
Yoshimura Titanium
Oke, lanjut bahas penggantian knalpot standar Ninja 250 menjadi free-flow. Sebelumnya dikupas dulu bahwa penggantian knalpot Ninja 250 dibagi 2. Pertama adalah Slip-on (SO) yaitu mengganti muffler saja ,sedangkan pipa header tetap standar. Kedua adalah Full-system (FS) yaitu mengganti pipa header dan muffler. Menurut bro Leo juragan Performa Motoshop, penggantian knalpot FS maupun SO memberikanpeningkatan performa yang signifikan. “power bisa naik sampai 2 dk” begitu katanya.
FS pasti akan memberikan hasil lebih baik, namun ketika ane tahu bedanya tidak jauh..yaah, pakai SO sementara ini juga cukup lah..hehehe..
Pilihan knalpot jatuh pada Yoshimura Thailand bertipe titanium. Lumayan nih dapet seken, harga murah meriah..masih mulus pisan..hehehee..
Pemasangan cukup simple, buka baut-baut pengunci knalpot standard an juga cover chromenya, dan tancapkan Yoshimura titanium ke leher pipa. Ukurannya langsung plug n play. Sayangnya karena ane tidak mendapatkan cover chrome bawaan Yoshimura, jadilah ane harus mengakali agar cover chrome penutup pipa header yang menuju muffler itu bisa pas menempel. Caranya..bawa ke tukang las..dengan sedikit las dudukan pada Yoshi, jadilah cover chrome menempel pada header pipe..Lumajan rapih juga…heheheee..
Oh iya, tak ada setting karbu sama sekali lho..Cukup tancap dan motor siap dipakai.
Testimoni awal yang ane rasakan adalah akselerasi menjadi sangat galak dan spontan dibandingkan ketika masih memakai knalpot standar. Suara khas parallel twin engine pun terasa buas. Kontras dengan knalpot standar yang kalem itu..Efek sampingnya adalah klakson jadi jarang ane gunakan. Umumnya pengguna jalan sudah aware ketika ane hendak melakukan overtaking. Hehehe…
Dan akhirnya, secara tak sadar ane merasakan bahwa konsumsi BBM Ironhide pun menjadi lebih irit. Entah karena penggantian ban dari BT45 ke BT090 atau karena knalpot free-flow ya?
Yang jelas, jika sebelumnya dalam kondisi full-tank (sekitar 16-18 liter) ane biasa menempuh jarak sekitar 320 km, maka setelah mengganti ban dan knalpot, dalam kondisi full tank ane bisa menempuh jarak 450 – 470 km. Jika dihitung-hitung konsumsi BBM ane berubah dari sekitar 20 km/liter menjadi sekitar 29 km/liter.
Wah..kalo gini sama dong dengan konsumsi BBM Pulsar 200 yang dulu pernah ane pakai. Ternyata Ninja 250 gak boros-boros amat yah..
wow,,,,makin iritk, karena bukaan gas nggak sedalam yang standar,,,,,sedikit gas aja dah kencang
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/17/yamaha-byson-cuma-sekedar-ganti-warna/
cukup logis bro.. smart comment…!!
kok jadi tambah irit malahan? bukannya kalo udah ganti knalpot jadinya engen ngegas terus?
ane gak hobi gas pol masbro.. cukup dipanteng di 3000-5000 rpm di gigi 3 itu nikmat banget,..hehehe
heeh Kang..nikmat banget tuch manteng di rpm segitu…
ayooo..subuh riding lageee..makan bubur di puncak… 🙂
klo ada razia polkis bs kena dong mas ben 🙂
ninin mau pake knalpot free flow model apa juga, suaranya bakal khas twin paralel engine
wow makin irit. Koq bisa ya?
Om snalpot slip on dapet brp?
harga pren…setengah harga pasaran.. 🙂
klo dapet 29 km/ltr sih irit bgt om ben.pio ane aja standar dapet 27-28 km/ltr
mungkin kalo ane bawanya sering betot gas bisa lebih boros lagi..
di tes pake DB meter om… 😀
“Efek sampingnya adalah klakson jadi jarang ane gunakan”
ini mirip dengan alasan ane ganti knalpot aftermarket,, sering dibuat keki oleh yang bermanuver gak pake ngecek samping/belakang. :-S
Mantap. Knalpot ngebas adem gini paling enak suaranya klo dibawa kecepatan sedang. Merdu sangat xixixi. Peteng photone 😦
Bobot total ngefek juga kali ye. Krn silincer knalpot standar ninin beratnya ajegile. Klo buat nimpuk maling jemuran, malingnya bisa modar hahahaha…
ane kurang paham masalah ginian,,@@
tapi nice share gan, tq infonya…
ini juga yang saya dapat di n250 saya om ben, ganti knalpot ke free-flow bensin dapet lebih irit. mungkin karena flow exhaust lebih baik kali ya / berkurang friction lossnya..maybe.
om benny,ane ngulangi prtanyaan diartikel sblmny.stelah tomat,baca2 pa salah baca ktany ganti p220.trz skrng kok udh pake n250.kok ganti n250 alasan mendasarny apa?tq.
karena 220 cc nanggung..hehehe
om benny,ane ngulangi prtanyaan diartikel sblmny.stelah tomat,baca2 pa salah baca ktany ganti p220.trz skrng kok udh pake n250.p220ny kemana?tq.
modifikasi yang menguntungkan… keren.
ngaruh dua2nya om, ban sama knalpot bikin irit, BT090 itu ban radial lebih enteng dari ban biasa, palagi disi nitrogen, tambah maknyus..bentuknya juga V jadi nikung dikit motor dah ngajak rebahan aja..:D
knalpot racing karena ngak ganti spuyer, jadi biasa betot gas dalam baru jalan, ini dikit aja dah keluar powernya..jadi bisa lebih irit..
cuman sayang BT090 itu buat harian, cepat habis dan pecah2 klo kena panas dan hujan tiap hari..hehe
Piss
Wah jadi hemat, dulu juga waktu pake cbr150 pake standar trus ganti knalpot racing jadi lebih hemat, trus di cbr250 ganti racing juga lebih hemat. Mungkin karena gak harus buka gas gede buat motor maju. jadinya gak ada pembakaran yang sia2.
yoshimura emang tokcer……
itu yoshimura titanium Ori om ben ? kok kayak murahan banget ya emblemnya…sorry just curios kok no offence
tetep kata para FBH konsumsi BBM segitu dbilang BOROS.
hare gne motor 250cc masih mikir boros,apa gunanya beli mahal2,mending beli bebek aja
wah kayaknya teori dr kang Taufik benar adanya neh,kalo motor pake knalpot freeflow jadi lebih irit.
Wow irit bgt
mgkn krn blm ganti spuyer ya mas ben?
Eh spuyer ga diganti mas?
Setau aneh klo ganti knalpot spuyer biasanya berubah jg
—
http://www.dk8000.co.nr
wah kerennnnnn
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
wehh… marai pengen….. 🙂 bt 90 cepet abis loh. bisa2 usianya separuh BT45
gak masalah..yg penting sempat nyobain.. nanti ganti lg ke BT92..
ane fenasaran sama senalpot freeflow . . . .
kok bisa jadi lebih irit
nyoba ah. . . . yosingmurah aja . . . .:mrgreen:
keep brotherhood,
salam,
bukannya aspal ya yoshimura thai?yg asli kan cm jepun
tetapi seskali betot gas sampe rpm tinggi mas. biar kotoran2 dari dalam mesin keluar hehe. sok tau ya saya
eit..ada benarnya lho itu..coba semburkan carb cleaner..di rpm rendah asapnya putih..di rpm tinggi asapnya hitam..
hehe bravo mas
Engga ngelanggar peraturan knalpot nonSTD om Benn ? 🙂
ganti full system pasti boros koq gk di upload ke youtube suaranya ..
kapan ea ada artikel komparasi akselerasi n topspeed ninja 250r v cbr250r yg sama2 udh ganti knalpot slip on …kira2 bisa gk ninin melawan akselerasi cbr trus mengovertake di kecepatan berapa …
haha alay muncul lagi. mana motor ninja lo? kasih link nya bisa kalee
klaw buat blade bisa g bang…?
balas…
[…] Pict from: bennythegreat […]