Bakal Seru Nih Adu Argumen Sama Oknum Polantas tentang Ambang Kebisingan Knalpot Motor..

27 07 2012

knalpot ini termasuk berisik atau tidak yaaa…??

Seandainya ane ditilang karena menggunakan knalpot non standar pabrikan, bakal seru nih ceritanya.. Kenapa ane bilang seru debat dengan polisi…??

Karena di satu sisi Polisi adalah penegak aturan, namun di sisi lain dasar aturannya tidak eksak dan berpotensi menimbulkan subjektivitas. Akibatnya tindakan main tilang juga berpotensi terjadi.

Kalimat dari Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto turut menggambarkan betapa aparat polisi dibuat kebingungan mengenai ambang batas kebisingan knalpot motor. Lha, kalau diubek-ubek di UU nomor 22 tahun 2009, referensinya tidak disebutkan dengan pasti.

Berikut bunyi Pasal 48 Ayat 3 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tersebut:

Persyaratan laik jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan oleh kinerja minimal Kendaraan Bermotor yang diukur sekurang-kurangnya terdiri atas:

  • emisi gas buang;
  • kebisingan suara;
  • efisiensi sistem rem utama;
  • efisiensi sistem rem parkir;
  • kincup roda depan;
  • suara klakson;
  • daya pancar dan arah sinar lampu utama;
  • radius putar;
  • akurasi alat penunjuk kecepatan;
  • kesesuaian kinerja roda dan kondisi ban; dan
  • kesesuaian daya mesin penggerak terhadap berat Kendaraan.

Dan juga kutipan perkataan Pak Rikwanto sebagai berikut:

“Yang jelas sementara ini knalpot racing yang terdengar mengganggu lingkungan dan menyakitkan telinga, maka akan kami tindak,” katanya.

“Dan ini memang ada ukurannya. Sementara ini alatnya itu ada tempatnya seperti di Dishub dan Kementrian Perindustrian, tapi kalau di lapangan itu bicara standarnya saja. Apakah itu sudah sesuai dengan standar pabrikan atau tidak”

Nah..lo..pada point b tersebut, berapa sih ambang batas kebisingan yang dimaksud…??

Sekarang kita lanjut ke Peraturan Pemerintah (PP) no. 5 tahun 2012 pasal 66 yang berbunyi sebagai berikut:

Pasal 66

  1. Kebisingan suara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 64 ayat (2) huruf b diukur berdasarkan energi suara dalam satuan desibel (A) atau dB (A).
  2.  Energi suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak melebihi ambang batas.
  3.  Ambang batas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang lingkungan hidup.
  4. Dalam menetapkan ambang batas sebagaimana dimaksud pada ayat (3) harus berkoordinasi dengan menteri yang bertanggungjawab di bidang sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan.

Okeh..di PP 55 tahun 2012 ternyata juga gak jelas, dan malah merujuk ke peraturan kementerian lingkungan hidup..

Kita buru lagi dasar aturannya di  Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang diteken Menneg LH Rachmat Witoelar pada 6 April 2009. Peraturan ini menjelaskan secara rinci mengenai ambang batas kebisingan berikut cara mengukurnya.

Cukup ribet dan presisi kan metode pengukurannya? Silakan baca di link ini.

Dalam Permen LH tersebut disebutkan bahwa batas ambang kebisingan sepeda motor terdiri atas, untuk tipe 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db). Lalu, tipe 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db.

ambang batas kebisingan berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 (sumber: Edo Rusyanto)

Nah, sampai sini mulai jelas bahwa untuk menentukan ambang batas kebisingan memerlukan alat dan metode khusus.

Kesimpulannya, Pak Rikwanto gak bisa begitu saja hantem kromo main razia dan main tilang sembarangan hanya karena sebuah motor tidak memakai knalpot standar pabrikan. Lha..omongan Pak Rikwanto itu gak punya dasar aturan yang baku…!!

Pernyataan dan tindakan polisi pun harus berdasarkan pada aturan yang baku, tertulis dan eksak batas-batasnya. Masyarakat juga punya hak untuk mengkritik para pelayan masyarakat bin penegak hukum ini.

Pastinya kalau dasar aturan mengenai ambang kebisingan kendaraan bermotor ini baku dan jelas batas-batasnya dan dilaksanakan dengan “best practice” oleh anggota polantas, para pemakai knalpot non-standar (termasuk ane) pun tidak keberatan untuk mengganti knalpot dengan standar pabrikan.

Tapi kalau dasar aturannya tidak jelas dan malah terkesan subjektif, ya siap-siap saja adu argumentasi dengan ane. Karena telinga Pak Polisi bukanlah alat ukur kebisingan..

Bukan begitu…??

About these ads

Aksi

Information

68 tanggapan

27 07 2012
vanz21fashion

haaaah~~~ cape laaa ngurusin knalpot mah.. meningan kita ganti tunggangan aja om yg knalpot std-nya udah garang.. :p

27 07 2012
bennythegreat

setujuuu… :mrgreen:

27 07 2012
Bonsai Biker

nek jangkrik piye? :D

27 07 2012
bennythegreat

jangkrik dudu montor..ojo ditukuuu

27 07 2012
Bonsai Biker

woh, ngeri gan kwkwkwkk

27 07 2012
Chenko

dengerinnya pas full throtle aja, jangan pas lagi langsam..

27 07 2012
Ipunk

Coba om adu debat ama polisi,wkwk

27 07 2012
kalimalang rider

gak bis abayangin kuping pak pol ditempelin di knalpot dungpret ky gt..woooaaarrrr pletak2..

27 07 2012
milky bo

betol…

27 07 2012
megalodon150

motor satu silinder dilarang pke knalpot racing, kalo multi silinder baru boleh, heheh

titip
http://megalodon150.wordpress.com/2012/07/27/setiap-inchi-tubuh-rider-itu-sangat-dekat-dengan-kematian/

27 07 2012
bennythegreat

Hehehe..

27 07 2012
rider gunung MALINO

kyak lebih urgent pak polisi ngurusin mika merah stoplamp yg dlepas deh om, mata rasax kyak abis dcolok klo ktemu motor kyak gt…..

27 07 2012
27 07 2012
Gogo

siip dah, standart jg udah joss

27 07 2012
kong firman

Knalpot bobokan merajalela.. :D

28 07 2012
steedrider4596

Knalpot standard pabrikan moge HD kan udah menggelegar,berani nilang…???kayaknya nggak deh…

28 07 2012
dnugros

Yeah, hidup dinegera berkembang macam Endon ya macam gini lah, pola pikir masyarakatnya juga masih berkembang, belum bisa menerima kenyamanan yang sudah ada. Beda dengan negara maju macam Eropa sono, mo make knalpot blar-blar-blar ya tempatnya disirkuit, ndak dijalan umum. Duh, bingung mo nyari kaca ah, mo ngaca dulu, sudah ganteng kah diriku. ;-)

28 07 2012
great will

tenang ae..ninja ga bakalan ditilang atau diuber sama bang pol..kalah kenceng motornya..

28 07 2012
joko

175cc = 90db????
itu juga dipertanyakan lagi, celah kelemahannya besar banget.
itu 90db pada RPM berapa??? kalo rpm 2000 tentu beda ama RPM 10.000
motor indoprix aja kalo stasioner suaranya gak bising (kecuali digeber). dan GL max jika digeber siap2 aja kuping budek…
intinya 90db itu di RPM berapa juga harus jelas.
#peraturan yg lemah bukan??? iya karena dibuat bukan oleh ahlinya dibidang otomotif dan perhubungan

28 07 2012
Edhoy

Tambahan aja Bro:
Permen KLH no 7/2009 itu untuk standar Kendaraan Tipe baru saja, jadi hanya pada saat proses Uji Tipe Kendaraan Bermotor saja yang di lakukan oleh Ditjen Perhubungan Darat.
Dan cara pengukurannya pun cukup sulit, karena kendaraan dijalankan dengan kecepatan tertentu dan diukur dengan jarak tertentu pula.

Sedangkan standar limit kebisingan utk kendaraan yg sudah beroperasi di jalan, sampai dengan saat ini masih sedang disusun peraturan menterinya.
Nantinya tata cara pengukurannya akan lebih mudah, yaituu kendaraan dalam posisi netral kemudian digeber di rpm tertentu dan diukur dgn alat sejauh 0,5 m dari knalpot.
Kalau permen kLH ini ada, kemungkinan polisi secara hukum baru bisa menindak/menilang kendaraan yg melanggar.
Tapi, masalahnya bagaimana cara menentukan melanggar atau tdk kalau tdk pakai alat? Apakah dgn feeling saja?

28 07 2012
shogun110tromol

sebenernya sih dari kuping awam juga udah ketauan, knalpot mana yang mengganggu dan yang engga. Even moge 600 cc pun kalo knalpotnya standar juga ngga ngeganggu. Bebek knalpot resing tentunya ngganggu :mrgreen:

tapi tetep kalo urusannya tilang2an ya harus ada patokan dan instrumen yang jelas.

29 07 2012
joko

coba kalo suruh nilang konvoi HD, apa berani tuh wereng aspal coklat???
padahal gue gak pernah denger konvoi HD yg gak berisik, udah jalannya pake sirbo, makan setengah jalan, nrobos lampu merah, masuk tol, arogan suara motor kaya helikopter, helm gak SNI (bahkan cuma pake iket kepala), gak ada yg brani nilang. apa gara2 atasannya pengurus HD juga ya….

29 07 2012
shogun110tromol

yeah, khusus buat H-D, emang knalpotnya menganggu :mrgreen:

1 10 2012
beller

disumpel kertas warna merah gambar soekarno-hatta mungkin, jadinya wereng aspal coklat ga berani dah

29 07 2012
kang_ulid

yup!!! ane setuju nih…

29 07 2012
ibnu

motor dibawah 250cc dilarang pke knalpot berisik. Kdang bikin esmosih klo ktmtu mtor brisik .

29 07 2012
adicuzzy coolrider fixer

lebih seneng knalpot silent, polusi udara aja bikin sesek mau ditambah polusi suara…
artikel ringan tentang knalpot brisik
http://adicuzzy.wordpress.com/2012/05/14/wahai-para-pemakai-knalpot-super-berisik-semoga-lekas-sembuh-dari-budeg/

30 07 2012
SuRyA

Mo sharing aja om ben.
Disini anak2 alay yg pake knalpot berisik kayak di gbr (di bali disebut kbalppt brong) klo pas ada tilang polisi ngetes berisiknya adalah dgn cara si anak yg punya motor disuruh pasang kuping di dpn moncong knalpot lalu gas di blayer. Gt seh gosipnya om. Ga tau bener ato ga. Klo mnrt saya knalpot yg kayak digbr parutlah ditilang. Tp kbalpot aftermarket apalagi yg harganya nfalahin gaji polkis sebulan kayak yoshimura,leo vince, two brothers,dll yakin bgt deh pasti dah lulus uji dgn std eropa yg terkenal ketat dlm mengikuti aturan

http://www.dk8000.co.nr

9 08 2012
joko

mantep caranya… sambil bayangin motor HD bodong yg dari jauh suaranya kedengeran udah kaya helikopter pecah

1 10 2012
beller

mau share nih
kemaren ane ke bogor, pake knalpot nob1 yang udah ane pakein peredam biar suaranya ga terlalu bising, tapi nyatanya, ane di suruh minggir, ketika aane tanya, “saya kena pasal berapa emang pak?” tuh polisi ga mau jawab, ampe 3 kali ane tanya agak membentak kayak gitu, dia malah ngegaris bawahin tulisan KNALPOT, yang jelas jelas di situ ga ada kata RACING ataupun bisingnya, rasanya ane mau adu jotos aja sama tuh aparat, padahal ya, ane liat sekeliling kota bogor, banyak plat F (plat asli bogor) yang pakai knapot racing bodong, tapi ga kena tilang, ane ngerasa mentang2 ane pake plat B, ane yang lebih di incer ketimbang yang laen

21 11 2012
Taufik

Waaah, kejadian neeeh Boss. Saya melintas di Bogor pake Vixi dengan tujuan Cisarua. Knalpot Standar, tapi suara lebih kenceng dari Standar. Di depan Terminal saya dikuntit sama Polisi (pake Vixi juga), trus setelah lewat Jembatan saya distop. Ditanyainnya apa coba?? Itu Knalpot ga standar!!
Eeeeet daaah, Saya bilang liat ajah Pak, Knalpotnya sama seperti Bapak punya kok, gimana bisa Bapak bilang ga Standar? Trus Dy geber-geber Motornya dan saya disuruh ngikutin. Emang lebih kenceng Knalpot saya karena ada bocor. Akhirnya, Kantong juga ikutan Bocor, Cukup buat beli Premium 10 liter lebih.

24 09 2013
Arifinjombeng

Kan gampang mas.kl memang tuntutan dia sesuai pasal yg dimaksud.teken aja tilangny.tp kl tuntutan dia gk sesuai dgn pasal yg dimaksud.berarti dia(polantas) sudah membuat laporan palsu.melanggar kuhp tu mas dia.panjangkan aja kemeja hijau.pakai aja pengacara baru yg msh amatir.pasti menang ente.piss

6 12 2012
Alfa

emang polisi main tilang…kalok mau nyalah.in salah.in pabriknya dong… kan kita semua cuma pembeli..pembeli kan ga tau apa2..polisi dah punya gaji sendiri kok malah malak.in rakyat2 kecil..kaatanya pelayan masyarakat…woooooo….rakyat punya hak Pak!!!!

15 12 2012
Rfq

Hukum Positif ini masih belum jelas! kasian mayarakat di bodohi sama “Oknum Polisi” terus.

15 12 2012
Rfq

Hukum Positifnya belom jelas! kasian masyarakat di bodohi sama “Oknum Polisi” mulu.

3 01 2013
dodo

utk masalah ini kita jg jd korban ane beli knalpot nob1 dibag covernya jelas2 ada no izin produksi tu knalpot klo emang dr awal gak boleh janganlah diizinkan pabriknya memproduksi, kita cuman konsumen…!!. Pak Polisi tolong dong hargai hak – hak konsumen, kita ada undang2 perlindungan konsumen jangan jadikan kita korban…segera dirilis peraturan perundang-undangan yg lebih jelas batasannya mengenai kebisingan kendaraan bermotor…

5 01 2013
Mengukur Desibel Kebisingan Knalpot Ninja250FI | Leopold Sudaryono

[...] Blog Bro Benny mengenai ambang batas kebisingan suara knalpot sungguh menarik. Selama ini polisi cenderung menggunakan ukuran yg subyektif dalam menentukan apakah knalpot sudah melanggar batas kebisingan suara. [...]

14 01 2013
reza

yang ane pengen sebagai pengguna knalpot racing adalah adanya knalpot aftermarket yang berlebel SNI agar para polisi bisa menentukan mana knalpot custom yang boleh beredar dan dipakai oleh para pengguna knalpot custom-an.

22 01 2013
bosok

Intinya Peraturan yang ga jelas dicari celahnya sama oknum buat cari duit . Kan Asian Blom makan. Mo makan cari Korban dulu.

22 01 2013
bosok

Intinya Peraturan yang ga jelas dicari celahnya sama oknum buat cari duit . Kan kasian Blom makan. Mo makan cari Korban dulu.

25 01 2013
haryudh4

Motor bebek gak boleh pasang knalpot berisik! Motor buat Ibu2 ke Pasar aja kok ganti knalpot segala, standar aja. Haha :D

31 01 2013
HRND

ini nih contoh ny,.Sombong sekali,bikin aturan sendiri

25 01 2013
@arief_gsx250

Terima kasih Oom Benny. Senang baca tulisannya, sebuah refreshment dan sangat mencerdaskan. #jabat erat

25 01 2013
Mora H. Ritonga

Reblogged this on Mora's Notes and commented:
ijin saya reblog om Benny,
untuk pelajaran buat ane pribadi.
#persiapan kalau2 nanti kena tilang, hehehe

25 01 2013
kroplak

sekarang coba tanya ke diri sendiri…. tujuan utamanya ganti knalpot standar dengan knalpot resing apa….???…. buat nambah tenaga? atau nambah suara?…

26 01 2013
jofrin

aturan yang menggelikan

31 01 2013
HRND

Yang laen yg ga merasa pake knalpot racing juga jgn nyindir2 lah pake bawa2 merk motor qt segala,Iya gw akuin mtor gw cc ny kecil n pake knalpot ga standar,Giliran lu liat moge aj depan lu kagak protes padahal suara dy yg lu bilang “knalpot standar” tu gw jelas2 gw denger jauh lebih rusuh dari knalpot gw..Gw ingetin y sekali lagi disini tu main issue ny SUARA BISING bukan MOTOR BEBEK YANG PAKE KNALPOT GA STANDAR.Sedikit pengetahuan buat lu,yg selama ini lu denger berisik tu knalpot bobokan bikin dipinggir jalan bukan knalpot racing pabrikan yang ada kode produksiny.Bersihin juga kepala lu dari pemikiran arogan “motor cc kecil ga berhak pk knalpot racing”.Selama dibawah standar yg nnti bakal ditentuin mah fine2 aja

23 04 2013
ducmon

santai bro,di syukuri aja lu punya motor,kok elunya sewot
ducmon gue udah ganti knalpot leo vince,ditilang di malang,malah gue ajak debat,trus polisinya diem gk bs jwb, haha

22 02 2013
wiharda

just sharing aja, motor ane pke knalpot AHRS ori waktu berkendara di jalanan jogja eh kena tilang..ktanya knalpot ane ga standard. pada waktu yg sama ada motor knalpotnya standar tapi suaranya bising banget ehh dibiarin aja…
yang gila siapa yah kira2…
lima puluh rebu melayang…semoga yang nilang ane diterima disisi-NYA amiinn..

15 03 2013
andy tex saverius

udah mendingan kita geberin aja th polisi pke knalpot racing,biar tau brp db th motor,jgn cuma asal tebak

26 03 2013
bimbim

wah, kira kira kalo saya pake knalpot DBS Titan aman gak yah?? :D
and brp DB tuh?? :D
motor ane satria f.. :D

31 03 2013
Rider_Sopan

Kalau mau pakai knalpot free flow, silahkan di ajang balap resmi sirkuit bung..
Emangnya jalan umum punya mbahmu..

Non Standar keluaran pabrikan = berisik = mengganggu pengguna jalan lain
Apalagi yg moncongnya mendongak keatas, sama saja ANDA MENAMPAR WAJAH SAYA..

Bijaklah berkendara, harusnya blogger bisa memberikan pencerahan positif kepada khalayak ramai…
Bukan hanya mengkritik dan selalu mengkritik tanpa memberikan solusi..

Mulai dari diri sendiri, baru kepada org lain..

12 04 2013
Abimanyu Angka Wijaya

gue sumpahin yang ngeganggu telinga gue.. modar sama motornya..
Motor butut pake kenalpot bising..

21 05 2013
duL

yg namanya polisi buat ngurus angkot yg ngetem sembarangan aja enggak becus, skrang tambah lgi pake ngurusin knalpot…aduhh pakpol,mending anda tegakkan dulu aturan lalin yg ada sampai beres, benahi dulu sistem dan cara kerja anda. ga usah dulu bikin aturan baru.

22 05 2013
rudi

Kalau Untuk Knalpot Sperti NOBI Yang Menggunakan DB KILLER itu di TILANG juga ? gimana pendapat mas bro ?
Bisingan Knalpot pake DB KILLER atau Knalpot Standar Di BOBOK?
thanks .
sekedar minta masukan aja bro .

27 06 2013
jreng2

klu bcara ttg hama wereng pengisap darah,pengemis berseragam,perampok berkedok hukum,manusia yg tdk punya malu,punya gaji tp jd pengemis,minta2 uang scra pksa dg dalil melanggar hukum,pdhl dia sendiri dg meminta2,mengemis jg mlnggar hukum, kpd supir2 yg notabene g punya gaji,pnghasilan pling cm 1jt sbulan,ataupun memeras para tkng ojek…sya lgsng spaning,muaak..tolong sy harap jgn lg ad diantara msyrakat yg dizolimi mau memanggil mereka dengan sebutan pak lagi.mereka tdk pantas utk dipanggil bapak.cm lulusan SMA ko.skill tauny cm uu lalulintas.

29 06 2013
sutan batughana

Setujuuuu, ane jg pernah ditilang soalnya gara2 pake knalpot racing, alesannya bunyinya bikin ribut, tp pas ane bilang motor 2 tak knalpot standarnya aja bunyinya udah keras knp ga ditilang, ehh polisinya malah ngeles ngasih alesan yg ga masuk diakal.

5 07 2013
12 07 2013
agus

kita rakyat kecil enak naik kuda lumping aja bebas tilang…G gitu pak pulisi

12 07 2013
fajr

thanks infonya bro..
jadi ada nyali buat argumen sama polis, hehe.. :D

28 07 2013
nursahid

Low emang knalpot racing melanggar UU mendingan d stop az peredaran’y skalian tutup pabrik’y.
Jngn cuma konsumen yg kena sanksi produsen’y juga donk…

11 10 2013
welly_TRZ

kenapa kita yang ditilang??? bukan pabriknya yang ditutup???

29 12 2013
indrawidiantosm

ini sama seperti analogi: kenapa yang buat miras ga dirazia tapi yang jual kena pentung? hahaha

18 12 2013
bhiezoel

Nice post gan…semua harus ada dasarnya.

22 12 2013
rayhan

yang namanya polantas ngurus angkot ngetem aja ga becus dan berlarut larut ( contohnya angkot di lampu merah slipi arah merah), sekarang pake acara ngurusin knalpot. maaf pak tegakkan dulu aturan aturan yg sudah ada yg selama ini kacau balau dan ga usah bikin aturan baru, masih banyak kewajiban dan tugas polantas yg terbengkalai jadi ga usah lah ngurusin knalpot segala,karena hal itu sama sekali ga urgent.

4 01 2014
joseff

hmmm itulah negara yg banyak uu akhirnya dibantah sama uu itu sendiri hehehhehe…………

14 01 2014
Muhammad ViOddy

MOTOR CLASS 250CC 1 SILINDER ke bawah
PAKE KENALPOT RACING GAK MERDU SUARANYA BRO.
(CEMPRENG BANGET sumpah Malu maluin gak padet
berisi suaranya bro,terutama yg type over stroke)

BEDA SAMA MOTOR CLASS 250CC 2 SILINDER KE ATAS
terutama yg Crankshaftnya type Crossplane.
kalau pake kenalpot racing.
SUARANYA,mantaps….
Halus-Padat-Menggelegar Gimana gitu… :D

APALAGI suaranya Motor HD.
(Suara Mesin PINCANGNYA Ngangenin bro)
Ane jamin kalau ente punya trus ente dengerin suara
mesinnya pasti kesemsem sama suara itu motor. :D

19 01 2014
Dani

hahaha,, ane ada alatnya tuh,, kl di geber juga semua kenalpot standar jg bs ngelebihin batas nilainya,,, lebih di perinci jarak pengambilan kebisingannya tuh aturan,,,

telinga mah beda beda,,, kl alat kan ada standarnya,,, racing jg nggak semuanya berisik kok gan,, bijak aja,,, knalpot ane aja racing,, pas lampu merang tenggelem suaranya sm matic,, -,-a…. hahaha

kl yg pernah uji soal polusi lingkungan pasti pernah make alatnya deh,,,

dijalanan rata-rata yg pernah ane cek sih 70~90 db-an,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.698 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: