Menghadapi Biker Tukang Pamer

14 03 2011

biker tukang pamer

Dalam pergaulan sehari-hari, kita akan menemukan berbagai macam warna manusia, ada si A yang lugu, ada si B yang jenaka dan sebagainya, demikian pula khususnya pada pergaulan di ranah organisasi dan perkumpulan roda dua, tingkah dan perilakunya bermacam-macam. Nah, dalam rentang ranah pecinta roda dua ini ada yang ane mau bahas..

Sudah lama ane dan beberapa kawan terusik dengan tingkah beberapa orang yang terang-terangan melakukan aksi pamer harta. Awalnya ane cuek, namun kok semakin dicuekin, semakin tingkah mengesalkan itu menjadi. Dan..tak hanya ane yang menjadi sasaran pamerannya, beberapa kawan pun setelah ngobrol-ngobrol bersama ane turut mengiyakan bahwa si Anu itu memang demikianlah tingkahnya.

Gimana sih tingkah si Anu? Well..sebut saja pada beberapa kesempatan, si Anu selalu terlihat asyik dengan dirinya sendiri dan tidak peduli dengan lingkungannya..yah, ini sih sudah diketahui bersama deh..Tapi apa selanjutnya..? Ooo..ketika ngobrol ngariung mengelilingi meja, ujug-ujug si anu meletakkan helm mahalnya di atas meja dengan sengaja, berikut handphone mahal dan gadget terbarunya. Laah..untuk apa coba helm yang semua diletakkan di meja lain dipindahkan ke meja tempat ngobrol? Tak hanya itu..serta merta ia lantas mengalihkan topik ke helm dan barang-barang tersebut dan pencapaiannya yang sudah sukses touring kesana-kemari. Tak lupa ia pamerkan foto-fotonya.

Itu saja? Oh..masih ada lagi..Si Anu rupanya tak suka disaingi..Melihat si Badu membeli barang baru, dengan sigap Si Anu “menyalip” dengan membeli jenis barang yang lebih tinggi tingkatannya dan..tak lupa ia bertanya kepada si Badu.. “eh, elu beli barang itu dimana, harga berapa?” si Badu menjawab “gue beli Rp sekian di lokasi ini bro..”. Dan Si Anu segera menyalip kembali “lah, gue beli seri yang paling baru cuma sekian nih..di toko ini..kok punya elu mahal?”

Hmmm..gimana tuh bro? Menyebalkan atau wajar?

Kawan, ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang bersikap demikian. Ditilik dari latar belakang keluarga, oh, ternyata si Anu ini adalah orang yang notabene mampu dan berkecukupan, lalu buat apa sih ia pamer sana sini? Barangkali sewaktu kecil ia adalah orang yang tidak memiliki achievement dan membutuhkan penghargaan orang lain. Sehingga dilampiaskan ketika dewasa. Benarkah begitu? Ane hanya menduga-duga..maklum bukan ahli psikologi.

Ternyata pola tindak-tanduk si Anu terlihat.. Ia menjauhi pergaulan yang sifatnya guyub juga kegiatan sosial, ia merasa gak level bergaul dengan orang macam itu. Ia merasa pergaulannya haruslah lebih tinggi. Ia memilih kegiatan yang sifatnya populis dan “wah”. Tak lupa juga, sebuah blog menjadi alat wajib bagi dirinya untuk mengekspresikan dan memamerkan segala yang ia dapatkan.

Beberapa minggu lalu, ane tampik ucapan seorang kawan yang sepertinya sangat kesal terhadap si Anu “ah..itu mah ente aja kali yang iri..emangnya gak boleh orang dapat rezeki lebih..?” Ujar ane sambil terkekeh. Namun kawan ane malah misuh-misuh..:mrgreen: Ealah..beberapa waktu kemudian ucapan kawan ane terbukti. ane lihat sendiri tingkah si Anu ketika berada di keramaian kawan-kawannya.

Owh..rupanya tipikal tingkah si Anu selalu memanfaatkan keramaian untuk ia jadikan penonton. Ketika kawan-kwan sudah berkumpul, berbagai barang mahal ia pamerkan dengan sengaja. Decak kaum kawan-kawan menjadi makanan lezat bagi jiwanya. Ia merasa sangat puas di atas wajah-wajah iri mereka. Ini terlihat jelaaas…sekali… Astaghfirullah..ternyata sifat SNOB itu benar adanya…!

Beberapa kawan lain yang terpancing mulai ketularan sifat tak mau kalah..Dengan kemampuan yang ada mereka mulai ingin menyaingi si Anu. Pada suatu kesempatan..ajang kopi darat yang seharusnya penuh dengan guyub dan canda tawa sontak berubah menjadi ajang pameran harta..Haduh biyung..capek deeegh..

Bahkan ane pun pernah menjadi sasaran pamernya. Mengetahui ane membeli barang bermerk, ia tak mau kalah dan selalu mencoba menjatuhkan barang ane di depan umum (mailing list). Bahkan sempat mengejek sinis..“elu sih udah nikah dan punya anak, makanya jadi gak bisa bla..bla..bla..”

Yah..ane hanya mengelus dada saja (bukan dada Yayuk lhooo :mrgreen:). Bagi ane, harta benda itu adalah fasilitas semata mencapai kebahagiaan. Untungnya lagi, ane sudah baca artikel-artikel rohani dari blognya Mas Triatmono. Jadi yaah..ane adem ayem saja. Sempat timbul niatan untuk membalas..Tapi ah..buat apa..?

Kawan dekatnya mengetahui apa yang ane rasakan dan ia mengatakan. “Coba bang ben naik haji atau umroh saja..atau menyantuni anak yatim sebanyak mungkin, lihat tingkah dia gimana..” Walaah..ini lagi, mau beramal kok ya untuk membalas tingkah orang lain..ndak bener itu niatnya..

So, bagi ane, tingkah si anu yang tukang pamer ini cukup disikapi dengan doa saja. Memang..di usia produktif, seseorang mudah termakan hasutan harta, tahta dan wanita..Kalau mau membalas..oalaah..hartamu cuma segitu saja sombong..nanti kaget liat hartaku. Tapi untuk apa terjebak dalam persaingan harta.

Ternyata hal-hal seperti berkumpul akrab dengan kawan-kawan di tempat yang merakyat, melakukan aksi sosial bersama-sama, hingga berkumpul bersama teman-teman panti asuhan di kala bulan Ramadhan dan meluangkan waktu bermain bersama si Kecil masih lebih nikmat bagi ane..dan sungguh hal seperti itu tak perlu dipamerkan. Cukup konsumsi pribadi saja..tanpa bermaksud riya, yang perlu dipamerkan adalah niat dan gerakannya.. Semata-mata hanya ingin kawan-kawan mengikuti amalan baik dan tidak terjebak gelimang harta..

uang bukan segalanya

Berikut adalah sebuah artikel menarik yang ane ambil dari sini:

***

Di hidup kita, pasti ada banyak teman dan relasi yang amat gemar menyombongkan prestasi, harta, kedudukan, gaji, kemapanan, sisi positif pasangan, kemajuan usahanya, barang mewah dan seluruh hal-hal berjenis seperti itu. Lucunya mereka sepertinya tidak akan pernah sadar kalau seluruh lawan bicaranya sudah amat muak mendengarkan pembicaraan sampah yang hanya penting bagi dirinya itu.

Namun jangan buru-buru kesal terus, karena bisa berakibat buruk bagi kesehatan jiwa dan kondisi mood kamu :) Kamu bisa dengan terselubung “memainkan” orang-orang tersebut dengan cara:

  1. Sengaja memuji/meninggi-ninggikan secara berlebih-lebihan di saat orang itu memulai aksinya. Biasanya orang tersebut semakin gencar bercerita kehebatannya. Dan itu artinya semakin membuka banyak informasi yang bisa sangat menarik untuk digosipkan (baca: mengolok-olok di belakangnya) bersama teman-teman dan tertawa terbahak-bahak :D
  2. Menjadi orang yang amat rendah hati dan misterius bisa membuat mereka mati penasaran dan frustasi, karena mereka tidak berhasil “membandingkan” kamu yang amat tidak seberapa di matanya. Contoh:
    • Si reseh: “Wah denger-denger sudah kerja 5 tahun yah di perusahaan itu? Gajinya pasti gede banget yah?”
    • Kamu: “Ya gak setinggi kamu lah pasti, kan masih staf biasa” (sambil senyum)
    • Si reseh: “Hayo dong kasih tahu, kisaran berapa?”
    • Kamu: “Ya masih kisaran UMR lah” (sambil senyum-senyum)
    • Si reseh: “Hehe payah ah, kira-kira 5 jutaan yah?”
    • Kamu: “Eh gimana kabar bokap nyokap lu? Sehat-sehat aja kan?”

    Dari pembicaraan diatas, pengakhirannya pasti membuat dia gusar dan kesal karena:

    • Kamu langsung mengganti subjek pembicaraan.
    • Kamu konsisten rendah hati dan bikin ia penasaran. Dan ditambah senyam-senyum pula.
    • Kamu tidak menanyakan balik dan memberikan tanda-tanda ketertarikan mengenai gajinya ataupun hal-hal lain yang berhubungan dengan harta-nya, padahal dia sudah sangat ingin ditanya sekali.

Orang sombong? Ke laut aja yah!

***

Bagaimana dengan ente? Mari berbagi pendapat..Bagi yang merasa..semoga sadar yeee..

:mrgreen:


Aksi

Information

73 responses

14 03 2011
vrz_evolution

pertamax?

15 03 2011
alice pngen .....

keduax

14 03 2011
bayu

Gawat.. kesombongan pun tak lepas dari teropongan om Benny the Great Bear! hahahah.. Eneg ya om liat yang begituan…

14 03 2011
bennythegreat

karena hati ane yang bicara.. blogger juga manusia..:mrgreen:

14 03 2011
Joe Trizilo

he.he…he… artikel yang bagus mas benny….. btw kapan kita bicara dua hati aja….

nitip lapak mas…

Jangan jadi korban dari setan kredit….. ih takut….

http://joetrizilo.wordpress.com/2011/03/14/pilih-mana-ya-beli-sepeda-motor-baru-dg-kredit-ato-bekas-tapi-cash/

14 03 2011
bennythegreat

monggo mas bro.. gak cume ente yang mau bicara 2 hati saja.. yuk email ke bennythegreat.wordpress.com

18 03 2011
bla.. bla..

SNOB apa c mas bro??

14 03 2011
bennythegreat

maksudnya ke bennythegreat@gmail.com🙂

>

14 03 2011
Joe Trizilo

sip bosss…… tunggu hatiku ke hatimu….. [terlalu puitis]…..

14 03 2011
nadi

Mereka berdua MAHO gaaaaannn…..:mrgreen:

15 03 2011
zaqlutv

xixixixiiii… maho detected…:mrgreen:

14 03 2011
vrz_evolution

Yg ky gitu klo barang2nya ilang jg lngsung diem..xixixi

14 03 2011
#99 bro

wow…

14 03 2011
girifumi

saya pake bebek, Alhamdulillah tidak membuat saya junub,eh..jumawa maksud saya…

14 03 2011
joe trizilo

astaghfirullah….. cak giri ternyata suka “make” bebek… apa bebeknya gak minta pertanggung jawaban??? xixixixixii cenat-cenut……

@ Mas Benny…. Link blog saya yang dulu, yang masih nangkring dengan nama Borneo Rider mohon kiraya diganti dengan yang baru….
http://joetrizilo.wordpress.com
Terima kasih banyak…..

22 03 2011
KmphLynx_07

huahahahahah
salam kenal om tri

14 03 2011
jakatimur

setelah membaca berulang-ulang, mendalamai dan menganalisa tulisan masbro, akhirnya saya menyimpulkan bahwa UANG SERATUS RIBUAN YANG MASBRO TEMPEL ADALAH UANG PALSU!!!!

14 03 2011
bennythegreat

GUBRAAAKK…:mrgreen:

23 03 2011
wayoe

Hasyu….
We baca serius eh tibae cuma mo bilang UANG PALSU….

14 03 2011
kingrider

Akang big boss Benny, ini masih soal break nya KoBOI ya? xixixixixi …kabuuurr…

14 03 2011
bennythegreat

hohoho..tidak juga tuch..

15 03 2011
kriket

tidak juga tuch berarti sedikit-banyak ada,
hehehehe…
ikut kabur ahh…

14 03 2011
aldi

wah.. kok sama ya, akhir2 ini ane jg punya pikiran gitu..

tapi yg beda, ane introspeksi diri aja,
kadang2 kita ngobrol sama orang yang ngga sealiran atau ngga “setingkat” itu jg bs dikatakan sombong loh..

misal, kita ngobrolin ttg motor kita.. sama orang yg ngga punya motor, niatnya sih ngga pamer.. cuma curhat, tapi yg ngga punya motor kan belum tentu? bs dikatain sombong..

tapi kalau jelek2in barang orang, gara2 kalah saingan, ya SNOB 100% namanya

hehehe.. keep all the good writing dude!

14 03 2011
nunoe

hahaha…paling sebel kalo ada temen yg kalo udah ngomong, tau2 masuk ke harta..materi..harga barang dll…
ane sih santai aja, gatau kenapa..ngga terlalu napsu sama harta..:mrgreen:
kalo ketemu yg model gitu, ya ane terapin jurus2 yg diatas…senyam senyum…dan tiba2 ngalihin topin pembicaraan…ato kalo udah kesel banget, ane muji2 tapi dengan nada ngeledek:mrgreen:
mudah2an aja beliau cepet sadar…cepet dibuka pintu hatinya…bahwa, harta bukanlah segalanya..dia bukanlah yg paling kaya di dunia..🙂

14 03 2011
ifan

Nice om..
Uneg2 dan curahan hati yg cukup menyentil…
Jempol buat “meluangkan waktu bermain bersama si Kecil masih lebih nikmat…”

14 03 2011
Igfar Pramarizki

makasih mas.. artikel yg sedikit mencubit saya sebagai manusia biasa. saya mo coba berkaca dulu.. apakah tanpa saya sadari saya udah berbuat riya? mari kita bercermin..

btw, itu nama ‘si resex’ namanya siapa? Saya di kantor dipanggil Reshi.. bos saya manggil saya RESEKKKK….

makasih mas.. jempol buat artikelnya..

*pergi lagi naik Ducati Diavel yang baru beli kemarin krn naik gaji :P*

14 03 2011
asmarantaka

yah biarkan saja doi pamer om…anggap aja dia kayak kentut…bar mambu ilang:mrgreen:

14 03 2011
dnugros

masa kecil kurang perhatian dari orang tua kali brow…jadi gitu dech

14 03 2011
cah nglegok

bersyukur ja punya teman yang “mampu”…di doakan biar makin “mampu”…di doakan agar dimudahkan hidupnya…di doakan agar tanpa ada masalah menghadapi hidupnya…karena cuman orang2 tertentu yang seperti itu…dah itu udah menjadi keputusan dari “Tuhan” atas “Hamba2-Nya”…

14 03 2011
adjokasep

sombong juga percuma wong masih pake mocin jadul…heheheheh

14 03 2011
gold d roger

masuk ghibah ini om

14 03 2011
dukun gila

jadi inget blog sebelah
ada artikel pamer bisa beli rumah
padahal beli juga pake duit emaknya

dia juga pamer bisa jalan2 keluar negri
gak taunya pake motor orang

sok banget jadi orang
kerjanya cuma bikin iri orang lain

kalo ketemu tak taboki tuh orang

14 03 2011
Dismas

Hmmm, orang sombong bikin hati panas😀

14 03 2011
terong amnesia

pamer miskin2an juga ada…:mrgreen:

14 03 2011
14 03 2011
ardhinugros

jadi SNOB Kalo hartanya berlimpah mungkin bisa dimaklumi..:mrgreen: lha tapi kalo hartanya pas2an..? demi gengsi dibela2in kridit.. yang penting tampilan wah… besar pasak daripada tiang karena pagar dimakan tanaman😀.. cilakanya penyakit pamer bin gengsi ini menghinggapi banyak orang di Indonesia😦

14 03 2011
ANDRI

itu namanya sodaqoh dengan kesombongan, bgitu kira kira, sombong ternyata tidak selalu dosa, ababila kita niatkan untuk membalas kesombongan orang lain , agar orang tersebut insaf..

14 03 2011
banzai

punya barang bagus dikit aja langsung pamer, harusnya pamer ke tukang pajak. kan udah disediain di form SPPT🙂

14 03 2011
lae togar anak medan

orang zombong pun mati nya. xixixi…..

14 03 2011
Igfar Pramarizki

mau pamer mas, kalo saya punya blog : http://motorbiru.wordpress.com

14 03 2011
el barto

gampang kok bikin diem orang2 sombong tsb
caranya punya istri atw pacar yg lebih cantik daripada si snob, dijamin gak bisa menyombongkan diri lagi.
segede apapun materinya kalau pasangannya kalah cantik/ganteng status sosial dia sudah kalah hehehe

14 03 2011
ridertua

“Namun kawan ane malah misuh-misuh” kikikikikikiki ampun dah kocak nih orang.. 🙂

14 03 2011
kang_ulid

intinya adl INTROPEKSI DIRI, jngn ampe buruk muka cermin dbelah!

14 03 2011
bodats

ben, itu duit cepek yang lu pinjem? pantesan jadi lusuh, lu potoin mulu sih…
pantes….
*makan mendoan, makanan rakyat bermartabat dan nikmat*

23 03 2011
wayoe

palagi gratis om….

14 03 2011
Basho

Saya biasanya pake cara yg ke-2. Terbukti selalu efektif

14 03 2011
Tiyo 2010

Artikel yg cukup menohok bang ben, bikin ybs cenat cenut, 2 thumb up!!! Lanjutkan,

14 03 2011
Anto

wah, bisa untuk refleksi sampeyan sendiri tuh.

Jgn terlalu nyombongin performa Ninja 250 R mulu, ntar disalip CBR 250 R malu lagi.

Cuma saran aja sih😛

14 03 2011
bennythegreat

Wehehehe..ane selalu mencoba kritis kepada segala hal..

Barangkali bro harus baca artikel ane seputar ninja vs cbr..ada banyak loh..

14 03 2011
Joko t

Wkwkwk…untung bung ben naik ninja, coba naik bebek..apa ndak lebih ditindas lagi?🙂

14 03 2011
electra/kentung

toknewae engko ra nyampek 100th nak wonge mati dewe
di kubur kei mori di uruki lemah trus di tinggal bali karo penganter jenazah truss arep pamer karo sopo…
pamer karo malaikat malah langsung di gebuk mritil sak debu debuuuuuuu

15 03 2011
Mbah Dukun ... ┌П┐(‾.‾҂)

orang kayak gitu mending di diemin aja ben … ntar lama lama capek sendiri kok!😉

15 03 2011
willy

pheshan owe : jang namanya hidoep ini memank pershaingan, ada yg kaya dan yang miskin😆 😳

15 03 2011
lekdjie

atas aye maho gan,xixixi..
‘melu2 um nadi-siapkan penangkal santet kw1’

15 03 2011
lekdjie

waduh kliru,maap um willy..xixixi

15 03 2011
willy

emank owe MAHO koq😆 alias manthan homosek (hobi motor seken)😳

15 03 2011
15 03 2011
Ajeng Rismaniar

haha….

15 03 2011
bjubah hitam

Bumi itu bulat kadang kita diatas kadang pula kita dibawah yang penting apakah pada waktu kita berada di posisi atas kita akan berlaku seperti kawan kita yg sombong (walaupun mampu) atau tetap bersahaja…??

23 03 2011
wayoe

Mbetul om…
Roda itu bulat kadang diatas kadang dibawah….
sesekali senang sesekali susah
NAmun kalo pas susahnya aga lama mungkin rodanya kecebur got om jadi sulit muter keatas lagi
wkwkwkwk…….

15 03 2011
kriket

saia juga tiap hari kena “pamer” ampe kesel dan pegel2😡
pamer –> PAdat MERayap:mrgreen:

15 03 2011
xanteria

tak hanya harta, semua yg kita miliki “cuma titipan sementara” yang setiap waktu bisa diambil dan akan dimintai pertanggung jawabannya kelak..

“bumi selalu berputar dan masih ada langit di atas langit..”

15 03 2011
HB

Oh sheeet…jd tersinggung ney!
┌П┐(‾.‾҂)
┌П┐(‾.‾҂)
┌П┐(‾.‾҂)

15 03 2011
dwi

Mas Ben …pernah denger ‘wayang sekothak dudu arjuna kabeh?’ ya manusia seperti itu adanya tinggal bagaimana kita menyikapinya …
**ndhingkluk, loman lan andap asor**

15 03 2011
Shark

wah…kalo punya penyakit itu harus berobat kemana bro?

15 03 2011
zaqlutv

biarkan saja om ben, kalo kita jadi panas hati karena ulah dia berarti kita belum bisa menjadi lebih baik dari pada dia..🙂
ntar juga cape sendiri orangnya..

15 03 2011
gaplek mania

di komplek perumahan juga lo.
walaupun cuma kuli pabrik.kadang kalo tetangga beli sesuatu jadi iri.trus beli juga
yg penting gimana kitanya.bisa gak mengontrol diri.kalo gw sih cuek aja.tetangga mau beli pesawat cuek2 aja

15 03 2011
ahmed

tulisan tulisan bang Benny mantap – mantap kali ah., jujur, percaya diri, tegas, apa adanya. mantap mantap mantap

16 03 2011
martini

absen on benn…………..oh…si anu yang gede anunya ya??? biarin ajah om….coba ente ajak tanding besar2an badan!! masih sombong gak si anu?? langsung mancal supra-fit…gas pol..wedi nek di oyak dibandem helem SNI…..wekekekekeke

20 03 2011
POSH

kalo aq diem aja ben…kalo dia mulai mancing ke arah pamer tak tinggal ngobrol ae karo cah liyane….
tp inget jg bro benny…jangan sampai abis nulis ini sampeyan kayak gitu jg ama orang laen….hehehhehee
piss

24 03 2011
hairus mataram

alhamdulillah, semoga kita tidak termasuk kedalam golongan seperti itu masbro… amiin

12 11 2011
waty

aq jg pnya tetangga tkg pamer,br pnya perhiasan z udh smbong bgt.anK’Y d pkein emas mlai dr anting mpe k kaki,sengaja biar smua org tw!nybelin!bkn’y aq iri..aq tw dulu mtor’y d tarik dealer gak mampu nyicil tp skr br sgtu z dh smbong bgt..najis!

6 01 2012
Sarwoord

klo gw mah slow slow aja klo orang mau pamer harta.. dalam hati, ya hartamu lah itu. selama ga ganggu gw, gw ga peduli, lw mo sombong, lw mo pamer, sabodo teuing…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: