Move On dari M7 ke S5

9 03 2015
komparasi S5 vs M7

komparasi S5 vs M7 (sumber: phonearena.com)

Untuk meramaikan awal bulan Maret ini, mumpung ada mood ngeblog.. izinkan ane berbagi kisah mengenai peremajaan acang yang baru saja ane lakukan. Meskipun kedua acang itu sudah relatif out of date.

Sebagai awalan, silakan simak perbandingan spesifikasi kedua acang tersebut di sini.

Puas memakai HTC One M7 selama hampir 2 tahun, tuntutan kegiatan foto bareng dan selfie semakin meningkat:mrgreen:, sementara kamera utama M7 sudah kadung kena penyakit campak Purple Tint (PT) ketika low light, dimana hal inilah yang menjadi alasan besar peremajaan acang ane. Setelah menimbang, maka diputuskan memilih Samsung Galaxy S5 (unit yang ane pakai SM-G900F) dengan alasan sbb:

1. Acang harus gegas dan enggak lag, meskipun katanya S5 masih ada lag, sampai sekarang aman sih.

2. Kamera harus oke, nah yang ini gak diragukan..

3. Ukuran gak beda jauh dengan M7. S5 IMHO sedikit lebih lebar di tangan.. tapi masih oke lah

4. Harga lumayan..yang jelas lumayan murmer sih..beli dari salah satu trusted seller di milis

5. Punya IR blaster. Ini salah satu yang bikin ane gagal move on dari M7, karena tabiat iseng dengan IR blaster itu menyenangkan.. :p  #IYKWIM..hehehe

Nah, setelah kedua acang bersanding, ane mulai mengeksplorasi dan mendapatkan first impression adalah sebagai berikut:

1. Sound HTC One M7 harus diakui memang superior dibanding S5, inilah yang akan membuat ane selalu kangen dengan HTC. Sound S5 menurut telinga ane sangat kotor dan terdistorsi, beda dengan stereo speaker HTC yang jernih. Bagaimanapun, karena sudah ada earplug yang lumayan, harus belajar menerima kenyataan nih.

2. Build quality M7 pun masih jauh di atas S5 yang plasticky dan ringkih, meskipun S5 sudah anti air dan ber-IP67, M7 tetap lebih enak dilihat.

3. User interface, ini jelas beda namun ada beberapa hal yang agak menjengkelkan dari S5, mungkin karena ane sudah kadung terbiasa dan nyaman dengan UI M7.

  a. Gallery S5 selalu menampilkan semua foto, meskipun S5 masuk ke dalam private mode dimana sangat mungkin untuk menyembunyikan foto dan folder yang tidak diinginkan, namun UI Gallery M7 tetap lebih nyaman dimana folder yang tidak ingin ditampilkan bisa disembunyikan dengan mudah.

Solusi: install 3rd party app seperti Quickpic atau Photo Vault, dan Gallery di disable.

  b. Aplikasi ONETRTA (One To Remote Them All) yang biasa ane pakai untuk mengontrol perangkat elektronik seperti tape mobil, AC, DVD player dll. tidak bisa jalan di S5. Masih bingung harus pakai aplikasi apalagi yang setara.

  c. Fingerprint scanner sering meleset, solusinya..belum ada…enjoy dulu laaagh..

  d. Kamera utama sering telat fokus, namun karena sebelumnya “terbiasa prihatin dengan purple tin” #eh.. maka melihat hasil foto S5, ane pun terpukau..hehe

  e. kamera depan S5 angle-nya tidak se-wide M7. Dan ane lihat ini sama aja di varian Samsung lainnya. selfie rame-rame jadi berasa kurang gimana gitu..

  f. Icon di app list besar-besar dan gak bisa di resize, akibatnya satu page gak bisa menampung banyak app.

  g. Pemakai Samsung terlalu banyak di muka bumi ini, gak seperti HTC yang eksklusif dan gak mainstream. apalagi belum sehari pakai S5 kemudian nonton film Kingsman The Secret Service yang disinyalir disponsori oleh Samsung. Jadi ngeri kepala meledak euy..haha..

 Nah, hal di atas adalah testimonial miring dari Samsung S5, namun kelebihannya pun ada, umur baterai ane rasakan lebih irit dari M7, mungkin karena masih baru juga yah. Juga adanya fitur waterproof (atau water resistant?) ini membuat ane lebih tenang ketika kerja di lapangan (maklum orang proyek).

Asesoris pun relatif lebih mudah dicari dibanding M7. Sekarang sedang cari casing model power case Zero Lemon atau Otterbox atau yang sejenisnya..hehehe (WTB mode on).

Sementara ini, sekian dulu share-nya. Jika rekan-rekan berkenan, barangkali bisa memberikan tips dan trik untuk optimalisasi dn transisi dari M7 ke S5 ini, agar ane bisa lebih cepat move on..🙂

Sementara ini, sekian dulu share-nya. Jika rekan-rekan berkenan, barangkali bisa memberikan tips dan trik untuk optimalisasi dn transisi dari M7 ke S5 ini, agar ane bisa lebih cepat move on..🙂


Aksi

Information

9 responses

9 03 2015
nbsusanto

M7 nya udah dilepas dan nggak dipake lagi om?
memang sih S5 menariknya di klaim fitur tahan air nya.. dibawa jepret-jepret ujan-ujanan hasilnya masih cukup oke.. walau kalo boleh jujur masih prefer merk sebelah yang juga punya klaim tahan air..
fitur untuk kesehatan seperti sensor jalan 10 ribu langkah, denyut jantung juga lumayan lah..
cuma, M7 memang udah dari sononya lumayan superior.. jadi kalo untuk move on sepenuhnya ya susah..🙄

9 03 2015
bennythegreat

M7 masih ane pegang..in case user experience S5 mengecewakan.
tadinya mau ganti ke M8, tapi barang susah.yah icip2 merk lain lah sekali2

11 03 2015
Leopold S

g bisa komentar. dua kali pakai S kayanya feelingnya kurang kokoh utk beruang kayak saya.

11 03 2015
bennythegreat

ini juga masih masa percobaan oom..kalau gak enak ya pindah lagi ke HTC..

13 03 2015
Bjl

hape alay

13 03 2015
bennythegreat

Biji

13 03 2015
Rollerman

Knp gak Sony bro?? camera juga oke (Sensor camera S5 yg bkin ya Sony), anti air juga (tapi kalau sering2 buka penutup USB dsarankan jgan nyemplung air, ya meski klaimnya tahan air tapi penutup USBnya gak bs jamin 100 persen “abadi”), performa hardware juga oke (paling akhir launchingnya otomatis pst membawa performa yg dtingkatkan dr para kompetitor), kalau masalah UI sih masalah selera. Tapi ya kendalanya d Service centernya doank (dluar Jakarta sih bnyak yg ngeluhkan buruk pelayanannya)

13 03 2015
bennythegreat

Sony..kurang suka bentuknya..update os selalu paling akhir atau malah gak jelas

3 08 2015
ockta

kalo menurut saya mas, samsung memang kelebihannya adalah ringan, dan malah memberi kesan ringkih. semua hape samsung lebih ringan dari tetangganya kayaknya. ane malah tertarik sama lenovo k900 mas. mungkin kapan2 saya beralih kesitu. kalo sony layanan purnajualnya mengecewakan blas mas… xperia z ane nganggur kena brick…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: