Kredit CBR 250R, Bisa Dapat Pulsar 220..?

15 03 2011

Usai mendapatkan informasi simulasi kredit Honda CBR 250R, ane terperanjat..terlebih setelah menghitung dengan kalkulator.

Kenapa? Nih dia..simulasi kreditnya.

tabel simulasi kredit cbr250

Katakanlah ane adalah rider yang ingin naik kelas dari bebek..dan bebek ane hanya laku dijual Rp 7.000.000,- saja..hiks..Karena ane sangat ngebet dan gelisah nggak bisa tidur akhirnya tabungan ane harus dijebol, dan rupanya mentok-mentok ane hanya dapat tambahan Rp 3.000.000,-.

So, untuk menebus Honda CBR 250R, ane hanya punya uang muka 10 juta Rupiah sajaa..hiks..

Di tabel simulasi kredit, ane lihat lagi, dengan uang Rp 10.000.000,- cicilan paling kecil adalah Rp 1.606.000,- per bulan selama 32 bulan berturut-turut (hampir 3 tahun). Walaah, gede betul…!! Padahal gaji “hanya” Rp 3.000.000,- per bulan..hiks..

 

CBR 250R, asmara tak kenal logika..

Tapi demi cintaku pada Honda CBR 250, ane akan rela menempuh 32 bulan hanya dengan kurang dari setengah gaji tiap bulannya..😦

Logis..enggak..logis..enggak..ah masa bodo, Cinta pada kendaraan dengan harga segitu gak kenal logika..👿

Lalu kalkulator beraksi..Hmmm…let’s see..

Total cicilan adalah Rp 1.606.000,- per bulan x 32 bulan = Rp 51.392.000,-

Ditambah uang muka (DP) Rp 10.000.000,- menjadi total Rp 61.392.000,-

Sementara harga cash Honda CBR 250R adalah Rp 39.900.000,-

Ini artinya ane harus membayar bunga sebesar Rp 21.492.000,- selama 32 bulan.

Jika dibagi rata maka per bulannya ane harus membayar Rp 671.625,- per bulan (hanya untuk bunga saja). Sebagai “hukuman” karena ane malas menabung untuk beli motor secara cash.

Hmmm..ane lihat lagi hasil hitungan ane..Jika ane beli Honda CBR 250R secara kredit dengan DP Rp 10.000.000,- dan cicilan Rp 1.606.000,- selama 32 bulan, maka ane akan “kehilangan” Rp 21.492.000,-

Pulsar 200 + Givi V46

Weleh..Rp 21.492.000,- itu sebanyak apa yaa..? Hmmm..ane bisa beli Bajaj Pulsar 220 DTS-i seharga Rp 18.600.000,- dan ane masih punya sisa uang Rp 2.892.000,-. Sisanya bisa buat beli box GIVI V46 plus bracket tuh…!!!

Jadi gimana yaagh..??

Daripada bingung kemakan cinta sesat sesaat, lebih baik baca dulu deegh artikel berikut dari blog ane dan bro Joe Trizilo:

Menahan Godaan Motor Baru dengan Menabung

Pilih mana ya??? beli sepeda motor baru dg kredit ato bekas tapi cash????

Silaken dipikirken dan ditimbang masak-masak..Mau dikemanakan uang ente? Itu adalah hak ente..kami hanya memberi saran saja..:mrgreen:


Aksi

Information

76 responses

15 03 2011
bejo n trimbil

ppertamax dit kridit

15 03 2011
joe trizilo

cocok dengan peribahasa “rayuan manis berbuah mringis”…..hiks.hiks.hiks….

15 03 2011
Maskur

Sangat setuju sekali…………….

15 03 2011
banzai

sebaiknya jangan mencicil barang mewah. artinya kita belum pantas untuk memiliki. mencicil itu kebutuhan yg sgt mendesak saja. biasakanlah untuk menabung.

15 03 2011
segleng

kredit barang konsumsi emang nyesekin…udah nilai barang semakin lama semakin turun…apalagi motor ada biaya perawatan n bensin.

15 03 2011
bjl

Biar tekor asal kesohor

Itu belum itungan depresiasi double declining segala..
Jatuhnya ya jembret…

15 03 2011
bennythegreat

Double declining iku opo..apakah masih sodara sama reclining seat?
Mohon pencerahan mas..

Salam korek Marlboro..xixixixi

15 03 2011
joetrizilo

kira-kira declining sama cleaning service opo juga sama to???? soale sama2 pake ‘ning’ mohon pencerahannya juga mas……

15 03 2011
Vespa Ijo Rider

entu istilah “orang ekonomi” bang ben..

kayak mirip istilah di pelajaran IPA jaman SMP..
belajar ilmu kompas ada istilah inclinasi dan declinasi.. artinya sudut kemiringan positip dan negatip..

mungkin declining artinya sudut kemiringan negatip pada grafik yang terkait dengan penurunan nilai jual..
gampangnya grafik harga nilai jualnya turun drastis alias nukik tajemm karena adanya double declining (dua kali kerugian)..

GETOOO KALLEEEEE….!!!
Monggo dikoreksi kalo salah…😀 😀

CIAOO…

15 03 2011
aldi

itu sih bukan aset bro.. jadi jangan memaksakan diri..

kalau duit pas-pasan sih, mending mikir value aja, jangan mikir gengsi..

15 03 2011
perry

Masalahnya klo mau beli cash susah bener Bro, ada aja alasan salesnya, inden lama bener, gua termasuk salah satu korban nya, sama kayak itung2an ente Bro Ben, bunganya itu yang bikin nafsu, akhirnya ane milih yang gede ama jumlah bulan yang paling singkat, itung2 ya gak terlalu gede lah ane bayarin bunga, ketimbang kelamaan dapet NMP yg dah ane tunggu2.

15 03 2011
willy

namanya djoega barank bagoes pasti diharghain lebih tinggi dhonk😆😳

15 03 2011
willy

ayou2 pada dibeli New CBR nya ntar klo ga sanggoep bayar paling ditarik leasing trus dilelang dech, loemayan khan klo ada cbr lelangan😆😳

15 03 2011
lekdjie

la itu baru cbr um.la ninja gimana?miwon kan-sami mawon?blum lg dukati mongster rasa komatsu 696?
-kok malah eling alrozi y?!-

15 03 2011
Vespa Ijo Rider

ada yang kurang bang ben dari tulisannya;

—–
” Hmmm..ane lihat lagi hasil hitungan ane..Jika ane beli Honda CBR 250R secara kredit dengan DP Rp 10.000.000,- dan cicilan Rp 1.606.000,- selama 32 bulan, maka ane akan “kehilangan” Rp 21.492.000,-‘
—–

harusnya ada tambahannya lagi bangBen.. yaitu harga jual kembali sepeda motor yang terdepresiasi selama 3 taon tersebut..
kalo itung2an pedagang sich bisa sampe 2-3 juta pertaonnya..

jadi dalam setaon ente bakal “dirampok” sekitar ;
Rp 21.492.000 + (6-9 jutaan) = yachhh sekitar rp 30 jutaan lagh..

artinya ;
kalo ente rajin menabung en mau sabar dikiittt aja selama 3 taon.. ente bakal bisa beli cash CBR250 plus CBR150 versi lawas (second)

GILEEEEEEE….!!!! 😀 😀 😀

15 03 2011
hadi

iya…kalo 3 tahun kemudian harga CBR250 masih tetep, kalo udah naik? lho wong 3 bulan aja bisa naik kok!
ya….nabung lagi dan nunggu lagi donk..xixixixiiiii…..

15 03 2011
AAA

Yaaa nabung pake koin emas laaah. Tiap bulan duitnya konversi ke sekeping dinar..
Dijamin 3 tahun lagi dapet 3 motor… Tuuh duit tahan inflasi malah itung2 investasi…. xixixixi

15 03 2011
Niko P.

Menurut perhitungan Bro Benny diatas, kalo gak kliru saya ngitung bunga kredit rata-ratanya adalah 18%/tahun (21,492,000/3)/39,900,900. Sebenarnya anda nggak bisa nyalahin harga motornya, melainkan pihak leasingnya yg mengambil keuntungan terlalu tinggi…

Kalo gak salah, biasanya bunga leasing pada umumnya adalah 15% untuk kredit satu tahun, yang terus menurun sampai 12% untuk kredit 3 tahun. Jadi dalam kasus ini, pihak leasing “memanfaatkan” hype peluncuran CBR untuk mendongkrak keuntungannya. Apakah hal spt ini tidak terjadi pada saat peluncuran N250 pada th 2008?

15 03 2011
Niko P.

To be fair, saya berikan perhitungan kredit untuk N250 dari Adira dengan DP dan Tenor yg sama dengan contoh bro Benny: Dp 10 jt dan cicilan 32 bulan. Menurut Adira, cicilan yg harus dibayar adalah Rp. 1,819,000, sehingga total DP + Cicilan adalah Rp. 68,208,000, dimana Rp. 21,708,000 adalah bunga. Bunga leasing rata2 per tahun adalah 16%, yg meskipun juga merupakan bunga premium, tapi masih lebih rendah drpd bunga leasing yg dipakai untuk contoh penghitungan bunga CBR. Namun tetap aja, bunga 3 tahun juga bisa untuk membeli 1 unit Pulsar 220 + Box Givi + bracket😀

Sumber: http://www.kredit-motor.com/download/KAWASAKI_ADIRA.pdf

15 03 2011
ifan

Wuaduh omben, skrng dgn 2.892.000 dah ga dapet tuh V46, apalgi itu pake wingrack.. Skrng aje dah V46 3jt n wingrack 1.9jt

15 03 2011
bennythegreat

Tergantung belinya dimana..hehehe..

15 03 2011
SEMAR

udah ada segmennya sendiri sendiri…:D

15 03 2011
sabdho guparman

masyarakat kita sudah biasa disiksa sama bunga kridit ya om,
tapi yang namanya udah seneng ya memang sudah ndak pake logika lagi . . .
dan itu dibaca betul sama leasing

keep brotherhood,

salam,

15 03 2011
k3blekx

Whahahaha,,betul skali mas broo..
Tp ingat,kl di kredit itu ada trmasuk asuransinya..
N stu hal lg,,kredit cbr 250 aj bs buat beli pulsar!!aplg kl kredit ninja 250??
Bs buat beli mobil tu…

15 03 2011
Niko P.

Bukannya kalo beli motor lewat kredit leasing memang otomatis dapet asuransi bro?

15 03 2011
kriket

bukan otomatis, tapi dipaksakan😀

15 03 2011
EHM

kira2 yg punya leasing itu di akhirat nasibnya gimananya???

17 03 2011
Rizqibe

Sepertinya tidak apa-apa. Kan Leasing itu menawarkan, nah kita sebagai konsumen kalau telah memilih leasing itu , berarti setuju dengan persyaratannya. Kecuali kita gak tahu apa-apa tanpa persetujuan sebelumnya ternyata kena bunga dari uang pinjaman nah itu baru gak boleh.

Jadi simulasinya begini… Bro pinjam uang dengan seseorang, nah pas minjem sudah ada persetujuan antara bro dengan orang itu bahwa akan ada sedikit lebih saat pengembalian. Nah karena sudah disetujui kedua pihak maka tidak masalah. Tapi jika ketika dikembalikan, si yang dipinjami minta lebihan tanpa persetujuan sebelumnya itu yang haram

CMIIW

15 03 2011
nunoe

ya kalo gaji cuman 3 jt mah mikirnya ribuan kali lah…bunuh diri itu namanya…:mrgreen:

15 03 2011
Igfar Pramarizki

buset.. patah semangat gw liat tabel cicilannya..
mudah2an ga perlu nyicil… nabung ahh..

http://motorbiru.wordpress.com/2011/03/14/iklan-jualan-atau-hipnotis/

15 03 2011
setia1heri

xixixi…nyinggung nich…hehehe

15 03 2011
kriket

alhamdulillah, kalo saia beli motor bisa cash🙂
dan sebisa mungkin, beli barang mahal harus cash.
kalo bisa beli rumah juga cash:mrgreen:

sebenarnya ngitung bunga ngga sesimple itu bro,
ada beberapa komponen, yaitu: biaya administrasi, bunga, dan asuransi.

dan sebenernya kalo beli motor via leasing itu bukannya anda kredit motor,
tapi anda pinjem duit buat beli motor, jaminannya BPKB,
kalo anda tidak bayar hutang, maka jaminannya itu jadi hak milik leasing,

ada bunga karena anda telah menikmati barangnya sekarang, maka itu kompensasi yang anda keluarkan ada sebesar x.
ada Present Value dan Future Value bro:mrgreen:

15 03 2011
yudibatang

Nice artikel sob… jadi bisa ngerem keinginan yang menggelora untuk meminang sibi’a😀

https://yudibatang.wordpress.com/2011/03/15/tips-mandi-yang-baik-setelah-kehujaan-saat-riding/

15 03 2011
AAA

Biar tabungannya ga kemanakan ama tikus inflasi. Capek2 nabung malah nilai uangnya menyusut yaaa…….. Mending tiap bulan konversi sebagian tabungan ke sekeping koin emas..
Dijamin 3 tahun lagi bakal tersenyum riang.. Nilai intrinsiknya menjamin nilai nominal..

15 03 2011
AAA

http://www.wakalanusantara.com/index.php
Sedikit2 lama2 menusut dimakan inflasi hehehehe

15 03 2011
joetrizilo

nitip lapak waelah mas Benny…..

Komparasi Gila Honda CBR 250R Vs Honda Genio 1992

http://joetrizilo.wordpress.com/2011/03/15/komparasi-gila-pilih-mana-honda-cbr-250-ato-honda-civic-genio-92/

15 03 2011
kangmase

lebih murah pinjem KTA di bank, baru bayar cicilannya ke bank

selisihnya lumayan lho!

http://kangmase.wordpress.com/2011/03/15/pajak-atas-bengkel-motor/

15 03 2011
kriket

sama aja cuy,
di Bank tuh terlihat murah karena ngga ada asuransinya.
kalo ente telat bayar, ada biaya tambahan, dan bunga berbunga,
dan kalo ente ngga bisa bayar, bisa kena blacklist BI, alhasil… kalo ente mo pinjem duit atau kredit rumah akan ditolak mentah2😀

15 03 2011
kangmase

asuransiin ndiri juga tetep lebih murah, karena asuransi ndiri cuma 500ribu pertahun(saya thn 2008 kemarin di bndung)
ya, kalo kredit ya dibayar dong
kalo ga bs bayar ya jangan kredit
gitu saja!

16 03 2011
kriket

Asuransi tergantung motornya cuy…
kalo bebek ya mungkin segitu harganya.
masa depan ngga ada yg tau, kalo ente punya duit terus, nda’ masalah, nah kalo lagi musibah/ngga punya duit???
makanya… sebisa mungkin zero credit,
kalo terpaksa, yaa.. ngga apa-apa,
asal jangan jadi kebiasaan🙂

15 03 2011
ardhinugros

mending kridit tanah di kampung aja lah..:mrgreen: motor cukup supra fit 2005 aja.. wong kantor cuma 50 meter dari rumah.. yang penting gak sruntulan kalo lagi jalan2..😀

15 03 2011
vyzex

Hobi emang nggak bisa diukur dg uang. Arwana, bekisar..
Hobi beli knalpot..

Tapi, semua nggak melanggar hukum bukan?

Soal bunga, semua gitu kok..
Mau kredit bebek ya sama aja..

Malah kalo motor low end, bunganya lebih gila lagi..

Mau kredit murah ya kredit mobil, atau kredit rumah..

15 03 2011
nsx

Ada alternatif, mending beli CBR 125X PGM FI ..😛

15 03 2011
jape methe

itulah PEMBODOHAN OTOMOTIF. Beli mahal cuma bisa untuk dua orang, masih kepanasan dan kehujanan padahal cuma dipakai jarang jarang. Yang realistis ya bebek dan skutik lokal. harga murah dan fungsional

15 03 2011
HB

Haha, jd keder dong yg ngebet cbr 250..

15 03 2011
ksatria_kambing

duh kridit rumah masih 18 taon…udah diintimidasi kridit CBR250R
hadohhhh

15 03 2011
bakulbekicotjepang

udahh deh…mending cari rental tuyul aja..xixiixixixiix

15 03 2011
15 03 2011
Bonsai Biker

wak tekor beneran kaya ungkapan BJL

15 03 2011
15 03 2011
gsx250

klo pzzo bisa kredit juga kan ya…

15 03 2011
Murah-net

nice post bro…kalo beneran cepetan beli deh

trik internet gratis maret 2011

15 03 2011
Mr.LUCKY NUMBERS77

DARI PADA BINGUN DAN JADI BEBAN PIKIRAN MENDINGAN IKUT YUK DI BISNIS PALING MURAH HANYA DENGAN Rp 10.000 anda akan menghasilkan uang yang melimpah.Spa th aja nantinya bisa dipake buat beli honda CBR secara cash
Hitung-hitung uang Rp 10.000 anda tidak akan membuat anda jatuh miskin
Untuk bergabung silahkan klik di :
http://www.sepuluhribu.com/?id=luckynumbers
Setelah itu klik DAFTAR/JOIN selanjutnya silahkan anda baca syarat dan ketentuannya.Jika anda setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut silahkan anda isi formulir pendaftara yang ada di bagian bawah.Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran anda KLIK DAFTAR
GAMPANG KAN
Segera bergabung dan buktikan sendiri hasilnya
Lebih lengkapnya lagi kunjungi di :
http://luckynumbers77.wordpress.com
Maaf sobat kalau kedatangan saya mengganggu
Thanks buat yang punya room

16 03 2011
MAZMAN

betul rajinlah menabung drpd kridit mending cash . . .

16 03 2011
hpijogja

Utang BRI-KUR untuk beli cash CBR 250 bunganya lebih murah daripada kridit lewat FIF ADIRA atau finance yang lain

16 03 2011
agoey

mantap mas hitung2annya.. bermanfaat banget… b^_^d

http://agoey.wordpress.com/2011/03/13/modif-cbr-250-kittisak-racing-thailand/

16 03 2011
zaqlutv

pake yang ada aja lagh.. modif dikit-dikit sesuai dengan ukuran kantong..

btw, om ben.. tau gak lebar tangki p220 berapa cm? mo bandingin ama tangki apache, kalo sama ato beda2 dikit gak masalah lagh.. kepincut ama half-fairingnya nih..🙂

16 03 2011
Tomy Meilando

Wakakak, asli ngakak baca postingannya😀 kalo di hitung2 judulnya gak salah tuh, bener2 bisa dapat pulsar :ngakak

16 03 2011
Mora H. Ritonga

beli pulsar 220 aja ah,
cash atau kredit, keknya kredit bisanya, hehe..
lalu modif ala multistrada 1200,
huehehehe…
btw, nice share mas bro ^_^

16 03 2011
asibimaulani

manteb…….udah punya vixion udah cukuplah….. liat cicilannya aja ngeriiii….

16 03 2011
abu tanisha

mending cash lah! rugi kalo kredit, dan juga Riba bok! pengen selamat dari riba euy!

btw jika kejadiannya harus kredit, ada pertanyaan menggelitik “bagaimana caranya beli motor tanpa harus bayar??”

caranya motor yg ada atau uang yang ada diputar untuk usaha/bisnis, nah keuntungan tersebut dipakai untuk bayar kreditan (kalo cukup), so….gaji bulanan ga berkurangkan???

http://ramboeistblast.wordpress.com/2011/03/16/hampir-saja-jangan-sampai-hilang-lagi/

16 03 2011
satria_bajahitam

serem yah ngeliat tabel cicilannya…mending buat cicil rumah aja deh kalo segitu mah…lumayan invest heheheh….

16 03 2011
ridertua

memang harus cash…. atau PINJEM UANG PAMAN .. aman tanpa bunga:mrgreen:

16 03 2011
ridertua

Wah artikel bagus… khan konsumen kita suka nyicil neh… nice infoh..😀
siap2 kedealer neh… ngutang.. 🙂

16 03 2011
Admin

larang tenan… 61 juta beli mobil aja dah…. gak kehujananan

16 03 2011
Kredit CBR 250R, Bisa Dapat Pulsar 220..? (via bennythegreat.wordpress.com) « SERBA SERBI

[…] Usai mendapatkan informasi simulasi kredit Honda CBR 250R, ane terperanjat..terlebih setelah menghitung dengan kalkulator. Kenapa? Nih dia..simulasi kreditnya. Katakanlah ane adalah rider yang ingin naik kelas dari bebek..dan bebek ane hanya laku dijual Rp 7.000.000,- saja..hiks..Karena ane sangat ngebet dan gelisah nggak bisa tidur akh … Read More […]

16 03 2011
choirul

ya lebih bak menabung aja pak…..

16 03 2011
asmaraningtyas

aku sich pingin juga punya tuh ninin..tapi kalau beli motor kok bunga kreditnya nyeremin sekali… kalau dari itungan diatas utangnya 30 jutaan..bunga 21 juta lebih…hampir sama gedenya. padahal kalau kredit mobil ga segede itu loh bunganya. nich saya kasih ilustrasi kejadian nyata beli mobil dg ngutang… harga mobil 156 juta. orang ini bawa duit cuma 89,5 juta. oleh dealer dianggap bayar seratus juta. dari seratus juta itu yg 14 juta tuk asuransi 3 tahun, 3 juta lg urusan administrasi…jadi mobil itu sdh terbayar 83 juta. artinya utangnya sebesar 73 juta. dari 73 juta ini akan dibayar selama 35 bulan beserta bunga yang kalau dikalikan akan terdapat uang sebesar 82 juta. jadi selama tiga tahun hutang yg sebesar 73 juta itu akan berbunga cuma 9 juta.

bandingkan saja dengan kredit motor dengan tempo yang sama. hutang 30 juta bunga selama 3 tahun 21 juta lebih, kredit mobil hutang 73 juta selama tiga tahun bunga 9 juta. dan benarkah yg kredit mobil ini bayar bunga 9 juta beneran?

tunggu dulu….. sesungguhnya yg kredit mobil cuma bayar 82 juta plus 89,5 juta. alias 171,5 juta selama tiga tahun.

uang sebanyak itu sebetulnya dipakai untuk membayar

mobil 156 juta
asuransi 14 juta
admin 3juta jumlah total 173 juta. sementara selama tiga th uang riil yg dikeluarkan pembeli mobil tadi 171,5

ARTINYA orang yg kredit mobil tadi yang berhutang 73 juta dan di kredit 3 tahun tadi bukannya kehilangan uang untuk bunga tapi malah masih untung 1,5 juta dari total yang seharsunya dia bayarkan kalau beli cash…..

makanya beli mobil saja sekalian…..

17 03 2011
kriket

bunga mobil emang lebih rendah bos, karena resikonya lebih kecil,
mobil baru vs mobil bekas juga lebih rendah bunga mobil baru, karena apa? ya balik lagi ke tingkat resiko tersebut.

25 03 2011
pahlevi juntak

dari pada kredit bikin melilit leher bagusan uang nya di kumpulin buat naek haji

lagian klu ngikutin dunia gak ada abis nya bro..akhirat yg loe kejar bukan dunia uun…

klu yamaha ngeluarin motor 250 cc lebih ok tros loe uda nyicil beli CBR 250rr kurang kencang pula lagi tuh.bisa gila lo kan

25 03 2011
pahlevi juntak

lagian klu ngikutin dunia gak ada abis nya bro..akhirat yg loe kejar bukan dunia uun…

5 05 2011
borry

ya wajarlah bro dengan uang 10 jeti kita udah bisa nunggangin tuh cbr saat ini juga jd bunga yang dikenakan ya sebagai ganti karena kita bisa punya cbr sekarang hanya dengan 10 jeti.

11 06 2011
11 10 2011
ossan

jika kepingin cbr 250 beli saja,,daripada mengigau tiap malam,,cbr 250 oh cbr 250,,selagi kita masih bekerja pasti kita mampu membayar kredit,saya yakin semua orang pasti punya kreditan,mending kredit cbr 250 daripada disuruh kredit kawasaki zx 6oo heehheheheh

2 01 2012
CB 150 F HORNET a.k.a New Megatron

wah yg 3jt/bln aja ketar ketir apa lg gw yg di bawah umr …nangis bombay deh …😳

23 09 2014
aris

terimakasih mas atas saranya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: