12 2011
bennythegreat

nganu.. saya sarankhan..ithu pholwan di improt dari uzbhekistan yhaa..

19 12 2011
anharvictor

daru uzbek… Mantab ney, om ben…

26 12 2011
donalterores

setuju, cewe uzbhekistan is the best!
*dulu sering liat dikawasan mangga besar, bikin cenat-cenut….:mrgreen:

7 01 2012
azizyhoree

irung e mancung * mata ne biru yo om? :mrgreen:

19 12 2011
noFUN

‘sleeping police’ itu musuhnya bebek aliran “low profile”..🙂

eh, apalah istilahnya itu..

7 01 2012
azizyhoree

xeper… ehh #ceper :mrgreen:

19 12 2011
orang indonesia

cermin biker indonesia…. ada zebra cross tetep aja tancap gas…
saya rasa paling efektif sih emang polisi tidur tuk mengurangin kecepatan…
di gerbang masuk depok emang rada susah buat nyebrang, mobil ama motor pada kenceng2 semua… padahal udah berdiri di zebra cross tetep aja ga ada yg mengurangi kecepatan nya

19 12 2011
gasspoll

kebayang kecepat 150 kmh di malem2 kena gundukan kaya gituan

25 12 2011
paul

Yah kalo ngebut 150KmH mah sukur kena gituan benjut, abis siapa suruh di jalan umum ngebut segitu kenceng. Bagus cuman benjut, kalo ada sampe yang melayang, mau salahin siapa coba? Yah ride safe aja, ada zebbra cross pelan dikit, jangan hajar terus.

19 12 2011
adkarta

abis kalo mau impor polisi yang enggak tidur susah om ben,😀

btw, untung yang dipasang cuma segitu, gimana kalo kayak gini

19 12 2011
Warga Sipil

ini bukan polisi tidur namanya, tapi paus tidur..😀

26 12 2011
donalterores

wakakakakakkk
ada2 aja!

ngomongin paus tidur, saya jd inget sama “paus” naik sepeda yg satu ini http://donalterores.wordpress.com/2011/12/24/rider-paling-alay-sedunia-yang-pernah-saya/:mrgreen:

19 12 2011
beckhem

ga efektif polisi tidurnya…..menurut saya masih mending JPO, lalulintas dibawah tetap jalan……yang nyebrang juga g was2 ketabrak….
awal mulanya daerah situ dah ada lampu hazard, trus ketambahan garis kejut, ketambahan lagi lampu merah+timer (belum aktif) terakhir polisi tidur itu……..berarti dah 4 kali bangun tuh……klo JPO yah cuman 1 kali

20 12 2011
jape methe

susahnya di indonesia daripada naik jpo lebih baik nerabas jalan, jpo malah dipake nyebrang motor..

19 12 2011
Wiro Sableng

BTW, itu lampu Ninja terang amat y….

19 12 2011
gcm

solusi instan buat mengurangi efek dari perilaku ugal2an pengguna jalan…😦
di luar negri, selama ente nyeberang di zebra cross (yang gak pake lampu), baru satu kaki njejek di zebra cross, kendaraan udah pada berenti sendiri…

19 12 2011
Pak Bambang Nunggang Byson

polisine mlumah apa mungkerep?

19 12 2011
Rantang

itu namanya bukan sleeping police, tapi rumble grip
CMIIW

19 12 2011
rifqi

coba sekali2 jalan2 ke solo (dari arah jogja) sampe di depan kandang menjangan (karto suro) ada gundukan polisi tidur gede2, dan nggak cukup satu, tapi ada beberapa buah dan di beberapa tempat, kalo biasanya di jalan antar kota antar propinsi gundukanya kecil2, itupun menjelang perlintasan kereta api, ini gundukan guwedi2.., di jalan luar kota yang lurus

ga mutu banget wis pokoknya

20 12 2011
jape methe

dulu sebelum reformasi malah harus jalan pelan2 disitu. kecuali mau dihajar sama kopasus. bus pun ga ada yg berani salip2an disitu

4 01 2012
CTG

Itu gundukan memang maut…banyak kendaraan luar kota yang gak tau keberadaannya langsung sikat aja…gak kebayang kalau ada wanita hamil di dalam mobil

Kata orang2 dulu kalau ngebut langsung dihentikan kendaraannya terus disuruh pushup 1set

19 12 2011
az3angle

hemmm klo kndaraan parkir bukannya namanya HAMBATAN SAMPING ya ms ben,tp bru thu tentg istilh friksi

19 12 2011
zhe

Jan lampune terange pol. .

19 12 2011
Triyanto Banyumasan

HID detected

19 12 2011
Rollerman

bukan gak bisa bkin,tapi MALAS bikin

19 12 2011
ÅHM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS

gile lampu ninin benny bebek terang amat …lampu stok ninin apa dh ganti hid tuh …:mrgreen:

19 12 2011
kimimaki

Saya setuju dengan adanya The sleeping Police..
emang kita sendiri bisa dikontrol bahwa tanpa polisi tidurpun jika mendekati zebra cross akan menurunkan kecepatan.. tapi yang ga bisa dikontrol lebih baanyak.. orang itu pasti gak bodoh dan naro sembarangan ntu polisi tidur. Just share bro jangan marah nanti ane jadi judul lagi di kayak di blog sebelah..

19 12 2011
Jack

Tapi klo dah dipasang JPO pada mau pake ga?tar kaya yg didepan terminal depok,dah dikasih rambu dilarang menyebrang malah terobos trus.ditambah lagi aparat kepolisian yg selalu membantu menyebrangkan pejalan kaki disitu. Harus ditanamkan budaya tertib dulu kali ya….

19 12 2011
gogo

pake semen diklotok, pake ban diklotok, akhirnya import..

27 12 2011
bambang

apalgi pake besi…ntar lagi juga ngelotok…ilang di pagi hari……….mur baut di jembatan aja di kelontok ha…ha

20 12 2011
20 12 2011
wooo

poldur kyk gini kadang-kadang ada di parkiran mall2 besar di jakarta

20 12 2011
yudibatang

paling bikinan tegal terus dikasih cap made in england:mrgreen:

20 12 2011
mantyasih

saya pernah, naik motor, naik mobil, nyeberang jalan di margonda….

dan, nyebrang jalan yg paling sulit. butuh nyali lebih untuk bisa sukses nyeberang, terlebih di pagi hari jam berangkat kantor…n juga jam2 pulang kantor…

satu kendaraan sudah berhenti, blm tentu kendaraan yg lain berhenti, kadang, malah tancap gas.

20 12 2011
Rendi

buat poldur yang sleeping beauty donk………..

21 12 2011
motor batangan

bro, saya denger kalo ada petinggi pabrikan yg ‘maen’ sama pemerintah sehingga segala peraturan yg ada membuat masyarakat beralih ke motor, dan sebagian kecil ke mobil pribadi.

contohnya infrastruktur jalan raya yg tetap dibiarkan tidak layak, ANGKUTAN UMUM yang tidak kunjung dibenahi padahal ini adalah solusi utama, terbaik, dan termurah untuk mengatasi kemacetan dan polusi parah di kota besar, lalu juga pembatasan bbm utk mobil, bahkan katanya awal 2012 mau dilarang premium di gunakan utk mobil, kebijakan yg mempersulit pengendara mobil seperti premium yg akan dilarang bagi mereka 2012 nanti, 3 in 1, erp, menaikkan biaya tol, dll yg intinya mempersulit dan membuat masyarakat (terpaksa) beralih ke sepeda motor.

apa bro2 ada yg tau? terutama yg empunya blog. tolong dibahas, agar mata masyarakat terbuka.

cheers

21 12 2011
motor batangan

bro, saya denger kalo ada petinggi pabrikan yg ‘maen’ sama pemerintah sehingga segala peraturan yg ada membuat masyarakat beralih ke motor, dan sebagian kecil ke mobil pribadi.

contohnya infrastruktur jalan raya yg tetap dibiarkan tidak layak, ANGKUTAN UMUM yang tidak kunjung dibenahi padahal ini adalah solusi utama, terbaik, dan termurah untuk mengatasi kemacetan dan polusi parah di kota besar, lalu juga pembatasan bbm utk mobil, bahkan katanya awal 2012 mau dilarang premium di gunakan utk mobil, kebijakan yg mempersulit pengendara mobil seperti premium yg akan dilarang bagi mereka 2012 nanti, 3 in 1, erp, menaikkan biaya tol, dll yg intinya mempersulit dan membuat masyarakat (terpaksa) beralih ke sepeda motor.

apa bro2 ada yg tau? terutama yg empunya blog. tolong dibahas, agar mata masyarakat terbuka.

regards

21 12 2011
joko

indon…esia…al

21 12 2011
SuRyA

Itu plat bordes kan mas ben? Ada keunggulannya ga tuh?
Klo ga kok yo mpe impor segala ya. Mana impor nya ga tanggung2 lg dari england.. Damn jauh bgt datengin barangnya
skrg dah pd tau nuatan england jgn2 bsk udah raib dibawa pencoleng tuh🙂

http://www.dk8000.co.nr

23 12 2011
endrk

biar anggaranya besar lho pake impor2an. 20% dari 10 jt klo lokal kan kecil, tp kl imporkan 100 jt

23 12 2011
wangblagak

tiap kali mo masuk depok WAJIB goyang dangdut dl bro… wkwkwkkwk

24 12 2011
shogun110tromol

plat bordes made in england

mang bedanya apa ama plat bordes buatan lokal? wakwkakkaakkaka:mrgreen:

pembodohan anggaran😆

24 12 2011
uungferi

wahhhhhhhhhhhhhhhhhh

25 12 2011
jmerahputih

ah yang blom pernah di jalan margonda pasti ga tau.. itu jalan kan banyak kampus.. hehhe… jadi banyak yang bakal nyebrang2… blom di bangun jembatan penyebrangan.. buat orang ya. bukan buat motor…

orang kita kalo ada jembatan penyebrangan bakal di pake buat motor… hahaha…

berdiiri di zebra cross ga ngaruh.. soalnya orang2 kita terlalu sombong.. apa lagi pengendara motor…. coba aja jalan siang2.. ane sering ngalah kalo naek motor.. utamakan pejalan kaki.. bukan hajar pejalan kaki. tetep aja pengendara yang dari belakang klakson2 mulu.. dah gitu bukannya di rem malah di gas.. ehehe.. emang dasar mental mau ngebut di jalan raya.. parrah.. jalan raya bukan buat ngebut.. mau ngebut ya di track balap..

jangan terlalu berfikir yang jelek mulu.
untuk jembatan penyebrangan ga semurah yang di kira beli cbr doank. trus jembatan penyebrangan ga akan deket2.. itu aja..

http://www.jiwamerahputih.net

26 12 2011
donalterores

ooo….kyk gitu kondisinya ya,,

8 01 2012
aamsoer

sebelum ada beginian, banyak yang nyebrang dan banyak yang ngebut dan banyak banget kecelakaan tiap harinya !!!!. grrrrr.

setelah ada ginian imbasnya jd agak sedikit macet.

26 12 2011
Speed Trap Singosari, hanya beberapa hari bertahan | Touringrider's Blog

[…] dengan apa yang pernah diposting oleh kang Benny. Pengendara atau pelintas jalur ini mengeluhkan tingginya speed trap, sehingga berdampak kemacetan […]

28 12 2011
ukie

wadduh daripada ngimpor polisi yang tidur mending buat jembatan penyebrangan

28 12 2011
rann_32

baguslah buat terapi yg doyan ngebut biar kurangi kecepatan. tapi apa iya harus impor? hadeh…..

2 01 2012
AD1N

lumayanlah drpd yg di pasang balok ato cor-coran beton buat poldur…. gkgkgkgk

2 01 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: