TVS Apache 200 4V
minim getaran?
nyaman?
kencang?
Ah itu kan kata om Taufik, okeh, ane bahas dimari ajah nih TVS Apache 200, karena ngeblog di WordPress sudah mulai bikin ane gumoh.
Pertama liat, ini motor kok mirip banget Suzuki GSR750 dari depan, minus visor..kenapa ini motor gak pakai visor? Kenapa positioning plat nopol gak diberi casing? Bagaimana jika tabrakan lantas plat nopolnya menyayat leher ente? Wow..emejing..
Begitu lihat bagian samping. Oh tidak..ane tidak suka itu kondom tangki, tank shroud yang maksa banget desainnya. Masih jauh lebih gagah shoud pada Apache 180..kemudian tutup tangki yang rada kekanan-kananan macam Suzuki Bandit 400 jebod itu kok bikin motor jadi aneh, mungkin desainernya sedang bersin ketika menggambar tangki. Overall, untuk motor 200cc, ini motor kecil, bahkan bila dibandingkan Pulsar 200NS, masih kalah “tegap” dan kalah besar. Ini motor kecil sekali untuk kelas 200cc.
Anyway..TVS ada kemajuan desain, paling tidak kini bagian rear cowl lebih nungging seirama dengan garis kondom tangki. Gak seperti Apache sebelumnya yang cenderung datar rear cowlnya. Ingat..konsumen Endonesa suka yang nungging-nungging biar bisa “itu”.
Cekidot knalpotnya..kenapa itu catalytic converter (CC) ditaruh di bawah muffler yang katanya terinspirasi dari double barrel gun (well..not even close). Mungkin kalau ditaruh di bawah mesin takut materialnya bakal rawan karat atau bolong kena batu. Tapi serius, ini positioning CC nya jelek sekali..jadi berasa naik motor batangan yang ada box filter di samping ala motor matic.. jadi berasa kurang macho deh.
Disinyalir Pak pulisi yang buta otomotif akan sangat senang bisa dapat bahan buat menilang rider ini motor. Mana knalpotnya full system pula..jadi susah kalau mau ganti aftermarket.
Overall design ane kasih nilai 5.
Begitu naik motor, posisi ridingnya lebih tegak dari Pulsar 200NS, meskipun posisi stang ada mepet yoke tapi gak terlalu berasa nunduk. Static swerving juga terasa ringan. Namun begitu jalan, ente akan merasakan center of gravity ini motor terletak di bawah tangki..bikin motor susah dibawa manuver apalagi sudden move.
Begitu lihat selangkangan, paha ngangkangin tangki begitu lebar, alangkah baiknya kalau bagian selangkangan di tangki dibikin kecil biar selangkangan orang sini yang sempit-sempit itu gak kedodoran.
BTW, joknya empuk, gak kaya Honda Sonic 🙂
Ergonomi ane kasih nilai 7
Oke test ride dimulai. Begitu di bawa jalan, kesulitan swerving dan sudden move terasa banget, membuat motor kurang lincah dan cenderung melawan, ditambah lagi rider gak berasa in the bike alias kaya posisi naik kuda.
Urusan torsi dan power, ini rada aneh..kenapa motor ini naiknya lama sekali..seakan butuh dua hari untuk menghentak mesin Apache ini dari 1000 ke 9000 RPM, memang dari 1000 ke 4000 rada cepat naik tapi the rest..ya gitu lah..ditambah lagi ada warning light kalau kita over-rev yang bikin kagok ketika ditest di Sentul. Harusnya warning light ini dimatikan saja kalau dalam high speed mode biar gak bikin kagok.
Ketika cruising, ini motor harus dipanteng main di kitiran atas, sekitar 6000-10000 RPM, terutama kalau ente hendak overtaking..kalau tidak..selamat menunggu yaa. Btw..Kencang? Sama sekali gak mewakili karakter motor ini.
Getaran mesin minim? Well..dibanding Honda Tiger jelas lebih minim, dibanding Pulsar 200NS, masih juga lebih minim. Tapi itu di RPM bawah up to 3000an, lebih dari itu ya..selamat menikmati biji kesemutan, karena kondom tangki ini oke banget bikin rider dugem aka. duduk gemetar. Tapi lupakanlah..mungkin karena ane terbiasa sama parallel twin yang halus mulus.
So, urusan dapur pacu ane kasih nilai 6.
Sekarang saatnya cek detailing. As usual, TVS masih menunjukkan keunggulan detail finishing dibanding Bajaj. Sambungan las pada rangka terlihat rapi dan gak asal jadi. Finishing matte pada body juga oke, plus bagian spakbor belakang terasa sangat tebal sekali.
Untuk urusan material dan finishing ane kasih nilai 8 lah.
Overall silakan hitung sendiri berapa rata-rata skor yang ane kasih.
Motor ini cocok buat mereka yang ingin punya motor laki yang rada lebih cepat dari bebek/matic dan bisa diajak hancur-hancuran karena harganya yang relatif murah sehingga gak terlalu sayang-sayang amat kalau kena gores di parkiran.
Entah kenapa menurut ane motor ini hadir hanya sebagai filler alias pengisi produk Apache series yang barangkali nanti akan ada kelas 250 cc dengan desain yang plek sama seperti BMW G310R.
TVS harus belajar mendengar bagaimana maunya konsumen, terutama mereka yang sudah pakai TVS, mereka yang hendak naik kelas ke motor batangan, dan juga mereka yang sudah move on dari kelas 150 dan 250 cc. Impresi itu penting.
Setelah menyimak review motor, kali ini ane mau review acara launchingnya.
Harus diakui bahwa makin lama acara launching motor TVS semakin buruk. Ane sudah mengalami event TVS sejak jaman mbak Mieke (Nurlida Fatmikasari), kemudian mbak Reni S. Wibowo (yang ini ane demen karena ayune poll.. :)). Event kali ini rasanya sangat hambar. Ada apa dengan middle management TVS? Ada apa dengan EO?
Mari kita berempati..
Ada banyak anggota klub TVS yang datang belakangan, ketika acara dimulai. Mereka tidak disambut apalagi diberikan area parkir khusus. Belum lagi ketika masuk acara, mayoritas kursi sudah berisi anggota klub motor jepang, dan hampir gak ada kursi kosong. Lha kepiye rasane cuk..opo ora suwek dedel duwel atine.. 🙂
Susunan acara felt so wrong dan tidak memberikan emotional bonding kepada audience. Mulai dari lokasi acara yang outdoor (eh.. Bajaj waktu launching di Sentul acaranya di atas lho..adem cuk..wkwkwk). Belum lagi banyak jeda waktu yang bikin kami para blogger papan karet jadi OOT bahas spek truk tinja ketimbang bahas motor, tata letak audio yang gak kedengaran sampai belakang, and mandy moore lah..
Oh iya, untuk menu makan, kenapa itu jeroan diewer-ewer dan ada menu ikan diaduk-aduk? For bike’s sake, this is a special event, not a refugee camp…!!
Anyway gak semuanya buruk, di acara test ride kemarin ada terobosan yang lumayan seru dimana setiap test rider dipasangi action cam dan aksi mereka sepanjang test ride akan terekam dan hasilnya dicopykan kepada test rider. Ane suka terobosan ini.
Oh..btw, ane juga suka dengan band nya yang membawakan tembang rock lawas. Vokalnya maknyus banget. Pertahankan…!!
Sekian dan terima amplop.
rear cowl e maksa…
Panjang dan mantap om hehehe
http://singindo.com/2016/01/20/ternyata-indonesia-gak-kalah-cantik-gan-semuanya-ada-di-indonesia/
tendanya gak bocor kan om? #eh
endi gamabare sing nyanyi lagu rocl lawas mbah? 😀
Lek kang YB musti liat video nya tuh.. saya penasaran komennya apa dari salah satu legenda speed freak hehhee
aku alon alon maaas
Itu mah alonrider
Luna Maya gak dibahas nih? ngapain aja di sana doi? atau tepatnya diapain aja #eehhh XD
rahasia
benny menang gede badan doang, habis liat LunMay langsung nyari wc… mgoajhahahaha
jemurrrr
http://kobayogas.com/tag/tvs-apache-rtr200/
jiah malah njemur di marih, iki omah e sopo to jane 😆
Omahe benny lah hahahaha
Biarin lah..disini jemur gak bayaaar
Itu mesin motornya yang lemot..
Apa gegara yg naikin… Jadi lemot yak?
Hehehehehehe..
Kabuurrr
serius baru kali ini gw liat om ben nulis haha..ada ampelop lagih
ajib dah 😀
Desainnya ttp lebih asoy 200NS & NewCB150..
sedih lek, terharu apalagi soal yang ayu…
7,6 SR dan…
klub tvs…
mungkin kepenuhan rider inazuma n er6
#cincing
PWtR yang buruk YKWIM 😀 Btw lo tes berapa kali yang warna apa? jangan2 dapet warna putih?
Bangke..
Power delivery yang payah..cuma dpt 109 neh, cekidot di video
soalnya konon yang merah itu no limiter.. paling parah yang putih
Lha..kemarin pake merah..cekidot video
dapet bisikan mending testnya yg merah berlogo halal om.. putih dihindari geal geol belakangnya
dapet merah jebluk… wkwkwk
Titik berat. Penyakit motor india neh…
Titik beratnya tinggi. Jadi lebih berasa beratnya..
wassyuuu tenan….. bikin ai ngakak hebat…….
http://78deka.com/2016/01/22/setting-basah-co-naik-enak-sih-tapi-beresiko/
Om, elu bawa motor di sirkuit serius kayak gitu Om? Kaki loe lagi sakit yak? Kok lemes amat, shifting juga kentang. Mending turing aje om ame gue pake ER6n,yuk yuk, kesian om motor dilembut-lembutin gitu kalo disirkuit, gas pol rem pol dong, oia, elu anggota RSA sih ya om, jadi emang kudu septi :p
Aku masih belajar bawa motor mas. Harap maklum
lucuuu ya, modelnya juga lumayan
Alhamdulillah… Om benny akhirnya nulis panjang.. Dan tetap apa adanya..
ngeblog di WordPress sudah mulai bikin ane gumoh? masih ga mudeng maksudnya apa.
Mudah2an yang ini bisa 7 bulan gak mogok.
#Kapok
Segala jeroan dibahas pula ngoahah