Pengalaman Riding di Tol Cipali

18 02 2016
IMAG5832-01

pagi di interchange Subang

Karena banyak kesibukan, baru sempat bikin review sekarang.. Ini adalah barangkali once in a lifetime experience, mencoba riding di jalan tol terpanjang yang pernah dibangun di Indonesia, sepanjang 116.75 km, dan pelaksanaannya tercepat, diselesaikan dalam waktu 29 bulan saja. Well..karena ane sudah cukup kenyang bin gumoh menjajal trase jalan tol ini dengan kendaraan 4WD bahkan sebelum layak disebut jalan tol alias masih masa konstruksi, ketika (hampir) jadi memang sudah ane niatkan untuk menjajal jalan tol ini dengan motor. Boleh gak itu? Ya..karena sebelum diresmikanPak Jokowi, statusnya belum jadi jalan tol..ya no problem daagh..hehehe.

cipali

Tentunya kami bukan yang pertama mencobanya..karena para pekerja jalan tol, warga sekitar jalan tol dan juga beberapa pemotor lain sudah pernah menjajal jalan tol ini.. tapi paling tidak kami yang mencoba jalan tol ini seluruhnya…hehehe.. jadi gak #TerlaluMainstream.

Perjalanan kami mulai dari toll gate Subang pukul 05.30 pagi dengan peserta terbatas yaitu kang Dadang, bro Fitrio, bro Dimas dan ane, karena kalo kebanyakan gak asik bro. hari itu ane ingat adalah 12 Juni 2015, satu hari sebelum Presiden Joko Widodo meresmikan tol terpanjang di Indonesia ini.

Kelar cek motor di Subang, kami berempat foto narsis dulu di toll gate Subang..

VIDEO0093_0000048735

VIDEO0093_0000038793

IMAG1898

Incaran utama kami adalah berfoto dengan latar belakang sunrise yang mungkin akan kami dapatkan di sekitar Section 3 atau Section 4, wilayah sekitar Cikedung, Indramayu. Perjalanan kami lanjutkan dengan kecepatan santai sekitar 40-60 km/jam. Tentu saja agar dapat lebih menikmati aerial view yang tersaji sepanjang Section 3 yang jika sudah beroperasi nanti sudah pasti sulit dinikmati dengan kecepatan selambat itu.

Angin pagi terasa sangat dingin menembus celah mesh jacket Contin Zirkon limited edition yang ane pakai.. seklias lirik spion, kang Dadang tampak riding dengan mata jelalatan. Tampaknya hembusan angin udara pagi tidak menembus Contin Suave yang ia kenakan.

IMAG1902

indahnya pagi..

Sunmori di tol Cipali

Sunmori di tol Cipali

VIDEO0096_0000018816

Stop point 1 adalah pada Sta. 137 atau jika dikonversi adalah km 117. Disini adalah wilayah high embankment sehingga dari puncak tanjakan kami mendapatkan view bagus ke arah bentangan timur dan barat. Inilah salah satu spot bagus tol Cipal yang paling luas dan sebelumnya juga ane pakai untuk foto session bersama kawan-kawan Prides. Di stop point ini sunrise sudah terlihat, dan…silakan lihat sendiri.

bersama Prides

waktu bersama Prides

IMAG1968

om beruang narsis

IMAG1944

kang Dadang narsis

mbah Fitrio narsis

mbah Fitrio narsis

om Dimas sruntulan

om Dimas sruntulan

pose aneh-aneh

pose aneh-aneh

Stop point 2 adalah Underbridge (UB) Cikandung. Di UB ini kami melakukan sedikit uji top speed motor-motor kami yang kebetulan beda merk semua.. Silakan lihat sendiri.

jembatan Cikandung

jembatan Cikandung

Stop point 3 adalah Interchange (IC) Cikedung. IC yang terletak di wilayan Cikamurang, di sini sangat pas sekali untuk lokasi cornering..hehehe..dan di sini kami kembali melakukan beberapa photo session.

keroyokan

keroyokan

Tampaknya kami mulai lelah berfoto, sehingga setelah IC Cikedung yang merupakan akhir Section 3, perjalanan kami lanjutkan menuju Section 4 dan 5 tanpa henti. Disinilah cobaan berat sebagai premotor yang masuk tol kami rasakan. Sidewind alias angin dari arah samping berhembus sangat kencang sehingga sangat mampu membelokkan arah motor. Di Section 4 zone A dan B praktis kami hanya berani berjalan 30-40 km/jam karena harus berjibaku melawan sidewind yang sangat kencang. Resiko berbelok atau melenceng mendadak sangat besar, belum lagi bisa saja ada truk atau kendaraan proyek yang melintas dari kedua arah.

anin kencang di sini..berhenti dulu

angin kencang di sini..berhenti dulu

santai sejenak..capek melawan angin

santai sejenak..capek melawan angin

Waktu terkena hembusan sidewind itulah ane langsung tersadar mengapa motor di Indonesia dilarang masuk jalan tol. Karena jalan tol biasanya terletak pada elevasi yang lebih tinggi dari jalan biasa, maka hembusan angin lebih kencang. Ini hamper tidak bisa ditolerir oleh kendaraan yang memiliki bentuk aerodinamis buruk seperti sepeda motor.

Ditambah lagi populasi motor dan rata-rata skill dan attitude berkendara motor di Indonesia yang masih di bawah rata-rata sudah pasti menambah resiko kecelakaan motor di jalan tol.

Akibatnya, motor akan cenderung berjalan pelan untuk menghindari hembusan angin. Bayangkan jika ini terjadi pada saat tol beroperasi, bisa-bisa akibat hembusan angin maka tanpa sadar motor berubah arah, lantas langsung disambar mobil yang melaju kencang. Opo ora ngeri bin ndlongop ngowoh itu mzbro…??

narsis lagee

narsis lagee

Akibat angin kencang ini pulalah, kami memutuskan berhenti sejenak di zona 4C dan menikmati kesunyian pemandangan di sekitar lokasi tersebut. Begitu hening..hanya hembusan angin dan kicauan burung yang kami dengar.

Waktu menunjukkan pukul 11.00, karena lapar, kami memutuskan keluar di IC Kertajati dan makan di daerah Kadipaten. Di sini ada warung enak bernama Jembar Rasa, letaknya tepat di bengkel Mitsubishi dan Suzuki di Jl. Raya Kadipaten.

Kelar makan, lihat hasil foto dan ngobrol, kami lanjut lagi, masuk kembali ke tol Cipal via IC Kertajati.

Tujuan akhir kami adalah berfoto di Bukit Salam dan IC Palimanan. Akhirnya kesampaian juga berfoto di Bukit Salam, sebuah icon dari tol Cipal, dimana sebuah bukit dan isinya harus dibelah karena dilewati oleh trase tol. Ada begitu banyak cerita semasa konstruksi Bukit Salam ini. Sayangnya setelah tol beroperasi, banyak pengguna jalan yang membumbuinya dengan cerita mistis. Padahal mah..yang bangun jalan tol merasa biasa aja kalau lewat situ..ha ha ha..

Berikut adalah foto session kami. Yuhuuu…

penunggu Bukit Salam lagi bobo

penunggu Bukit Salam lagi bobo

narsis Bukit Salam

narsis Bukit Salam

uhuy

uhuy

long..long road

long..long road

Palimanan sudah dekat

Palimanan sudah dekat

Bukit Salam ke IC Palimanan yang merupakan ekor dari tol Cipal sudah dekat, sekitar 6 km saja. Nah disini kekonyolan terjadi. Dari kejauhan, kami diteriaki oleh toa dari arah IC Palimanan. Tampak kendaraan patrol jalan raya mulai bergerak mendekati kami. Antara bingung dan kaget kami dengan cuek turun dari motor dan mulai berfoto…he he he..

Setelah dekat, seorang petugas dengan wajah gusar mendaki kami dan hendak mengusir. Setelah ane ajak ngomong dan memberitahu asal-usul kami..barulah dia dan teman-temannya nyengir..he he he..masih mau kerja di sini kan Pak?.demikian ujar ane sambil nyengir ke si petugas tol itu:mrgreen:

petugas tol ikut foto

petugas tol ikut foto

Fitrio @ Palimanan

Fitrio @ Palimanan

Dimas @ Palimanan

Dimas @ Palimanan

KDW @ Palimanan

KDW @ Palimanan

Inazuma @ Palimanan

Inazuma @ Palimanan

Sesi foto tidak lama kami lakukan karena cuaca sudah panas terik. Setelah sesi foto terakhir kami lakukan, kami kembali ke arah Subang.

Perjalanan pulang terasa lebh singkat kaena sidewind tidak seganas waktu berangkat tadi. Tak terasa dalam waktu 1 jam 15 menit saja kami sudah tiba di Subang dari Palimanan. Cepat ya..he he he.. lewat jalan tol gitu loh.

Sekian.

Screenshot_2015-05-01-17-23-28-01

ketemu sunset..

dan keesokan harinya.. :)

dan keesokan harinya..🙂


Aksi

Information

10 responses

18 02 2016
REC*303

Luar biasa, enaknya jadi blogger kondang kayak om ben ini bisa punya akses main2 ke tol seperti ini :thumbsup

18 02 2016
ryan

lah benny yg bikin ini tolnya hahaha

18 02 2016
Rei

Itu pas sunset.background musicnya satria baja item pas banget:mrgreen:

18 02 2016
Leopold S

mantap banget…dr awal memang ga ada wacana bikin jalur khusus di samping kanan kiri to untuk motor?

18 02 2016
bennythegreat

Gak ada..too dangerous..bahkan jasamarga pun gak berani..

Jembatan suramadu itu juga masih under pengawasan..kalau banyak celaka..motor bakal dilarang lewat

19 02 2016
tole

walah…kalo di suramadu angin kenceng gak tiap hari om. kalopun ada angin kenceng, jalur motor ditutup sementara (sampe reda). kalo ada kecelakaan mungkin dari ridernya sendiri.

18 02 2016
kasamago

Foto2 nya keren abis, espesialy backgrond nya

mantab

http://kasamago.com/bmx-sepeda-sepanjang-masa/

20 02 2016
nbsusanto

wahahahaha videone marai ngguyu lek..😆
sebagai pembangun tol ya hak akses nya enak ya.. ah aku kapan dapat kerjaan tol normal..🙄

26 02 2016
andaru

hebat memang blogger satu almamater dengan saya ini, hihihi

http://www.andarupratomo.blogspot.co.id/2016/02/rain-mode-tips-and-tricks.html

26 02 2016
bennythegreat

lah..anak itebe banyak yang jadi blogger rupanya,
tapi bapak blogger indonesia (enda nasution) tetap anak sipill..hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: