Seputar Kasus Recall Bajaj Pulsar 135 LS

22 08 2010

Pulsar 135 LS

Yang namanya pemain baru di dunia persilatan permotoran Indonesia, pastilah ada ATHG-nya.. (Alat Terapi H….) (Ancaman, Hambatan, Tantangan dan Gangguan).

Hal tersebut berlaku buat Bajaj Auto Indonesia yang baru 4 tahun terakhir berusaha mengambil kue pasaran motor yang sedang lucu-lucunya bakar-bakaran. Sebut saja dari mulai kasus dealer yang berguguran hingga pergantian internal manajemen mereka sudah mereka alami. Sekarang kembali ATHG terjadi kepada produk paling gress mereka yaitu Pulsar 135.

Dari email yang ane terima dari internal BAI, lalu dikonfirmasi oleh artikel di detikOto, sudah 50 pengguna Pulsar 135 yang melaporkan kasus malfungsi sensor kapasitansi aki ini. Rupanya Pulsar 135 sudah lebih canggih dari Pulsar 180 UG-3 dan UG-4 yang tidak dilengkapi berbagai sensor.

Pulsar 200, juga dilengkapi berbagai sensor

Pengalaman ane dengan Pulsar 200 dulu (yang di India akan dihentikan produksinya) adalah sensor-sensor yang ada mudah sekali malfungsi ketika tertutup kotoran, terlebih bila si empunya doyan touring. Salah satunya pada sensor kebersihan air filter yang akan berkedip jika air filter tersumbat. Nah pada kenyataannya sensor ini yang lebih sering berkedip karena ada kotoran yang melapisi sensor, padahal air filter baik-baik saja.

Seperti Pulsar 200, pada Pulsar 135 bisa jadi terdapat sensor yang sama, dalam hal ini sensor kelistrikan alias detektor kapasitansi aki yang akan berkedip jika aki kehabisan daya.

Apa saja sensor pada Pulsar 200, bisa dibaca di sini.

Sebenarnya ada trik sederhana untuk mengetahui apakah aki Pulsar benar-benar tewas ataukah sensor yang terlalu sensitif yaitu dengan menekan tombol engine start alias menyalakan dan mematikan mesin beberapa kali. Jika dinamo starter berjalan mulus, maka aki baik-baik saja, namun jika dinamo berjalan ogah-ogahan maka ada masalah dengan aki.

diagram listrik Pulsar - by warga milis BIM

Nah jika terjadi kasus demikian, perlu dirunut..apakah aki yang bermasalah ataukah kiprok yang gagal mengisi aki sehingga menyebabkan aki tekor, atau..bisa jadi kesalahan pengguna yang terlalu lama menyalakan lampu utama (FYI: kelistrikan Pulsar 135 menganut sistem DC, ambil listrik dari aki).

aki Pulsar bro Dono - sumber: forum PRIDES

Jika aki benar-benar habis, salah satu trik yang diajarkan oleh bro Toto, salah satu mekanik B-Bike, adalah dengan starter dengan kick start..ya iya lah…huehehehe..biarkan mesin tetap menyala untuk menjamin pengisian aki tetap berlangsung. Pada Pulsar 135 keadaan lebih mudah karena dilengkapi engkol alias kickstarter, bagaimana pada P200…yaa…monggo dorong motor brooo… :mrgreen:

Tips di atas…sederhana aja sebenarnya, namun buat pengguna awam..belum tentu tahu..harus dicerahkan nih mereka…!!! Terlebih karena garansi kelistrikan Bajaj hanya berlaku selama 6 (enam) bulan sehingga masalah kelistrikan harus cepat terdeteksi, diselesaikan oleh mekanik bengkel resmi dan dilakukan penggantian jika terjadi kerusakan parts. Karena jujur saja ane pernah panik karena Pulsar 180 ane mogok hanya karena lupa menggeser posisi keran bensin ke posisi RES..konyol yah.. :mrgreen:

segera ke bengkel resmi (BeRes) jika ada masalah akut

Kembali pada kasus recall Pulsar 135, perlu dicermati berbagai kemungkinan malfungsi tersebut dan belum tentu salah si sensor yang terlalu percaya diri ketok palu bahwa si aki sudah tewas.

Satu hal yang ane cermati di sini adalah cepatnya balasan dari pihak Bajaj Auto Indonesia melalui Pak Rizal Tandju yang langsung terpampang namanya di berbagai media online untuk mengklarifikasi kasus recall Pulsar 135. Ini jelas lebih baik dari kasus motor jangkrik (tak perlu sebut merk) yang juga tak kalah ramai gaung kasus produknya di forum online namun tak kunjung ada tanggapan dari manajemen ATPM-nya.

beruntunglah Bajaj lebih baik dari "motor jangkrik" sebelah

Kasus serupa di dunia persilatan permotoran Indonesia juga pernah terjadi pada Kawasaki Ninja 250R yang juga pernah di-recall akibat adanya kebocoran oli. Artikel lengkapnya ada di blog kang Taufik di sini. Tanggapan dari pihak Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga tegas dengan memberikan penggantian spareparts Ninja 250R yang bermasalah secara GRATIS.

Ninja 250, juga tak luput dari kasus recall

Jadi ibarat seorang apprentice yang telah belajar banyak ilmu dari gurunya sang master Kawasaki, Bajaj kali ini berhasil merespon cepat malfungsi pada produknya. Apakah akan ada penggantian spareparts gratis seperti pada kasus Ninja 250…??? Akankah Bajaj terus bertahan menghadapi cobaan dan tantangan yang menerjang…???

meminjam tag line terkenal milik Mas Triatmono…ane hanya bisa bilang: “yaaaghhh…time will tell deeegh…”

Last but not least… “take care your bike, and he will take care of you”


Aksi

Information

52 responses

22 08 2010
Rancho

kiprok/regulator sy juga baru ganti bulan kemarin bro..
umur motor belum ada dua tahun tapi kiprok udah tewas padahal gak ada modif kelistrikan di motor sy..
kayaknya BAI perlu membenahi masalah ini.

tapi kalo kualitas accu battery,, bajaj gak ada duanya.

22 08 2010
sembalap

namanya jg produksi massal ….. bisa saja terjadi
yang terpenting adalah tindakan atpm menanggapi masalah ini.

22 08 2010
jahe erka

hmmm yg penting ga ngeles aja spt yg lain..hehe..

22 08 2010
semboroproxy

wew.. baru tau ane.. thanks gan infonya bagus banget artikelnya

22 08 2010
ato

wah ini yang ditunggu.
jadi sampai bulan apa pies “aman” untuk “dikonsumsi” lagi om??

22 08 2010
asmarantaka

ditunggu pembenahannya dah :mrgreen:

22 08 2010
adicuzzy

Wah, padahal nih motor paling sip price for value-nya, kudu cepet dibenerin biar larisss

23 08 2010
Komengtator

Wah Sip dah kalo mau direcall.. ane jadi lega.. ditunggu pengumuman resminya…

23 08 2010
23 08 2010
herimoko

Moga cepet beres…. & maju terus…., bikin produk2 yang kwalitas mesin, bentuk, fitur melebihi mopang, tapi harga di bawah mopang!

23 08 2010
Bogelz

Mudah2an cpt terselesaikan masalah.aku soale ga pernah jln mlm,jd jrg nyalain lampu.takut jg sih klo ada apa2 sm kelistrikan.dealernya jauh uyy 70an km.mana stnk ama spakbor blm ada pula.apalagi waktu aku inden smp motor dtng bln kemaren di bungo,br aku aja yg punya PIES

23 08 2010
Bogelz

Oh ya mas ben,klo ban PIES dpn blkg max ukuran piro mas?klo bisa sih ban lokal wae,batlak angel gole’e

23 08 2010
bennythegreat

Ban belakang PIES itu max ukuran 120/80 bro..swing arm nya sempit

23 08 2010
suhud

pengalaman saya pake PIES sejak juni kemarin, memang pernah indikator aki kedip-kedip ketika jalan malam. Ketika itu lampu besar langsung dinyalakan saat mesin baru dihidupkan. Tapi waktu motor jalan dulu dengan lampu kecil, dan setelah agak jauh, baru dinyalakan lampu besar, indikator aki tidak pernah lagi kedip kedip… saya tidak tahu teknik, dikira-kira saja, ternyata itu menyelesaikan masalah, setidaknya sampai saat ini (km sudah 2100an)…

24 08 2010
Komengtator

Ngomong2 soal ban PIES, kalo yg belakang dipasang ukuran 120/80, itu spakbor kolong muat gak, Bro Ben??? soalnya ane liat tuh spakbor koq agak sempit juga…

24 08 2010
bennythegreat

copot spakbor pastinya bro..

24 08 2010
Rancho

mas ben.. kalo p220 jadi masuk ke indo tolong bisikin ke petinggi BAI yah, minta yg half fairing aja.
saya udah lihat iklan-nya di media televisi india, bagus pisan euy gk culun seperti yg digambar.
kalo harga, 23-24 sih masih masuk akal.

24 08 2010
bennythegreat

kalau itu ane udah teriak2 malah…tapi ya kembali lagi gimana kebijakan para pejabat BAI bro..

24 08 2010
sobatpenghibur

hmm, baguslah kalo BAI cepat tanggap u/ hal ini. jadi kepercayaan konsumen tetap terjaga.

*Karena jujur saja ane pernah panik karena Pulsar 180 ane mogok hanya karena lupa menggeser posisi keran bensin ke posisi RES..konyol yah..

hihi, ane jg pernah tuh kaya gitu, skrg mah udah nggak. smlm aja sodara yg bingung krn motor tiba2 brebet *lupa ress juga 😀

15 10 2010
iantiawan

saya jg pernah..pas abis servis gratis..kran off trus masang slang bensin ga pas jadi bocor. saya tancepin yg bener dan putar ke res…beres. Moga diperhatikan..maklum saking laris nya PIES sampe kewalahan mekaniknya

25 08 2010
cbr250r

Konsumen First, Recall adalah tindakan tanggung jawab pabrikan terhadap keselamatan konsumen…. Yang penting kasus Recall ini jangan dijadikan Black Campaign oleh pabrikan kompetitor….!!!

27 08 2010
martini

ealah bang…sempat2nya logo Kaoskaki ama bajai disandingin…..xixixi…punya dua2nya yak???? xixixixi…………

14 09 2010
teguh

masalah indikator accu yg mengatakan low juga aku alami brow,
aq baru beli tgl 03 sept 2010 kemarin,
itu terjadi ketika aq nyalakan lampu utama kira2 1jam, jd agak mikir klo mau jlan malam dan jauh nih,
kira2 mang bener recall gk ya tu????????????????????

24 09 2010
Semprul Waluyo

Bro…

Ane, mo beli 135 LS, kapan ya kira2 baik nya…., (tentu semua masaalah 135 LC sdh beres)

29 09 2010
Eman

Idem, seteah gua cermati emang kalo malam problemnya. indikator kedip2 trus gak mau langsam, pas lg macet di rpm rendah tuh mesin mati mulu, stressss.Tp kata dealer tuh sensor mau diganti tunggu kira2 2 bln setelah masuk laporan.

10 10 2010
nawan

bro semua waktu gw baru beli ni pulsar 135 LS akhir mei’10 indikator aki juga sering berkedip,tapi setelah gw tambah air aki sampe full masalah indikator aki berkedip ng pernah lagi tuh muncul kecuali kemarin pas gw bawa ni pulsa ngebetot nya rada kasa (maklum lg emosi) baru deh indikatornya kedip2 lagi tp pas di matiin sebentar masalahnya udah ilang, jadi buat bro yg ada masalah serupa di coba aja isi air akinya mungkin aja kualitas air akinya yg bermasalah.

12 10 2010
OPAY

cepet selesain masalah indiktor or akinya bro…cz gw sering jalann jauh & mlm2..

3 11 2010
is

wah kayane yg plg bnyk mslh di indikator aki,cos PIES ane jg brmasalah di indikator akinya yg kedap-kedip mulu, ditambah klo klo pas prseneling tinggi dibawa nanjak dikit aja megap2, jd malu motor gede tp nanjak ngap2an

16 11 2010
dj

fifty-fifty lah. gimana yach? yakinkan saya! cocok di harga tp……

18 11 2010
adzili

Tolong abang2 yang tau info terbaru dari indikator nya dah selesai belum di perbaharui nya. Rencana mau ngambil ni si PIES awal taun. tolong yeeeee……

5 12 2010
godegstone

ane setuju tuh sama agan adzili, saya juga punya rencana mau beli P135ls dalam waktu dekat ini, buat agan2 semua tolong di impo in kalo masalah indikatornya sudah beres…..terima kasih.

16 12 2010
david octaviandi

wah kalo yang ane bukan cuma sekedar indikator kelistrikan yang masalah ..ane beli motor bulan agustus 2010 .. dan udah 2 kali turun mesin gara gara oli mesin gak naik.akibatnya yah dua kali juga mogok dijalan. dan mesti harus ganrti piston set.walaupun pihak bai menggaransi part mesin tetapi yang jadi masalah buat perbaikanya memakan waktu karena sperpart nya gak ready di bengkel resmi palembang……..dan itu membuat gua sangat bete

8 01 2011
iskandar

yang pasti solusinya apa nich buat yang punya masalah soal indikator aki yang sering kelap-kelip…masalahnya ane udah keluhin ke dealernya malah dari dealer gak ada tanggapan sama sekali…..pas ane lagi service pertama, dikira udah di benerin pas service eeeeee pas malem dipake malah masih kelap-kelip tuch indikator

16 01 2011
adien

gan ane baru bli tuch bajaj pulsar 135lc, ane liat di coment agan” mslah recall itu udh mncul skitar bulan juli 2010 kira” masalh recall’a udh dibnerin blm ya?, kan udh 6 bulan tuch, ane si blm liat tnda” kyk gitu’a, mhon dibls ya bagi agan” yang tau

30 01 2011
ilham

Biker gw jg ngluhin nh pke pulsar emang enteng tp bru 3 mnggu pke eh indikator aki klip2 trs agan2 klo mslh body motor ane ada yg rusak 1.speedometerny goresan trs body samping baret pdhl bru bli itu ada garansi g yyyyy tolong ksih tau..

30 01 2011
ilham

Biker gw jg ngluhin nh pke pulsar135ls emang enteng tp bru 3 mnggu pke eh indikator aki klip2 trs agan2 klo mslh body motor ane ada yg rusak 1.speedometerny goresan trs body samping baret pdhl bru bli itu ada garansi g yyyyy tolong ksih tau..

29 04 2011
andhie

Jogja Dealernya kok tutup ya, apa udah pindah ?

2 05 2011
Ryan Ravein'z

p 135

24 05 2011
Bogelz

PIES ku dah hampir setahun blm ada masalah tuh..

21 06 2011
aries lombok

PULSAR 135 LS EMANG OKAY…

8 08 2011
dwi

aku bener2 suka ama body dan harga but koq banyak problemnya??
ada yg mau jual bekas??
hub.0828511977

30 06 2011
Ricky

tuas bensin P 135 tu sebenernya di res or di Full sih…?tlong jawab ya para biker

4 07 2011
romzy

di full, res itu cadangan kalo indikator bensin merah nyala pindahin ke res…

8 08 2011
dwi

kalo mumet2 jual aja boz !

13 09 2011
firman

Sya pnya PIES blm sja 1 thn, tp mslah aki yang slalu bermasalah dri indikator yang slalu berkedip lalu elektrik stater yang skrg sdh tdk brfungsi dan klo mesin tdk dinyalakan rpm pun ngga bs mnyala lg. Mhon mnta masukan nya apa yang hrz sya benahi pd PIES sya.. Trma kasih.

21 10 2011
pulsaroid

@firman : selalu berkedip itu kemungkinan dari aki yg low, atau pengisian dari kiprok yg tdk sempurna. Utk stater, bs dari aki atau relay stater yg sudah rusak.. Kalau rpm saat kontak on tidak berjalan, kemungkinan dari spedo nya.. Karena saat mesin idup,anda bilang rpm ny jg idup..
135 itu full dc, jd perangkat elektriknya dari aki semua. Cmiw
Semoga membantu.

19 01 2012
sonny

kalau bajaj 180 ada problem apa ya yang sering terjadi? trims 🙂

6 06 2012
rustandi

brow… ane pengguna pulsar 135,,, blom 2 thn, tapi aki udh ngedrop. sekarg udh smpe 3x gnti aki nih,,,,dah gitu kalo kick stater juga ga bisa… gimana nih solusinya????

20 06 2012
No Name

Kok banyak masalahnya ya?? :/
Padahal akhir tahun 2012 ini aku mau beli Bajaj Pulsar 135 LS warna merah.. 😮

3 07 2012
agus kurniawan

tolong kasih info kelebihan dan kekurangan bajaj pulsar 135,karena saya ga lama lagi mo beli, ok trims.

13 08 2012
cemboenk

Mhon info bntuan rekan2 n suhu2 pulsar,ane pny mslh m pzoo ane mslh kelistrikan,lmpu2 standart,ad +an blitz kecil 2psg,angel eyes,n klakson kapal,mslhny koq indikator panel listrikny sering tampak wkt pmakaian -+ 30menit,pdhl ane cek aki msh bgs,kiprok double pk +an pnye mega pro,sekring aman,spa tau rekan2 n para suhu pulsar bs ksh info apny yg salah.trimaksh

30 05 2013
marta

brow… ane pengguna pulsar 135,,, blom 2 thn, tapi masuk bengkel 5x

pertama : ganti akki ,ganti bearing noken ass
kedua : ganti tensioner adjusment
ketiga : ganti rantai keteng ,ring piston ,tensioner berbahan plastik satu pasang yang ada didalam mesin .dll

untuk tensioner berbahan plastik sungguh mengenaskan cepat rusak karena tergesek oleh rantai keteng ketika mesin hidup ,membuat suara mesin berisik ammaaaat ,…..dan susah keposisi netral ketika mesin hidup,
mohon penceranhan sama suhu pulsar spa tau ada pengganti tensioner yg berbahan plastik tersebut ke teplon gitu.tq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: