Sedikit Share Data dan Fakta Mengenai Blackberry Multiplatform

23 09 2013

Well, meskipun sempat online beberapa jam lalu distop layanannya, BBM multiplatform aka. Lintas sistem operasi (enakan sebut multiplatform ya) sempat memberikan sensasi tersendiri, terutama bagi pengguna OS Android Ice Cream Sandwich ke atas.

Disebutkan bahwa  sekitar pukul 23.00 WIB tanggal 22 September 2013 semalam, layanan BBM multiplatform distop oleh Blackberry karena user yang register mencapai 1.1 juta dalam waktu 8 jam. Ada apa gerangan?

Wah, ini bisa ditafsirkan macam-macam oleh penggunanya, tapi yang jelas berikut adalah segelintir pemikiran, data dan fakta dari ane setelah mencicipi BBM multiplatform semalam.

  • Buat ane, ini adalah sebab utama mengapa ane menantikan BBM multiplatform. BBM multiplatform memberikan kesempatan menuju konvergensi gadget. Artinya cukup dengan 1 gadget, bisa ikut ber-BBM-ria. Selama ini beberapa orang pasti mengantongi minimal 2 handset (Android/iPhone dan Blackberry) di kantongnya. Di satu sisi masih berat meninggalkan kemudahan chat dengan kontak di BBM, sementara di sisi lain, Android mampu melakukan banyak hal, kecuali BBM. Nah, dengan adanya BBM multiplatform, hampir pasti Blackberry tidak lagi menghuni kantong dan semua bisa dilakukan oleh Android saja.
  • Konsumsi pulsa dapat berkurang. Jika biasanya user “memberi makan”Blackberry untuk mndapatkan paket layanan mingguan atau bulanan, maka setelah adanya BBM multiplatform ini, biaya tersebut bisa dialihkan sepenuhnya ke handset non-Blackberry. Bahkan bisa full free jika sehari-hari user terkoneksi via wi-fi.
  • Benci tapi rindu. Bagi ane sendiri memang ada sensasi dan user experience tersendiri dalam memakai Blackberry, namun memakai Blackberry hanya untuk mencari fitur BBM nya saja IMHO adalah waste of money, mengingat handset Android bisa melakukan lebih banyak hal lain yang tidak bisa dilakukan Android.
  • Diputusnya layanan BBM multiplatform disinyalir adalah sebuah test yang dilakukan pihak Blackberry untuk memperoleh data statistic, misalnya,berapa banyak user Blackberry yang migrasi total ke Android, berapa banyak user yang baru daftar, berapa banyak user BBM multiplatform menurut demografi, dsb. Disinyalir pula, dari 1.1juta user BBM multiplatform kemarin, mayoritas ada di Indonesia..he he he..

Sementara itu beberapa fakta yang dapat ane rangkum setelah icip-icip BBM for Android adalah sbb:

  • User Blackberry yang sudah login menggunakan Blackberry ID (BB ID) lama di Blackberry-nya dapat langsung mentransfer (sync) seluruh contact BBM dan BBM group nya ke dalam BBM for Android dengan cara login menggunakan BB ID lama.
  • PIN Number di-generate berdasarkan BB ID (email) dan IMEI handset yang digunakan. Ingin PIN cantik? coba login menggunakan email yang lain.
  • Handset sama namun jika digunakan dengan BB ID berbeda maka akan menghasilkan PIN number yang berbeda juga. Artinya, ganti BB ID atau ganti handset, maka PIN juga akan ganti baru, namun jangan khawatir, semua contact dan group akan ter-sync kok.
  • Contact Categories yang sudah ane buat di BBM, hilang saat ane login menggunakan BB ID lama. sehingga seluruh contact tercampur jadi satu tanpa bisa dibedakan mana rekan kantor, mana rekan komunitas, mana tetangga rumah, dsb. Sepertinya ini bug utama yang harus dibereskan oleh Blackberry.
  • User bisa menambah contact dengan melakukan Tap (menyentuhkan kedua handset). Khusus bagi handset ber-NFC.
  • Setiap update baru, misalnya ada contact BBM yang ganti profile picture atau status, akan muncul sebagai notifikasi (tanda bintang)..gak penting-penting amat sih, tapi fitur ini standar di BB Q/Z 10 lho.
  • BBM di Android tidak always ON dan dapat dimatikan, sehingga jika ente tidak ingin terganggu oleh PING!!!, cukup “force-close” saja..he he he.. asyik kan?
  • Music status update belum jalan. Kemarin ane setel lagu di aplikasi bawaan HTC One Sprint, namun lagu yang ane setel tidak tampak di update status BBM, belum jelas, aplikasi apa yang dapat update status berdasarkan lagu yang sedang dimainkan.

Di sisi lain, BBM untuk iOS malah sudah di-launch secara official. Nah lo..ini berarti Blackberry ingkar janji kepada pengguna Android dengan menjanjikan APK BBM akan tersedia tanggal 21 September. (emang kapan bikin pernyataannya ya? J) Rupanya acara yang diadakan oleh Blackberry Indonesia di Foundry 8 SCBD Jakarta itu hanyalah ajang pengumuman bahwa BBM multiplatform akan segera tersedia, akan ya…catat..äkan”segera tersedia, entah kapan…he he he..

Well, BBM multiplatform layak ditunggu terutama bagi user Blackberry yang ingin mencoba Android/iOS namun sulit meninggalkan kontak-kontak di BBM nya.

Hidup #KonvergensiGadget

#eh


Aksi

Information

12 responses

23 09 2013
ipanase

apik😀

mengingat handset Android bisa melakukan lebih banyak hal lain yang tidak bisa dilakukan BB lek😀

23 09 2013
budi

Sayangnya kemampuan itu dibatasi oleh mahalnya (menurut ane) paket internet operator (terutama GSM) dan tidak stabilnya jaringan mereka.

23 09 2013
ipanase

gsm hadehh😦

23 09 2013
23 09 2013
smartfaiz

Blackberry bangkrut… kesempatan bagi samsung…. akuisisi saja blackberry🙂

23 09 2013
Eko Probo

Quote: “Android mampu melakukan banyak hal, kecuali BBM” ini pointnya.

BlackBerry hanya punya kelebihan BBM saja, tanpa itu dia hanya jadi handset biasa.

Sepertinya sebentar lagi saya harus memaksakan diri meninggalkan BB, syukur-2 ada BBM multiplatform, kalau ngga ada ya sudah lah… toh masih banyak cara lain untuk komunikasi.

http://ekoprobo.wordpress.com/

23 09 2013
Mahardika

hmm… pingin nyobain bbm.. tp sayangnya cuma punya nokia djadoel…

23 09 2013
Ina Tekno

Sedih Banget liat nasib blackberry , Android semakin memperbanyak ekspansi nih .. jadi pengen beli HP android🙂

23 09 2013
andwicf

BBM for Android Kemarin sepertinya sengaja dibocorin. Ya seperti langkah ngetest pasar.

buktinya emang beneran OFFICIAL kan apk nya??(meskipun launchingnya unofficial)

24 09 2013
hi hi hi

ah cuma jalan semalam. mungkin blackberry shock lihat potensi kehilangan penjualan jasa bis dan bes karena yg subscribe bbm non bb kebanyakan pelanggannya……

7 10 2013
Ios kebagian oondroid ketinggalan

Di ios lanjar jaya om

Makanya ane suka ios aplikasinya lebih teratur. Masalah hardware? Emang di bawah rata rata droid tapi ya itu iosnya yg isinya aplikasi waras semua

29 10 2013
UNKNOWN

punya gue pinya ngeri bang 73CDEAD2 ngeri gua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: