Kemarin ane ketemu sama seorang aktivis dunia momotoran yang sering jualan moge..rumahnya di daerah Sunter. Pastinya kit angobrol dunia motor.. Obrolan mengerucut kepada topik life cycle sebuah produk. Ia mengambil contoh pabrikan Honda AHM dan Yamaha yang sering sekali menerbitkan produk baru, dari mulai ganti striping sampai ganti spesifikasi.. Ada.. Kemudian ia mengambil contoh pabrikan Suzuki dan Kawasaki yang relatif jarang menelurkan produk baru.
Kemudian ia menghubungkannya dengan masa pakai atau masa layan si produk tersebut. Ia menunjuk ke sebuah motor lawas yang bentuknya masih aduhai hingga kini yaitu Suzuki Bandit. “Ini motor biar udah berumur 10 tahun lebih, tapi bentuknya masih oke, mesin masih yahud.. karatan juga enggak.. Lu liat lagi tuh mobil Porsche, bentuknya abadi, sekali beli bisa lu pandangin sampe tua..kaga usah lu beli mobil baru lagi..” begitu katanya.

kalau yang ini life cycle nya bakal panjang atau pendek ya?
Tapi memang, produk yang punya life cycle lama biasanya dibandrol sedikit lebih tinggi. Karena untuk menutupi kualitas sparepart yang juga lebih awet. Sang kawan yang berlatar belakang pendidikan ekonomi lantas menghubungkannya dengan parameter NPV (Net Present Value) dan juga amortisasi (penyusutan nilai buku sebuah barang). “Nah..elu liat, kenapa motor yang life cycle nya lama harganya mahal, soale sampai sekitar 10 tahun ke depan barangnya masih oke, makanya ketika dihitung NPV nya jadi tinggi..disamping itu juga amortisasinya relatif rendah alias kalau dijual lagi masih tinggi..”

product life cycle (Wikipedia)
“Emang kalau motor sekarang itu umur pakainya memendek, paling 5 tahun pakai tuh motor udah kagak enak.. Beda sama motor jaman dulu, sampai akhir tahun 90-an lah, motor masih bisa dipakai sampai lama. Kalau sekarang kan pabrikan kudu survive, makanya kudu rajin telorin motor baru..Soale pabrikan yang seperti itu udah berada di puncak maturity, produknya lagi digemari, dan sedang jadi market leader..”
Ane lantas komentar. “Kalau gitu kenapa produk AHM nilai jual kembalinya paling oke ya bang, padahal kan kalau dilihat life cyclenya gak lama juga..?”
Si abang menjawab sambil terkekeh.. “Ah, itu kan karena konsumen pada bloon aje, kemakan promosi dan branding merk..”.
Ane pun ikut terkekeh sambil kemudian ngetest si Bandit tua yang ternyata tarikannya masih joss…!!
lebih baik naik vespa, walaupun bodi udah karatan namun bisa menyatukan nusantara.
#tagline vespa indonesia 😀
Itu bandit mau dijual, rapi bener .
Si abang menjawab sambil
terkekeh.. “Ah, itu kan karena
konsumen pada bloon aje,
kemakan promosi dan branding
merk..”. <======= aku suka yang ini hahahahaha
setuju gan 😀
😆 😈
Setuju sekali
setuju, life cycle panjang tentunya
keren sekarang, 5 tahun lagi ya belum jelas 😀
bagus naek sepedah bro
dari jaman belanda sampe skarang tetap di gowes terus
sehat,murah,bermanfaat
situ sanggup gowes sepeda dari depok-kota PP setiap hari :p
saya dulu pernah denger om…. masa pakai kendaraan klo dari pabrikan itu sekitar 5 tahun, apakah itu propaganda pabrikan biar produknya bisa dijual terus apa emang faktor kerusakan yang mungkin terjadi pada suatu barang ya??
kalo sekarang cuma 2 tahun… tahun ke 3 dah ganti model baru lagi… 😀
dan produk yg dilempar mah ya gimana market juga si om.. di tiap region life cycle sebuah produk pasti beda2 meskipun barangnya persis sama.
numpang share lah pendapat mengenai inazuma
http://vanz21fashion.wordpress.com/2012/12/25/suzuki-inazuma-250-kurang-greget/
bener sih dr partnya aja lebih mahal tp durable nya lebih bagus.
xixixixi. banyak jleb banget tuh pas yg “bloon”
Betul betul saya punya suzuki shogun sampai sekarang semkin kiyis kiyis 😀 gooooooood josssssssssssssssssssssssss abis artikel ni 😀
waduhhh…..bang ben……….udah serius2 saya baca tulisan sampeyan, begitu sampe sini
“Ane lantas komentar. “Kalau gitu kenapa produk AHM nilai jual kembalinya paling oke ya bang, padahal kan kalau dilihat life cyclenya gak lama juga..?”
Si abang menjawab sambil terkekeh.. “Ah, itu kan karena konsumen pada bloon aje, kemakan promosi dan branding merk..”.
ngakak la saya keras2……….
*hahahahahhahahah
numpang buat copas comen ya??
monggo…
sipp….bang.
oon
😀
wkwk
wkwk….
belo’on_mode_on
mantab! produk jadul emang joss
ane jg kesengsem ma bandit
mantabbb….
wkwkwk….
paling suka bagian, ” Ane lantas komentar. “Kalau gitu kenapa produk AHM nilai jual kembalinya paling oke ya bang, padahal kan kalau dilihat life cyclenya gak lama juga..?”
Si abang menjawab sambil terkekeh.. “Ah, itu kan karena konsumen pada bloon aje, kemakan promosi dan branding merk..” ”
😆 😈
komenku ilang.. 🙄
kenapa konsumen bisa diblooni? ditunggu artikel pembedahannya mas 😀
wah.. berarti gue bloon dong… kan motor gue Honda 😦
baru nyadar kalo gue Blo’on…
yang sabar aja ya is 😀
Ane curiga.. lagi niat nuker ninjanya sama bandit ya… :megreen:
jangankan 5thn, beberapa hari saja udah karatan
kek temen gue bloon…., udah jelas matic karbu cap hansip cuma 1:37 masih aja ngeyel bilang lebih irit dari tetangga sebelah yang udah injeksi.
Intinya jangan mau di tipu iklan dan omongan manis setan eh sales maksudnya..be smart
klo kawasaki gmn…
Reblogged this on anhonymoust friekst.
Nah… dulu Pernah Ngobrol ama anggota motor Antique club Indonesia…. Mengenai fenomena honda Tiger yg waktu Itu Animonya luar Biasa sekali….
Gw nanya… Om kok Bisa ya Honda Tiger begitu Mengakar Di Kalangan penggunanya.. Ampe Segitunya Ama tiger…
D
Tu bapak jawab. Ah Itu Sih Pinter2nya marketing Aja. Ama konsumennya pada Seneng Dibodo2in….
Langsung Ane Diam Seribu Bahasa…
Hehehe
sudah jelas rangka karatan dibeli = bloon ?
sudahlah masBRo…yg “bloon” biarkan menikmati ke-bloon-nannya…:D
wuiih, manteb tuh bandit,, masih mulus n maskulin abis.
desain ny ttp gagah
namanya blo’on ya angel dikandani, malah sewot….
http://rideralam.wordpress.com/2013/01/13/produk-baru-yamaha-turun-harga/
kemarin habis ngetap oli spin punya tetangga depan rumah,dia bilang sejak bulan maret 2012 belum diganti…
ane cuma bisa ngowoh kok gak ancur tuh mesin…
memang motor keluaran lama lebih joss dibanding keluaran sekarang..
waktu aku beli bebek crystal tahun 1992 harga bandit sekitar 14JRp, setelah 20 tahun harga bekasnya masih sekitar itu juga.
Wkwkwkwkwk… Ngakak
bang benny, banditnya brp cc mau dijual kah?