Mau Life Cycle Panjang atau Pendek?

7 01 2013

Kemarin ane ketemu sama seorang aktivis dunia momotoran yang sering jualan moge..rumahnya di daerah Sunter. Pastinya kit angobrol dunia motor.. Obrolan mengerucut kepada topik life cycle sebuah produk. Ia mengambil contoh pabrikan Honda AHM dan Yamaha yang sering sekali menerbitkan produk baru, dari mulai ganti striping sampai ganti spesifikasi.. Ada.. Kemudian ia mengambil contoh pabrikan Suzuki dan Kawasaki yang relatif jarang menelurkan produk baru.

Kemudian ia menghubungkannya dengan masa pakai atau masa layan si produk tersebut. Ia menunjuk ke sebuah motor lawas yang bentuknya masih aduhai hingga kini yaitu Suzuki Bandit. “Ini motor biar udah berumur 10 tahun lebih, tapi bentuknya masih oke, mesin masih yahud.. karatan juga enggak.. Lu liat lagi tuh mobil Porsche, bentuknya abadi, sekali beli bisa lu pandangin sampe tua..kaga usah lu beli mobil baru lagi..” begitu katanya.

kalau yang ini life cycle nya bakal panjang atau pendek ya?

Tapi memang, produk yang punya life cycle lama biasanya dibandrol sedikit lebih tinggi. Karena untuk menutupi kualitas sparepart yang juga lebih awet. Sang kawan yang berlatar belakang pendidikan ekonomi lantas menghubungkannya dengan parameter NPV (Net Present Value) dan juga amortisasi (penyusutan nilai buku sebuah barang). “Nah..elu liat, kenapa motor yang life cycle nya lama harganya mahal, soale sampai sekitar 10 tahun ke depan barangnya masih oke, makanya ketika dihitung NPV nya jadi tinggi..disamping itu juga amortisasinya relatif rendah alias kalau dijual lagi masih tinggi..”

product life cycle (Wikipedia)

“Emang kalau motor sekarang itu umur pakainya memendek, paling 5 tahun pakai tuh motor udah kagak enak.. Beda sama motor jaman dulu, sampai akhir tahun 90-an lah, motor masih bisa dipakai sampai lama. Kalau sekarang kan pabrikan kudu survive, makanya kudu rajin telorin motor baru..Soale pabrikan yang seperti itu udah berada di puncak maturity, produknya lagi digemari, dan sedang jadi market leader..”

Ane lantas komentar. “Kalau gitu kenapa produk AHM nilai jual kembalinya paling oke ya bang, padahal kan kalau dilihat life cyclenya gak lama juga..?”

Si abang menjawab sambil terkekeh.. “Ah, itu kan karena konsumen pada bloon aje, kemakan promosi dan branding merk..”.

Ane pun ikut terkekeh sambil kemudian ngetest si Bandit tua yang ternyata tarikannya masih joss…!! :mrgreen:

Suzuki Bandit (nemu di kaskus)

Suzuki Bandit (nemu di kaskus)


Aksi

Information

44 responses

7 01 2013
peavey

lebih baik naik vespa, walaupun bodi udah karatan namun bisa menyatukan nusantara.
#tagline vespa indonesia 😀

7 01 2013
Wachyu

Itu bandit mau dijual, rapi bener .

7 01 2013
milky bo

Si abang menjawab sambil
terkekeh.. “Ah, itu kan karena
konsumen pada bloon aje,
kemakan promosi dan branding
merk..”. <======= aku suka yang ini hahahahaha

7 01 2013
antografull

setuju gan 😀

7 01 2013
axo92

😆 😈

7 01 2013
Raden Mas Kian Kencang

Setuju sekali

7 01 2013
Adhitya Ramadian

setuju, life cycle panjang tentunya

7 01 2013
ipanase

keren sekarang, 5 tahun lagi ya belum jelas 😀

7 01 2013
Rei

bagus naek sepedah bro

dari jaman belanda sampe skarang tetap di gowes terus

sehat,murah,bermanfaat

1 03 2013
nuk

situ sanggup gowes sepeda dari depok-kota PP setiap hari :p

7 01 2013
si Denog

saya dulu pernah denger om…. masa pakai kendaraan klo dari pabrikan itu sekitar 5 tahun, apakah itu propaganda pabrikan biar produknya bisa dijual terus apa emang faktor kerusakan yang mungkin terjadi pada suatu barang ya??

7 01 2013
Redribbon Army

kalo sekarang cuma 2 tahun… tahun ke 3 dah ganti model baru lagi… 😀

7 01 2013
vanz21fashion

dan produk yg dilempar mah ya gimana market juga si om.. di tiap region life cycle sebuah produk pasti beda2 meskipun barangnya persis sama.

numpang share lah pendapat mengenai inazuma
http://vanz21fashion.wordpress.com/2012/12/25/suzuki-inazuma-250-kurang-greget/

7 01 2013
Dzulfikar

bener sih dr partnya aja lebih mahal tp durable nya lebih bagus.

7 01 2013
ken39

xixixixi. banyak jleb banget tuh pas yg “bloon”

7 01 2013
absoluterevo

Betul betul saya punya suzuki shogun sampai sekarang semkin kiyis kiyis 😀 gooooooood josssssssssssssssssssssssss abis artikel ni 😀

7 01 2013
jaos_konsumen biasa

waduhhh…..bang ben……….udah serius2 saya baca tulisan sampeyan, begitu sampe sini

“Ane lantas komentar. “Kalau gitu kenapa produk AHM nilai jual kembalinya paling oke ya bang, padahal kan kalau dilihat life cyclenya gak lama juga..?”

Si abang menjawab sambil terkekeh.. “Ah, itu kan karena konsumen pada bloon aje, kemakan promosi dan branding merk..”.

ngakak la saya keras2……….

*hahahahahhahahah
numpang buat copas comen ya??

7 01 2013
bennythegreat

monggo… :mrgreen:

7 01 2013
jaos_konsumen biasa

sipp….bang.

8 01 2013
●○ qwerty ○●

oon

😀

wkwk

8 01 2013
●○ qwerty ○●

wkwk….
belo’on_mode_on

7 01 2013
whitesmilee

mantab! produk jadul emang joss

ane jg kesengsem ma bandit

7 01 2013
axo92

mantabbb….

wkwkwk….
paling suka bagian, ” Ane lantas komentar. “Kalau gitu kenapa produk AHM nilai jual kembalinya paling oke ya bang, padahal kan kalau dilihat life cyclenya gak lama juga..?”

Si abang menjawab sambil terkekeh.. “Ah, itu kan karena konsumen pada bloon aje, kemakan promosi dan branding merk..” ”
😆 😈

7 01 2013
axo92

komenku ilang.. 🙄

7 01 2013
juraganneon

kenapa konsumen bisa diblooni? ditunggu artikel pembedahannya mas 😀

7 01 2013
Louis

wah.. berarti gue bloon dong… kan motor gue Honda 😦 :mrgreen:

7 01 2013
Louis

baru nyadar kalo gue Blo’on… :mrgreen:

8 01 2013
juraganneon

yang sabar aja ya is 😀

7 01 2013
smartfaiz

Ane curiga.. lagi niat nuker ninjanya sama bandit ya… :megreen:

7 01 2013
Korban Iklan

jangankan 5thn, beberapa hari saja udah karatan

8 01 2013
●○ qwerty ○●

kek temen gue bloon…., udah jelas matic karbu cap hansip cuma 1:37 masih aja ngeyel bilang lebih irit dari tetangga sebelah yang udah injeksi.

8 01 2013
Raden Mas Kian Kencang

Intinya jangan mau di tipu iklan dan omongan manis setan eh sales maksudnya..be smart

8 01 2013
regnewbie

klo kawasaki gmn…

9 01 2013
adjiest

Reblogged this on anhonymoust friekst.

9 01 2013
riderbiasa

Nah… dulu Pernah Ngobrol ama anggota motor Antique club Indonesia…. Mengenai fenomena honda Tiger yg waktu Itu Animonya luar Biasa sekali….
Gw nanya… Om kok Bisa ya Honda Tiger begitu Mengakar Di Kalangan penggunanya.. Ampe Segitunya Ama tiger…
D
Tu bapak jawab. Ah Itu Sih Pinter2nya marketing Aja. Ama konsumennya pada Seneng Dibodo2in….
Langsung Ane Diam Seribu Bahasa…
Hehehe

9 01 2013
perkin

sudah jelas rangka karatan dibeli = bloon ?

10 01 2013
ayoi

sudahlah masBRo…yg “bloon” biarkan menikmati ke-bloon-nannya…:D

10 01 2013
gogo

wuiih, manteb tuh bandit,, masih mulus n maskulin abis.
desain ny ttp gagah

13 01 2013
Karis

namanya blo’on ya angel dikandani, malah sewot….

http://rideralam.wordpress.com/2013/01/13/produk-baru-yamaha-turun-harga/

14 01 2013
milky bo

kemarin habis ngetap oli spin punya tetangga depan rumah,dia bilang sejak bulan maret 2012 belum diganti…
ane cuma bisa ngowoh kok gak ancur tuh mesin…

15 01 2013
nbsusanto

memang motor keluaran lama lebih joss dibanding keluaran sekarang..

25 01 2013
killbill1

waktu aku beli bebek crystal tahun 1992 harga bandit sekitar 14JRp, setelah 20 tahun harga bekasnya masih sekitar itu juga.

4 02 2013
pengkolandago

Wkwkwkwkwk… Ngakak

6 02 2013
hSuwitra

bang benny, banditnya brp cc mau dijual kah?

Tinggalkan komentar