Ketika Ninja 250R Jadul Overheat, Solusinya… DITOWEL…!!

21 02 2013

idealnya aliran hawa panas sih begini…tapi…

Beberapa bulan lalu ada kejadian yang bikin kaget..dari bawah fairing Ironhide tersembur cairan hijau yang lumayan banyak sampai menetes di jalan. Wow..Kawasaki has a green blood..eeh gak taunya itu radiator coolant yang entah bagaimana keluar dari habitatnya.

Awalnya ane pikir air radiator kebanyakan… tapi begitu melihat indicator overheat menyala merah, ane langsung curiga. Ada sesuatu nih…!!

klinik tongfang khusus motor

Motor ane larikan ke Performa Motoshop setelah sebelumnya telpon sang juragan bengkel, koh Leo.

Diberi wangsit bahwa kemungkinan besar mesin overheat dan kipas gak menyala…!! Wah betul..ada yang salah dengan kipas..!!

Eh, selang beberapa minggu kemudian setelah diperiksa di bengkel, indicator overheat kembali menyala merah, tapi coolant gak sampai berceceran seperti dulu. Ada yang salah ini dengan system heat dissipation…!!

Belum habis penasaran ane, ketika Ironhide dipakai bro Rial, doi telpon..”bro, radiator elo jebol neh…coolant bececeran dimana-mana…!!” eh bujug…macam apapula itu radiator jebol…??

Lhaa..rupanya sama mbah Rial motor dibawa ke Kawasaki Bogor dan dari situ diketahui bahwa kipas masih sehat wal-afiat dan rupanya heat sensor yang nempel di radiator gak jalan…!! Sehingga akhirnya di bypass dan dibuatkan saklar agar nyalanya kipas menjadi on-demand.

radiator Ninja 250R

Tapi ane tetap penasaran. Motor kembali ane bawa ke bro Leo, dan di sana kembali di cek. Setelah bercumbu sekian jam dengan Ironhide, bro Leo bersabda… “gue tau salahnya neeh. Solusinya Cuma perlu DITOWEL…” (ditowel itu artinye diberi senggolan sedikit agar sensor kembali ke dudukannya)

Nah..lho..apapula itu…??

ini nih yang namanya radiator heat sensor

Rupanya sensor berkode part 27010 itu yang akan menyalakan kipas ketika suhu radiator mencapai kurleb 100 derajat celcius itu KENDOR dudukannya sodara-sodara…!! Sehingga hanya dengan sekali DITOWEL, ternyata kipas kembali menyala.nih cek kode sparepart di bawah.

kode parts bagian radiator Ninja 250

dan ini flowchart kerjanya

flowchat kerja radiator Ninja 250R

Alhasil setelah diberi TOWELAN sakti oleh bro Leo, Ironhide kini gak perlu takut overheat lagi. Kalaupun indicator menyala, sensor yang letaknya tepat dibalik fairing kiri itu tinggal DITOWEL saja…!! Yah maklum motor jadul, ada aja kasusnya..he he he..

SALAM TOWEL…!!


Aksi

Information

29 responses

21 02 2013
Aa Ikhwan

woh meler ,..ingusan om:mrgreen:

21 02 2013
fadeln250r

maksus e ditoqel ki digimanain to kang

21 02 2013
bennythegreat

ditowel itu disenggol sedikit biar sensornya pas ke dudukannya

21 02 2013
kentadis

ditowal towel jangan marah marah
#lagunya naif

21 02 2013
Fitready

pencerdasan otomotif bukan neeh hehe ?

21 02 2013
haryudh4

Woh kirain ditowel kipasnya😀

21 02 2013
Juragan.Jamban

:ngakak: se :ngakak: – :ngakak: – nya…

21 02 2013
Adhitya Ramadian

di warung sebelah malah ninin fi fairing meleleh, jadi korelasi dengan video yang ente posting kapan lalu tuh bener, fairing ninin fi ternyata lebih tipis ya?

btw entah sudah laku atau belum, ada ustadz di daerah jatiasih bekasi selatan jual ninin fi 2010nya yg dia import dari thailand, dngan tampang yang sama dengan ironhide tp udah injeksi

21 02 2013
extraordinaryperson

blom pernah punya motor berradiator:mrgreen:

http://extraordinaryperson.wordpress.com/

21 02 2013
jaelan..

ditowel..malik nowel..diciwit..malik nyiwit

21 02 2013
oftshan

ditowel = ditoto men ra rewel ,wkwkwk

21 02 2013
alexoft

ditowel = DITOto men ra reWELL:mrgreen: wkwkwk

21 02 2013
Erit07

Melerrrrrrrr,,,,trluka tuh motor….

21 02 2013
ipanase

enggak di towel mahal juga tuh sensor lek,

21 02 2013
OcehAan

minta ditowel? brati si ninin jadi tambah *genit dong wakakakak😀

21 02 2013
Triyanto Banyumasan

ganti INNAZUMAH SAJAH sanah😀 anti mainstraaammmmm lho

22 02 2013
ridealone01co

Penerawangan dukun di klinik tongfang memang yahud. Tapi jangan sampai keracunan Sym JoyMax GTS250i Evo dari dukun koh Leo. Bahaya…

22 02 2013
rujakcingur

motor larang koq nyusahin, buang ajaa

22 02 2013
Bonsai Biker

ooo baru tahu, kalau beruang muncrat itu cairannya warna ijo, walkakakakkakakkakkaka, kabuuuuur sebelum ditindih beruang !😛

22 02 2013
Onell

Leo…Leo….makin sakti aja lu……hahahaha😀

22 02 2013
randhy cahya

kalo gak mau repot, ganti baru aja😀
http://randhygraphic.blogspot.com/2013/02/kawasaki-er-6m.html

22 02 2013
s

emang kagak nyesel sih kenal dan sempet langganan sama Leo! .. : ) mudah2an Leo masih mau nangani motor saya yang selanjutnya….heheheh ….

27 02 2013
rizkiyupz

centil banget..haha

28 02 2013
Leopold S

Dudukannya bisa kendor kenapa ya Bro

28 02 2013
bennythegreat

faktor “U”…:mrgreen:

28 02 2013
Leopold S

Hihihi…
Msh bisa diganti kalau begitu

2 03 2013
Petter Tesla

Ditowel asyik…

11 03 2013
Trisna Ariwibawa

Ayo towel towel.. Wkwk
http://trexton.wordpress.com/

10 08 2014
toko variasi motor

sambil Nyimak Numpang Promosi Gan, kami Toko Aksesoris Motor menjual produk Knalpot Racing r9 Ninja 250 Fi . Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: