Lho..Esemka Tidak Lulus Uji Emisi…??

1 03 2012

Inline image 1

Lha kok Metromini dan Kopaja lolos..? Usaha menggagalkan kebangkitan otomotif Indonesia…??

***

Esemka Tidak Lulus Uji Emisi

http://oto.detik.com/read/2012/03/01/132556/1855449/1207/esemka-tidak-lulus-uji-emisi?hlutama

Jakarta – Di balik euforia Esemka, Kementerian Perhubungan menyatakan Esemka tidak lulus dalam uji emisi yang dilaksanakan Senin 27 Februari lalu. Esemka harus kembali mengulang.

Berdasarkan Surat Keputusan AJ.402/17/6/DJPD/2012 dari Dirjen Perhubungan Darat, Esemka dinyatakan belum lulus uji emisi dan diharapkan akan kembali untuk melakukan pengujian ulang.

Hal tersebut disampaikan Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan, di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis(1/3/2012).

"Dirjen Perhubungan Darat sudah menerima hasil uji emisi. Dan hasilnya belum memenuhi standar Kementerian Lingkungan Hidup, ternyata masih belum memenuhi abang batas emisi gas buang," ujar Bambang S Ervan kepada detikOto.

Esemka dinyatakan belum memenuhi ambang batas emisi CO dengan limit 5 g/km dan HC+NOX dengan limit 0,70 g/km.

"CO Esemka baru bisa mencapai 11,63 g/km dan untuk HC+NOX esemka baru mencapai 2,69 g/km," ujar Bambang.

Tidak berhenti sampai disitu, hasil ini menunjukkan kedua kalinya, Esemka belum memenuhi abang batas emisi gas buang sejak 2010 silam.

"Kami menyarankan untuk melakukan perbaikan, atas keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 4 tahun 2009 tentang ambang batas kendaraan bermotor untuk tipe baru. Dan Esemka juga belum memenuhi kekurangan untuk laik jalan perihal lampu, untuk lampu Esemka harus memenuhi standar 12.000 CD (Candle Light),"
ujarnya

"Tapi Esemka baru berhasil mencapai 10.900 CD(Candle Light) untuk kanan. Dan untuk kiri 60.700CD(Candle Light). Dan sampai saat ini mereka belum balik kemari," tambahnya.

Sebelumnya Walikota Surakarta Joko Widodo menyatakan optimistis Esemka bakal lulus uji emisi. "Sudah dibawa dari Solo ke Jakarta, tidak ada masalah apa lagi," ujarnya.

Wakil Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo bahkan menggunduli kepala sebagai rasa syukur saat Esemka kembali pulang ke Solo.


Aksi

Information

43 responses

1 03 2012
cafebiker

wani piro?

1 03 2012
ya2kzzz

setuju..

2 03 2012
SuRyA

Setujuuuuu
kental nuansa politis banget sepertinya

http://www.dk8000.co.nr

1 03 2012
1 03 2012
1 03 2012
skalorman

hehehehehehee…….
emang metro mini ikutan di tes uji emisi om?

1 03 2012
Zeintein Product

keep spirit esemka…

1 03 2012
sugiedane

politik bang diperbudak utang sama jepang
njemur : http://sugiedane.wordpress.com/2012/02/29/replika-motor-papercraft/

1 03 2012
vanz21fashion

hmmm…. bukannya gimana om.. tapi perlu diperhatikan uji emisi yang dilakukan adalah pada kendaraan baru. kopaja dan metro mini saat kondisi masih baru ya mungkin lulus uji emisinya, hanya saja dengan perawatan yg super minim dan seiring berjalannya waktu ya makin parah emisi yang dikeluarkannya. persoalannya di indonesia ini uji emisi ga dilakukan secara berkala. kemarin ini pernah dilakukan secara berkala setiap 6 bulan di bengkel2 yg udah ditunjuk (saat itu di bengkel resmi honda -mobil-) yang lalu diberi stiker tanda mobil sudah melakukan uji emisi dengan tanda bulan dan taun uji emisi itu expired, dan saya menyambut baik itu. tapi hanya bertahan 3-4x uji emisi udah gt ga pernah ada lagi. (kondisi d bdg untuk mobil, motor belum pernah ada).

Mengutip dari tulisan Om Benny:

“Kami menyarankan untuk melakukan perbaikan, atas keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 4 tahun 2009 tentang ambang batas kendaraan bermotor untuk tipe baru…”

1 03 2012
vanz21fashion

ralat, baru ingat terakhir pulang bawa mobil service di bngkl yg sama masih dilakukan uji emisi karena saat itu surat tanda uji emisi udah expired.

tambahan, setelah dilakukan uji emisi dan dinyatakan lulus, pemilik kendaraan di samping diberi stiker pun diberi secarik kertas seperti STNK menyatakan data hasil uji emisi.

1 03 2012
kentang

bukannya kendaraan lama juga dicek uji emisi kalo mau perpanjang trayek ???

1 03 2012
vanz21fashion

nah ini saya baru tau..🙂

1 03 2012
ipanase

kan ada waktunya berkala, uji emisi nggak cuma pas baru doank,,,kalo dah lama ya harusnya cek lagi,,,,,kayak pajak itu
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/01/ha-esemka-tidak-lulus-uji-emisi-shocked/

1 03 2012
ha???? Esemka Tidak Lulus Uji Emisi SHOCKed « PERTAMAX GAN____________________________________________________tapi belinya cuma premium

[…] opo ini,,,,,,tiba tiba ada berita mengejutkan setelah ane baca berita dari bang benny si phenomenal dan […]

1 03 2012
AAOGY

KEPUTUSAN ESEMKA TIDAK LULUS UJI EMISI RASANYA KENTAL DENGAN NUANSA POLITIKNYA BRO.JADI JANGAN HARAP ESEMKA BISA DIJADIKAN MOBIL NASIONAL..

1 03 2012
bapakeVALKYLA

apa mungkin ada permainan politik ya…?
Mosok 2x ga lulus.
Padahal uda injeksi lho..

1 03 2012
cusx

mobil cina tuh di aku2 buatan anak bangsa apa ga malu2in

anak sd aja bisa rakit toyota

malu ah di bohongin jokowi

manuvernya uda keliatan, manuver politik

1 03 2012
1 03 2012
gogo

sogok aj tuh kementrian..

miris dah, karya lokal g pernah dihargai

2 03 2012
gerorogunso

Sebelumnya udah ada kok mobnas yg lulus uji emisi… TAWON contohnya… Gak baik banyak prasangka, kalo kita cuma tau kulitnya doang…

4 03 2012
Si_Kople

Mang gak baik su’udzon itu…tapi kl kayak gni caranya geram juga ane!!!!
Kl perkiraan ane gini…Orang2 gede sono dah bisa prediksi kl Tawon diluluskan/bs dijual bebas gak bakalan nggeser kberadaan mobil2 yg dah ada (bentuknya aja kyak gitu+trbukti skrang tho…)tapi kl Esemka gmn???dah ampe ribuan yg psen,gmn kl bs diproduksi massal???orang2 gede sono gak bakalan dapet FEE lagi…(dah pada mlih mobnas)…Astaghfirullahal’adziim……ampuni dosaku ya Allah

1 03 2012
beckhem

Diskriminasi tuh…..kendaraan berasap hitam, karatan dimana2, sering mogok dijalan, lampu2 yang kadang tidak menyala, suspensi yang sudah mati, rem ga pakem, yang begitu2 bisa diloloskan untuk beroperasi dijalan??sungguh sesuatu CACAT di OTAK!!!!

1 03 2012
amxcorpmoch rasyiid

kasian….indonesiaku sayang indonesiaku malang……..lebih suka mengutip daripada belajar membuat………..mestinya dicarikan dan diberikan solusinya……jangan putus asa jangan merajuk….tetap semangat….ibu pertiwi menanti baktimu………..padamu negeri jiwa raga kami….

1 03 2012
Doni

suudhon maning

2 03 2012
milky bo

kita masih dijajah londo jowo…kental banget mental inlander nya…
moron government !!!

2 03 2012
Rusman Fathoni

@SurYa
mungkin juga memang belum lulus uji, bukan sekedar politis.
kendaraan keluaran baru kan memang harus lulus uji kini.
yang perlu diamankan kayaknya kendaraan dulu yang jelas-jelas gak lulus uji kini.
gimana caranya ngurangi banyaknya kendaraan lama yang tak lulus uji kini.

2 03 2012
Vespa Ijo Rider

walaopun belum tentu ane beli enttu mobil esemka.. tapi mbaca beritanya aja udah bikin kecewa…

ane yakin pasti mapia-mapia otomotip jepang nyang ngejegal…liat aja bikin2 peraturan pake “angka2” seenak udelnya sendiri…!!

kalo udah pake injeksi masih gak lulus… berarti kudu ditambahin katalik konverter…
masih gak lulus juga.. pake bengsin setara pertamax…
ujung2nya harga jadi mahal… akhirnya esemka jadi masuk kendaraan “kelas premium” nyang harganya mahal… so pasti bakal kagak laku…

mapia-mapia otomotip jepang bakal sorak kegirangan… HOREEEE….!!!!

2 03 2012
Imouto

nah ini nih yang bikin Indonesia jadi konsumen teruuuuuus. dijegalin teruuus. dari jamannya Pak Habibie sampai “esemka” dijegalin teruuuus. kapan mau berkembang ? kapan bisa take off ?

2 03 2012
ESEMKA Tidak Lulus Uji Emisi ? Artinya Harus Kerja Keras Lagi !!! « INDOBIKERMAGS

[…] dari blog Benny Beiber dikatakan […]

2 03 2012
sijidewe aka snalpot99

kok gitu sihhh

2 03 2012
Komengtator

Terjegal juga… mereka takut dengan nama besar ESEMKA.. kalo mobnas gea dan tawon mah gak nakutin.. jadi gak dijegal…

2 03 2012
asmarantaka

ah…tetep bangga produk jepang😀
Kapan indonesia mau maju kalo gini terus??…surammm

2 03 2012
Doyan

Wuuaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhh….masih panjang perjalan MOBNAS…….dan impian tidak kunjung datang………OOOOoooooooooooooooooo Bangsaku dan Rakyatku susah sekali kalian ini mau punya mobnas tidak kunjung tiba……….OOOOOOOOooooooooooooooooo……………….akankah menunggu sampai cucu kita untuk memiliki mobnas?

2 03 2012
Robert

kok komen2nya pada pesimistis semua yak? come on, klo gak lulus uji, ya diperbaiki dunk, bukannya menuduh ada faktor politis atau minta dipermudah seperti pernyataan Kiat yg di muat di Kompas…minta dipermudah, KKN dunk namanya…lampu kanan kiri bisa beda…ntar konsumen yg beli gimana nasibnya?

klo memang niat untuk membangun MOBNAS, hal-hal di atas juga di penuhin, belum lagi after sales service…merek luar aja ada yg belum bisa menuhin after sales service setelah produk di beli…

2 03 2012
davied ambarita

klo memang bener tidak lulus ya harus diterima,jgn ada pembenaran dgn membandingkan dengan kopaja dan metro mini mau kapan maju kita?? jgn keburu menuduh dan mengatakan yg tidak2, seharusnya ini memacu utk memenuhi standar yg berlaku untuk mobil baru yg akan diproduksi,saya mendukung mobnas,tapi euforia berlebihan juga tidak baik,semua butuh proses,tidak ada yang instant,saya juga menyayangkan bahwa wakil walikota membawa mobil tersebut ke jakarta tanpa jelas diketahui mobil itu sudah ada surat atau belum,dan apakah sudah ada uji test kelayakan,jgn ditest dijalan raya,katanya kita mengagungkan safety dijalan..realistis dong,membangun sebuah mobil dengan standar kelayakan butuh waktu yang panjang..

3 03 2012
gerorogunso

Super banget komentar nya bro… Yah maklumlah, masyarakat Indonesia lebih senang dengan prasangka dibanding fakta😀
Sebenarnya gak ngerti apa2tapi udah merasa paling tau n paling bener…

3 03 2012
TDF

yang bikin banyak prasangka kan karena pejabat kita nggak jujur, ganti robot aja deh yang suruh jadi menteri biar gak doyan korupsi

6 03 2012
anak_kecil

ah, komentar orang putus asa…

2 03 2012
kang_ulid

itulah indonesa…

3 03 2012
TDF

kopaja, bus antar kota, angkot reot bin jelek mestinya di hancurkan. jangan biarkan rakyat meninggal sia-sia gara-gara transportasi publik yang sangat buruk.

3 03 2012
Udug

ESEMKA belum layak … enggak mau jadi kelinci percobaan …

7 03 2012
buitenzorgboy

seharusnya ESEMKA jangan mau kalah… bikin aja mobil yang sebaik mungkin ” hanya ” untuk yang mau di uji aja biar lulus, naaaahhh… pas diproduksi sabodo amat mau melebihi batas emisi kek wong ga bakalan ada yang ngecek ini. gitu aja kok repot….!!

8 03 2012
bambang

mobnas tawon dan gea lulus uji emisi… bener aja, yang ngembangkan mesin kan pihak bppt… yang nguji bppt juga😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: