Balada Dunia Jangkrik dan Sekitarnya..Harap Maklum

28 03 2011

sumber: jangkrik-adu.blogspot.com

Fakta telah berbicara, bahwa pada gelaran balap jangkrik yang terjadi beberapa hari lalu, hampir setengah jangkrik mengalami tragedi ngowoss dan gagal mencapai garis akhir.. Ini tentunya bukan sesuatu yang wajar, mengingat jangkrik-jangkrik tersebut memiliki organ tubuh yang sama, bukan organ tubuh bionik yang dicangkok. Yuk baca dulu nukilan pelepah lontar di sini. Baca entri selengkapnya »





Motor “Jangkrik” di Indonesia, Bakal Laku Gak?

26 06 2010

Zaman ane kuliah dulu, memiliki Personal Computer (PC) adalah sebuah kemewahan. Waktu itu ane gak ngerti blas tentang komputer ujug-ujug terima brosur dari senior ane berisi list produk PC merk Anu.. Merk ini gak diragukan lagi kualitasnya dan beberapa kawan ane yang tajir juga pakai. Tapi ketika lihat harganya… makjaang… Rp 5.000.000,- (baca: lima juta rupiah). Zaman segitu uang sebanyak itu gede banget.

Setelah belajar tentang dunia per-PC-an dari senior ane, ane mulai ngerti yang namanya “komputer jangkrik”, yaitu komputer yang “jeroannya” seperti VGA card, memory card, power supply, sampai casing dan monitornya bisa dipilih sendiri. Jadi gak harus beli satu merk Anu yang ternyata isinya sama aja dengan komputer jangkrik. Ibarat manusia, komputer jangkrik ini bisa disebut Frankenstein lah..yang organ-organ tubuhnya dicomot dari sana-sini.

Kenapa komputer jangkrik bisa murah? Lesson learned yang ane terima adalah karena komputer jangkrik gak pakai merk Anu yang ngetop. Penjual komputer jangkrik menawarkan berbagai jenis jeroan dari harga termurah sampai tak terbatas. Contohnya untuk VGA card, dulu tersedia dari mulai yang onboard alias nempel di motherboard sampai kelas HIS Excalibur misalnya. Kita bisa memilih jeroan yang cocok untuk kebutuhan.

Nah, bagaimana dengan motor? Ada gak tuh istilah “motor jangkrik”..???

Sejauh penelusuran ane di Google sih gak ketemu tuh istilah. Jika nantinya ada istilah motor jangkrik, maka kita bisa dengan bebas tuh beli mesin buatan anu dengan cc sekian, body buatan anu dengan form factor anu, sampai karburator merk anu yang speknya anu.

Sayangnya di Indonesia ini, ranah sepeda motor dikuasai oleh pabrikan besar..dan cocok dengan kondisi di ranah komputer, yang namanya barang pakai merk itu mahal.

Tahun 2010 ini ane terinspirasi dengan posting di blog Rem Cakram di sini. Lalu setelah mikir sana-sini dan sedikit duga-duga ane mengambil kesimpulan bahwa bisa jadi yang namanya motor jangkrik itu kemungkinan sudah ada dan sudah dirakit oleh sebuah produsen motor yang reputasinya gak bagus-bagus amat.

Berarti konsumen bisa pilih-pilih spesifikasi dong..?

Ah gak juga..sayangnya spesifikasinya sudah di-set oleh si produsen. Memang sih spesifikasinya tampak fisik bagus banget dan menjanjikan tapi sayang kualitasnya meragukan. Ibarat komputer jangkrik yang kaya gini:

Processor : 1.8GHz, tapi buatan Chang-ghong

Memory : 2Gb dual channel, tapi buatan Ling-ling

VGA Card : 1Gb memory, PCIe, tapi buatan Chui-Lan-Tseng

Power Supply: 500 watt buatan Go-Dain-Dong

Motherboard : Chipset buatan Thai-Khu-Chiang

Jiaah…kalo ini sih jangkrik beneran… :mrgreen:

makan tuh jangkrik..

Lho memang kenapa kalau pakai Motor Jangkrik…? Khan dipakai keren tho, dilihat juga lebih gagah dari motor bebek tho..masa mau diledek juga?

Ya..gak apa-apa sih pakai Motor Jangkrik, memang dari luar tampilannya oke, suara mesin bisa jadi juga garang.. Tapi bagaimana dengan DURABILITY nya, alias pemakaian jangka panjang. Lha masa kita mau pakai motor cuma seminggu pertama keren tapi seterusnya dedel duwel..?

Sayangnya belum ada orang Indonesia yang mampu membuat Motor Jangkrik dengan spesifikasi mantab..padahal Pak Kutani dari TVS Indonesia mengatakan bahwa 60% komponen motornya buatan lokal. Berarti sudah ada nih supplier sparepart yang mumpuni di Indonesia ditambah lagi untuk urusan mesin belum ada yang mampu membuat.

Lagipula pola pikir kebanyakan konsumen masih mikirin kulit aja..alias yang penting penampilan keren. Lha kalo gini kapan majunya dunia otomotif Indonesia?

Pastinya kalau ada Motor Jangkrik karya anak bangsa yang kualitasnya oke punya, motor buatan produsen yang reputasinya gak bagus itu bakal gak laku ya?





Captain China Naik Apa…??

13 06 2012

Jika Captain America mengendarai sebuah Harley Davitson..maka Captain China mengendarai ….

A. Minerpah
B. Jiyaling
C. Chuilanseng
D. Gewe 250
E. Motor Jangkrik

Pilihlah jawaban yang tepat dan kumpulkan ke dealer mocin terdekat sebelum isu teralis basi berakhir..

***

Dapatkan…!!

Hadiah utama:
Dapat bahan ngeblog dari karyawan ATPM tukang bocorin info perusahaan.

Hadiah kedua:
Menginap dua malam di balik teralis.

Hadiah hiburan:
Goodie bag, amplop, belaian UG dan kasih sayang petinggi ATPM





Spyshot Suzuki GW250 Kembali Beredar..Pilih Buatan China Atau Indonesia..?

7 07 2011

GW250 di pabriknya di China

Well…melihat foto-foto yang diberikan oleh bro Benny Darsonosu di Facebook mengenai Suzuki GW 250, cukup membuat ane penasaran lebih dari sekedar menikmati foto saja, ane mencoba menelaah lebih jauh Baca entri selengkapnya »





Ninja 250R Sudah Ganas…!! Selanjutnya Cukup Operasi Muka Saja

12 04 2011

tampak depan

Meskipun hasil dari duel CBR 250R vs Ninja 250R hari Minggu kemarin sudah ketebak hasilnya, namun bagi ane, Ninja 250 bukan berarti tanpa cela dan lantas tidak membutuhkan penyegaran. Baca entri selengkapnya »





Ane Kira Ducati Pakai Sparepart Made In China..Ternyata..

7 03 2011

Ducati 848 Evo

848 tampak depan

Waktu iseng jepret-jepret motor di showroom Ducati, mata ane tertuju pada seutas kabel yang ada pada sebuah 848 warna hitam doff. Nih fotonya..

kabel apakah itu..?

Baca entri selengkapnya »





Brand Image..Sebab Utama Bajaj Sukses di Indonesia

11 02 2011

Tahun 2006 sewaktu Bajaj menluncurkan Pulsar 180, banyak orang jatuh hati. Dan seperti Mas Triatmono bilang bahwa faktor internal konsumen yang mampu membuatnya memutuskan untuk membeli salah satunya adalah Baca entri selengkapnya »





Sukses dengan Vixion dan Byson, Yamaha Harusnya Launching FZ250

11 01 2011

Yamaha FZ250

Setelah meraup keberhasilan di ranah motor batangan, harusnya Yamaha melanjutkan perjuangan ke kelas 250 cc. Di India, dari Baca entri selengkapnya »





[test ride] Diablo 200S Infiernos, Si Gagah Yang Terlupakan

30 12 2010

Gagah..Itu kesan yang ane tangkap sewaktu pertama kali menggagahi Motor ini di Baca entri selengkapnya »





Spekulasi Akhir Tahun: Perang Motor Sport >200cc (?)

8 09 2010

Coba pelototin gambar-gambar motor di atas:





Pasaran Motor, Makin Lama Mirip Pasaran Handphone

7 09 2010

Ini pengamatan ane setelah sekian tahun mengamat-amati geliat pasaran motor dan handphone di Indonesia, baik itu di wilayah kota dan desa. Baca entri selengkapnya »





Jenguk Bro Bodats…Band Of Bloggers KoBOI Memang Top…!!!

2 09 2010

buka puasa bersama Minerva

Usai menyantap menu berbuka dan berbincang dengan jajaran manajemen Minerva, seharusnya ane dari situ bisa langsung pulang..maklum rumah berjarak cukup dekat. Namun menurut ane malam is still so young..sayang ah kalau pulang, Mas Nadhi Alonrider lantas mengajak kami untuk menjenguk Bro Henry “Bodats”, pengasuh blog bodats.wordpress.com.

Sudah dari kemarin ane dengar kabar bahwa blogger yang juga salah satu punggawa Karisma Honda Cyber Community (KHCC) itu divonis terkena batu empedu oleh dokter. Padahal dia masih segar bugar ketika ketemu ane Sabtu lalu di Aksi Damai RSA di Monas.

Dari Celcius Cafe ane, mas Nadhi dan bro Gojay pun bertolak ke RS UKI..Ironhide ane berkejaran dengan Supra bro Gojay dan Ngatini-nya Mas Nadhi..hehehehe..

Tiba di rumah sakit ane tanya ke Mas Nadhi, Si Bodats menginap di kamar berapa? yang disambut dengan jawaban “Gak tau aku..” Weleh.. :mrgreen:

Ide usil pun melintas ketika kami melewati kedai donat yang kursinya berjumlah 12 itu.. gerebek kamar Bodats!

Mas Nadhi menelpon Bodats menanyakan kamar..sesudah informasi diperoleh mas Nadhi yang mungkin lagi mikirin mbak Yayuk Sentul pakai acara kesasar segala…bangsal B disangka bangsal D..

Dengan mengendap-endap ala tim BUSER, kami menggerebek kamar bro Bodats. Rupanya di dalam sudah terdapat dua lelaki..Entah apa yang sedang dilakukan Bodats di sana…xixixixi.

Bodats nyengir terusss

Selang beberapa menit kami menggosip berdiskusi, datanglah suster yang mengganti cairan infus Bodats. Suster senior itu tadinya ingin mengusir kami, namun tidak jadi setelah bro Gojay mengatakan bahwa kami adalah wartawan Tempo. Dibalas pula oleh sang suster “Kalau suami saya wartawan BUSER mas..” jawaban datar dari sang suster tersebut segera membuat suara jangkrik diluar terdengar jelas.

suster kriuk

Jadi Bodats terkena batu empedu karena kurang minum dan banyak mengonsumsi makanan berlemak, padahal dia gak suka makanan Padang, seperti dituduhkan dokter kepadanya. Buat para pembaca blog yang budiman, Bodats menyarankan kita agar selalu hidup sehat, makan dengan gizi cukup, istirahat cukup, rutin berolah raga dan tidak sering stress. Terdengar gampang memang, tapi pelaksanaannya sulit..

berasa main ke kost..ngobrol teruss

Dalam kesempatan ini pula kami berdiskusi seputar dunia persilatan blogger yang penuh dengan dinamika.. Hingga malam itu Mas Nadhi mampu menelurkan sebuah artikel yang menurut ane sangat mewakili diskusi kami dan kondisi dunia persilatan blogger otomotif saat ini. Monggo baca artikel selengkapnya di sini.

Tak terasa waktu di Aino-nya Mas Nadhi sudah menunjukkan pukul 22.22 WIB dan kami harus pulang. Sebelum pulang kami titipkan “goodie bag” berisi makanan nikmat untuk Bodats. Hmmm…mudah-mudahan Cak Girifumi sang kolektor goodie bag tidak iri yah.. :mrgreen:

goodie bag kesukaan Cak Giri

sebelum pulang, foto dulu..





Seputar Kasus Recall Bajaj Pulsar 135 LS

22 08 2010

Pulsar 135 LS

Yang namanya pemain baru di dunia persilatan permotoran Indonesia, pastilah ada ATHG-nya.. (Alat Terapi H….) (Ancaman, Hambatan, Tantangan dan Gangguan). Baca entri selengkapnya »








%d blogger menyukai ini: