Kucing Aja Kumisnya Baplang…Kok Spion Motormu Dilipat…??

9 03 2012

Weleh…ada benarnya kata komentar dari keong1964 di artikel ane sebelumnya tentang kebiasaan rider Ninja 250 yang gemar melakukan salah kaprah dengan melipat spionnya ketika riding di jalanan umum.

Berikut adalah komen bro keong1964:

Ternyata ada beberapa kemiripan fungsi spion motor, khususnya di Ninja 250 dengan kumis kucing (vibrissae) lho… Oh iya, ketika menulis artikel ini ane ditemani oleh Kibo yang sepertinya turut mentertawakan pengguna motor yang suka lipet spion… "gue aja gak pernah lipet kumis kecuali lagi ribut sama kucing lain, kenapa manusia suka lipet spion yak…??" begitu mungkin pikir si Kibo yang sebentar lagi berulang tahun ke-4 ini.

Yes…ane sudah cukup mengetahui bahwa kumis kucing adalah salah satu indera yang berguna bagi kucing untuk mendapatkan feel akan benda-benda di sekelilingnya. Dengan adanya kumis, maka si kucing dapat mengetahui apakah sebuah celah dapat ia masuki atau tidak. Berikut adalah kutipan dari Wikipedia:

kucing akan menggunakan "kumis" atau misainya (vibrissae) untuk membantunya menentukan arah dan menjadi alat indera tambahan. Misai dapat mendeteksi perubahan angin yang amat kecil, membuat kucing dapat mengetahui adanya benda-benda di sekitarnya tanpa melihat.

Nah, cukup jelas kan kegunaan kumis kucing…??

***

Bagaimana dengan spion motor? Karena bentuknya yang baplang, si pengendara kerap melipat atau bahkan mengganti spion dengan yang lebih kecil. Dengan alasan "biar gampang menuver dan nyelip-nyelip.." Sebuah alasan klasik yang mencerminkan ketidak pedulian akan keselamatan diri dan pemakai jalan yang lain..sekaligus mencerminkan rendahnya skill berkendara.

Padahal bagi pengguna motor sport seperti Ninja 250, sudah jadi konsekuensi bahwa tubuh gambotnya akan sulit bergerak gesit di kemacetan. Oleh karena itu…berangkatnya pagian doooong…

Namun ada kalanya spion tidak digunakan, misalnya ketika balapan di sirkuit. Spion dan plat nopol wajib dilepas….!! Agar jika jatuh tidak pecah dan membahayakan pembalap lain. Hal ini mirip dengan perilaku kucing yang akan melipat kumisnya ke belakang menempel pipinya ketika hendak berkelahi dengan kucing lain.

Kalau ane pribadi, dengan adanya spion Ninja yang baplang, dapat memperkirakan apakah sebuah celah diantara kendaraan dapat dilewati atau tidak….!! Jika tidak, maka ane akan berhenti di belakang kendaraan tersebut dan mempersilakan motor-motor lain yang muat untuk melewati celah tersebut. Tapi alhamdulillah..selama ini cukup jarang terjebak macet yang menyebalkan….hehehe…

Bagaimana konsekuensinya kalau kadung terbiasa melipat spion ketika berkendara…??

Selain sulit memperkirakan celah dan bermanuver, ada hal penting lain…!! Sang pengendara tidak akan mampu mengambil keputusan ketika hendak swerving dan berpindah lajur….!!

Bayangkan saja ketika riding dengan spion dilipat, lantas si pengendara main belok saja tanpa mengetahui kondisi di kiri-kanan belakangnya. Bisa-bisa tertabrak kendaraan lain…!! Oleh karena itu…sudah sepantasnya rider yang tidak menggunakan spion dengan benar LAYAK DIJAUHI karena BERBAHAYA…!!


Aksi

Information

36 responses

9 03 2012
ken39

artikel apa ini ? kok panjang bener… xixixixiii

9 03 2012
bennythegreat

Menjelang ulang tahun Kibo

9 03 2012
bapakeVALKYLA

tokoh sentralnya si kibo nih 😀

9 03 2012
ipanase

kenapa harus spion aja yang dilipat??harusnya ban juga yang dilipat, ,men kapok,,,,
ninja nih
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/09/new-kawasaki-ninja-150-rr-pakai-radiator-air/

9 03 2012
bennythegreat

Koplaaak

9 03 2012
rifqi

wahh.., ati2 gan aman kucing di jok motor.., ntu kucing senenganya nyakar2.., pengalaman jok motor ane pernak di jadiin ajang asah cakar kucing :hammer

9 03 2012
bennythegreat

Tenang..ini jok ninin sering dicaka3 aman2 aja tuh

10 03 2012
lukadiyo

kalo kulit joknya masih aslinya mah aman2 sahaja bro tapi kalo udah ganti psati bakalan bolong2😀

9 03 2012
aru_kun

Katana nat-geo, fungsi kumis kucing adalah sensor pengukur celah di depannya, cukup untuk dilewati si kucing ato enggak🙂

nitip🙂
http://duarodaku.blogspot.com/2012/03/onboard-gyroscopic-camera.html

9 03 2012
Endrix

yuk mari sama-sama kita stempel, owner Ninja yang Spion dilipat masih masuk kelas alay, sederajat ma alayers bebekers..😀

9 03 2012
masTer Samidi O_O

Gak takut jok digaruk2 buat ngasah kuku kucing tuh bang….?
Dulu jok motor ane jadi korban kuku kucing😦

9 03 2012
masTer Samidi O_O

hehe…ternyata udah ada yg nanya…pissss….:mrgreen:

9 03 2012
Mahardika

buseettt hancur tuh ntr jok dicakar-kacar kucing? Gak takut om…?

9 03 2012
bennythegreat

jok ninin ane sering dicakar aman2 aja tuh..

9 03 2012
yonyon

ancur ya ganti jok baru aja,

9 03 2012
Canyon

Nice info, pake spion hukumnya wajib…
Nggak pake spion mau nyelip takut and harus nenggok kepala kesamping jadi ribet, apa lagi kalo dibelakang ada bus sumber kencono lewat bisa berabe nggak ada sepion.

9 03 2012
kalimalang rider

kirain ngomongin taneman kumis kucing yg bs buat ngobatin batu ginjal..🙂 piss mas bro

9 03 2012
asmarantaka

kulitnya keyennn…beli ntuh kucing berapa rebu om??

9 03 2012
HRM® Corp

ngesir kibo,,, unyu:mrgreen:

9 03 2012
L2super 84

Yen dongeng perKUMISan dadi eling sama KAPOLRI,kumise kapolri unu fungsine r om Ben?

9 03 2012
keong1964

wooooohhhhh …😮

9 03 2012
nanared

jadi ingat kucingku yang ilang dicolong orang oom Ben,jadi pengen nangis

9 03 2012
aditninjamaniac

malah aku sengaja stang diganti ke yg lebih lebar dan spion dibentangkan lebar2..untuk menghindari sikap sruntulan oom..😀

9 03 2012
Gogo

sama seperti antena pd belalang..

10 03 2012
hohe

saya pengguna ninja 250 blum pernah nglipet2 spion waktu riding, tetep aja saya bisa selap selip jadi mnurut saya nglipat spion lbh utk gaya kayanya supaya lbh kliatan keren mungkin ninjanya, tp menurut gw itu malah jd norax…

10 03 2012
Si Jack

Mantabs…. Keluar juga artikel yg saia tunggu2….

Jadi kpengin cerita…. Ada s’ekor Rider n250 kaget dan agak shock ktika sengaja saia salip dg pzoo(tanpa suara)….

Coba kalo spionNya gag dilipet…. Tpasti gag akan terkaget2….

10 03 2012
robotic_munky

klo dari statistik pengamatan saya sih hampir 75% spion motor dijalan ga layak pakai,
sisa 25% yang layak pakai.
dari spion yang layak pakai hanya 10% yang ngegunain (alias 2,5%)
—-
klo ninja250, cbr150 (lama & baru), cbr250 bisa dibilang 80% ngelipet spion, 20% yang ga ngelipet spion hampir smuanya ngegunain spion (ya pengamatan pribadi aja sih😀 )

10 03 2012
Jeskoneng

salam utk si Kibo dari si Kunyil dan si Bello….

10 03 2012
yahonsuwakanja

pe’er pabrikan utk mmbuat spion se’elastis kumis kucing….

tebak siapa yg bisa bikin duluan…?

salam ngbret….

10 03 2012
bennythegreat

Sayang bebek gak punya kumis kaya kucing yaaa…xixixixii

10 03 2012
phantomxy

Kucinge sangar…

10 03 2012
shogun110tromol

masa kalah sama bebek sih? ga malu yaa:mrgreen:

11 03 2012
TDF

walopun ane pake bebek tapi ane tertib lho (malu sama stiker dari ultah koboi “change”)

12 03 2012
Azdi - SociusRider

gue lebih demen liat kibo daripada ironhide:mrgreen:

15 03 2012
tarun

tak sobek jok nininnya !!!
*kata pus

15 03 2012
persamaankuadrat

wah saya makin salut sama kucing
mikroskopdigital
kucing memang benar benar ciptaan Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: