Ini jelas aturan lebay..Apa dasarnya polisi mengeluarkan aturan semacam itu? Ini kan mobil saya..saya yang bawa..apa urusan Polisi? Gak tau apa saya ini orang sibuk..client bisa telepon kapan saja dan saya harus jawab..penting itu!!!
Yang dulu-dulu…naik mobil cuma ber-dua salah..naik mobil gak pakai seat belt salah..sekarang ini lagi.. Polisi maunya apa sih? Mau cari penghasilan tambahan buat merayakan Natal dan Tahun Baru..??? Plis dech…!!
sumber: 26 aprill.blogspot.com
Demikian kutipan komentar salah seorang kawan wanita ane yang menggunakan mobil dan sering sekali harus menjawab panggilan telepon ketika sedang menyetir. Dari sudut pandang awam alias mereka yang belum paham peraturan dan aman berkendara, hal seperti itu amat lumrah.
Pelarangan mengemudi sambil menggunakan handphone dari aspek road safety awalnya merupakan penyimpangan terhadap ATTITUDE berkendara yang ada dalam segitiga RSA (Rules-Skill-Attitude). Namun tentu saja ini akan dibenturkan dengan kepentingan tiap individu yang menuntut kebebasan alias privacy terhadap hubungan horizontal mereka.

segitiga RSA (Rules-Skill-Attitude)
Tanggapan ane terhadap kawan tersebut sebenarnya mudah saja..Cukup bermodalkan kata “cinta”..hehehe..Kebetulan si nona ini sudah punya tunangan…ane mulai lah ceritakan bahaya dari multitasking driving alias mengemudi sambil “nyambi” pekerjaan lain itu sangat beresiko celaka..dari mulai kendaraan nyelonong sendiri ke kiri/kanan karena pengemudinya gak fokus…sampai tiba-tiba menabrak kendaraan lain..wah bisa panjang urusannya..dari mulai ganti rugi hingga hilang nyawa tuh..kasihan khan tunangan kamu tercinta.. Apalagi sekarang ada aturannya tuh..UU no.22 tahun 2009 pasal 160 ayat (1).
“Terus gimana client-client saya..kan mereka sering banget butuh keputusan dari saya?” demikian pertanyaannya..
Wah..ini nih mind set yang salah..seharusnya kita dimanapun berada mampu menganggap diri sendiri itu lebih penting..dan itu diwujudkan dengan selalu fokus ketika berkendara. Caranya gampang kok..Matikan saja handphone sebelum mulai naik kendaraan..beres tho..kita akan lebih tenang mengemudi..dan jelas..dengan demikian kita jadi lebih menghormati diri sendiri. Lupakan boss dan client selama berkendara.. Penting tuh..
Dan..mudah-mudahan setelah mendengarkan sedikit obrolan ane di atas, bro n sist pembaca dapat lebih menghargai diri sendiri selama berkendara entah itu dengan roda-2 atau roda-4, dengan tidak menggunakan handphone.
Kembali ke judul, Peraturan Penilangan kepada pengendara kendaraan yang mengemudi sambil menggunakan handphone seharusnya tidak perlu ada, JIKA pengguna jalan sudah tinggi kesadarannya..
Tapi di Indonesia ini…hmmm..tingkat kesadarannya bagaimana ya?
Silakan nilai sendiri deh..
Btw, itu gambar anak kecil ceritanya nyambung ama keterangan yg mana? Xixixixi…
kan lagi curhat bro..
maka oleh karena itu, belilah mobil yang ada voice command nya…macam f**d f****a hp tinggal pairing bluetooth trus cuap2x deh…qiqiqiqi…
ada yang komen;
Gak tau apa saya ini orang sibuk..client bisa telepon kapan saja dan saya harus jawab..penting itu!!!
=======================
welechhh… kalo klien-nya banyak en bolak balik nelpon berarti tuch orang sibuk en bisnisannya sering “meledak”…
kalo gitu, so pasti tuch orang udah kelewat TAJIR dooonnkk…??? masak sich masih mau nyetir sendiri..?? mbok ya pake “SUPRI” ngapa??
*supri=supir pribadi
IMHO ya bung benny…
yang saya perhatikan nih…bung benny benci bebek, benci peraturan, benci orang yang ga suka celengan, boleh2 aja sih, toh ini juga blog bung benny, cuma coba perhatikan ketidak teraturan di jawabarat terlebih jabodetabek ini, polisi sudah tidak dihargai lagi, supir angkot metro mini, bikers kucing-kucingan dengan polisi, mereka (polisi) juga kerja untuk keluarganya, mereka menerima tugas, mereka menjalankan tugas, mereka mencari nafkah untuk keluarga juga, memang sih ada polisi gadungan, nakal, lepas dari itu, tindakan mereka seperti itu kan ya tidak jauh dari masyarakatnya kan?
coba bayangkan bung benny naik ninja 250 / pulsar nya, trus dari belakang ada yg nabrak walau cuma kena spackbor yg diketahui tuh bikers lagi sms-an, gimana tindakan bung benny, ga perlu muna pasti bung benny marahkan? nah sementara bung benny kontra dengan peraturan ini
maaf bung benny, karena saya pernah kesal dengan bikers yang lagi sms-an, udah jalannya nyantai, ga jelas mau ke kiri atau ke kanan, nutup jalan, kadang aja yg nubruk dari belakang
hmmm…coba baca baik2 dulu bro sebelum beropini. bagian mana yg menyatakan ane kontra dgn aturan ini? 🙂
Hehehe…..kayanya baru baca paragraf pertamanya doang tuh ben
Hehehe…..kayanya baru baca paragraf pertamanya doang tuh ben
*biasakanlah membaca artikel dari paragraf pertama sampai terakhir, lalu dicerna dengan baik, baru berkomentar. PEACE*
DON’T COMMENT https://bennythegreat.wordpress.com FROM IT’S TITLE
ni orang komennya panjang amat, IMHO=In My Humble O’on-ity. Ga kebayang deh malunya, tidur ga nyenyak, ke toilet ga lancar…
mantap TOP BGT artikelnyah
good riders just ride
good driver just drive
cakep banget da ah
kalo pake headset
Kalo handsfree buat nelpon masih ditoleransi kok. Tapi ngga recommended
Kalo headset buat denger musik…..yaaaa…..ntar ada motor klakson mau nyalip ngga kedengeran
tingkat kesadaran berkendara dijalan raya biasanya didasari oleh tingkat pendidikan….salahkah? 😀
setuju mas..
Peraturan dibuat tujuannya untuk mengayomi dan melindungi pengendara yang sudah baik, serta menindak tegas dan mendidik pengendara yang tidak baik. Kalo ngga ada peraturan, yang baik jadi ngerasa teraniaya dan bisa ikut2an ngaco, sedangkan yang ngaco bisa makin ngaco (karena dibiarkan). Dengan catatan, peraturannya diterapkan dengan baik.
Good artikel bro Benny 🙂
yang paling gak setuju ya itu nyala lampu siang bolong< pemborosan dan terkesan mengada2
Setuju om…. ngomong2 RSA ada kepanjangan lain tho..?
lupa titipan http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/12/03/beli-1-gratis-1-tiket-dufan-promo-indosat/
salam kenal bro Ben…!!!ini sdkt crita ttg bos ku…dy orang yg super duper sibuk…dalam genggamannya sll bw 5 ponsel…ndak pas tidur…makan…ng*s*ng…bahkan on the way jg ndak pernah lepas…yg jd mslh itu dy adalah perfeksionis…bila OTW selalu ada patokan jarak aman…jd sll aja ada teriakan AWASS29x…pekokk…dll bila sopirnya ndak ngikut aturan mainnya…lha pernah tak tanyain ngopo koq ndak disopiri kiyambak’an tho pak…?secara sopir wis gonta-ganti n dy jago kl nyopir r4…jwbn ne simpel…aq mending ilang duit 1-2 jt drpd ilang NYAWA karo duit puluhan juta…kesimpulanne nek drpd ilang klien/customer/peluang mending byrin sopir tho…???
setuju bgt tuh, kadang2 kalo ada driver telpon telponan nyetirnya miring miring gw tendang atau gebrak kaca nya biar kaget 😀
titip ya
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
Bang Ben, ngasih info aja ke nona itu. Head unit sekarang udah canggih2, kalo ada telpon masuk (lewat fitur gigi biru) langsung keluar suaranya lewat speaker. Trus tinggal ngobrol deh. Gimana menurut bang Ben ???
om nitip jemuran ya awas kalo nggak di ambilin

aku tadi juga barusan debat soal ini sama paklik, akhirnya tak bilangin aja kalo anda punya tangan 3, otak 2, trus mata bisa 1 liat depan 1 liat bawah ya monggo kalo mau sms-an sambil mengemudi..
jangan gitu dong masbro…
sebaiknya pake headset blutoot aja… atau berhenti sejenak.. pengalaman saya, hampir diseruduk mobil gara2 si dianya nelpon….
dengan nelpon kan mengurangi konsen….
keep calm masbro….
“sejarah hidup-matinya yamah TZ250 (part II.. habis)”
dewataspeedblog.wordpress.com/2010/12/04/sejarah-hidup-matinya-yamah-tz250-part-ii-habis/
Good Article, tambah juga mengenai berhenti dilampu merah malam hari, banyak kejadian saya diseruduk dari belakang kalo berhenti dilampu merah malem-malem maklum saya biasa pulang antara 11:30 malam – 01:00 dinihari, kalo gak yah diklaksonin mobil karena berhenti dibelakang garis putih, semalem juga diserempet bebek mx durentiga kena spion tapi spion doi yang pecah, knalpot freeflow sayang gak lihat nopol terus gas pol ah mungejar percuma paling juga anak kecil yang bawa atau orang yang berpikiran kecil, malah masih teman kerja lokasi masih didaerah mampang dihajar abis sama motor yang ngedrag lagi berhenti dilampu merah, temen bawa KRR. doi koma yang nabrak tewas, pas dah sembuh mau nuntut sapa…Doi kerja diBAR jadi pulangnya ya Malam, jadi ane gak trauma copet kalo malem tapi trauma diseruduk ah jadi bingung kalau kelakuannya kaya gini
setuju, Ben.
Masalah IQ kalau di Indonesia susah diterapin …
Mantapp artikelnya ini gua bangettt SMS-an sambil nyetir motor tapi gua sich SMS-annya pakai jari kaki…..
Ane setubuh banget sama nich peraturan…bukannya polisi mengada2…aturan ini harus ada karna melihat kelakuan pengguna jalan sudah mengkhawatirkan.
Hal ini ane alami sendiri…saat berada dibelakang mobil yg berhenti, ane bermaksud melewati dari sisi kiri, ane nyalain sen…liat spion kosong…br az ngegas..tiba2 nyelonong motor dari belakang dan hampir menyerempet ane…kagetnya setengah mampus. ane ikutin pelan2 dr belakang…pas dijejerin ternyata eh ternyata tuch doi sambil telpon clingak-clinguk cari alamat. eeehhh ditegor malah galakan doi…
bukan bermaksud arogan…akhirnya ane suruh berhenti dan matiin hpnya…ane tungguin n ikutin truss sampe misah jalannya….dah tanggung kesel…sebelum jatuh korban.
benerom ben kalu ber handpone ria jadi ngga konsen
Bagi yang sibuk dengan HP pakai aja handsfree, law gak bisa beli jangn punya HP dech..