Harga Tiket Dream Theater..Die Hard vs Live Hard Fans

28 12 2011

Dream Theater 2011 formation

Yes..sejak pertama kali melihat harga tiket Dream Theater World Tour 2012 yang akan diadakan di Jakarta tanggal 21 april 2012 nanti, ane sangat tertegun..Betapa tinggi harga sebuah momen yang dihasilkan oleh 5 orang virtuoso progressive metal kelas dunia.

Tapi hey..ntar dulu..kita jangan bahas harga, tapi mari menelisik nilai dari event ini. Mari kita timbang-timbang dan analisis mengapa kehadiran Dream Theater dibanderol segitu…?

Lihatlah jadwal manggung Dream Theater..mereka bertolak dari Seoul, Korea, menuju Jakarta, kemudian balik lagi ke Osaka, Jepang.

  • Jarak Seoul – Jakarta kurleb 5200 km straight line.
  • Jarak Jakarta – Osaka kurleb 5300 km straight line.

Ini artinya Dream Theater bela-belain mampir ke Jakarta lho..Barangkali rasa dahaga para fans yang bejibun di negara berpenduduk 250 juta jiwa ini sudah sampai ke telinga mereka dan ditambah lagi setelah Mike Portnoy hengkang..mereka kok jadi tambah yakin untuk mampir ke Jakarta.

Masih segar di ingatan ane pada tahun 2009 silam, Dream Theater menggelar konser di Fort Canning, Singapura lantas langsung hengkang ke Brisbane Australia…!! Ini berarti Dream Theater melompati Indonesia..seolah tidak ada daratan antara Singapura hingga Australia. Gak heran juga sih mengingat isu keamanan yang sedang kacau balau saat itu.. Bah…!!

Jadi bisa dinilai sendiri bagaimana kehadiran Dream Theater pada 21 April 2012 nanti..

***

Nah..sekarang mari kita bahas dari segi harga. Disini ane khususkan pada harga tiket presale kelas Festival yang mencapai Rp 800 ribu. Kalau kita valuasi, harga segitu hampir setara dengan 2 gram emas, atau hampir sama dengan harga 1 set lampu HID untuk Ninja 250. Wow..

Bagi mahasiswa harga segitu bisa jadi sama dengan biaya hidup selama sebulan. Bagi seorang ayah yang memiliki seorang bayi..Rp 800 ribu sama dengan 8 kaleng susu formula bayi..

Lumayan tho..

So, yang ingin ane tekankan di sini adalah..Sejauh mana kita menghargai event ini dibandingkan dengan kebutuhan kita yang lain. Angka Rp 800 ribu dapat diujudkan dalam berbagai bentuk dan menurut ane sendiri sudah melampaui batas psikologis dimana seorang fans akan berpikir ulang untuk membelinya..dan ujung-ujungnya..ah…gak usah beli deh..kemahalan.

Seorang gadis berumur belasan tahun curhat di Facebook IDTFC, mengeluhkan harga tiket Dream Theater yang sangat mahal baginya. Ya..ini wajar banget. Bagi mereka yang masih sekolah atau kuliah, angka segitu hanya bisa diperoleh dengan minta ke orang tua. dan orang tua pada umumnya bisa membelalakkan mata mendengarnya..Hiks..😦

Bagi mereka yang berumah tangga, bahkan jumlah sebesar itu harus diambil dari pos-pos pengeluaran yang lain. Misalnya uang listrik atau uang belanja. Artinya harus ada yang dikurangi dan hidup menjadi lebih irit.

Sebutan Die Hard Fans pun dapat bergeser menjadi Live Hard Fans pasca membeli tiket Dream Theater karena beberapa pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari menjadi tak terpenuhi. Bahkan ada guyonan di forum IDTFC bahwa bertepatan dengan Hari Kartini akan terjadi “Habis Konser Terbitlah Suram”. Semoga gak separah itu deh..

Lain lagi dengan mereka dari kelas mampu. Jumlah Rp 800 ribu bisa jadi gak ada artinya. Sekedar uang receh lah.. Inilah yang ane pikirkan ketika melihat “gerombolan” remaja ABG yang tengah antri tiket hari ini. Dapat disimpulkan dengan mudah bahwa mereka tidak merasa berat dengan harga sebesar itu. Entah darimana uangnya..Tapi hey..rejeki orang kan beda-beda bro..disitu seninya..

Jadi..pada saat artikel ini ditulis, masih ada 118 hari lagi menuju 21 April 2012..Masih ada waktu bagi fans Dream Theater untuk mengumpulkan dana untuk membeli tiket.

KEEP THE DREAM ALIVE…!!


Aksi

Information

34 responses

28 12 2011
Angga

Ga mampu beli T_T, padahal tiket konser band2 metal lainnya rata2 di kisaran <500ribu. Udah ngarep2, ternyata di luar ekspektasi.

28 12 2011
Air_putih

Oi..tapi kan anak gadis yg bilang mahal,tetep mau nabung mas….gmn ??? Kok di potongnya ga enak itu…

28 12 2011
bennythegreat

yup..kan endingnya tetep encourage biar rajin menabung…🙂

28 12 2011
Khabib Jetfire

nabung buat nonton konser..?? Monggo kalo yg mampu. Bagi ane, mosok merelakan gaji hampir sebulan👿 .?bs dgebugin bopo biyung kalo ketahuan..

28 12 2011
demungan

Coba dikomparasikan dengan konser justin bieber mas. Knapa harga tiket bisa segitu. Berapa jarak yg ditempuh bieber untuk sampai ke jakarta, cara fans-nya untuk membeli tiket yang mahal, etc…

*kuaboooorrrrrr…xixixixi…

29 12 2011
red komar

g minat bgt.btw bang benny ada kbr joe satriani/stevi vai manggung diindonesia?

29 12 2011
29 12 2011
Niko P.

Sorry, man… Variant Entertainment can shove their ticket pricing where the sun don’t shine…

29 12 2011
terong amnesia

operpresss buat saya… sedot yutup aja lah nonton bisa sambil mimik es susu…:mrgreen:

29 12 2011
az3angle

ditambah lagi setelah Mike Portnoy hengkang
emg knp dgnnya…mklum bukn fans dream theater

29 12 2011
vixy182

music keren…, band music dengan skil tinggi😀

30 12 2011
30 12 2011
setia1heri

semua perlu dipertimbagnkan dengan matang….

http://setia1heri.wordpress.com/2011/12/30/istimewanya-orang-gendut/

31 12 2011
dreamer

Lapor, udah dapet voucher tiket festival kolektif lewat IDTFC. Hehehe…
Ntar kita kumpul ya bro benny?

31 12 2011
Ryan mangini

kecewa berat
180drajat
brpa taun s’x ko
mhal bgt

2 01 2012
Cepi muhiril

Mas, klo kritik harus yang bagus. Jangan menjadi provokator. Anda itu secara langsung membuat permusuhan dengan banyak pihak. DT itu pengusaha dalam hal ini bidang musik, konsumennya para penggemarnya (saya termasuk salah satunya). Harusnya anda memberikan saran bagaimana mensiasati harga tiket yang mahal ini (yg menurut saya tidak).
Note : klo bukan fans lebih baik jgn bikin ulasan tentang DT. Trima kasih.

2 01 2012
bennythegreat

weleh..kok malah nesu..ane pribadi gak keberatan dgn harga tiketnya. dari sudut pandang ane hara segitu ya memang pantas. tinggal gimana para calon pembeli menilai kelayakan harganya yg mana hampir tidak mungkin turun..kecuali ada power besar sekali.

btw saya fans DT sejak 1997..

2 01 2012
dondon

Mas Ben, saya dri jauh ijin bertanya…
gmn sih mkanisme pmbelian tiket presale..soalnya saya di surabaya jdi kesulitan bwt nebus itu tiket..kataX tmen saya sdah dftar dan tunggu kpan ada telp..saya g tw mknismeX sama sekali….
Tolong di bantu y mas ben..mohon pencerahannya..

tahun 2012 g lengkap rasaX klo g lhat john petrucci live perform…
makasih sebelumnya mas benny…

3 01 2012
ibe

harga tiket sih tdk masalah selama ada mike portnoy,klu mike portnoy udah hengkang,tiket segitu jd mahal,DT tanpa portnoy hampa,soale ane penggemar berat portnoy,

3 01 2012
ibe

harga tiket sik tdk masalah,selama ada portnoy,klu portnoy udah hengkang tiket segitu jadi mahal,soale ane penggemar berat portnoy,pengganti portnoy blum bs sehati dng DT,meskipun skillnya jg ok,ada DT ya ada portnoy

6 01 2012
Metal Dhuafa Forever

karena gak ada portnoy inilah fee DT jadi melorot sekitar US$50,000 tapi sang promotor Indonesia berani bayar 8 kali lipat dan yg jadi korban penonton yg harus bayar tiket mahal karena promotornya overbid demi mengalahkan penawaran promotor lain. Hebat!!!!!!

3 01 2012
Gatot Widayanto

Yang membuat harga tinggi ya mungkin karena tak ada sponsor. DT gak mau disponsori rokok atau bir …. Jadi ya biaya produksi ditanggung promotor. Memang berat sih …

4 01 2012
Bambang G Prabowo

Harga segitu wajar Men ‘malah murah ( dari pada nonton di luar negri…)…..DT bukan Band Pop atawa Boy band, tapi Band dengan Skill yang tinggi, jadi buat penggemar berat DT tidak harus bingung ga makan sebulan yang penting ngumpul….Buat yg ga doyan DT atow cuma ikut-ikutan mendingan jangan komentar karena konser ini di khususkan untuk orang-orang yg ngefans mampus abis….okeh..brooww….maju jaya pantang mundur…

6 01 2012
Metal Dhuafa Forever

Gue kagak setuju dg pendapat ini karena faktanya kita tidak perlu ke luar negeri untuk bisa nnton Dt dan faktanya harga tiket di luar negeri dalam satu rangkaian tour yang sama jauuuuuhhhh lebih murah dibandingkan dengan di Indonesia.

Semoga gak ada yg berkomentar: “Coba bikin konser sendiri bisa gak? Masih untung ada yang mendatangkan mereka ke sini”

9 01 2012
Metal Dhuafa Forever

Murah dari Hongkong….. lihat tich di web Dream theater, dalam rangkaian tur yang sama rata2 tiket di luar negeri sekitar US$50-60 karena promotornya bayar DT dengan harga wajar/standar, nah promotor di Indonesia bayarnya 8-10 kali lipat yg berakibat harga tiket jadi mahal…

4 01 2012
Julius Petrucci

mas kalo mau beli tiketnya di mana ya? lokasi saya di kudus jawa tengah..
minta infonya dong.thanks before..

5 01 2012
bennythegreat

pantau terus ticketonfire.com dan masuk ke forum idtfc.com

6 01 2012
Amrull

udah 800rb, ntr jg mesti ke jakarta bro… dobel2 ntr pengeluarannya… hikss…

6 01 2012
Metal Dhuafa Forever

Fee Dream Theater untuk tahun 2012 ini murah pakdhe cuma US$50,000 mereka pasang harga murah karena efek tanpa Mike Portnoy, ini fakta, ada beberapa promoter di Indonesia yang sudah kontak denganbooking agency DT minta harga yang sama dengan negara lain yang promoternya bayar US$50,000 tapi diketawain karena sudah ada yg nge-bid tinggi US$400,000 demi mendapatkan DT dg mengalahkan promoter lain dan menimpakan kepada penonton dengan harga tiket mahal supaya bisa untung promoternya, mestinya dengan daya tampung MEIS yang begitu banyak dengan fee standar dan wajar tiket bisa dijual dengan harga di bawah lima ratus ribu dan promoter dijamin untung besar kalo yg nonton 10rb orang saja.

Setelah gw coba cari2 info ttg daya tampung MEIS yang akan dijadikan venue konser dream theater, ternyata MEIS bisa menampung hingga 30.000 orang (source; http://finance.groups.yahoo.com/group/EO-network/message/46504).

Jadi menurut gue harusnya promotor DT bisa jualan tiket lebih murah dengan target misal 20rb orang saja. Dengan fee DT 4 M plus production taruhlah 2 M berarti total pengeluaran adalah 6 M.

Kalo target penonton 20rb orang dengan tiket rata2 500rb saja kalo sold out sudah dapat income tiket 10 M, untung atau rugikan promotor?

Apalagi kalo promotor bisa dapetin DT dengan fee standar US$ 50,000, mestinya dg venue berdaya tampung besar tersebut bisa jualan tiket 200-300rb rupiah!

7 01 2012
LIONSTAR

800rb bisa beli 2 set Duncan Design HB series, ama 1 set pickup EMG 81-85 …😈

mahal bagi gw:mrgreen:

20 01 2012
Sabda_Alam

Setuju dengan mas yang tadi itu, harga tiket mahal karena promotor bersaing harga gila2-an dengan promotor lainnya, akibatnya harga melambung, DT-nya sih seneng2 aja, tapi fans yg jadi korban gara-gara perang harga oleh promotor.

11 02 2012
metal progresive DT

maaf nih om2 semuanya,saya pegemar berat DT dr tahun 1992,menurut gw seh harga tiket sgt buat pegemar berat DT tidak jd masalah krna apa yg dia dapatkan dr konser itu sndri sudah menjadi kepuasan batin mereka apa lg baru kali ini DT bisa konser di jakarta,emang betul jg untuk para fan’s yg blm bekerja n mengasilkan uang sndri emang cukup terasa berat buat meraka apa lg yg msh minta sm ortu.klo gw telisik lbh jauh lg menurut pengamatan gw terhadap fans DT di indonesia cukup mengila ya,dng daya tampung MEIS mencapai 30.000 orang dan dengan fans berat DT yg ada di indonesia pst terisi penuh semua bangku,bisa membeludak penonton nya,sbnrnya klo harga tiket 350rb dng kapasistas MEIS yg terisi penuh itu buat promotor uda dpt ke untungan lumayan besar sekitar lbih dr 10M,klo kelipatan harga tiket dr 350rb coba teman2 bisa bayangkan gk ke untungan si promotor tersebut??!!

13 02 2012
joe n dream theater

yg gax ngrti dgn kualitas dream theater, diem aja..
msalah hrga tiket yg mhal , urusan masing2, mw ntn n ad uang y ntn, mw ntn gx punya uang y sudah nasip anda.

so jgn salahkan promotorny donk…

17 03 2012
w0ngsimp4ng

saya fans baru DT mas.. kalu saya punya uang pasti nonton, kalu gak ad sekarang usahakan nabung, kalu nanti emang beneran gak ada uang.. ya nonton dari you tube saja siapa tau ada yang berbaik hati upload tin video konsern nya .. bukan hanya masalah tiketny aja yang berat tapi masalah ongkos berangkat ke jakartanya.. untuk ongkosnya saja lebih besar dari tiket nya.. belum makannya sungguh sebuah perjuangan berat,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: