When I turn the key..
Puas mengamati dan membanding-bandingkan penampilan fisik dengan Ninja lama, kini saatnya ane putar kunci kontak. Ini bagian yang ane paling tunggu karena sehari-hari ane biasa membawa si Ironhide, kini saatnya melakukan komparasi dengan Ninja 250 lama, jika ada yang berubah, pasti akan langsung terasa.. Jaket Contin Kamerad, glove Scoyco YS-18 dan juga helm INK CL-1 menjadi riding gear ane untuk menjajal sang Ninja anyar.
Kata “WOW” kembali terucap ketika speedometer menyala, jadi ingat speedometer Byson nih ketika ane melihat kelipan start-up nya. Terdapat indicator injeksi, tekanan oli dan aki, yang terpenting kini lampu sein kiri dan kanan terpisah indikatornya. Speedometer Ninja 250 Fi juga lebih RPM oriented dan tidak lagi speed oriented.
Ergonomi
Gak usah pusing-pusing bahas segitiga riding..Ketika ane mendaratkan pantat ke jok kesan pertama adalah..motor ini begitu ringan, ketika ane coba swerving (menggoyang motor kiri-kanan) di kondisi statis, motor terasa lebih ringan dibanding Ninja 250 lama. Begitu ringannya motor ini sehingga ane ingat ketika pertama kali menjajal CBR 250 yang juga ringan, namun tentu saja Ninja anyar ini masih lebih terasa berat ketimbang CBR 250. Meskipun ringan, namun wilayah tangki dan fairing hingga ke speedometer terasa luas dan “moge banget”, padahal Honda CBR 600 F4 yang pernah ane coba saja gak seluas ini rasanya.
Disamping itu, pada Ninja 250 Fi ini, ane merasa “tidak terlalu tenggelam” di atas jok, ini diakibatkan posisi dashboard dan windshield yang lebih rendah, sementara seat height, rake dan trail kemudi masih sama seperti Ninja 250 lama. Akibatnya rider merasa begitu “tinggi” di atas motor. Meskipun demikian dengan tangki yang lebih lebar, rasa “tinggi” itu sedikit dapat diabaikan.
Twist the throttle…!!
Tombol start engine ane nyalakan, bunyinya gak berbeda jauh dengan Ninja lama..namun ketika mesin menyala.. Lah kok kenapa suaranya kalem bener yak. Ini berbeda jauh dengan suara Ninja 250 lama yang meskipun memakai knalpot standar, namun suaranya terkesan lebih “berwibawa”. Kali ini suara langsam Ninja 250 Fi tampak lebih mirip Pulsar 220 lho..
Belum ada 100 meter melaju, Ninja 250 Fi sontak menjadi pusat perhatian..WOW..ane jadi lirikan cewek-cewek bo’…ah, maksudnya motornya. Dengan warna hijau ngejreng begini plus body gambot dan desain anyar..bisa-bisa dikira ZX-6R..
Kesan akan kalemnya suara mesin dan juga output muffler Ninja 250 Fi makin terasa ketika ane mulai shifting ke gear-1. Throttle ane urut dengan halus dan torsi mulai terasa..menjelang 4000 RPM ane mulai nakal menyentak throttle untuk merasakan sensasinya hingga mentokk di 48 km/jm @ 12.000 RPM, ah..memang benar kata oom Donodomo, karakter mesin Ninja 250 Fi ini bergitu “forgiving”, artinya meskipun kita salah gear shifting di RPM berapapun, torsi akan tetap terasa.
Masuk ke gear-2 throttle kembali ane sikat dan power delivery mengalir dengan lembut. Hal yang paling ane perhatikan adalah suara mesin yang terdengar “nguing-nguing” khas Bajaj Pulsar, bahkan ini lebih halus dari Bajaj Pulsar yang suara nguingnya kadang dihiasi ngorok..hehehe..
Power delivery yang lembut menjadi perhatian ane, barangkali karena motor masih dalam masa inreyen sehingga performa belum dapat terasa total. Di gear ke-3 RPM meningkat dengan cepat menuji 12.000 RPM namun tidak se-agresif Ninja 250 lama yang lebih menyentak torsinya. Pada gear-3 dan 9000 RPM suara mesin barulah berubah menjadi lebih buas. Namun sisi baiknya, dengan begini, motor 250 cc ini menjadi lebih user friendly bagi mereka yang baru belajar mengendari motor sport. Bagi ane pribadi sih jujur saja, Ninja 250 Fi ini terasa lelet dan kurang responsif.
Kecepatan 130 km/jam dapat ane raih pada 11.000 RPM gear-6 di trek lurus Kemayoran yang kosong melompong. Lebih dari itu, ya jangan lah..masih inreyen euy motornya.. Tak ada keraguan untuk terus twist the throttle hingga ke top gear.
Manuver juga turut terpengaruh akibat handling yang ringan. Jika biasanya ane harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menjaga keseimbangan di kemacetan, Ninja 250 Fi ini sangat bersahabat. Dengan mudah ane bisa meliuk untuk menyusup di antara mobil-mobil yang terjebak macet.
Panas mesin juga ane perhatikan tidak merambat ke bagian atas mesin. Panas yang mengalir ketika kipas radiator menyala hanya terasa di bagian lutut ke bawah, berbeda dengan Ninja lama yang panasnya bisa mengalir hingga ke dada dan tentunya “biji”.
So, overall kesan yang ane peroleh dari Ninja 250 Fi ini adalah sebuah motor dengan bodyworks yang mantap dengan teknologi injeksi yang membuat power delivery motor jadi jinak dan tidak terlalu liar bin menyentak. cocok buat beginner, tapi sepertinya rider yang menyukai “jambakan” torsi tidak akan terlalu puas dengan performanya.
Lalu bagaimana jika ingin meningkatkan performa motor? Dikabarkan cukup dengan mengganti muffler, power akan meningkat 1-2 dk. Namun jika ingin performa naik drastis ya memang kudu memasang power commander untuk mengoptimalkan asupan bahan bakarnya, harganya sekitar 3 jutaan tuh bro..Lebih mahal memang jika ingin membuat Ninja 250 Fi menjadi lebih binal..tapi konsekuensinya setting AFR tinggal pencet saja.
Bagi yang penasaran ingin melihat perbandingan penampilan Ninja 250 Fi dengan Ninja 250 lama, silakan klik foto-foto di bawah ini..
- mejeng dulu
- kiri depan
- tampak kiri full
- front look
- oom Ito mejeng
- kiri belakang
- tampak kiri belakang
- tampak kanan full
- mejeng lagi
- tampak kiri full
- tampak kiri
- dashboard view
- track kosong nih..bersiap twist throttle
podium?
Hahaha…Benerkan yg lama panas mesinnya sampe ke biji…temen2 gw pemakai ninja250 lama juga semuanya ngomong yg sama…dan gw coba juga begitu..eh si smartfais blogger fbk kaga mau ngaku… Katanya motor dia panasnya Cuma dibetis…ngibul…hwakakakak…
Kalau ane sih gak ngerasain ya kalau pas nyala. Atau celana ama jaket ane ketebelan ya ?
Ane sih malah gak ngerasa dimana-mana pas nyala. Sampe penasarannya pas nyala ane berhenti nungguin ampe tuh kipas mati lagi kok gak kerasa ya ? Paling kalau tangan ane ane taro di atas stang baru kerasa ada yang nyembur, itu juga kalau gak pake gloves. Apa Jaket sama Celana ane ketebelan ya ?
Ben, ente sebagai PSK (Pria Seratus Kilo) nggak pantes! Motornya kekecilan tuh, ntar dikira beruang sirkus :-), pakai er6f atau cbr1000rr lah, baru match dengan postur, senasib sama ane 🙂
Atau lebih cocok kalau pakai Multistrada 1200S ….. 🙂
pillion seatnya lebih enak kata ncinya yoyon ben…
Pokoke sik apik’an bolot
-Masukkan THR ke tabungan, sobek-sobek kartu atm- 😆
ra nganggo helm?? xixixxix, mlayuuuuu
http://pertamax7.wordpress.com/2012/08/15/new-vixion-bakalan-5-speed-atau-6-speed-sih/
mau rencana ganti om ben ? 😀
gak kok…ternyata masih lebih gahar ninja lama
ah yang bener nih om
Iya nih yang bener om ? Inden di Kawasaki Motorave paling lama 2 bulan loh, tanda jadi cuman 500ribu
#racun .
Sip ripiunya..
Congor, eh, corong, ups, volunteer ‘pencerahan’ massa ni ye…ndak jauh beda ma makelar surga yang suka bikin bisik minggu pagi dikampung sayah, ni bang. 😉
wah…maap kang..ini mah ranah bike enthusiast..
khan bukan barang pasaran thoo..
namanya juga hobby..
mas tanya, itu bonus bawaannya apa aja? helm n jaketnya kayak apa ya?
yah paling bonusnya jaket sama helm
power naik tapi power deiliverynya smooth yah..tapi tetap ngisi ditiap RPM
English please…
Jangan2 masih bs di kentutin ma adenya??
Bang ben, kok itu mongtor udah ada platnya aja? Kata salesnya baru bisa keluar STNK 2 bulan dari beli 😦
pakai plat motor lain bro..hehe
#pelanggaran
mas ben,motor sampeyan tinggal ganti fairing depan ke ninja 250 Fi aja..udah “baru” lagi..
Mas Benny said “Manuver juga turut terpengaruh akibat handling yang ringan. Jika biasanya ane harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menjaga keseimbangan di kemacetan, Ninja 250 Fi ini sangat bersahabat. Dengan mudah ane bisa meliuk untuk menyusup di antara mobil-mobil yang terjebak macet.”
Yang menyusup gak perlu lipat spion kan ? wkwkwkwk
Ane bingung dah, daritadi ngomongin Inreyen, tapi RPM udah 12.000 aja…
asyik nih bro…pengen juga nyobain…
mantab abis pokoke..
Semakin berisik dan boros bbm nggak yach … kalau masih ya No Value …
ato emang kagak punya biji !?
gimana perbandingan performance sama ninja karbu?
lebih gahar mana?
kira kira klo ganti knalpot sama jetting karbu vs ganti knalpot vs power commander lebih gahar mana om ben….
galau soalnya baru meminang CBR 250 eh malah keluar Ninja Injeksi
hai ben…!!!!
tinggi badan nya berapa mas????
cover item antara tangki & fairing membuat efek seolah-olah motornya pake delta-box frame
Om….pinjem dong….nyobain…..xixixixixxiii….
mas bro, tlong tes konsumsi bbmnya perliter\
kalau irit saya mau beli nih
WOW motor idaman.. yg versi lama udah discontinued ya?
seandainya udah USD & twin spar euy..
eh di motor ane, ada bacaan ‘strip A’ tu apa ya …?
Om Ben, itu tempat duduknya lebih tinggi dari Ninja 250 yang lama kah?
ajib nih,,,,kudu nabung dah,,,montornya laki bangettttt ^_^
kang motor N250FI boleh minum premium gak..
soal ninin lma ane sayakasih premium alhmdullih smpe skrng ok” aja..
bagaimna dengan yang satu iniya…
om tinggi berat berape ??? minimum tinggi berape yah biar nyaman …
brooooo. . . itu plat nomer depan sumpah merusak estetika pemandangan. . . .saya pilih pake stiker kecil nomer plat buat bagian depan , biarin dah kalo apes jadi mangsa polisi biarin . .redho ajah kawkaw . abis ga tahan liat koyo nempel dijidat gitu sebel ama praturan plat depan . . . . . ^ ^
dasar goblok.
inreyen dilihat dari rpm bukan dari speed.
makanya baca buku pedoman kepemilikan.
Mantap nih ulasannya
Maaf mas ben tinggi joki cuma 160cm kira2 bisa bawa motornya kgk nih,klo ninja rr 2 tak yg baru ane bisa,
Trimakasih
bisa lah..
wah msh undrayen boleh tah mas mpe sgtu rpm nya ?
kalo d buku panduan mpe dgn km 1.600, rpm d larang melebihi 4000 rpm.
mohon pncerahan nya.
Yg ngetes gendut abiss mana bisa lari..tp imho kl buat fushion okelah tp tarikannya mengecewakan OKE!