“WOW effect” 250 cc parallel twin engine di Indonesia memang lebih besar ketimbang mesin konvensional berinjeksi yang telah lebih dulu diadopsi oleh Yamaha Vixion. Inilah kunci keberhasilan Kawasaki sebagai first mover di kelas 250 cc. Kini, meskipun telah mendapat kompetitor yang nyata seperti Honda CBR 250, hegemoni sang parallel twin tetap tak tergoyahkan, bahkan menurut catatan Eyang Edo Rusyanto, pada 2012 ini penjualan Ninja 250 cc lebih tinggi dari tahun sebelumnya dibandingkan CBR 250.

data dan historis penjualan Ninja 250R
Berbagai opini bermunculan. Ada yang menganggap konsumen CBR 250 rata-rata hanya mengenal merk tanpa paham spesifikasi mesin. Ada pula yang beranggapan bahwa konsumen banyak yang kecele setelah mengetahui performa CBR 250. Ada lagi yang mengatakan bahwa di lintasan balap CBR 250 lebih unggul. Namun fakta membuktikan sikap kolektif konsumen ternyata lebih memilih Ninja 250 cc.
Sebagai first mover, langkah-langkah kecil untuk tetap menyegarkan sang Ninja cilik telah dilakukan, dari mulai mendongkrak sektor penampilan seperti membuat varian SE dan warna-warna baru hingga menawarkan asesoris di dealer. Namun yang cukup mengejutkan adalah munculnya berita bahwa Ninja 250 versi injeksi akan segera mengaspal. Aksi ini mengisyaratkan sesuatu. Antara bersiap menyambut kompetitor baru atau sikap defensif kepada kompetitor yang sudah ada.
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akan segera meluncurkan produk terbaru di kelas 250 cc. Apalagi kalau bukan Ninja 250R berteknologi injeksi! Sport dua silinder ini akan segera dirilis minggu ini. Tepatnya bersamaan dengan undangan yang diterima tim redaksi.
Pada hari Rabu 1 Agustus 2012 mendatang Kawasaki akan menggelar press conference New Model Kawasaki sekaligus buka Puasa bersama di Pacific Place. Dilanjut sesi open test ride keesokan harinya pada Kamis 2 Agustus 2012 di Sentul.
Kabarnya ada banyak perbedaan loh! Mulai dari crankcase, piston dan silinder aluminium die-cast baru. Sasis pun juga berbeda dari versi lama. Perubahan ini menjadikan performa motor meningkat secara keseluruhan. Motor yang memiliki kompresi 11,3:1 ini punya power masimum 32 PS di 11.000 rpm.
Untuk mendapatkan power yang besar, halus dan mulus, Ninja 250 baru ini sudah dilengkapi dua katup throttle body. Main throttle berdiameter 28 mm dan sub throttle berdiameter 40,2 mm. Kedua katup ini yang akan mengontrol aliran udara atau air flow menuju ke ruang bakar. Kalau enggak salah, konstruksi ini mirip dengan sang kakak Ninja 650R.
Selain menyiapkan model standar, Ninja 250 injeksi juga memiliki varian high-end dengan aplikasi rem ABS alias antilock braking system. Rem anti ngunci ini untuk memberikan kenyamanan dan keselarasan pada pengereman. Sistem ABS diaplikasi dari moge ZX 1400F.
Dan kabarnya, harganya masih Rp 50 jutaan! Wow, jadi enggak sabar lihat bentuknya!(motorplus-online.com)
Adanya fitur fuel injection memang sesuatu yang diharapkan, karena di Amerika sana, Ninja 250 sudah dilengkapi dengan fitur ini. Yang mengejutkan adalah fitur ABS yang kabarnya mencomot teknologi sang Ninja Gambot yaitu ZX 1400. Disinyalir sang Ninja tak mau kalah dengan pabrikan sayap mengepak.
Dengan adanya aksi refreshment ini positioning Kawasaki sebagai prime player di 250 cc semakin kuat, namun perlu diperhatikan juga keinginan para pemilik Ninja 250 lama yang ingin meng-upgrade motor mereka dengan fitur injeksi dan ABS. Bisa gak yaa…?? kalo gak bisa yaaa..kebangetan..

alternatif injection kit buatan Ecotron untuk Ninja 250
dapet om ben,..spion anti tekuk mrgreen:
Ninja lama di jual beli yang baru injeksi…..ninja lama sudah jadul bro…
wow sayang kalo jual trus ganti Ninja ini, mending sekalian naik kelas bela2in dah, bangkrut tapi puas hahahah…
ktnya klo motor pake abs,rasanya kurang greget dpt feeling dari motor dibanding rem biasa.jd bikernya gak menyatu dgn motor krn diatur secara terkomputerisasi.apa bener tuh om ben?
250 yang pertama kali di indonesia bukannya suzuki gsx 250 bang ?
salah..yang benar Binter Mercy 250…hehehe
enggak ding, dulu itu kan T250 bisa dibilang kurang sukses..
baru setelah krismon ninja masuk dgn mesin parallel twin nya
Salah! yang bener Honda Dream 250 twin untuk 4 tak, hasil import oleh Federal Motor taun 70’an. Dan yang 2 tak ada Suzi GT 250, hasil import Indomobil Group. Kalok Merzy 250 twin cilynder masuk taun 84 bawaan dari Bintang Terang, bang. 😀
umur memang gak bo ong..
wah..wah…wah…semakin seru aja teknologi injeksi ini, hmmm beli gak ya?
Hari gini setel angin.. kaya kerikan pakai balsem.. *Pulsar siapin busi 7:D
mas tri,, teknologi 2busi dari bajaj lebih efisien pembakarannya dibanding injection.. Apalagi p200ns 3busi lebih irit dan bertenaga ketimbang injection yang lemot ketika tancap gas.. Dg 3busi z dklaim sekelas 250cc..
Kalo 7busi blm ada..
Ada juga 6busi pulsar 400cc..
8valve,2silinder,dohc dklaim sekelas 500cc..
Kemarin perasaan milih karbu biar gampang dioprek? Kok sekarang mau minta paket upgrade jadi injeksi ke KMI :D:D:D piss…
biar gampang kalo servis..tinggal colok selesai
disinyalir iron hide mau dilego nih……soalnya sudah jadul:mrgreen:
semua dijual terpisah belum termasuk batre
http://megalodon150.wordpress.com/2012/07/31/gaya-berkendara-anak-club-motor-emang-gila/
dapat,,,,
dapat watermark hahahahahaha 😆
kayane ora lek 😦
. bebek 20 jutaan, mau beli?
http://pertamax7.wordpress.com/2012/07/31/suzuki-satria-f150-special-edition-cuma-main-warna/
Betul betul bang ben,,
kawak musti dan wajip menyiapkan part upgrade buat penguna kawak 2008-2012 ,, kalo kaga ya kasian yang baru beli seminggu yg lalu,,kaya ane :(,,
Kalo menurut saya, kalo ninin yang baru ini hanya sekedar ganti sistem pengkabutan bahan bakar, tanpa ganti crankcase, piston, perubahan sasis, perubahan body dll,,,,, ini masih bisa dimungkinkan bagi ninin lama untuk upgrade..
Tapi kalo emang bener crankcase, piston, sasis, body dll berubah, sulit sepertinya buat ninin lama untuk bisa upgrade, mungkin bisa aj kalo mau maksa upgrade sendiri, tapi mungkin hasilnya tidak seoptimal yang injeksi versi aslinya.. IMHO..
Dpd upgrade injeksi mending velg lebar plus speedo digital 😛
memang “berat dan menyakitkan” tau si ninja make dalaman mesin baru juga, gak cuma sekedar injeksi. Apalagi bila make ABS, harganya gak beda jauh dgn sekarang….makin mantaap.
ai menghibur diri pun kagak bisa…taunya mesti ganti.
hahahah
salam one heart
paket tuker tambh mungkin om..hehe..
kalo sekelas Indonesia sih,motor 250cc itu udah merupakan moge,dan moge haruslah multi silinder.dan multi silinder itu ya Ninja 250.Ninja 250 adanya di Kawasaki
segmen 250 emang udah identik dg Ninja250 ini. nice move bwt ngamanin jualan. yg karbu bakalan langsung di discontinue ndak y..
yang doyan ngebut pikir 2x beli new ninja injeksi ..power bawahnya parahhh…upgreadnya mahal gann harus ganti ecu nya