Tips dan Trik Sederhana Seputar Bajaj Pulsar

2 10 2009
Bajaj Pulsar 200

Bajaj Pulsar 200

Bajaj Pulsar sejak awal kemunculannya memang fenomenal, banyak rider yang jatuh hati pada desain dan teknologi yang diusungnya. Bahkan sampai memutuskan untuk mengganti motor lamanya dengan Bajaj Pulsar.

Sebenarnya artikel ini boleh dikatakan basi karena ane sudah memiliki Bajaj Pulsar sejak Desember 2006, namun siapa tahu berguna bagi yang lain. Info-info berikut ini ane rangkum dari begitu banyak diskusi di mailing list bajaj_pulsar_indonesia@yahoogroups.com.

Berikut ulasannya.

1. Pada saat memutuskan untuk beli pulsar dengan cara cash atau kredit, ente akan merasakan sendiri betapa lamanya proses pembuatan STNK dan BPKB. Menurut penuturan pihak Bajaj, hal ini disebabkan karena Bajaj adalah motor CBU alias Completely Built Up alias diimpor bulat-bulat dari India. Oleh karena ini prosedur penerbitan STNK dan BPKB men jadi lebih lama dibandingkan motor Jepang. Tak perlu kesal dengan ingkar janji sales yang mengatakan STNK dapat jadi paling lambat 1 minggu, faktanya, paling cepat STNK Pulsar terbit 10 hari setelah motor diantar ke rumah.

Delivery Bajaj Pulsar

Delivery Bajaj Pulsar

2. PDI (Pre Delivery Inspection)
Saat motor dikirim ke rumah menggunakan pick up, pihak dealer akan memilih motor sesuai jenis dan warna motor yang dipesan di antara stok gudang dealer. Jika mungkin bertanyalah tentang waktu delivery motor, biasanya sekali kirim, pick up dapat mengangkut 4 motor, datanglah pagi hari sebelum PDI dimulai untuk menyaksikan langsung dan memilih unit sebelum proses PDI ini, jika terdapat cacat atau anomali, maka ente dapat langsung menukarnya dengan motor yang lain.

3. Periksa Motor secara Mandiri
Apa saja bagian dari motor yang harus diperiksa?
Berdasarkan pengalaman kawan-kawan di milis bajaj_pulsar_indonesia@yahoogroups.com bagian-bagian tersebut adalah:

– spakbor belakang
periksalah apakah terpasang dengan tegak lurus dan sejajar dengan ban

– rangka
bukalah jok dan periksa kualitas las pada rangka, menurut ane pengelasan rangka Pulsar kurang baik dibandingkan motor Jepang. Periksalah secara teliti, pastikan tidak ada karat dan retak.

– mur dan baut
Periksalah kekencangannya, titik-titik baut yang rawan lepas karena getaran adalah di cover chrome exhaust-tec tepat di bawah blok mesin, baut pengikat kenalpot ke footstep belakang, baut cover chrome knalpot, dan baut pengikat karet di ujung footstep depan.

– bodi dan cat
Periksalah secara teliti, pastikan bodi motor bebas dari penyok dan goresan.

– kelistrikan
Banyak part yang harus diperiksa, namu secara umum lihatlah ketinggian air aki, lampu-lampu, speedometer dan indikator, serta electric starter.

– mesin
Dengarkan suara mesin, pastikan oli baru sudah terisi, bukan oli bekas yang sudah hitam. Jika terdengar suara tik-tik halus atau suara “ngorok” jangan khawatir dan langsung komplain. Pakai motor dengan tenang dan mekanik akan membereskannya pada service pertama (500 km).

Berkendara dengan Bajaj Pulsar

Berkendara dengan Bajaj Pulsar

Jika motor sudah lolos inpeksi mandiri maka silakan mulai menjajalnya. Apa saja yang perlu diperhatikan ketika pertama kali menjajal Bajaj Pulsar?

1. Bau Gosong
Banyak yang mengeluh mencium bau gosong, sebenarnya itu hanyalah penyesuaian lapisan cat mesin karena baru dipakai.

2. Mesin “Ngorok”
Ada juga yang mengeluh mesin ngorok ketika berada di putaran mesin tertentu, tidak perlu takut, itulah ciri Bajaj Pulsar.

3. Tetesan Air
Ada lagi yang mengeluh keluar tetesan air dari lubang bawah knalpot. Tenang saja, jika tidak dibuat lubang buangan begitu bagian dalam knalpot bisa karatan.

4. Rem ada Tikusnya?
Rem depan dan belakang berbunyi seperti tikus berdecit? Tidak masalah, mereka masih baru dan menyesuaikan diri.

5. Panic Shut Down
Ketika mesin mati mendadak dan distarter kembali maka speedometer tidak mau menyala. Jangan takut, BCU (Body Control Unit) di batok kepala Pulsar sedang mengamankan kelistrikan motor agar tidak konslet.

7. Oli mesin
Bajaj sudah mengisikan oli untuk motor baru ente, tapi akan lebih baik jika ketika motor baru datang, ente dapat mengganti oli dengan spesifikasi SAE 20w50, JASO MA, dan API Service minimal SG. Dengan demikian mesin akan terjaga sejak awal. Karena mesin baru, pasti banyak pecahan kecil logam di dalam mesin yan ikut larut di dalam oli. Karena itu gantilah oli sesering mungkin agar mesin bersih, paling tidak setiap 200 km gantilah oli dengan yang baru. Perlu diingat agar tidak menyemprot lubang oli dengan kompresor. Diamkan perlahan oli keluar dengan sendirinya.

Ban Battlax BT45

Ban Battlax BT45

8. Ban Pulsar licin
Sudah tak terhitung keluhan pemakai Pulsar yang mengalami selip atau ban terkunci ketika mengerem.ban MRF bawaan Pulsar memang memiliki kompon keras dan cenderung licin di jalan basah. Jika memungkinkan dan dibutuhkan gantilah ban Pulsar dengan merk lain yang lebih baik, rekomendasi ane adalah Bridgestone Battlax BT45 dengan ukuran 110/70 depan dan 130/70 belakang. Harga ban ini memang mahal tapi cukup layak untuk keselamatan berkendara.

9. Tangki dan Indikator Bahan Bakar
Isilah tangki bensin secara rutin, tidak perlu menunggu habis. Hal ini untuk mencegah tangki dipenuhi uap air penyebab karat di dalam tangki. Pada beberapa kasus, indikator BBM Pulsar terkadang bermasalah dan kurang dapat dipercaya. Segera larikan motor ke Beres (Bengkel Resmi) terdekat untuk diservis.

10. Getaran di Bodi
Pada umumnya getaran berasal dari batok kepala depan. Pada waktu servis mintalah mekanik untuk menyelipkan peredam getaran. Getaran dapat juga berasal dari plat nopol yang tidak terpasang dengan baik

11. Speedometer Jalan Sendiri
Saat dinyalakan speedometer akan menunjukkan kecepatan 188 km/jam. Ini wajar, tapi bagaimana jika ketika riding santai angka speedometer bergerak sendiri sampai kadang menunjukkan 165 km/jam?
Jangan takut, sensor speedometer di sebelah kiri as. Ban depan sedang kotor. Dapat dibersihkan sendiri atau bawa saja ke bengkel.

Rekomendasi Posisi Dudukan Plat Nopol

Rekomendasi Posisi Dudukan Plat Nopol

12. Spakbor Depan Gores, Kenapa Ya?
Lihatlah plat nopol yang terpasang. Plat nopol di india sangat tipis dan tidak akan menggores spakbor. Plat nopol Indonesia lebar dan berpotensi menggores. Segera ubah dudukan plat nopol sehingga posisi angka plat nopol dapat menghadap ke atas. Ini akan mencegah adanya goresan pada spakbor.

13. Jok Goyang
Pada pengait jok ke rangka terdapat karet peredam getaran. Jagalah baik-baik part ini, kalau perlu di super glue agar tidak lepas saat jok dilepas.

14. Lampu Rem Menyala Terus
Biasanya ini karena pegas di pedal rem tidak bekerja mengembalikan tuas penarik pada tempatnya sehingga lampu rem menyala terus. Ini sangat berbahaya solusinya adalah dengan melepas soket lampu rem yang letaknya di bawah jok di bawah aki. Lepaskan soket berwarna putih itu dan segera ke beres.

15. Lampu LED (belakang) jadi Aquarium?
Jika ente cukup sial, sehabis menerabas hujan atau cimot (cuci motor), lampu LED akan kemasukan air yang sulit keluar dan akan membuat lampu belakang jadi seperti Aquarium. Garansi elektrikal Pulsar berlaku 6 bulan, jika kasus ini terjadi sebelumnya, segera klaim untuk menukar part dengan yang baru.

16. Sulit Pindah Gigi/Sulit Netral

Memindahkan tuas transmisi ke posisi netral dirasakan agak sulit bagi sebagian besar pemilik Pulsar, sebenarnya ada beberapa trik mudah.

Trik pertama

sewaktu melambatkan motor (contohnya mendekati lampu merah) pindahkanlah tuas transmisi menuju netral secara perlahan (JANGAN MENARIK TUAS KOPLING SELAMA PENGEREMAN!), memindahkan transmisi ke posisi netral lebih mudah dengan cara ini.

Trik kedua

Dalam posisi motor diam dan mesin menyala serta kopling ditarik, tarik grip gas sedikit sambil mencongkel tuas transmisi. Bagi ane lebih mudah menetralkan transmisi dengan cara mencongkel (dari gigi 2)  ketimbang menginjak, carilah posisi menetralkan yang paling aman dan nyaman. Perlu latihan dan “feeling” tertentu untuk dapat lancar melakukan ini. Selanjutnya akan sangat mudah jika sudah terbiasa.

Bajaj Pulsar 200 dengan Box dan Engine Guard

Bajaj Pulsar 200 dengan Box dan Engine Guard

Lalu..nilai tambah atau modifikasi apa yang dapat diaplikasikan pada Pulsar? Karena ane sudah kapok modif mesin yang menyebabkan kurang optimalnya kinerja mesin motor maka ane akan bahas modifikasi penting selain mesin.

1. Ganti ban
Sudah dijelaskan di atas.

2. Pasang box
Pilihlah breket (penghubung dudukan box ke rangka) dan box yang berkualitas baik. Jangan membebani box berlebihan karena dapat menyebabkan rangka belakang patah (sudah kejadian).

Rangka Patah karena Beban Berlebih

Rangka Patah karena Beban Berlebih

3. Pasang engine guard
Engine guard akan melindungi tangki dan kaki seandainya ente jatuh (mudah-mudahan selalu menerapkan safety riding agar jangan sampai jatuh ya).

4. Ganti lapisan jok
Di rumah, kucing kesayangan ane suka tidur dan garuk2 di jok motor. Jika diganti dengan yang lebih tebal, maka jok akan aman dari lubang menyebalkan akibat ulah pus.

5. Pasang hand guard
Hand guard akan melindungi tangan dari benda asing maupun dalam kasus terserempet.

6. Pasang tas tangki
Bosan pakai box atau mau praktis? Pakailah tas bermagnet yang dapat pas menempel di tangki.

7. Ganti karet pelapis handle stang
Karet merk GIVI sangat pas dan ane rekomendasikan agar tangan lebih nyaman menggenggam grip stang.

Paling tidak itulah beberapa tips dan trik sederhana mengenai Bajaj Pulsar, jika terdapat kekurangan mari kita bahas bersama di kolom komentar di bawah.

——————————————-

Tips Terpenting:

Sebagus apapun Pulsar anda, jika pengendaranya terlihat kumuh maka akan sangat memalukan.

Selain penampilan, attitude berkendara seorang Pulsar Rider juga harus elegan. Terapkanlah safety riding dalam berkendara di balik safety gear yang bersih dan mantap.

Selamat Berkendara dengan Elegan!

Berkendara Pulsar dengan Elegan

Berkendara Pulsar dengan Elegan


Aksi

Information

174 responses

2 10 2009
fazri.993

mantabs gan…1000 cendol bwat ente…2 thumbs up

2 10 2009
fazri.993

1. ganti ban <— ude
2. pasang box <— ude
3. pasang eg <— ude
4. ganti lapisan jok <— rajin motongin kuku kucing ane
5. pasang hg <— ude
6. tas tangki <— mahal euy…yg murmer dimana yak ?
7. karet stang <— kalo murmer titip dong..cod di tamsur yak

2 10 2009
MoXo

kurang setuju ama yang nomor 12 bro! okelah mungkin kalo plat nopol posisi biasa di Pulsar bikin gores spakbor, tapi bukan berarti boleh di posisikan kayak gitu. kalo kayak gitu apa gunanya plat nopol? ga ada yang bisa baca. mending dicopot sekalian deh..(*bercanda) mungkin bisa cari solusi lain buat masalah yang ini yang lebih baik..
no offense

26 03 2012
pramana

nama w pram, bner kta moXo, lo tmbahin deh besi, w lupa nama’a apa, itu w bkin supaya plat terlihat, krna ada bbrpa polantas yg menilang krna plat tdak terlhat.

3 10 2009
Densur

siBangor memang ELEGAN..:D

*Thanks Bro benny udah nongolin gambar siBangor 😀

4 10 2009
xxl123

harga battlax nya sepasang berapa??

5 10 2009
adhan

Mangstab gaan…

5 10 2009
bennythegreat

coba jawab:
untuk plat nopol bisa dibuat stiker ditempel di batok, kalo polisi/tukang parkir gak percaya suruh ngelongok aje

harga ban battlax BT45
110/70 = 550ribuan
130/70 = 850 ribuan

18 06 2013
byan

emang mahal ternyata

7 10 2009
bennythegreat

@ bro DenSur
foto ente sudah tersebar dimana2 lho…jadi icon safety riding buat pada Pulsar rider..

21 10 2009
BJUBAH HITAM

mantaffff

30 10 2009
hadiyanta

nice info mas, tinggal aku yang harus beli bajajnya nih, insya Allah yang 180 UG4 🙂

10 01 2010
Adee

nice info… makasih banyak bro ..

25 01 2010
fcn

Om Ben, WingRack yang ada di foto brp harganya ?

25 01 2010
bennythegreat

sekarang kira2 Rp 2.2juta belum termasuk ongkos pasang Rp 500ribu

26 01 2010
fcn

ada yang pernah baca blog ini ?

http://dfacto.wordpress.com/

please comment nya ya

26 01 2010
bennythegreat

sudah baca bro..

kalau menurut ane sah-sah saja mengulas kelemahan suatu produk.
tapi kalau berlebihan malah jadi ga enak dibaca.
toh kita pakai produk itu sehari-hari.

masalah selera tetap milik masing-masing dan ga bisa dipaksakan.

14 02 2010
Terajana

pengalaman gwe pake pulsar 200 ga ada masalah, hanya 1 masalah yang baru saja terjadi pada gwe tepatnya tanggal 8 februari, gua pake knalpot racing merk R9 model new mugello. kebetulan tinggal di bandung, pas sore hari gua pulang lewat pasupati, kebetulan sepi jadi di tancep gasnya… pada saat ini inget gua kecepatan motor lagi di atas 120 km, tiba tiba knalpotnya meledak cuy…. serem bgt sampe matahin dudukan step kanan untung ga kena kaki. terus gua minggir di jalan dan ngecek, ternyata knalpotnya patah di leher dibagian las lasan…. jujur gua kecewa juga gembira, kecewa karena knalpot R9 yang belum 2 minggu dengan harga mendekati 1 JT, hancur lebur… senengnya ternyata pulsar tenaganya edan, ampe bisa ledakin knalpot, tapi lebih banyak dukanya, soalne teromolnya ikut ancur dan bagian belakang sebelah kanan yang lain pun ikut lecet2 dan rusak…. untungnya sekarang udah bener lagi, cuman dalam 1 hari di dealer bajaj jalan peta…. hebatnya lagi motor gwe di jemput sama org dealer, baek banget…. so saran buat para teman2, hati2 dalam memilih knalpot racing tuk p200, ntar bisa bisa kejadian kek gwe ke ulang. alhasil ketika kejadian, ane paksa tuh motor jalan ampe rumah tanpa knalpot. bisa dibayangkan suara pulsar yang biasa hening menjadi sangat berisik ? jadi primadona di jalan bwahaha

5 02 2012
pulsar blackwolf

mantapzz,,,gan gmn klo yg p 220 py ane psang knlpot R9 y gan,,,???

27 03 2012
Mahdi Zakaria

Motor saya Pulsar 220 pake R9, sdh pake BT-45 dan sering ngegas ampe 130, alhamdulillah ngga apa2. semoga jadi bahan buat teman2 bikers. salam dari Banda Aceh

27 06 2012
oman rusman

Haha,,,lucu amat ceritanya bos,,,,pulsar emang edan,,,,

18 02 2010
probolinggobajajclub

h3-h3-h3…. :

mantaffff

19 02 2010
zulkifli

bro… aku tertarik ma P200 tp aku ragu krn abang aku tdk merekomendasikan beli bajaj krn takut bermasalh di kemudian hari (sulitnya mendapatkan spare part dll).. tolong saran dari bro pengguna bajaj.. thanks info nya bro.. salam biker

19 02 2010
bennythegreat

setiap motor pasti ada kelemahannya.
kalau gitu sebutkan potensi masalahnya apalagi selain sparepart.
kalau memang motor tsb. akan digunakan sesuai peruntukannya mengapa harus ragu.

22 02 2010
rendy

bang
sya belum satu minggu pake pulsar 200
saya bolak balik kantor bareng ma cw gw boncengan gitu ap gkan apa-apa soalnya masih indreyen terus kadang-kadang pada indikator lambang suhu mesin nyala kedip-kedip itu gimana?harus digimanain??padahal g nyampe 80 km
nuhun

22 02 2010
bennythegreat

yang jelas ketika inreyen ada 2 pilihan bro..mau digeber poll alias BREAK IN, atau mau ikuti petunjuk buku manual..itu terserah ente.

untuk indikator temperatur yg kedip2 itu biasanya karena sensor yang kotor, jadi bacaannya sedikit ngaco.

22 02 2010
rendy

oh gitu boss nah itu masalah na buku ptunjukna gada di saya
saya gatau batas maksimal kecepatan saat inreyen itu berapa…

tapi gimana bos gkan kenapa-kenapa??
maklum baru kali ini saya megang bajaj

kasih tips buat inreyen dunk

Thanks bro

22 02 2010
bennythegreat

kalo saran ane, ketika inreyen bawa aja motor secara normal, gak usah takut over-RPM..biasa aja nanti motor akan menyesuaikan dengan karakter riding mas Rendy.

good luck dengan Pulsar barunya..

22 02 2010
rendy

ya kalo kata orang jaman dulu pan kalo beli motor baru harus inreyen
haha saya takutnya nantinya akan ada masalah pada mesin makanya saya pengen tau batas maksimal Rpm kalo masih inreyen
soalnya yg kerasa sekarang mesina terdengar aga kasar
aduh makasih banyak mas benny..

wah kalo begini caranya saya mesti ikutan pulsarian bandung neh haha..

maksih bro atas info na…

22 02 2010
bennythegreat

kalo bicara RPM ya selama 500km pertama jangan lebih dari 8000 rpm bro..biar motor awet.

untuk menambah wawasan monggo ikutan klub/komunitas Pulsar yang mas bro minati..

22 02 2010
rendy

haha okay lah kalo begitu

ngomong – ngomong 8000 rpm
berarti berapa km/h ya??
haha

dung dung

27 02 2010
chazzy13

Bro Benny, mo nanya2 soal wingrack dong. Kmaren2 kan gw abis beli niy, trus mo mesen dudukannya ke tukang las. Nah katanya kan P180 itu chassis nya gampang patah klo over weight. Yang bener itu ngelas plat tambahannya gimana ya? soalnya tukang las nyaranin nambah pipa tubular dari ujung deket dudukan shock ampe blakang deket tempat ngunci jok.

Klo gw siy udah ngelas duluan kurang lebih mirip kaya diatas. Cuman kata si tukang las nya klo posisi platnya kaya gitu justru salah, yg bener yg mana niy bro, please advise. Thanks.

19 03 2010
bennythegreat

bro..untuk pemasangan wingrack yang rapih gw masih percaya sama Pak Misbah, beliau biasa masang box dan wingrack untuk kawan2 di Bro Bikers. no kontak Pak Misbah 021 794 3188.

6 05 2010
M.SYAHRIR BagS

Makasih banget nih infonya, manfaat banget buat ane. Lagi ngincer yang pulsar 135 euy…kelihatannya bodinya TAMPAN buangeeeet…
Harganya juga bersahabat banget….
Bulan lalu ane ngobrol sama orang yg pake P200, katanya die dah nyobain motor-motor laki, dari GL pro…Tiger…Scorpio 225…Vixion..and yg terakhir P200, die bilang sih yang paling uueeenaak yang P200…
Jadi makin Jatuh hati ama BAJAJ…
Nabung dulu aaaahhhh…
ooo ya…ane dari Tasik…ditasik juga mulai banyak Pulsarian….
Hiduuuup PulsaaaaaR….

31 05 2010
rangs

sampe udah 2x ganti pulsar 180 n 200… nikmatnya bajaj di 90-100km/jam di jalan yg lurus kosong tanpa hambatan adalah menikmati angin yg menerpa dari sela2 jaket tanpa getaran dan suara mesin yg berarti. maak nyuuuzzz………….

3 06 2010
RIo

Nice info nih hehe. Kalau ban justru ban depan pulsar yg alurnya kebalik itu setau gw dioptimalisasi buat pengereman (cmiiw). Kalo buat di jalan kering bagi gw gak telalu licin kok nyaman2 aja, late braking juga msh lumayan oke

btw pengalaman terajana semoga menjadi pelajaran bagi kita semua. btw seru banget gw baca ceitanya hehehe

4 06 2010
Kris_139

Mas bro… Ada info price list BT45 ga???
Nuhun nya’……

14 06 2010
NinjaLover

keren Om artikelnya, bermanfaat buat kita.. Bajaj harga nya murah.,. kualitas dan performance diatas rata-rata.. monggo di perhatikan yang mau beli n pilih motor baru.. 😉

16 06 2010
Donny Tjandra

ane pake p180 2007 second, kondisi seperti baru, nyaman semua, uenake pooll.. salut sama shockbreakernya, terasa bedanya sm tiger.
kelemahannya, sensor indikator bensin udah kurang akurat, kadang full, kadang drop. padahal bensin full.

17 06 2010
Gamat

Pulsar gwe dari Juni 2007 sampe nih hari Juni 2010 masih ngorok… hiks.. hiks…. tanpa ada solusi dari BAI…

17 06 2010
bennythegreat

ngorok emang ciri khas pulsar bro…kalo masalah tanggapan, coba aja ke dealer terdekat, BAI mah susah dikontak..

18 06 2010
just call me ......Sany

waduh mas ben……..kebetulan bgt nieh, ane lagi cari2 artikel kaya gini….kebetulan ane baru turun pulsar 200, jadi mesti banyak belajar, lumayan dah….bermanfaat banget mas ben….jangan bosen2 berbagi ilmu…..

owh ya mas ben…..ane boleh nanya dikit?
1. khususnya di bandung, ane denger ada pulsarian, BIC dll…. bedanya apa tuh mas ben??
2. motor ane lagi endreyen, pengendaraan yang baik saat motor masih endreyen tuh gimana mas? ada yang nyaranin digeber buat tau maksimal mesinn biar mesin jadi biasa diajak geber, atau dibawa lambat?
3. risiko kalo gagal endrayen buat nanti apa gan??

thanks mas ben pencerahannya……buat anak2 pulsar…… tetep solid!

18 06 2010
bennythegreat

1. di bandung ada Pulsarian PRA (chapter) Bandung, bagian dari keluarga besar Pulsarian se-Indonesia, kalau BIC ane kurang tahu 2. motor inreyen yg bagus ya dipakai sewajarnya, jangan digeber2..ini kalau mau umur panjang. 3. gagal inreyen? wah ini istilah baru…tapi kalau ada yg aneh2 selama inreyen, langsung klaim aja ke dealer..mumpung masih garansi.

selamat atas pulsar barunya, jangan lupa terapkan safety riding…pakai selalu sepatu, jaket dan helm yah..

18 06 2010
just call me ......Sany

yah mas, ane juga baru denger, gagal inreyen, (tidak mengikuti apa yg disarankan manual book), kalo bic, kebetulan ane juga tau pas ketemu ama pengendara pulsar anak bic, pas lagi pasang skotlet full body ( biar warna cat awet kena ujan panas mas…hehehe)
hatur muwun mas….ane skrg lagi ngelus2 srigala baru ane….maklum jalanan mau kerumah ane lubangnya gede2 segede gaban n dalem kaya sumur….

kalo ane boleh nanya lagi mas, (melunjak…hehehe)…..mumpung ada mas ben…..bro2 yang lain beli jaket biker n sepatu biker gtu biasanya dimana mas? elegan ane liat….

ok mas…..safety riding selalu….

thank sekali lagi….nice blog!
salam buat bro2 pulsarian

18 06 2010
bennythegreat

lah bandung bukannya pusat asesoris biker bro..di cihampelas bukannya banyak yah..? kalo mau yg lebih murah bisa ke dealer jl.peta bro..tanya aja sama anak Pulsarian yg biasanya mangkal di situ..

19 06 2010
bjoetejo

mas bro, ini mah bukan tips & trik sederhana lagi!! GREAT INFO buat ane dah ah… 🙂

btw, ane br migrasi ke P180 UG4. br dateng minggu kmrn. ane minat ama modif2 saran ente kaya Ban, Box, EG, HG, tas tangki sama karet stang. kira2 brp duit yg kudu disediain klo semuanya baru bos??

soal tips & trik inreyen pulsar, boleh donk bos dibikinin postingannya…hehe

thx buat pencerahannya yak…

29 06 2010
nunkie

penglaman gw seh sepele tp punya artian dalem..,jakarta pp cilegon 240 km dalam satu tahun sudah 40 X jarak tempuh 39800 hampir mendekati 40.000 km, rantai baru ganti dikisaran 25.000 km untuk 180cc dan sy ganti sekarang rantai yg punya 200 cc sampai sekarang blom sy ganti. jadi untuk masalah rantai murah terjamin ngk perlu di ragukan itu hanya sepotong kecil kekuatan metal pd pulsar selanjutnya terserah anda……,

30 06 2010
Undank

Mantabz……. Go Bajaj. Go BAI, agar semakin peka terhadap komunitas Pulsar.

12 09 2013
kito

gan ane baru aja beli pulsar. n ane butuh info n trik banyak soal motor ini. mbok ane minta no hp ente biar ane bisa konsultasi langsung. ni nmor ane 085647152630

17 07 2010
cuek_men

Mungkin jika bajaj membangun pabrik untuk spare part d indonesia, akan lebih membuat masyarakat indonesia lebih percaya dan memilih BAJAJ….! peace…!

21 07 2010
Ifan el-Harrits

Kakak, aq baru belajar motor kopling, kira” boleh pake Pulsar, gak?

Terus, ada tips khusus buat pemula kayak aq, Kak?

Terima kasih, Kak. ^_^

25 07 2010
Iklan TV Pulsar 135LS, From Semarang With Style « bennythegreat.wordpress.com

[…] Beberapa tips seputar Bajaj Pulsar sudah ane tuliskan di sini, untuk modifikasi plat nopol berlaku juga untuk Pulsar 135, seperti gambar berikut: rekomendasi modifikasi plat nopol untuk Pulsar 135 […]

26 07 2010
zaqlutv

hmmm..berarti karakteristik bajaj pulsar ga jauh beda ama tvs apache seperti susah netral, ban licin untuk trek basah, cak ngelupas, indikator BBM suka ngaco, stang getar di rpm rendah..tapi semua masi bisa diakali kok di beres.. 😉
untuk nopol jgn datar gitu, dibikin miring aja om, biar bisa kebaca.
ayo maju terus motor indihe, jgn kalah ama motor jepun..
motnas mana nih? :mrgreen:

26 07 2010
bennythegreat

susah netral, ban licin untuk trek basah, indikator BBM suka ngaco ==> ini di kawasaki ninja juga kejadian bro…hehehe

no bike is perfect..

26 07 2010
zaqlutv

kalo cak ngelupas kemungkinan karena yang dikirim lewat laut secara CBU, kalo yang CKD alhamdulillah catnya masi kinclong.. :mrgreen:
kalo ninja 250 ga tau ya soale ga ada yang minjemin :mrgreen: kalo ninja 150 koplingnya keras, kalo macet cape dah..
aye emang penunggang apache, (di mojokerto ga ada dealer bajaj 😥 ) tapi sering nongkrong ama anak2 pulsar, abis rada bosen dikit ama motjep, cari suasana baru. motor indihe secara keseluruhan okelah, masalah yg timbul lebih banyak karena masalah pengiriman dari india ke indonesia yang lewat laut..
oiya kadang disini kalo ada apache/pulsar papasan ama apache/pulsar ya lsg kasi klakson/lambai tangan, tapi ga rame kok hanya tin tin aja, sekedar salam..

15 08 2010
asnan

bung ben ku pnunya p.180 br sebulan ku ganti batoks satria FU, tapi seminggu kemudian kelistrikannya tiba-tiba mati total, setelah ku konsul sm mekaniknya ternyata sekring kelistrikannya putus…..kok cepet banget putusnya……trus indikator BBM nya udah g normal……..mohon penjelasan

26 08 2010
GEtama

aduh bru jujur deh nt ada yg aneh ga pake pulsar??
ane bingung minggu” ini mau beli pulsar tapi abis baca blog sebelah ko malah negative campain ya…. anje jadi bingung penyerahannya dong bro??tq

26 08 2010
bennythegreat

beli atau gak keputusan ente bro..
Yg black campaign sama yg white campaign banyakan mana?

4 09 2010
felix

pengalaman pake PIBO ug3 2009 second, km 13000, aki tekor. starter & klakson ngadat. Montir di beres pasteur-bandung bilang akinya hrs ganti, tapi aku tdk percaya. Besoknya si Pibo g bawa ke beres peta. Montir di sana bilang regulator aki rusak. Kalo ini aku percaya, lgs diganti sekalian aki disetrum ulang. Sampai saat ini kondisinya baik2 saja. Untung saja Pibo ug 3 masih punya kick starter, jadi pas listriknya ngadat tinggal di kick saja….

7 09 2010
agengasol

Wah…thanks banget nih bro bennya atas info2nya….
kebetulan saya juga baru pake pulsar 135.
kalo boleh tau apa dampak kalo pas inreyen motor kita geber pol
karena ada yg bilang, kalo motor baru (inreyen) emang harus digeber pol, biar dia punya kecepatan maksimal, bener gak sih?
thanks alot

8 09 2010
bennythegreat

inreyen gaspol ada plus minusnya.

plus:
mesin terbiasa lari cepat..gak males2an..

minus:
banyak gram (lapisan logam hasil gesekan) di dalam mesin, jadi mesti sering ganti oli

21 09 2010
emsu

kalo masalah indikator bbm pulsar yg terkadang tidak menunjukkan ukuran yg sebenarnya, menurut pengalaman ane, adalah karena bensin itu sendiri. Ketika ane isi premium, indokator bensin ngaco dan tidak menunjukkan angka yg sebenarnya. Namun, ketika diisi dengan pertamax, sampai saat ini tidak ada masalah dengan indikator bensin. CMIIW..

10 10 2010
Arief ardiansah

Bos, mu nanya neh..
Pulsar 200 gw pake oli mesin shell advance vsx SAE 10 W40 API,
itu cocok ga sih.?
Soalnya kata sodara gw, tarikan motor jadi lebih ringan,. Gitu katanya,
jadi gw terinspirasi pake de,.
Ama gw pengen ganti knalpot racing, tp takut meledak, gmn.?
Oiy 1 lagi, pas digas gigi satu rpm 4000 ampe 5000, ko motorny krasa speednya naik turun, knapa ya,?
Tengkyu sebelumnya..

18 10 2010
beneamata

nice info bro ben…

btw, mau tanya masa kelayakan penggantian oli (ane pake P135) kalo melihat dari buku panduan setiap 5000 km sekali. apa itu tidak kelamaan bro?
info yang saya dapat berada dikisaran 2000-2500 km
mohon pencerahannya bro ben…thanx

18 10 2010
bennythegreat

gak masalah kok bro, kalau mau lebih sering, misalnya 2000 km juga gak papa, mesin lebih bersih

21 10 2010
aip

bang ben mau nanya nih, aku punya p200 udah 2th aku pakai.memang tak pernah trjadi kerusakan2 yg begitu berat,yang mau aku tanyakan kenapa waktu di starter kok cuman serr serr di swite starternya gak cek grrenggg padahal aku sdh ganti accu 3 bulan yg lalu dan swite starter baru2 ini, dan stlah aku strom accunya pas distarter uenak bisa cek grreeennggg.tapi bang ben skrang kumat lagi tiap distarter serr serrr tolong bang ben Thanks.

21 10 2010
bennythegreat

Gear starter yg plastik pegasnya lepas tuh bro..segera ganti baru

4 11 2010
setia1heri

salam kenal bung ben..
barusan kemarin ambil pibo di surabaya…mantabs dech tips n triksnya diatas….
mo nanya, klo inreyen keluar kota kira2 ditilang ndak ya ? kn stnk blm da…
trims

4 11 2010
bennythegreat

Sebaiknya tahan dulu sampai stnk terbit bro..

4 11 2010
setia1heri

okelah bung ben…

salam brotherhood

7 11 2010
pengen_pulsar

saya pengen bget beli pulsar, tp dengan tinggi badan 160 cm dan berat 68 kg kr2 cocok ga/sesuai ga ya naik pulsar 135 Ls?mohon sarannya ya……tq…

14 11 2010
m4verick

dgn tinggi sgitu y cocok la bro… gmn pula saya p200 tinggi 198 berat badan over…. he3

25 11 2010
conan

Kalo masalah tarik tarikan… tergantung nyali lo berani bawa p200 lo, gw dah geber sampe 130..dengan kenalpot double,custem kanan kiri,,idup semua, gw ambil dr teknik kawasaki 250 ,,,, untuk speed ,,gw berani jamin napes ni motor panjang… dan dashyat,,, tapi gw lagi ada masalag di kelistrikan
ngak tau knp ni sekarang aki gw kayak ngak naek…lampu indikator gw kadang nyala kadang mati sendiri,,kalo lg mati sampe ngak bs starter.. ada yg tau ngak bro atau punya masalah yg sama…dng gw …thanks atas bantuannya

27 11 2010
margono

aku jan kepengen tenan ki…..piye jal….

27 11 2010
bennythegreat

Yo tuku tho masbro..

2 12 2010
adit item

bang ben,,
Mw tanya nih ug3 dan ug4 apa maksud’y sih,,
Beda’y apa ya ???
Saya sndiri baru beli pulsar 180 body 200,,
Thnx bang benny the great

8 12 2010
haicy

@adit item

UG tu maksudnya upgrade, UG3 diproduksi sebelum UG4

P180 yang terakhir itu termasuk UG4, dimana jika dilihat dari tampilan luar, maka pembeda dengan P200 hanyalah dari sisi knalpot juga oil cooler

btw review singkat dong UG4 nya??

13 12 2010
blacun

pulsar harga gak nipu, kualitas jg gak menipu ( yang sekarang yah :p ) CMIIW

ane baru nyadar pulsar itu bagus, dulu ngelecehin ,ngejek2, karena cm denger2 doang,eh sekarang pas ane nyoba punya temen, yaudah, yaudah ane langsung cepet2 mesen :p , tu motor, udah nyaman, desain keren ( itu tergantung selera jg sih), tarikannya ampun deh, kelistrikan jg temen ane sedikit masalah ( masalah ada, tapi motor lain jg pasti ada masalah jg kan, menurut gw wajar, tuh motor langsung dibuat ma tangan manusia cerdas, bukan dibuat langsung sama tuhan :p ,, bener kan ?? , motor lain jg banyak masalah, cm pada silent aja << jujur geli bgt sama yang kaya gt )

HIDUP PULSAR!!!! HIDUP BATLAX *doang !! hahaha

20 12 2010
Aryonesa

Gan, ane kepengen beli P135, kmudian ane maen ke dealer, lokasi Semarang. N ane orang luar semarang(coz dealer yg deket semarang)…
Lha pas nanya harga tuh motor 15,1 jt..
Lumayan murah, tapi kalau plat nopolny diganti dgn kota kelahiran ane kok kena biayanya bsar bgt y gan, ada 1 jt…
Huft….
Ada info gak gan benn?

24 12 2010
yao

gear starter posisinya di mana mas?

24 12 2010
bennythegreat

di silinder yg ada di belakang kenalpot itu loh..yg ada tutup plastiknya

25 12 2010
Stinky

Pulsar hny utk org2 yg sabar klo tidak sabar bsa repot keluh sana-sini. Sip deh bgi pra rider pulsar 🙂

28 12 2010
haicy

@Stinky

Betul banget bro…ni kesabaranQ juga lagi diuji, cz diperlama dlm pembelian UG4 orange di dealer semarang..tapi kalo desember gak dateng barangnya, y terpaksa batal membeli pulsar, cz udah kecewa sekali

28 12 2010
Ramon

@Haicy
Beli Byson aj bro yg sdg naik daun saat ini ato merk lainya klo blm dateng cz klo servis/perawatan trgolong dkat dgn rumah. Btw bro org Semarang to slam knal yo bro.

17 01 2011
Ozora

Agan2 smua,, numpang tanya nih.. ane pngguna PIES,, Ju2r ane kgnggu bngt sm cepretan dr ban bLkng yg nympe ke Jok.. kL Lg bncngn g enk bngt sm yg d bncng.. ad tips g ngrbah bgian bLkng tp ttp ok..
sm kcptn spedo knp cm smpe 70 udh ngeden Y..
mhon infonya.. mksh..

19 01 2011
topan badai

mangstab!!!!

19 01 2011
Gogon the Margono

gw pecinta BAJAJ, karena dulu kakek gw punya skuter BAJAJ… dan sejak kecil gw kemana2 naek BAJAJ. Pokoknya hidup BAJAJ!!!!

19 01 2011
topan badai

@gogon the margono
Setuju, bro. sudah saatnya kita me-masyarkat-kan BAJAJ dan mem-BAJAJ-kan masyarakat.

19 01 2011
Handii Hitam Pekat

Gua sebagai skuteris juga kesengsem ma ni motor… Hmmm kapan ya bisa beli… ??

9 02 2011
aji aji

agan ben mau nanya nih gw beli motor bajaj pulsar baru180 a.k.a G4 ini tanggal 2 kemaren, baru datang tuh motor semua kondisi ok, motornya pastinya masi andeyen,gw cobain PP ke kantor ga ada masalah lancar2 aja, tpi pas kemaren gw iseng2 ma istri nyoba ke daerah tanjakan, tpi minta ampun tenaga ke tanjakannya ga ada banget….., posisi gigi di 1 dengan kondisi jalan kaya kura2 trs gw pindah ke gigi 2 keluar suara halikoptr tenaga abis banget alias ngerayap????? sempet kecewa ma ni pulsar, mungkin agan agan ada yang tau masalah yang sedang saya hadapi,ato motor pulsar mang dari setingan andeyennya???

9 02 2011
bennythegreat

Itu nanjak di tanjakan berapa derajat bro?
Kok motor ngeden gitu?
Motor ngeden tak bertenaga biasanya krn kampas kopling habis. Tp aneh juga kalau masih inreyen tapi kampas habis.
Sudah dicek?

9 02 2011
aji aji

tanjakan dago pakar gan 20-30 derajat.Motornya gres baru keluaran kemaren,tanggal 2 februari 2011 kemungkinan kampas kopling abis ga mungkin gan,, motor dipakenya cmn ampe 98kman alias baru 4X pake jalan, motornya belum masuk service pertama,apa kemungkinan motor bajaj ane bakal ada pengaruh kedepannya setelah pemakaian di tanjakan kemaren,sementara belum masuk service awal alias andeyen?? mohon pencerahannya lagi

9 02 2011
bennythegreat

oo..belum servis 1 yak harusnya motor jgn kerja keras dulu.. memang sebelum servis 1 setting karbu, dll belum optimal..

9 02 2011
aji aji

oo..gitu gan, bagaimana kabar mesin bajaj w nantinya ,apa bakal ada pengaruhnya kedepannya nanti? karena udah di pake kerja keras kemaren???

9 02 2011
bennythegreat

nanti habis servis dikuras habis olinya sampai bersih, jangan lupa minta setting karbu dan klep..

24 03 2011
kmphlynx

salam kenal, om ben

mau nanya nih, kalo oli std pulsar sae 20/50, berarti oli nya mineral ya?
pake oli sintetik, recomended ga, om? kalo iya, sae berapa?
trims infonya

Rounin
B 6950 ULQ, Black Pulsar 180UG3 w/ green engine glow

9 02 2011
aji aji

ok,, thanks gan benny atas infon2ya

14 02 2011
Rishiandi

mantap gan:beer:
semuanya, doain ane ya biar sukses ntar insyaallah ane mw dibeliin Pulsar 180 ..

hidup pulsarian

18 02 2011
ewong

agan benny gw lg bingung nih pingin beli p180 krn tampangnya lebih gede, gagah n macho tapi takut berat makenya atau mending milih yg lebih irit p135tapi takut tenaganya kurang. Rencananya buat pake kerja harian dalem kota yg cukup banyak macetnya. Sarannya milih yg mana Gan?

17 03 2011
Sugandy ZA

Salam Kenal Bro2 skalian. gw uda 3 tahun pake pibo ug3. masalah utama yg gw rasain cm suara NGOROK yg ga ilang2. part mesin yg uda prnh gw ganti yaitu vakum karbu 1x, balancer (baru ganti n suara mtr gw jadi Haluuuus lg) tp tetep aja suara NGOROOOK ga ilang. ada ga dr temen2 yg tau gmn cara ngatasinnya…?

24 03 2011
kmphlynx

bro coba datangi bengkel bajaj havana di dekat pabrik yamaha, pulogadung.
info ini ane dapet temen2 dari komunitas pulsar “cobra”, bro temmy. selain upgrade dari 180 ke 200, mekaniknya bisa ngilangin (sebetulnya masih ada suara ngoroknya tapi keciiil sekali).
kata mekaniknya, (dia menjelaskan ke ane dg bahasa yg paling mudah krn paham ane awam bgt soal motor) dudukan bearing kruk as sedikit longgar, tidak seperti motor2 buatan jepang. setelah bagian itu dibikin “singset”, suara ngorok nyaris tak terdengar..
ane sendiri blm coba, soalnya biayanya cukup lumayan buat dompet ane. sekitar 600rb, katanya. kalo lagi lengang, 3 hari bisa rampung. dan selama motor digarap, pihak bengkel menyediakan motor pinjaman
silahkan coba kunjungi, nama panggilan mekaniknya adl mas bejo

salam kenal

Rounin
B 6950 ULQ, Black Pulsar 180UG3 w/ green engine glow

25 03 2011
31 03 2011
etudiant

bro benny minta saran d0nk klu pulsar 220 ane mu ganti pelk ban ukuran gede gt, klu ga salah ukuran 150 gt, kira2 bakal ngaruh ke m0t0rnya apa ja ya bro benny? Tolong di ulas ya, makasih

2 04 2011
ariends

alhamdulillah,uhuy akhirna pertamax di solo p220f thx infonya bung ben, emang sih las2an gak sebagus mopang. Mesti dirubberized ato sealant dulu bro,ntar klo cat ngelupas n karatan dgn finising kaya gitu bisa berabe. Hehe pas liat pertama kayanya masi bagusan hasil las ane (klo pas beruntung) kakaka… Anyway stnk keluar msi sebulan lebih…ayayay

3 04 2011
jonno

Halo om Benny… halo pulsarian yang lain juga…
Saya posisi di dekat semarang, masalahnya di desa saya nggak ada dealer Bajaj, yang ada dulu dealer TVS tapi juga dah tutup, mau tanya, kira2 mekanik TVS itu bisa nggak ya handle servis Pulsar?

kemudian yang kedua, meurut brader2, mendingan ambil P80 UG4 baru harga 16,4jt, atau P200 second kisaran 14jt? saya perhatikan memang selisih 3 Hp tenaganya, tapi yang UG4 ini kayanya fisiknya sama dengan P200 ya? as Shock depan juga digedein kaya P200… menurut brader2 mendingan mana? ambil baru 16,4jt atau 14jt second (dengan km 10rb an) belum biaya balik nama,
Terimakasih buat share nya ya…

3 04 2011
bennythegreat

Mending ambil UG4 masbro..

3 04 2011
jonno

Trims Pak Benny atas respons nya ya…. sebelum ini saya pernah pakai RXZ, Binter Merzy, GL max, nah yang paling lama ya GL max ini, saya pakai 21thn, km sekarang 58.000 km, dan tidak pernah turun mesin, skur klep pun belum pernah, busi saya pakai selama 10 tahun nggak pernah mati 🙂 hanya saya amplas dikit2, ya akhirnya ganti busi karena elektroda nya habis :D..

nah saat saya tanya2 ke Honda, katanya komponen GL max th 90 itu beda dengan Mega pro sekarang, inilah penyebab saya pengen coba Pulsar, saya test drive sih puas sekali ya, memang mesin kaya agak panas (mungkin busi no serinya kepanasan? atau ya namanya motor test ride kan cenderung di geber2 terus sehingga temperatur naik mungkin ya?)

Oya pak, apa betul Pulsar itu hasil kolaborasi Bajaj dengan Kawasaki Jepang? yang saya baca katanya saham Kawasaki itu dibeli Bajaj India?

Terima kasih

9 04 2011
Ruddy

Salam kenal …

Mau tanya …
1. Kenapa pulsar yang baru saya beli … saat pertama saya kendarai … di sela-sela body mesin ada rembesan oli ?
2. Apakah semua pulsar baru kalau baru di pake akan keluar oli di sela-sela kisi-kisi body mesin ?
3. Terima kasih atas bantuannya.

11 04 2011
deni

para juragan, ane butuh bantuan soal motor ane ( pulsar 180 dtsi)
1. ada yg tau cara betulin bsu. soalnya ane udah pernah ganti 6 bulan yg lalu)
2. biayanya brp?

tlg kabarin ke email ane ya gan.
devipitiq@yahoo.com

makasih

11 04 2011
bennythegreat

1. BCU kali bro..datang aja ke bengkel resmi.kalau masih garansi pasti diganti gratis.

2. Kalau harus beli baru lumayan mahal bro..500ribuan kali yah..lupa ane harganya..

29 04 2011
Gelarossi

Dear Mas Ben, Ane mo tanya nih..

Ane baru beli Pulsar 135 LS, baru minggu kemaren pake optimal selama 2 hari sejak beli. Eh ternyata, per shockbreaker nya pada ngelupas2 gitu. Kita bisa complain ke Dealer Bajaj nya ga ? Ane beli di Bajaj Djundjunan….

Trims…

29 04 2011
bennythegreat

bisa komplain bro..kan masih garansi.
kalo ditolak, masukin suara pembaca aja.. 🙂

9 05 2011
Aji Fatahillah

Halo mas ben. Menarik bgt infonya.
Mau tanya mohon bantuannya ya mas ben Ane baru ambil P220, pas nyampe k rmh tanggal 7 mei kmrn. Abis mtr trn dari mobil delivery ane isi bensin 30ribu.. Nah.. Masih indreyen Ane wara wiri sampe akhirnya malem ini tgl 9 mei spedometer udh 51 km.. Yg ane mau tanya.
1. Knp d spedometer indikator bensin cpt bgt turun.. Dari skitar 8bar. Sekarang jadi 3bar (apa salah d setingan karbu, atau masalah di spedometernya?
2. Suara mesin di posisi netral kedengeran kasar gan. Itu knp ya?

Sementara itu aja yg mau ane tanyain gan. Trimakasi

11 05 2011
Dwitri Oktaria

ALhamdulillah setelah hampir satu tahun ga pnya motor (vixie ane jual buat modal usaha) akhirnya ngerasain Pulsar P220. Ane 5 tahun pake Tiger trus 2 tahun pake Vixion kesannya setelah pake P220 Masya Allah, BAI ga salah pake Jargon Fastest Indian.Tarikannya ajib trus remnya sangat baik,riding position pas bgt buat ane,trus panas mesinnya ga tinggi seperti 2 merk yg ane pakai sebelumnya.Cma satu yg bikin ane kesel,STNK lama tenan….

24 05 2011
sinom.man

mas bro mau tanya apakah masalah oli rembes di blok mesin dan cap udah jadi tradisi bajaj?
no offense mas bro ane sendiri baca dari prides.
-BLACK HOWLING WOLF-

5 08 2011
Iqin Soly

wah manthebh ni gan tips na..
thanks …

22 08 2011
farid pisan

halo bro….mau nanya? knp ya klo lg ngebut getaran’a gede sngad,smpe orang2 yg ai bonceng, bnyk yg ngeluh suka kesemutan klo abs ai boncengin pke mtor ai…..????!!!!!!

balas

25 08 2011
jaya

ane mw nanya bro
motor ane p180 2008
kmaren ne ane bis kclakaan (lumayan parah lah akibatnya msti ganti shock depan)

masalahnya pas ane bawa dikit ngepol n waktu ngerem kayak berat ke kanan shock depannya

mohon pencerahannya bro!!!!!

26 08 2011
baligila

Untuk break-in alias einlaufen, alias enreidjen, paling pas begini:

Cek baut pengencang koneksi oil-cooler kiri yg ada kabel negative sensor kepasang, punya saya dan satu teman rada longgar.
Cek tekanan ban, lampu, dll sesuai pre-ride check

Hidupkan mesin

Pastikan kondisi mesin sudah dipanaskan sempurna (kalo bisa cek pake infra-red temp-gun +-90C, atau ditowel siripnya cuma tahan 1-2detik, atau kalau dikasi liur, menguap pelan2)

Coba naikkan dikit throttle (digas) sambil intip oil window, kalau setelah gas dilepas oli-nya keliatan kaya naik dikit levelnya (ada gerakan) artinya aman dan ready to go.

Satu lagi, rata2 dari dealer posisi mixture screw agak lean (dibuka terlalu besar), mungkin maksudnya biar irit, apalagi disarankan di buku manual untuk gas pelan2, hehehe. Set sekitar 2.25 – 2.5 putaran penuh dari mentok kanan pol. Dari dealer biasanya 2.75-3 putaran ke kiri dari nol (kanan).

Usahakan jangan bleyer gaspol posisi diam saat mesin masih belia, sangat merugikan dan mahal resikonya.

Setelah mengenakan pakaian berkendara yg aman, mulai jalankan motor biasa saja dalam jarak yg sangat dekat. Ini untuk membiasakan dengan handling, rem, dan respon gas, serta engagement point kopling. Jangan ber-lama2 dan jauh, nanti keburu hilang kesempatan bikin mesin top-nya…

Berikutnya, ini yg sangat penting.

Usahakan berkendara ke daerah yg tidak padat dan kalo bisa sepi total, dan ada tanjakan yg tidak curam.

Intinya ‘inreyen’ yg baik adalah: GASPOL dan LEPAS POL dengan tahanan agar mesin berusaha, ada load.

Tujuannya hanya satu:
Untuk menciptakan tekanan yg cukup kuat untuk menekan ring piston ke dinding silinder (saat akselerasi pol dengan load yg cukup) sehingga akan terjadi posisi yang sangat rapat dan match antara dinding silinder dan bibir ring piston*TITIK*

Satu2nya yg perlu inreyen di dalam mesin adalah hal tersebut di atas. Itu pula sebabnya dinding silinder di-‘hone'(diberi alur sangat tipis), yg berfungsi untuk ‘mengikir’ ring piston (kompresi) agar benar2 pas sempurna dengan dinding silinder.

Hal ini hanya dapat dilakukan di awal penggunaan mesin. Itu sebabnya mesin2 motor (dan mobil) sport kelas premium dites di atas rolling road atau inertia dyno dengan menggeber di keseluruhan range transmisi untuk mendapatkan variasi load yg beragam.

Untuk kendaraan yg kita beli ini (Pulsar), karena masuk kelas entry-level dan budget, tidak dilakukan hal dengan tingkat personalisasi spt tersebut di atas (mahal bayar waktu dan orang yg gebernya bo’, hehehe. Kan hemat, beb…)

So, kita yg mesti melakukannya sendiri.

Kembali ke proses inreyen:

Selain gaspol, yg dilakukan juga adalah lepas pol. Hal ini dimaksudkan agar posisi sebaliknya dari ring yg bersentuhan juga ‘dikikir’ oleh honing-nya dinding silinder. Bibir ring itu jadi ‘runcing’ karena perfect seal terjadi pada sesuatu yg runcing, sempit dan uniform.

Jadi kalau suaranya dituliskan spt ini:

BRAAAAAAAAAA… (Gaspol) BREEEEEEEEEE…. (Lepas pol)

Tapi usahakan rpm gak usah ‘hardcore’ ya bro, sampe 4,000 boleh, 5,000 oke, lewat 6,000 usahakan jangan. Bukan karena mesinnya rusak karena over-rev. Namun tingkat bahayanya lebih tinggi untuk handling mesin di rentang rpm diatas 6,000 (mendekati maximum torque (7,000) dan maksimum HP (8,500). Takutnya terkejut dengan efek yg ditimbulkan.
4,000 – 5,000 cakep tuh rpm-nya.

Hal ini sudah dipraktekkan (dan kemudian diwariskan) ayah saya yg gaya naek motornya dari dulu ‘metal’ (skrg masih sekali2) dari mulai C70, Astrea, Binter, Harley, sampai mesin 4G63 (Mitsubishi Evo Turbo), juga kijang, HiAce, GranMax, dll, pokoknya yg 4-STROKE. Sekali lagi, hanya 4-STROKE. Tidak berlaku untuk 2-STROKE. 2-stroke modar kalo diginiin saat masih baru, macet :p

Lakukan (bila tertib dan benar) cuma max. 50km. Kalo kurang yakin, boleh sampe 100km. Tapi saran stlh 50 km ganti oli. Kalo lanjut sampe 100km, ganti oli lagi.

Oli murah, mesin mahal!!!

Setelahnya, silakan pergunakan mesin sesuka hati. Mau pelan santai, mau geber, no problem.

Satu yg saya yakin, kalo bener melakukannya, power mesin bakal sesuai dengan yg seharusnya (baca: lebih dari yg inreyen di-elus2 gas-nya). Sebab kalau di-elus2 malah gak rapet ring-nya, kompresi bocor, motor mesinnya bantet, gak lari, makan oli, piston hitam, dll, dll.

Silakan dibuktikan.

C70 dan Astrea Star, dan Kijang belum ganti internal sampai sekarang. Kendaraan lainnya kurang tau karena sudah pada pindah tangan (rata2 pembeli sangat puas sama larinya) hehehe…

Silakan dicoba dengan bertanggung jawab 🙂

10 09 2011
booyan

saya pakai pulsar 220 baru 1 bulan enak bener , rem ok tenaga jangan tanya kuenceng, cuma mau nanya katanya ban licin kalau hujan ( belom pernah nyoba hujan, masih musim kemarau) kalau aspal kering sih ok di ajak tikungan mantap , apa perlu ganti ban baru ????? kalau musim hujan thank bro infonya, terus satu lagi kalau ban depan ganti ukuran yang lebih besar (lebar) gimana pengaruhnya???

10 09 2011
booyan

sekalian kelupaan boss ben mau nanya cara buka spakboard belangan p 220 gimana?????

10 09 2011
bennythegreat

Buka jok belakang bro..trus baut pengikat spakbornya dibuka..memang rada ribet sih soalnya menyatu sama spakbor seluruhnya

14 09 2011
Bang One

tadinya saya mau beli yamaha byson, tapi gara2 indennnya nyampe 3 bulaannnn, jadi ngelirik PULSAR 180 dehh . . .
setelah saya baca baca ternyata oke juga motor “made in india”
jadi berubah pikiran,dan berpindah hati ke PULSAR 180
SEMOGA TIDAK MENGECEWAKAN, dan maju terus BAI jgn mau kalah sma yg lainn 🙂

22 09 2011
yogi

Mas mau nanyak?ane baru beli PiBo UG4 kmaren kilometer baru 2rtusan
yang ane mau tanyain, mesin cepeet panas banget Ya??trus klo dipasangin oil cooler bisa gak??pke (OC)nya ap ya cocoknya??
garansi bisa ilang gak ya??
thx

27 09 2011
farida

sebelum bawa si hitam Pzoo, sy pake matik sm bebek selalu full throtle ga pernah mau ngalah lawan sejenis at sport, tapi stelah bawa Pzoo rasanya ga napsu walaupun di goda apalagi sama mati, perasaan bawa bebek saja ga pernah kalah apalagi bawa Pzoo, sekarang lebih pada ngerasain nikmatnya bawa Pzoo antara 80 – 100 kpj, wuih…. uena…e

11 10 2011
Othokz

@bang ben, ane lagi proses pendekatan ma bajaj 220f nich, tapi ane masih ragu ma motor ni, soalnya kan gk ad kick staternya, apakah akinya itu kuat, trus kl dh mati bwt ngidupinnya gmn?(trauma pake thunder tanpa kick stater). Mohon pencerahanya.

12 10 2011
eby

mas, mau tanya nih..

Itu pzzo kan ban-nya lebih baik diganti..

Itu kira2 tahan berapa lama yah??

Diliat mahal juga harganya… hehe

30 10 2011
benny

Teman2, mohon pencerahannya. Gw baru beli pulsar 180 UG4 tgl 15 oktober kemaren. Blok mesinnya panas bgtn mpe ngalah2in knalpot kyknya.
Trus wkt 2minggu pake (tepatnya 29 oktober :D) mesin tiba2 ngorok, n tarikannya udah ga semulus wkt awal2, malah kdg ada suara pletak2. Apakah tu artinya karena kualitas olinya yg jelek ato ap ya?
Padahal kilometernya baru 300km
Yg kira2 faham tolong kasih solusi ya.. Thanks a lot

16 11 2011
wahyu ws

gw pake P1B0 UG 4
awal 2011
mangtanbs mas broo, awal awal sering ngadat kl di isi full tank, tdp skrg ud tw cara mengatasinya……….
cz suhu suhu pulsar baek baek jadi gak kecewa pake pulsar………
mantaps terus jalin persahabatan semua raider pulsar……….
jgn lupa kl ketemu REDBULL B 6266 PQL dijalan teot teot ya mas broo sekalian……..

16 11 2011
wahyu ws

manaps mas broo
buat mas broo semua ojo lali kl ketemu
REDBULL B 6266 PQL
di toet toet ya……..

16 12 2011
waone

mas ane pulsar 180 cc di selindernya ada keluar oli gimana tuh trim

2 01 2012
risyad

mantaps bung ben infonya.
Ku mau tanya bung, kira2 kenapa ya spedo meter ku sehabis motor di cuci terus mati. gejalanya pasca dicuci nyala-mati-nyala-mati…. sampai 2 hari, eh ternyata sekarang mati total ?
minta tips & triknya biar normal kembali??
PIBO tahun 2007.

18 01 2012
Bangnengnong

@risyad.. Bro saya juga pernah ngalamin hal tsb, lampu spedo suka nyala – mati sendiri waktu jalan. Kalau saya sih lebih memperhatikan cara nyuci motornya, jadi untuk bagian batok jangan terlalu pakai banyak air untuk membersihkan dan membilas, kemungkinan penyebabnya adalah air cucian mtr tsb yg mengalir dari luar batok kedalam batok, jd mungkin bbrp kabel ada yg short, kalau kasus saya spt itu, dan setelah saya ubah cara nyucinya sampai sekarang BABI ug 3 saya baik2 aja..
Umur ud 4 thn km 95000. Puas melanglang buana pake pulsar..
“BABI”==> BAjaj BIru… Hehe

24 01 2012
Hartanto Yaputra

blog yang bagus banget!!
sangat detail dalam penyampaiannya..
Btw saya mau numpang nanya nih, untuk berkendara sehari-hari di dalam kota jakarta yang macet kira-kira yang cocok Pulsar yang mana ya?
Thx

24 01 2012
bennythegreat

pulsar punya varian 135, 180, 200 dan 220 cc ..tinggal pilih aja mana yg paling sesuai sama kemampuan pengendalian ente di kemacetan

3 02 2012
Andrew

PIES br sampe rumah nih gan. Pas ane coba di kecepatan rendah, 20 ke bawah kadang ada bunyi ‘tak tek’ dr dpn. Kl kata org deliverynya itu suara dr mesin sktr kopling & bunyi itu kluar krn ane belum narik tuas kopling di saat kondisi kecepatan sudah perlu utk tarik tuas kopling. Krn pengaruh body depan, jd suara yg ane denger seolah2 brasal dr dpn sekitar balok lampu,velg, n suspensi depan. Begitu mnurut mereka..
Pdhl mnurut feeling ane seharusnya d kecepatan itu ga perlu tarik tuas kopling krn toleransi kecepatan msh di atas batas tuas kopling dilepas(mnurut ane lho). Apa ini karena kondisi motor jg yg masih baru? Gimana mnurut agan2…?

4 04 2012
Fachreyy

udah safety riding juga tetep ditubruk sama astrea.. jadi aja pulsar ku lecet di batok :(((

5 05 2012
iyank

T.O.B tuk bajaj

5 06 2012
wawan

ane pake p 135 dan PUAS…asal rajin dirawat dan service rutin pasti gak ada masalah..ane pernah balapan lawan jupe mx pas naik gunung,ternyata bisa ngimbangin tu jupe secara berat total ane 220kg berat total jupe kira2 190kg (berat motor plus 2 anak alay),waktu pas lewat pit stop (warung makan) ane ngalah dulu,laper gan,

12 06 2012
Azhii Baani Nuurdony

Keren om ,,,, mantabs,,,
thanks infonya om 🙂

21 06 2012
Bajaj Mlang

pokok pulsar matap pnya dech. . . . ,

nie srigala Q uda 3 tahun pakek, te”p enk kuk, malah jarang servis pula. , (hehehe. , Dont try)

em, emang sih msalah selau datang dri awal, mngkin krna msin nyesuain am kriteria berkendara kta msing” cuy. ,
tpi g ad salah.na kalo kta berkendara sesuai manual book buat awalnya biar trhindar dri resiko. . ,

tpi lambat laun kualitas makin jempol dech. . ,

salam buat para baikers bajaj pulsar maniac seluruh INDONESIA. . ,

Go. , go. , bt BAJAJ INDONESIA

29 06 2012
mario

pulsar ane koq susah d starter y..?
harus dmain2in koplingnya baru bisa dstarter..
kira2 apa ya masalahnya..?
pulsar ane 180 taon 2007..
mohon bantuannya dari para suhu..

23 07 2012
dendi senjaya

kang ben itu komunitasnya didaerah bandung ada gk, kalo harga tas tangki itu berapaan ya kalo dibandung suka ada didaerah mana ya, kang ben gw itu punya pulsar 135 kalo diganti knalpotnya & tambah cc nya gimana caranya bakalan menurun gk ama performa mesinnya plisss bgt om bantuannya

31 07 2012
Dwo theghaol

Mas bro halah… gw baru minang pulsar 180 warna hitam. Saat ini lagi masih nunggu surat2 selesai (emang lama dah lebih 10 hari mendekati sebulan) Mau tanya kira2 oil cooler pulsar yang ada di pulsar 200 or 220 bisa diaplikasikan ke 180 gak. Jadi ngerasa safety aja ga mikir macem2 tentang oli kurang di jalan atau ternyata dah abis (maklum sebelum kejadian lupa ngisi oli atau lagi cekak). Oiya thx for all tips n trick… Kemaren nyobain pindahin gigi ga pake tarik kopling, emang kaya bebek hehehe bisaaa… ok thx before for u’r info

7 08 2012
Dayan

mas bro,
ane pake P220, jarang banget ditunggani, sekalinya dipake depok-priok , enjin suka mati waktu idle, baik pas lagi tekan kopling ataopun pas lagi di lamer. apa karena jalanan macet yaak ? kan sukange gaz nge rem.

suhu pliss, nasehatnye.

22 08 2012
Yudi

Mau nanya Gan apa bener bawaan Pulsar Mesinya hidup agak kedengaran bunyi Klep, apa ia Gan?

26 08 2012
sunduk lawang

ijin copas ya gannnnn….. makasih…

28 08 2012
dharma

ane D’bajaj dari lampung nih , salam kenal brother2
ane abis baca artikel tetangga sebelah , wah bikin murka deh , buat yg mau tau juga nih ane kasih alamat web nya http://dfacto.wordpress.com/

28 08 2012
dharma

ohya cuman mau kasih masukan nih
ane nunggang p180 UG4 , udah 20.000km , dari segi mesin,klistrikan dll kagak ada masalah , tapi cuman 1 masalah nya , yaitu boros 😀
1ltr-40KM max , tapi ane gak kecewa , karna tenaga nya juga sesuai/dahsyat 😀
satria fu,vi-xion,new mega pro apalagi byson , ane kentutin trus dah 😀
kalo beradu ma tiger 11-12

12 09 2012
bucex

bos ganti oli pulsar 200 tuh brp KM c idealnya thank to info tk tungg yoooo

8 11 2012
Fahmi

Siang Bro…
saya mau tanya nih, saya pake pulsar 180..
kenapa kalo tiap ujan atau kena genangan air, tarikannya ga ada,, ndut-ndutan gitu…
udah ke bengkel pulsarnya, tapi masih aja begitu..
kenapa ya bro??

8 11 2012
bennythegreat

kemungkinan ada air masuk melalui tutup tangki bro..
kalau kasus ane dulu, air membuat ECU di bawah jok sedikit konslet, makanya ndut2an..

14 12 2012
indra batubara

mau nanya bg benny,pulsar 220 ku setiap habis putaran engine kira2 6000 an di gigi tiga,trus turunin gas dibarengi bunyi kletek kletek dr dlm mesin.yg mau sy tanyakan pd bg benny bunyi apakah itu bg ???
sdh ku bawa ke beres medan tp mekaniknya g tau.

26 12 2012
14 01 2013
rentalmotormedan

jok nya belum enak bro getaran mesin terasa kalo jarak jauh http://wp.me/2VKkE

26 01 2013
Badrie

Izin Sharp jg gan, ane punya P220 yg setiap Senen touring dari Padang ke Pekanbaru (240km) dan setiap Kamis malam balik lagi ke Padang dg jarang tempuh yg sama dg total perjalanan 1 Minggu 650km termasuk kerja harian……ini sudah terjadi sejak 8 Bln yg lalu krn keluarga ga di Padang sementara kerja gw di Pekanbaru……so, asyik aja kok P220 gw…..makin kencang makin yahud. Pernah ngacir ampe kecepatan 130km/jam makin kencang makin halus bro suaranya. Cuma sekali gw pernah pasang kenal pot merek remus pakaiannya mobil yg di bawah pijakan kaki pemboncengan di potong lantas di las di sebelah sana tanpa mengganggu mufler bawaan pabrik……alhamdullilah bro, si remus tsb lepas bagian saringan dalam knalpotnya sampe mental ke belakang menahan kaca mobil org dibelakang gw dg skor 200rb gw ganti biaya klaim mobil dia yg msh asuransi…..gila MMS tendangan tenaga P220. Sorry ya bro Bln maksud melecehkan yg lain, ane tadinya penunggang Scorpi si kalajengking yg skg kalajengking gw pake cuma buat jalan dlm kota aja dan si P220 khusu gw buat pake touring jarak jauh dg Medan yg menantang bro……..

5 03 2013
Tips & Trik Bajaj Pulsar - poenyakoer

[…] sumber : bennythegreat […]

16 04 2013
Alimuddin Singgih

salam kenal para pengguna pulsar.
gan saya mau tanya nih…
kenapa klo setelah dicuci steam mesin motor (p200) susah dihidupkan, dan klopun hidup knalpot nembak2 bgitu.
mohon pencerahan
maju terus bajaj pulsar
thx…..

11 05 2013
fendy.s

Minta solusinya brooo
spedometer ane tiba tiba mati….Bj220,siMerah yg buandel….

3 06 2013
furqon

dah setahun pke pulsar.. alhamd throuble gak ada.. mau ganto kampas rem blkg.bntr lg abiizz..

pernah ngadu sma tiger & vixion, krn di geber geber trus & ga tau maksud’y apa.. (mungkin ngajak ngedrag).
ga’ nyesel & ga malu maluin!! tu tiger & vixion lewat!!!

tuk msalah spare parts sy blm prnh ganti.. muda mudahan nanti ga susah pas lg btuh.. pleaseeee.. bajaj jngan gulung tiker..
krn sy lebih nyaman pke pulsar drpd tiger..

17 06 2013
johan

maaf bos,..klw solusi bwt masalah starter gmn bos,..udah ganti aki ma kiprok

24 06 2013
ari

@fendy.s speedomete mati, coba ganti sekring. letak sekring dekat aki, buka cover samping kiri, buka jok belakang… lihat diatas aki, bentuk sekring kayak tabung…

30 06 2013
arief

Mantap bro infonya, oiy Pulsar 200 ane kluaran 08 mau ganti stang yang aga tinggi, cocoknya pake stang model motor apa ya ? Thanks..

8 07 2013
Yanzt Blank

mau tanya nich bos… sya pengguna fulsar 200 2007… kampas kopling mtor saya selip bos… mau ganti ga ada dealernya di sini… kira – kira ada alternative nya ga bos…

15 07 2013
balap yo

rangka bodi kok dilas -las , dasar bajaj beneran deh ama si oren

16 07 2013
Alir

Beli Velg 150 dimana ya?? Tangerang tq bwt Pulsa 200

26 08 2013
bali tour

Artikel yang bagus
thanks infonya 🙂
bagi kalian yang ingin berlibur ke bali, silahkan kunjungi website kami febri’s bali tour

19 09 2013
pambudi

pulsar ane 180 2010, kalo mesin udah panas trus dimatiin, kalo mau start elektrik lagi ga bisa (kudu tunggu dingin atau didorong dulu), kenapa ya…

18 10 2013
rd andry suparno

Kapan iso tuku pulsar

19 10 2013
yana suryana(narizsta yana)

gan gima ya cara ngatasin rem belakang fulsar 135 yang ngga bisa pakem(keras)

12 11 2013
Andrew

masbro, gimana cara seting tarikan tuas kopling PIES?
Waktu tarik tuas kopling PIES terasa berat kenapa ya?

14 12 2015
Riky

Mas bro..
Mw nanya donggg…
Urgent nih..
Klo speedometer dan semua lampu2 mati.
Itu penyebabnya dari mana ya?
Dan kira2 harus ganti apa?
Mohon sharenya Mas Bro…

Salam kenal

5 03 2016
rahadi

bro kalau knalpot racing buat p180 ug4 enaknya merk apa ya? yg ngebass tp adem gan.. lagi nyari nih ane..
ty gan, salam satu aspal

29 12 2016
Danis aza

Klo kaca kontrol oil pulsar pecah mulu apa sebab nya bro……..

Tinggalkan Balasan ke balap yo Batalkan balasan