Habis Difoto, Diceramahin, Lalu Ditonjok Pula…!!

15 06 2014

image

Yess..judul di atas adalah nukilan diskusi bin tukar pikiran dengan bro Haryadhi Wijaya (HW), seorang komikus yang karyanya pasti kita pernah lihat, tapi barangkali sosoknya jarang terlihat.

Pemilik akun twitter @haryadhi ini merupakan komikus yang kondang dengan aliran komik satire yang jenaka. Satire karena pada komiknya, pembaca diajak menertawakan diri sendiri lewat konten yang berisi cuplikan aktivitas sehari-hari masyarakat yang menyimpang. Hal inilah yang selalu ditangkap oleh bro HW dengan kreativitasnya. Pernah lihat Komik Situasi semacam ini?

image

image

komik bri Haryadhi, sering bertema lalu-lintas

Tanpa latar belakang pendidikan seni, bakat komiknya mengalir begitu saja sejak remaja. Dengan bakat otodidak, kreativitas dan passion yang tinggi, bro HW berhasil menemukan “roh” nya di aliran komik satire yang menarik sekaligus menggelitik.

Nah, lewat acara Kompor OBI kali ini, OBIwan dan bro HW berdiskusi dan bertukar pikiran dengan intens. Tercatat Juragan Triatmono, bro Henry Bodats, bro Azdi, bro Nadhi Alonrider dan Cak Mitra Wijaya hadir di Black Canyon Coffee Cipete, meskipun harus menerobos hujan deras.

Diskusi mengalir santai. Ada hal menarik dari bro HW. Ia menyatakan bahwa komikus perlu ide segar, sementara ide segar itu bisa datang kapan saja. Oleh karena itu ia selalu siap mencatat ide tersebut di smartphone. Ditambah lagi, sebelum menuangkan buah pikirannya lewat komik, bro HW selalu melakukan riset agar komiknya akurat dan sesuai dengan realita.

image

catat ide selagi ingat

Pengendara Honda Spacy ini memang sehari-hari akrab dengan situasi jalanan. Oleh karena itulah konten komiknya kerap memotret kondisi carut marut lalu-lintas ibukota yang semakin greget. Salah satunya seperti ini.

image

Beberapa testimoni sempat dilayangkan ke bro HW, terutama dari komikus Mice. “Kalo gue (Mice) cuma memotret lalu dijadikan komik, kalo elu (bro HW) sudah dipotret, objek potretnya diceramahi, lantas ditonjok pula…” Demikian komentar yang paling pas untuk mendefinisikan betapa menggelitiknya konten komik bro HW.

Bro HW hingga saat ini telah menerbitkan komik berjudul Setan Jalanan, dimana kisahnya dibuat oleh oom Pepeng, drummer band NAIF dan seluruh materi komiknya dibuat oleh bro HW. Disamping itu, untuk menyuarakan kritik sosial, bro HW juga menerbitkan 100 aspirasi anak muda Indonesia yang dituangkan melalui selembar komik.

image

Setan Jalanan, komik karya bro Haryadhi

Mengenai aliran berkomiknya, bro HW mengaku sempat direm oleh salah satu kliennya ketika menggarap komik untuk kepentingan komersial. Namun hal tersebut tidak menyurutkan idealismenya. Ia tetap meminta komiknya terbit dengan sedikit revisi minor.

OBIwan pun dibuat terperangah ketika bro HW menggambar dengan digital pen. Bro Azdi digambarkan versi kartunnya hanya dalam waktu kurang dari 15 menit. Luar biasa…!!

image

bikin kartun, gak pake lama..

Last…silakan googling dengan keyword “KOSTUM”, ” Komik Strip untuk Umum”. Ente akan dengan mudah masuk ke dalam akun Facebook bro HW ataupun websitenya. Disinyalir setelah ketemu OBIwan hari ini akan makin banyak tema seputar otomotif yang akan diterbitkan bro Haryadhi lewat komiknya.

Selamat menertawakan diri sendiri dan realita masyarakat…!!

image

OBIwan bersama bro Haryadhi


Aksi

Information

8 responses

15 06 2014
ipanase

oot
itu perut pada maju semua yak :v
di tonjok :v

15 06 2014
Aa Ikhwan

Salah pan..itu bukan foto loh..itu komik yg digambarkan perutnya maju2 semua:mrgreen:

15 06 2014
Aa Ikhwan

Mau dtng ane gak bs euy..ada perlu

17 06 2014
Adhitya Ramadian

mbok ajak-ajak

17 06 2014
bennythegreat

lhaaa, kan udah disounding di blog

Regards,

*Benny*

On Tue, Jun 17, 2014 at 11:13 AM, bennythegreat.wordpress.com wrote:

>

17 06 2014
Adhitya Ramadian

3 hari ini ga baca email, dan buka wordpress

21 06 2014
mudagrafika

Wah..kayaknya ane kenal dengan bro Haryadi yang dimaksud.,secara ane pernah ngumpul dan kopi darat dengan beliau. Memang beliau ini top designer. Sketsa ama eksekusi karyanya top markotop. http://www.gantibaju.com/blog/2011/06/gaban-kopi-darat/

7 07 2014
sigmaclass

itu yg foto laptop pake kamera apaan sih, kok hasilnya buram

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: