2013 Kawasaki Ninja 250 Fi Riding Impression (Part-1: First Look)

14 08 2012

Ninja 250 Fi overall look

Undangan test ride mendadak

Awalnya hari Sabtu oom bro Ito, sang biker gaek yang baru saja menjual Ninja 250 lamanya dengan Ninja 250 Fi sudah mengajak ane untuk test ride, namun berhubung ane sedang asyik molor..yah, terpaksa ane cancel deh.. Eh, di Minggu sore, oom bro Ito yang baru selesai belanja asesoris di Bonjer nge-ping ane menawarkan test ride session Ninja 250 Fi.. Kami pun janjian ketemu di dekat gereja di Kemayoran.

Naik kelas dari Ninja 250 lama lho..

Sekilas mengenai proses “naik kelas” oom Ito dari Ninja 250 lama ke baru cukup mudah katanya. Kebetulan ada kawan yang berniat meminang Ninja lamanya dan kebetulan juga Ninja 250 Fi diluncurkan sekitar seminggu kemudian. Wah..hoki nih.. Dan oom Ito pun langsung ke dealer Kawasaki untuk pesan..dan gak perlu inden, bahkan lebih cepat dari janji sales yang semula seminggu, ternyata 2 hari kemudian motor sudah diantar kerumah. Eh, padahal ane juga sempat dengar curhatan bro Deden, salah satu calon konsumen yang melaporkan ulah sales Kawasaki yang nakal, salaes tersebut meminta tambahan upping bila ingin beli cash..wah..wah..

Jadi ane memang harus teriak “WOW

Kesan pertama melihat Ninja 250 Fi tentu saja “WOW” ya maklum lah, dulu juga ketika Ironhide tiba diantar ke rumah juga ane “WOW”. Kali ini “WOW” bukan karena melihat motor baru, tapi lebih kepada upgrade dan perbaikan signifikan yang ada pada Ninja 250 Fi ini.

tampak depan

Impresi Fisik

Dimulai dari bodywork, overall sangat mirip dengan kakaknya yaitu ZX-10R dan ZX-6R. Bagian lampu depan tampak lebih agresif karena adanya lampu dual reflector dan lampu sein yang menyatu dengan fairing, begitu pula dengan windshield yang mengaplikasikan tipe floating. Baut spion dan windshield menyatu sehingga tak repot lagi bila ingin membongkar. Mekanisme lipat spion juga lebih simple, hanya ada dua posisi yaitu lipat total dan membentang. Pada kedua posisi ini akan terdengar bunyi klik sehingga penyakit baut longgar pada Ninja lama tidak ada lagi.

lampu sein menyatu dengan fairing

Beranjak ke speedometer, aplikasi speedometer digital merupakan inovasi yang paling hot. Bagi ane sih karena ada jam digital..wah, penting ini. Meskipun demikian, kami belum tahu juga bagaimana cara menyetting waktunya :mrgreen: Ada yang menarik pula di bagian switch sebelah kiri.. Selain adanya tombol lampu dim alias pass light, terdapat rumah tombol di sebelah saklar lampu jauh. Disinyalir tombol (yang tidak difungsikan) ini adalah tombol ABS.

ketika speedometer menyala

tombol kotak di samping tombol lampu jauh itu apa ya?

Terdapat sedikit kekecewaan dan kekhawatiran ketika ane melihat segitiga bawah yang terkesan begitu ringkih dan lebih kecil dari Ninja 250 lama. Ane pribadi sih khawatir dengan kekuatannya. Barangkali ukurannya disunat untuk mengurangi berat motor? Kekecewaan berikutnya adalah pada bagian side stand yang kini tidak lagi memiliki fitur safety side-stand switch yang akan otomatis mematikan mesin jika side stand belum terlipat namun rider sudah menginjak gear-1. Hmm..payah juga nih, fitur safety kok disunat?

segitiga bawah kok kecil banget yah..

fitur side stand switch disunat…!!

Sektor tangki juga dipermak, aura ZX-6R terasa banget, terlihat dari ukuran yang lebih lebar sehingga kaki harus lebih ngangkang untuk dapat menjepit daerah tangki. Adanya cover body yang bertekstur juga turut memberikan kenyamanan di daerah lutut.

mesin bagian kanan

Bagian buritan tampak disunat. Ini terlihat jelas ketika ane menyejajarkan Ironhide dengan “Si-Joni” (nama Ninja oom Ito). Ini berakibat jok boncenger lebih kecil, sementara itu spakbor belakang dibuat mundur namun tidak terlalu panjang. Tampaknya R&D Kawasaki mengamati bahwa banyak user Ninja yang menginginkan spakbor yang simple dan tidak terlalu panjang.

Sektor mesin ane amati mengalami perubahan total, dari luar dapat diamati oil filter yang pada Ninja lama berada di bawah, kini dipindah ke depan, khas moge pada umumnya. Demikian halnya dengan tutup oli yang berada lebih menjorok ke bagian depan. Sementara itu, header knalpot dibuat lebih melengkung dan meliuk memutari mesin, ini berbeda dengan Ninja lama yang berada tepat di bawah mesin.

header meliuk di depan oil filter

Selanjutnya, bagian muffler juga berubah, tampak lebih besar, mungkin Kawasaki gak mau kalah dengan CBR 250 yang memiliki cover muffler. Pada Ninja 250 Fi ini, leher knalpot tampak berbeda materialnya, terlihat lebih kekuningan dan tidak keperakan seperti pada Ninja 250 Fi.

Bagian footstep rider dan boncenger juga mengalami perubahan, namun yah, tidak terlalu wow..

muffler dan footstepnya WOW

muffler bisa diganti dengan mudah..

Yang “WOW” justru ada di sector swing arm, terdapat cover rantai yang menyatu dengan spakbor kolong euy. Kini tak perlu lagi khawatir suspense belakang cepat kotor terciprat kotoran dari ban. Selain itu di bagian atas terdapat coakan kedalam yang sepertinya dibuat untuk mengantisipasi air becek agar tidak terjatuh ke shockbreaker. Intinya, kini shockbreaker belakang lebih terlindung euy..

chain cover menyatu dengan spakbor kolong

Berikutnya, bagian kaki-kaki mengalami perubahan pada velg, bentuk rim kini berbentuk “Y”, sayangnya ukuran lebar rim belakang tetap 3.5 inch. Padahal andai saja Kawasaki mendengar suara konsumen, bisa mengupgrade lebarnya minimal menjadi 4 inch seperti pada CBR 250.

kaki-kaki depan

Overall, upgrade dan perbaikan signifikan sangat mengakomodasi keinginan pemilik Ninja 250 lama, bagi yang belum pernah memiliki Ninja 250, dengan harga 49.9 juta Rupiah (non-ABS) motor ini rasanya cukup valueable.

Bersambung ke:

2013 Kawasaki Ninja 250 Fi Riding Impression (Part-2: Riding Impression)


Aksi

Information

37 responses

14 08 2012
Aa Ikhwan

wow ajib om ben 😀

14 08 2012
smartfaiz

isih apikan velg ku 4.5″ (menghibur diri, padahal ngecess :mrgreen: )

14 08 2012
sugiedane

gue harus bilang “WOW” 😀

14 08 2012
si Denog

marai ngilerrr….

14 08 2012
sandy

Versi fi peleknya 3.5 om, untuk ABS nanti selain stripping bedanya velg belakang 4.00, itu setau ane…

15 08 2012
Klangon

Infonya dari mana om…

14 08 2012
14 08 2012
DonnyW

Ternyata makin diliat2 poto aselinya kok gak se”WAH” poto2nya pas launching kemarin ya, makin lama makin biasa….. malah cenderung aneh.. sekilas mengingatkan karakter tampang motchin…

Gatau deh aslinya… masih lebih ber”karakter” Ninin 250 lama… lebih gagah gitu…. gimana menurut omben??

14 08 2012
14 08 2012
nlavia86

itu sepertinya sudah siap dipasangi side stand switch mz, berapa ya harganya unitnya…

#pasang dewe aja

14 08 2012
gary

Ben, deket tombol lampu jauh itu buat lampu hazard…kedap kedip….;)

soalnya ninja 250 FI buat Indo dibuat beda ama yg bakal rilis di eropa dan amrik sono….;)

14 08 2012
bennythegreat

ouw..kenapa gak dipasang yak tombolnya?

14 08 2012
gary

Harga jual Ben….hehehehe….tombol hazard, sensor O2 dan side stand switch….hehehe…kalo dipasang itu semua ninja 250 baru bisa tembus 52-an juta yg versi non-abs….kan sekarang intinya melibas duluan market 250…..hahahaha…tau kan maksudnya….

14 08 2012
bagas29ps

motor mahal, aku ra iso tuku.. aku naksir knalpotnya.. 😀
http://bagas29ps.wordpress.com/2012/08/14/naik-bis-yang-hampir-membawa-maut-orang-lain/

14 08 2012
Adhitya Ramadian

emang keren dilihat dari sisi mana aja

14 08 2012
dickyyudhaaz

kayanya velg blakang 4 inch deh om, sempet liat di dealer sih, penasaran sama yg katanya buatan chemco, CMIIW

14 08 2012
14 08 2012
dipoganteng

ngatur jam kalo ga salah ditahan tombol pengatur jamnya +- 5 detik (biasanya), kaya di mobil2 :mrgreen:

velg tetep 3,5″ kok, cuma bannya 140/70 plek kaya cbr250 😀

15 08 2012
har

spatbor kolong belakang bisa diaplikasikan ke ninja lama gak ini ya, saya pake after market pasangnya harus lepas master rem balakang dan tutup rantai harus lepas. Pun jika ganti kampas rem susahnya minta ampun, kalau bisa pnp bisa jadi great solusion nich…. ( ada spatbornya tutup rantai masih ada plus ganti kampas rem simple

15 08 2012
oonda

Tampang depan minerva banget..

15 08 2012
Ants

Pada Ninja 250 Fi ini, leher knalpot tampak berbeda materialnya, terlihat lebih kekuningan dan tidak keperakan seperti pada Ninja 250 Fi.
————————————–
Bingung nih bacanya. Maksudnya gimana?
Trus itu head lamp punya vario techno 110 ya?
:mrgreen:

15 08 2012
15 08 2012
solo

Pertama. Liat. Wow….
Tp koq lama2. Modelnya ngebosenin yah… (Imho)

16 08 2012
Rizqibe

Itu yang dihilangin bukannya tombol Hazard Sign ya ? Lihat aja di ER-6N sama ER-6F ada tombol persis lokasinya disitu buat hazard. Eh AHO nya motor ini baru aktif pas mesin nyala ya ? Kalau belum nyala cuman lampu senjanya yang nyala.

16 08 2012
gogo

mantab, buku manualnya wajib dikatamin neh, biar tau smua fiturnya..

16 08 2012
Udug

Semakin berisik dan Boros nggak ya …

17 08 2012
reza

mantep…

17 08 2012
denycharol

bro buat ngatur clock nya tinggal pencet reset yang lama, terus adjust deh..
itu di KLX 250 ane bro..
barangkali ninin 250FI juga sama sperti itu..
CMIIW

18 08 2012
Ricard 13

Mantap…

23 08 2012
anton nugroho

kayaknya di velg belakang ada tulisan 4.0 dan velg depan 2.75 deh.

26 08 2012
haicy

menurutku design buritan, seperti kombinasi dari minerva, new vixion, n megapro…belakangny g seagresif dl

16 10 2012
farsellen

luaar biasa style ama machonya….!~
unitnya…. waaalaaaah…. susah dapatnya….!~

17 11 2012
ninjutsu

Velg belakang 4.0 bukan 3.5 ..
Ada tulisan nya kok di velg nya.

1 12 2012
Ekooo

Itu pake cover radiator apa

14 12 2012
Taufik Einstein AZ-Zaini

Demi Allah aq pngin beli braiy……………………..

21 06 2013
ipanase

velg 4 😀

21 08 2013
you know who

itu tombol yg ga ada tombol hazard om,ABS mah ga pake tombol2an -_-

Tinggalkan komentar