Ironhide Modif Lageee…Bridgestone BT090 + Yoshimura Titanium…!! (part.2)

17 01 2012

Yoshimura Titanium

Oke, lanjut bahas penggantian knalpot standar Ninja 250 menjadi free-flow. Sebelumnya dikupas dulu bahwa penggantian knalpot Ninja 250 dibagi 2. Pertama adalah Slip-on (SO) yaitu mengganti muffler saja ,sedangkan pipa header tetap standar. Kedua adalah Full-system (FS) yaitu mengganti pipa header dan muffler. Menurut bro Leo juragan Performa Motoshop, penggantian knalpot FS maupun SO memberikanpeningkatan performa yang signifikan. “power bisa naik sampai 2 dk” begitu katanya.

FS pasti akan memberikan hasil lebih baik, namun ketika ane tahu bedanya tidak jauh..yaah, pakai SO sementara ini juga cukup lah..hehehe..

Pilihan knalpot jatuh pada Yoshimura Thailand bertipe titanium. Lumayan nih dapet seken, harga murah meriah..masih mulus pisan..hehehee..

tinggal copot..trus tancep

ih..aslinya muffler standar kok aneh ya..hehehe..

Pemasangan cukup simple, buka baut-baut pengunci knalpot standard an juga cover chromenya, dan tancapkan Yoshimura titanium ke leher pipa. Ukurannya langsung plug n play. Sayangnya karena ane tidak mendapatkan cover chrome bawaan Yoshimura, jadilah ane harus mengakali agar cover chrome penutup pipa header yang menuju muffler itu bisa pas menempel. Caranya..bawa ke tukang las..dengan sedikit las dudukan pada Yoshi, jadilah cover chrome menempel pada header pipe..Lumajan rapih juga…heheheee..

Oh iya, tak ada setting karbu sama sekali lho..Cukup tancap dan motor siap dipakai.

penampakan Yoshimawur

Testimoni awal yang ane rasakan adalah akselerasi menjadi sangat galak dan spontan dibandingkan ketika masih memakai knalpot standar. Suara khas parallel twin engine pun terasa buas. Kontras dengan knalpot standar yang kalem itu..Efek sampingnya adalah klakson jadi jarang ane gunakan. Umumnya pengguna jalan sudah aware ketika ane hendak melakukan overtaking. Hehehe…

Dan akhirnya, secara tak sadar ane merasakan bahwa konsumsi BBM Ironhide pun menjadi lebih irit. Entah karena penggantian ban dari BT45 ke BT090 atau karena knalpot free-flow ya?

Yang jelas, jika sebelumnya dalam kondisi full-tank (sekitar 16-18 liter) ane biasa menempuh jarak sekitar 320 km, maka setelah mengganti ban dan knalpot, dalam kondisi full tank ane bisa menempuh jarak 450 – 470 km. Jika dihitung-hitung konsumsi BBM ane berubah dari sekitar 20 km/liter menjadi sekitar 29 km/liter.

Wah..kalo gini sama dong dengan konsumsi BBM Pulsar 200 yang dulu pernah ane pakai. Ternyata Ninja 250 gak boros-boros amat yah..:mrgreen:


Aksi

Information

42 responses

17 01 2012
ipanase

wow,,,,makin iritk, karena bukaan gas nggak sedalam yang standar,,,,,sedikit gas aja dah kencang
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/17/yamaha-byson-cuma-sekedar-ganti-warna/

17 01 2012
bennythegreat

cukup logis bro.. smart comment…!!

17 01 2012
yusto

kok jadi tambah irit malahan? bukannya kalo udah ganti knalpot jadinya engen ngegas terus?

17 01 2012
bennythegreat

ane gak hobi gas pol masbro.. cukup dipanteng di 3000-5000 rpm di gigi 3 itu nikmat banget,..hehehe

17 01 2012
Conan

heeh Kang..nikmat banget tuch manteng di rpm segitu…

17 01 2012
bennythegreat

ayooo..subuh riding lageee..makan bubur di puncak…🙂

17 01 2012
tiger

klo ada razia polkis bs kena dong mas ben🙂

17 01 2012
bebektengil

ninin mau pake knalpot free flow model apa juga, suaranya bakal khas twin paralel engine

17 01 2012
anharvictor

wow makin irit. Koq bisa ya?
Om snalpot slip on dapet brp?

17 01 2012
bennythegreat

harga pren…setengah harga pasaran..🙂

17 01 2012
wooo

klo dapet 29 km/ltr sih irit bgt om ben.pio ane aja standar dapet 27-28 km/ltr

17 01 2012
bennythegreat

mungkin kalo ane bawanya sering betot gas bisa lebih boros lagi..

17 01 2012
ryo

di tes pake DB meter om…😀

17 01 2012
aru_kun

“Efek sampingnya adalah klakson jadi jarang ane gunakan”
ini mirip dengan alasan ane ganti knalpot aftermarket,, sering dibuat keki oleh yang bermanuver gak pake ngecek samping/belakang. :-S

17 01 2012
demungan

Mantap. Knalpot ngebas adem gini paling enak suaranya klo dibawa kecepatan sedang. Merdu sangat xixixi. Peteng photone😦

17 01 2012
demungan

Bobot total ngefek juga kali ye. Krn silincer knalpot standar ninin beratnya ajegile. Klo buat nimpuk maling jemuran, malingnya bisa modar hahahaha…

17 01 2012
Mikroskop Digital

ane kurang paham masalah ginian,,@@

tapi nice share gan, tq infonya…

17 01 2012
bajigur

ini juga yang saya dapat di n250 saya om ben, ganti knalpot ke free-flow bensin dapet lebih irit. mungkin karena flow exhaust lebih baik kali ya / berkurang friction lossnya..maybe.

17 01 2012
red komar

om benny,ane ngulangi prtanyaan diartikel sblmny.stelah tomat,baca2 pa salah baca ktany ganti p220.trz skrng kok udh pake n250.kok ganti n250 alasan mendasarny apa?tq.

17 01 2012
bennythegreat

karena 220 cc nanggung..hehehe

17 01 2012
red komar

om benny,ane ngulangi prtanyaan diartikel sblmny.stelah tomat,baca2 pa salah baca ktany ganti p220.trz skrng kok udh pake n250.p220ny kemana?tq.

17 01 2012
gogo

modifikasi yang menguntungkan… keren.

17 01 2012
penggemar ninja

ngaruh dua2nya om, ban sama knalpot bikin irit, BT090 itu ban radial lebih enteng dari ban biasa, palagi disi nitrogen, tambah maknyus..bentuknya juga V jadi nikung dikit motor dah ngajak rebahan aja..:D

knalpot racing karena ngak ganti spuyer, jadi biasa betot gas dalam baru jalan, ini dikit aja dah keluar powernya..jadi bisa lebih irit..

cuman sayang BT090 itu buat harian, cepat habis dan pecah2 klo kena panas dan hujan tiap hari..hehe

Piss

17 01 2012
bman

Wah jadi hemat, dulu juga waktu pake cbr150 pake standar trus ganti knalpot racing jadi lebih hemat, trus di cbr250 ganti racing juga lebih hemat. Mungkin karena gak harus buka gas gede buat motor maju. jadinya gak ada pembakaran yang sia2.

17 01 2012
Dr.Feelgood

yoshimura emang tokcer……

18 01 2012
Wong Gebluk

itu yoshimura titanium Ori om ben ? kok kayak murahan banget ya emblemnya…sorry just curios kok no offence

18 01 2012
Rollerman

tetep kata para FBH konsumsi BBM segitu dbilang BOROS.

hare gne motor 250cc masih mikir boros,apa gunanya beli mahal2,mending beli bebek aja

wah kayaknya teori dr kang Taufik benar adanya neh,kalo motor pake knalpot freeflow jadi lebih irit.

18 01 2012
SuRyA

Wow irit bgt
mgkn krn blm ganti spuyer ya mas ben?
Eh spuyer ga diganti mas?
Setau aneh klo ganti knalpot spuyer biasanya berubah jg

http://www.dk8000.co.nr

19 01 2012
19 01 2012
smartf41z

wehh… marai pengen…..🙂 bt 90 cepet abis loh. bisa2 usianya separuh BT45

19 01 2012
bennythegreat

gak masalah..yg penting sempat nyobain.. nanti ganti lg ke BT92..

19 01 2012
sabdho guparman

ane fenasaran sama senalpot freeflow . . . .
kok bisa jadi lebih irit

nyoba ah. . . . yosingmurah aja . . . .:mrgreen:

keep brotherhood,

salam,

20 01 2012
tingtong

bukannya aspal ya yoshimura thai?yg asli kan cm jepun

20 01 2012
babyblade

tetapi seskali betot gas sampe rpm tinggi mas. biar kotoran2 dari dalam mesin keluar hehe. sok tau ya saya

20 01 2012
bennythegreat

eit..ada benarnya lho itu..coba semburkan carb cleaner..di rpm rendah asapnya putih..di rpm tinggi asapnya hitam..:mrgreen:

21 01 2012
babyblade

hehe bravo mas

21 01 2012
M Krishna

Engga ngelanggar peraturan knalpot nonSTD om Benn ?🙂

21 01 2012
CEBOKER 250R HRC aka Hondut Racing

ganti full system pasti boros koq gk di upload ke youtube suaranya ..

21 01 2012
CEBOKER 250R HRC aka Hondut Racing

kapan ea ada artikel komparasi akselerasi n topspeed ninja 250r v cbr250r yg sama2 udh ganti knalpot slip on …kira2 bisa gk ninin melawan akselerasi cbr trus mengovertake di kecepatan berapa …

24 01 2012
babyblade

haha alay muncul lagi. mana motor ninja lo? kasih link nya bisa kalee

19 07 2012
Ronald Timor Black

klaw buat blade bisa g bang…?
balas…

20 04 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: