Blackberry Messenger untuk iOS dan Android…Lompatan Sukses atau Bunuh Diri?

15 05 2013

Dua hari terakhir ini beberapa milis gadget yang ane ikuti sedang hip ramai membahas dilepasnya aplikasi Blackberry Messenger (BBM) untuk platform operasi iOS dan Android. Beberapa website dan reviewer pun bereaksi. Sebagian besar tentu saja menyambut baik itikad baik RIM untuk “membebaskan” Blackberry Messenger menjadi terbuka untuk platform selain Blackberry.

Bagi ane sebagai user aktif Blackberry, Android dan iOS (yang ini buat mainan anak saja). Adanya multi platform messenger yang sudah membunyai basis massa pengguna yang massif ini membuat ane lebih efisien. Apa maksud? Ya tentu saja ane tak perlu lagi membawa Blackberry kemana-mana..karena yang paling ngangenin dari Blackberry itu bagi ane ya aplikasi BBM-nya saja. The rest is…yah, just a bulky handset yang bikin penuh kantong..hehehe..

No offense buat para Blackberry defender, tapi bagi ane ya demikian adanya..Bahkan setelah mencicipi sekilas Blackberry Z10 pun, ane tak cukup tertarik untuk memiliki Blackberry terbaru  besutan RIM tersebut. Apa pasal? Pertama karena user interfacenya kurang (belum?) cocok dengan ane dan yang kedua, dengan spesifikasi hardware Z10, sangat banyak handset Android yang lebih murah namun dengan kemampuan (dan tentunya dukungan dari Google Apps) yang lebih handal.

Menurut ane, pihak RIM terlalu cepat percaya diri untuk melepas BBM menjadi aplikasi lintas platform. Disinyalir angka penjualan Z10 dan Q10 cukup baik bagi oom Thorsten Heinz sehingga keputusan melepas BBM pun dilakukan.

Last, market akan bereaksi pasca launching aplikasi BBM untuk “umum” ini. Akankah ada fitur khas Blackberry yang “disunat” pada platform non-Blackberry? Akankah ada perbedaan user interface? Akankah ada limitasi tertentu yang akan menarik user non-Blackberry untuk beralih platform ke Blackberry?

Mari kita dengarkan lagu Only Time Will Tell dari Nelson.

NB:

Sudah pada tahu bahwa ada aplikasi BBM for Android gratisan yang bisa mengirim pesan satu arah dari Android ke Blackberry? Nih silakan download di sini.

http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2226209

Lumayan lah buat iseng-iseng..hehehe


Aksi

Information

20 responses

15 05 2013
rusmanjay

siap pasang di android ku

15 05 2013
Aa Ikhwan

bunuh diri mungkin om :mrgreen:

15 05 2013
dhanicsetio

ra nduuee bebe’em 😆

15 05 2013
rifqi

mungkin selain jualan gadget RIM tertarik juga buat jualan App, kan lumayan.. dengan jumlah gadget android+ios sekarang yang luar biasa habitatnya sekali dayung bakan dapat pelanggan baru dalam jumlah banyak, yang jadi pertanyaan selanjutnya, bisakah server RIM nangani user2 baru dalam jumlah banyak

15 05 2013
antografull

pede banged..apa gak bunuh diri tuh RIM

15 05 2013
budi

Pasti ada itungan bisnisnya. Misal,klo mo pake (di droid ato ios) tetep hrs langganan bis ke rim. Mngkn jgn diharapkan kaya whatsapp dkk yg asal ada paket inet langsung jalan. Justru klo menurut ane malah efisien,krn pd dasarnya rim jualan jasa,jd g prlu pusing bkin handset.
Beda ma android ato ios yg penghasilannya dr hardware,klo rim dpt tiap bulan dr layanan bis. Eh,apple jg jualan jasa ding,cm sistemnya msh bagi hasil ma developer atopun label rekaman (itunes ma appstore).

15 05 2013
deidara

gratis gak aplikasinya,,
kalo gratis ya bunuh diri 😀
kalo bayar pasti laku,,,

16 05 2013
budi

Biarpun gratis, tp kalo makenya harus langganan BIS, tetep untung. Malah lebih untung krn lbh banyak user nya. Justru yg bakal ngehambat tuh :
1. aplikasinya berbayar
2. fiturnya dikurangin dibanding BBM di Blackberry
3. ga pake jaringan/server RIM (yg tetep connect walaupun sinyal cm 1 bar)
Makanya ane harap nih RIM ga setengah2 launching nih aplikasi.

15 05 2013
vanz21society

damn gw keburu beli BB -.-a

15 05 2013
ipanase

kamikaze 😀

15 05 2013
haryudh4

Mungkin BB menerapkan sistem royalti kali, makanya gak takut kalah saing…

15 05 2013
BBM an pake android, ketika BBM an tak harus pakai BlackBerry | PERTAMAX7.com tapi belinya cukup premium ^_^

[…] Blackberry Messenger untuk iOS dan Android…Lompatan Sukses atau Bunuh Diri? […]

15 05 2013
Yoshi

bunuh diri, lha wong orang beli bb karena fitur bbm-nya je

16 05 2013
Erit07

Manteps. .

16 05 2013
chinoy

Kemana aja bang Ben baru nonggol…?

17 05 2013
pedrosa

cuih, krn udh mulai gak laku makany sok2an dibuat utk umum tuh bbm. saingan sm whatsapp cuyy.. emg ios mw gt make aplikasi bbm ?? ngimpiii…

18 05 2013
Rollerman

hmmm kayaknya statusnya bakal seperti Kakaotalk,LINE dan WA aja tuh,kan sama2 lintas platform.Malah fiturnya kayaknya lebih banyak LINE,Kakaotalk dan WA (kalau WA hanya berbekal nomer hape).Jadinya yaa semakin turun aja pamornya.salah2 smartphone BB harus ikut arus dari iOS n Android (lha BBM aja skrg udah bs dpakai untuk semuanya)

18 05 2013
rizky

entah om ben,menurut ane kalo di indo pasti sukses soalnya disini bb dan bbm udah merakyat 🙂

20 05 2013
Gosong

Yang pasti, kalo gratis donlotnya pasti bayar/langganan utk makenya
Kalo donlot bayar, cerita lain lagi
Strategi spt blm jelas
User kebanyakan menilai ini langkah bunuh diri
Tp sptnya ceo baru rim ini gak bodoh2 amat, pasti dia udh siapin langkah ke depannya.

29 05 2013
arantan

Saya sih pasti lepas ini be be…
Saat ini satu-satunya alasan nahan be be ya cuman untuk BBM dan BB group.

Tinggalkan komentar