Iklan “Mobil Irit” Ternyata Hoax..Iklan “Motor Irit” Juga Hoax…??

5 03 2012

Harga BBM sudah hampir pasti naik, imbasnya ATPM pun berlomba menarik hati konsumen dengan produk yang irit.
Cilakanya kalau jargon yang dihembuskan ternyata hanyalah isapan jempol kaki belaka..

Ini terjadi pada Nissan March, sebuah foto yang ane ambil dari milis FSRJ kiriman Mbah Wiku. Di iklannya, Nissan March digembar-gemborkan mampu mencapai efisiensi 21 km/liter, sebuah angka yang nyaris mendekati konsumsi Kawasaki Ninja 250R yang berkisar 25 – 30 km/liter..Namun nyatanya sang pemilik hanya mencapai keiritan 10 km/liter…waw…jauuuh yaaa…!!

Nah, kegagalan iklan ini sudah terjadi pada mobil, akankah selanjutnya terjadi pada ranah roda dua yang selama ini diasosiasikan irit? Jika ada konsumen motor yang "katanya irit" tapi pada kenyataannya gak irit, akankah terjadi hal serupa…?? Moralnya adalah…jangan mudah termakan iklan HOAX…

Inline image 2

Hihihi…daripada pusing mikirin irit dan harga BBM yang naik, lebih enak selonjoran di dalam bis Transjakarta degh…hanya dengan Rp 3500 udah bisa dapat sejuuukk…semriwiiing…nanti di akhir pekan tinggal isi Shell Super Extra dan enjoy riding pagi hari…:mrgreen: Gak perlu lah bahas irit-iritan…yang penting PERFORMA bro…!!

Pulang dulu ah…


Aksi

Information

52 responses

5 03 2012
anharvictor

Pertamax plus

5 03 2012
anharvictor

Premium aja…

5 03 2012
anharvictor

Paling beda satu sendok teh om ben…

5 03 2012
bennythegreat

satu sendok teh aja diributin…haduh…jama’ah…jama’aah…

5 03 2012
anharvictor

Irit cuma bahasa komunikasi menggambarkan… Kondisi untuk konsumsi bbm aja kang…
Kan gak ada satuan yg pas berapah irit kah kendraan anda… Paling banter… 35km/ltr…

Jadi irit hanya sebuah konsisi relatif yg timbul… Untuk mengangkat dan menambah nilai plus… Terlepas itu… Org pasti… Enggan melakukan perhitungan akurat… Kecuali di sentil sama teman atau org lain tentang kendaraan nya…

#gto aja koq repot… Yo toh…$$

5 03 2012
bennythegreat

Yak betul..irit karena ada pembanding..
Sayangnya pembandingnya iklan..ketika tak terbukti, hancurlah product image..

7 03 2012
jaos

sepakat……….that’s why i hate IKLAN IRIT pake angka2.

5 03 2012
bapakeVALKYLA

irit atau gaknya tergantung PWR, pemakaian + kondisi jalan…
Bener kata kang AV, paling beda 1 sendok..

5 03 2012
Adhitya Ramadian

mestinya pake bensin campur

bensin campur dorong

5 03 2012
aldyazgn

singg penting performa dan efisiensiii . . . kalo mau irit mah jangan naik kendaraan pribadi laaaahhh,,.. seirit apapun kendaraan yang tiap harii anda pakai, pasti bakalan abiis dan mampir ke pom bensin lageee . . . jadi yang paliingg tepat ituu efisien🙂

5 03 2012
sofiyan

Waduhhh gak gitu amat kalee naek buzz way pass jam kerja…
Ngantri… Diri… Ac gak sejuk amat….

7 03 2012
noFUN

setuju banget.. Perbandingannya adalah pemakaian harian, jadi klo bus transjakarta jadi harian, pikir-2 lagi deh..

Mending naik motor / mobil pribadi aja (dengan segala resikonya)

*meskipun bus transjakarta sebenarnya adalah transportasi umum yg ter-murah & ter-nyaman yg ada di jakarta sekarang

(yg “ter-” aja kaya gitu, gimana transportasi umum lainnya??:mrgreen: )

5 03 2012
kamil

setuju ama bang ben:mrgreen:

5 03 2012
rullynova

Di transjakarta susah slonjoran om paling mesti pagi banget atau malem banget
Kecuali akhir pekan….tapi kan akhir pekan isi shell😀

5 03 2012
extraordinaryperson

namanya mobil paling irit itu xenia 1000 cc…. 1:18

http://extraordinaryperson.wordpress.com/

5 03 2012
Karis

irit kan klaim pabrikan….masyarakat harus mengerti itu

5 03 2012
Gogo

hampir gak ada kendaraan bbm yg 100 persen irit..

6 03 2012
SuRyA

Andaikan prasarana jalan n infrastruktur bagus, lbh ngirit mancal speda kali yo hehehe
badan sehat, duit irit. Kecepatan tergantung isi perut. Klp laper gowesnya lambat. Klo kenyang gowesnya kenceng hehehe

http://www.dk8000.co.nr

6 03 2012
Si Jack

Waxwaxwax…. Masih percaya iklan honda irit????

Motor saia boros aja nggak ribut owg,,……

6 03 2012
widi

untuk orang yang duitnya enggak banyak bensin sesendok itu bernilai. naik transjakarta pp 7000 + ojek 10 ribu terasa sekali lebih mahal daripada beli bensin sesendok untuk perjalanan yang sama. sampeyan yang punya duit banyak jangan sepelekan orang yang care dengan bensin sesendok ini.

6 03 2012
jambronx2010

setuju.. kalau halte busway depan rumah & tujuannya tinggal jalan kaki saja sih nggak masalah. tanpa disuruh juga naik busway….. BTW. Mas benny biasa naik busway?????

6 03 2012
Klangon

Mungkin kendaraan akan irit di awalnya, tapi saya yakin tetep nga akan seirit klaim pabrikan… lama-lama sejalah dengan bertambahnya umur mesin pasti akan boros juga.

6 03 2012
Klangon

Setuju kalo dibilang zenia irit, tapi ya sekitar 11-12 km/liter utk yg 1300cc (pengalaman pribadi). Lha kalo 1400cc… mestinya lebih boros donk.

6 03 2012
ken39

gitu deh ben… gw jg gak yakin itu bener semua hasil testnya, wong pake tanda petik kok test konsumsi versi X, versi Y, versi kedabrug😛

oh iyah, transjakarta ? gak dulu deh😀

6 03 2012
rony

mungkin sbnernya d iklan march ada bintang kcil d pojok tulisan 21 kmpl..hehe
ato mungkin si empu march dpt produk yg bermasalah..kijang grand extra ane yg masi karbu,mesin jadul n body bongsor aja masi bsa 10 kmpl kog..hehe
ato mungkin ni sbuah blek kempen yg dlakukan kumpetitor bang???

6 03 2012
singosari

IMHO.memilih kendaraan yang irit konsumsi bbm tetap perlu dan penting terkait biaya operasional.kalau bicara pemilihan moda transportasi ya lain lagi, seperti yang bang ben bilang,transportasi umumlah jawabannya.

masalahnya,bicara keiritan konsumsi bbm kendaraan tergantung pada variabel2 yang dianggap mempengaruhi.mbah dukun sudah mengulas panjang lebar variabel2 yang mempengaruhi tingkat konsumsi bbm.tetapi kenapa banyak yang meributkan?

jangan lupa,ketika pabrikan akan mengetest konsumsi bbm kendaraannya atau meminta pihak lain mengetest,tentu mereka berharap hasilnya seirit mungkin,wajar orang bisnis begitu.gimana caranya supaya hasilnya sesuai keinginan mereka?ya macam2 caranya.tetapi yang ane lihat sih bisa dengan menggunakan metode yang “disterilkan”.

salah satunya (dari sekian cara) menurut ane adalah cara berkendara dengan kecepatan tertentu atau range tertentu katakanlah 30 km/jam atau kurang dari 60 km/jam.intinya kecepatannya dikontrol,termasuk melakukannya di sirkuit, dengan patwal,jam tidak sibuk,atau rute tertentu yg tidak padat atau jalannnya turunan semua.apakah cara ini salah?tidak juga.masalahnya kondisi ini tidak mencerminkan “kondisi yang sebenarnya” yang akan ditemui konsumen yang membeli produknya.

kalau ada kejuaraan dunia lomba irit/moto gp irit2an bolehlah aturannya dibuat selengkap dan seadil mungkin.kalau untuk kepentingan iklan pabrikan,KONSUMEN HARUS SADAR,bahwa klaim pabrikan itu “ADA TANDA BINTANGNYA”, artinya apa?syarat dan ketentuan berlaku.itu artinya iritnya itu dilakukan dalam kondisi sesuai syarat dan ketentuan yg dicantumkan pabrikan atau sesuai yang dicantumkan oleh media/blogger yang melakukan test.kalau syarat dan ketentuannya tidak bisa diperoleh dalam kondisi sehari-hari ya bukan tanggung jawab pabrikan atau yang mengetest…hehehe…sedikit menjebak???silakan dinilai sendiri.

coba baca di manual book soal garansi kendaraan, syarat dan ketentuan berlakunya banyak banget.atau baca polis asuransi,itu pasal isinya syarat dan ketentuan berlaku semua.itu kedudukannya seperti kontrak.baca dengan teliti,jangan sampai menyesal di kemudian hari.kalau semua klausul sudah dipenuhi hasilnya tidak sesuai, baru bisa digugat.

sory boss,panjang komennya.

6 03 2012
beckhem

irit…..ya pake bensin campur…..campur dorong…….. :p

6 03 2012
dnugros

Dalam hal irit2an BBM seperti diatas, siapa segh yang harus bertanggung jawab? si konsumen yang gampang dikibulin ato si produsen yang memanfaatkan kebodohan konsumen? Kalo iya entu produk ndak irit, kenapa pula bisa terserap pasar? Jadi bingung nigh…

6 03 2012
Vespa Ijo Rider

buaha..ha..ha… KETEPU….!!!

mungkin entu driver gaya nyetirnya gak econo driving… coba dech diubah gaya nyetirnya…

kalo masih boros juga… yach berarti emang bener2 KETEPU LUAR-DALEM…!!!

mending tuch bo’il dijual aja.. terus beli pespa… lumayan bisa nyampe 30an km per liter… plus dapet konco buanyakkkk…!!!!

6 03 2012
vanz21fashion

heeuuu.. 1:10 si CR-V 2400cc tuh 1:10, luar kota bisa 1:11, March 1:10 si kebangetan..

6 03 2012
makaikenshi

Irit atau tidak itu relatif dari driving skill dll, kalau pgn irit ya sebaiknya naik speda saja, murah bahan bakar hanya air putih saja.

namanya juga kendaraan, moso pgn irit tp pgn kenceng jg performanya hahahaha

6 03 2012
ibun

Kalau di luar negeri, produsen kendaraannya bisa dituntut oleh konsumen, karena kenyataan tidak sesuai dengan promosinya, n konsumen dapat uang kompensasi yg sesuai dgn tuntutannya. Di sini? kalau berani nuntut, konsumen malah dituntut balik dgn tuduhan pencemaran nama baik..

6 03 2012
Tebet

Yakin bisa “selonjoran di dalam bis Transjakarta”??? Kecuali berangkat dini hari dari terminal paling awal dan pulang dah ampir tutup si TJ. Yah kalo begitu mah enakan naik Motor aja, dini hari di jamin masih lenggang jalanan Jakarta, dapet bonus lagi udara masih adem (kapan lagi coba ngerasain Jakarta masih adem).

6 03 2012
bebe

Matic irit itu cuma pencitraan aja
Kenyataannya boros2 juga.
Gw pake vario thn 2007 cuma dapet 40 km/liter seirit2nya 45 km/liter

Jadi gak usah lah blogger kesayangan atpm itu terlalu gembar-gembor irit.

6 03 2012
briptu

g mau naik trans..
takut digrepe ah😆

6 03 2012
6 03 2012
asmarantaka

di amrik iklan honda dituntut karena kenyataannya boilnya borosss..tuh march bisa juga lo dituntut
http://asmarantaka.wordpress.com/2012/03/06/busett-honda-dream-astrea-star-di-jejalin-head-cbr150-sepaket/

6 03 2012
noche

ninja 250 jg hoax toh klaimnya ampe 30 km, saya seirit2nya pernah dapet 1:24, itupun kec rata2 saat jalan 50-70 km/jam dan rpm tidak lebih dari 8 ribu. Seboros2nya 1:20 digeber rata2 110-150 km/jam.

6 03 2012
Endrix

nitip jemuran Bang Benn,

Kawasaki ER-6n sudah mulai kayak kacang goreng di jalanan (spyshot)

http://www.sejutaumat.com/2012/03/06/dari-kesan-pertama-kawasaki-er-6n-tampaknya-bakal-laris-manis/

7 03 2012
katrok

mobil irit itu tergantung kaki kanan sampeyan2 semua, pernah disekolahin gak kakinya….kalo nginjak gas ya jgn dalem2..biasanya mentang2 enak tarikannya, nginjaknya kedalemen…all new jazz gua aja dalam kota bisa 1:14 luar kota 1:17,5…

7 03 2012
8 03 2012
gafuri46

tambah 2dk (daya kaki), dijamin irit..

http://gafuri46.wordpress.com

10 03 2012
sutrisno

Lha wong gambar aslinya sama yg di index-nya aja beda koq! Lihat kertasnya, yg asli kotak, yg index miring.. sotoshop yaaaaa?? Heehee.. mana yg hoax nih??

11 03 2012
ipanase

setuju bang,,,,,,,sampe 21 km/liter????jalan berapa km/jam, xixixixi, diapusi koq percoyo
hoax
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/11/cara-membayar-pajak-stnk-motormu-sendiri

12 03 2012
untung suharto

nggak semua hoax soal motor irit,saya pakai pulsar 220F pakai BBM premium 3.5 liter bisa menempuh jarak 243km (Bontang-Samarinda pp).

motor standar cuma dipasangi xcs hurricane,magnetic fuel saver(buatan sendiri),9power pada ke 2 businya.
laju kecepatan rata2 65 km/j
seting udara karburator buka 3.5 putaran,idle mesin 1250 rpm.

coba hitung berapa km/liter bbm? mantapkan?

12 03 2012
vegadeth

jadi inget iklan beat yg bisa 1/73, keren.

15 06 2013
untung

yah,bolehlah beat bisa 73km/l….tapi ingat pulsar saya dibebani 150 kg dan menempuh medan jalan bontang-samarinda pp ya cukup jelek.sedangkan beat paling dibebani 50 kg itupun menempuh jalan yg cukup bagus.

23 03 2012
iwak tempe

biasa mah mobil 1:10kpl… mobil 1:21 memang bisa, dari bandung ke jakarta lewat tol lagi lengang…
mobilku gak ada 1:5 aja gak protes…kok bisa? lah pas lewat cibubur macet 5km se jam lebih…malah lebih dari seliter tho?

27 03 2012
susi

ATPM Nissan melakukan pembodohan kepada masyarakat indonesia ….:(

march irit itu hanya yang produk luar negri …. di luar negri kompresi mesin march mencapai 1:13 tentu dengan bbm minimal pertamax plus (itu juga tidak jamin ga ngelitik halus).

sampai di indonesia, tau tipikal konsumen indonesia yang menganggap mobil kecil pantasnya pakai premium, maka diam-diam kompresi diturunin + salesnya bilang bisa pakai premium, alhasil tenaga dan torsinya drop, tidak sesuai dengan kemampuan puncaknya.

makanya jadi konsumen harus teliti dengan trik dan tipuan model begini, giliran irinya gembar gembor nisan march luar negri yang butuh oktan tinggi banget

28 03 2012
oguds

Iklan Nissan March Irit BBM Dituding Menyesatkan Konsumen

Gimana tuh PT Nissan Motor Indonesia, masih ngeyel juga lagi. Btw, adakah yg punya potongan iklannya? Makin ngawur saja ya orang-orang ini mencari uang. Apalagi isu BBM makin hari makin hot.

12 04 2012
violet

nissan march saya irit2 aja tuh…berdasar penghitungan odometer mobil : 1 liter / 17,6 km atau bahkan pernah 1 liter / 18.1 km. pemakaian tiap hari sentul – cilandak pp (lewat jagorawi – jorr, kecepatan kadang macet s/d 120 km / jam).
saya isi shell super. cukup beli full tank seminggu sekali bisa untuk ngantor seminggu.🙂 temen2 yang pake rush dan avanza aja pada ngiri🙂
keiritan mobil tergantung pemakaian dan cara rawat juga sih ya..
so far kalau saya, puas pake nissan march🙂

19 04 2012
axo

hahaha….march = 21km/l itu dari hasil laga irit yang di adakan media bro… apa media dianggap bohong juga yah??? sama saja mis: ketika kita mengumumkan si A mampu makan sd 50 potong burger. apakah setiap dia makan harus 50 burger???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: