[Share] Yuk…Kita Bersemangat Di Tempat Kerja…!!

14 10 2011

Beberapa minggu terakhir, load pekerjaan ane memang padat…sehingga seluruh pemikiran harus dicurahkan sepenuhnya ke kantor. Memang ada sebuah proyek besar yang sedang berjalan dan butuh fokus dikerjakan oleh semua pihak.

Sebagai anggota tim, pada awalnya tak mudah memang untuk menyesuaikan diri dengan kerja tim ini. Beberapa dari anggota tim adalah orang baru, dan belum dapat “tune in” dengan chemistry kami. Untungnya, di dalam kerja tim ini, team leader memiliki karakter yang tegas namun fleksibel, jadi dalam bekerja kami tak harus selalu serius..dan bisa sesekali becanda ria di tengah padatnya pekerjaan.

Nah, dari pengalaman kerja ini, terdapat beberapa poin yang menjadi perhatian ane dan barangkali berguna juga untuk bro n sist..

  • Nikmati pekerjaanmu – Memang kebanyakan orang lebih sering mengeluh bahwa sebenarnya apa yang ia kerjakan tidak cocok atau tidak sukai, tapi hey…jangan lupa bersyukur…pengalaman ane adalah, ane sempat merasa malas mempelajari hal baru..sebut saja laah..hitungan finansial alias ekonomi…mumet dan ribet, tapi lama-lama enjoy juga. Sama seperti dulu ane gak mudeng motor…lhaa..sekarang malah keranjingan..hehehe. Kalau kita gak nikmati kerja, bisa bisa pikiran terbebani dan kesehatan terganggu...so enjoy your work..
  • Ikuti Metode Kerja Team Leader – Ini memang sulit, apalagi ane termasuk bermental pembangkang..kalau ada yang tidak ane cocoki tak segan ane konfrontir sang team leader..Untungnya, team leader open terhadap kritik. Namun bagi yang punya team leader saklek, ya ikuti cara kerja dan chemistry nya, bagaimanapun ia lebih berpengalaman…bisa terlihat kok dari tindak-tanduk dan caranya mengambil keputusan.
  • Bekerja demi ACHIEVEMENT, bukan demi uang – Siapa ya..yang pernah bilang “do what you like and money will follow..”. Kalimat itu ada benarnya juga. Jika kita enjoy dengan pekerjaan, maka kita akan fokus kepada proses dan hasil kerja tersebut. Kita akan termotivasi menyusun jadwal kerja dan mematuhinya. Semuanya karena kita ingin achieve sesuatu, baik itu individual achievement maupun team achievement. Urusan gaji, gak usah dipikirin..kalau kinerja kita bagus, money will follow deeegh…!!
  • Konversi “Mental Breakdown” menjadi semangat – Ini ane share saja..Pernah begitu beratnya load kerja ane sehingga harus travel ke berbagai kota  plus paperwork menumpuk dimana-mana..ini sangat membuat ane “down”. Gileee ajeee..kapan istirahatnya neeh pikiran dan badan..?? Tapi ketika satu saat ada seorang kawan yang curhat bahwa di tempat kerjanya itu asyik..kerjaan jarang dan bisa ongkang kaki..Mendadak ane mikir…Wah..ternyata ane masih punya kesibukan..berarti masih banyak orang yang butuh ane…ketimbang mereka yang ongkang kaki…!! Bukankah dengan banyaknya load pekerjaan maka otak ane akan terus bekerja..dan tidak diam…!!
  • Buatlah ente menjadi kebutuhan pokok atasan – di tempat kerja ane, hubungan kerjanya bisa dibilang serius tapi santai. Manager, Vice President hingga BOD bisa nimbrung meeting kapan saja dan siapa saja bisa manggil lo-gue lo gue, ketawa-ketawa sampai marah-marah. Tapi tetap pada intinya kan semua bertanggung jawab ke atas. Sersan bertanggung jawab ke Letnan, Letnan bertanggung jawab ke Kapten dan seterusnya. Jadi pastikan ente menjadi orang kepercayaan atasan ente yah.. TRUST itu mahal harganya lho..
  • Jangan bedakan kerja lapangan dan kantoran – Nah, ini yang kadang bikin kesenjangan antara orang lapangan dan kantoran..terkadang kita menganggap mereka yang kerja di kantor itu enak..ada AC dan duduk di kursi empuk an fasilitas lengkap..Tapi setelah melalui dan merasakan semuanya..ane jadi sadar..semuanya ya sama aja capeknya kok..Pernahkah ente mikir bahwa pekerja kantoran itu terkadang iri sama yang di lapangan karena bisa menghirup udara segar dan bisa bergerak banyak sehingga lebih sehat…??
  • My Boss is My Idol – Percaya atau tidak, yang namanya atasan itu harus lebih jago dari bawahan, jadi tugas bawahan selain bekerja, juga harus merampok ilmu atasan doong…!! Kebetulan di kantor ane memiliki atasan yang super duper inspiratif, VP ane sangat berpengalaman di berbagai proyek, aktif di Persatuan Insinyur Indonesia dan jago berdebat..sementara Pak Direktur orangnya saklek dan disiplin, pengalaman jangan ditanya…tapi kadang kalau lagi serius kadang oblak..suka becanda..ane menganggap beliau cocok sebagai figur seorang ayah..Nah..apapun chemistry di kantor ente..selalu jadikan seseorang atau banyak orang sebagai panutan untuk diambil ilmunya…!!
  • Humor itu penting – ini gak usah dijelaskan lah, karena setiap orang pasti punya sense of humor…Sebagai contoh…jika atasan ente marah, cobalah tetap tenang dan hadapi dengan sedikit humor. Kalau ia masih normal bisa jadi ia malah menaruh hormat pada ente karena mampu mencairkan situasi. personal relation juga penting…!!

Nah, sementara ini…demikian yang dapat ane sampaikan…meskipun barangkali tak berarti dan kurang berisi,  semoga secuil ilmu ini bermanfaat….!!

***

 

(dedicated to my inspiring bosses…you’re the man…!!)


Aksi

Information

25 responses

14 10 2011
kampak

nice share ben …

14 10 2011
ipanase

FB-an,,,,

14 10 2011
willykk

hmm banyak benernya juga nich.. koreksi diri dulu😳 artikel motisapi yg bagus mnrt ane😆

14 10 2011
vq

setubuh ahh..eh…SE7!

14 10 2011
anharvictor

bagus om ben… Buat semngat kerja kita…
Tapi kalo ane dapet petua bari si bos begini om ben::
kerjo seng akas ati sing ikhlas..
Trs si bos bilang waktu, hasil kerja, hati, harus di tata sebelu bekerja(niat kerja)
paling dalem lagi dalam bekerja itu butuh kepercayaan., beda dengan berkawan atu bersaudara butuh pengertiaan…

14 10 2011
bajigur

Share juga deh: saya udah kerja 5 tahun tuk perusahaan besar asal paman sam di engineering deptnya, Kellogg Brown and Root namanya…
punya boss yang bego, memanfaatkan bawahan, tapi kredit dari semua jerih payah bawahan di terimanya, tanpa ada penghargaan untuk bawahan. Tanpa ragu, semua ide2 kretif pun tak segan2 ia akui itu adalah hasil dari pemikirannya.

kalau saya disini bukan melihat achievement karir lagi om Ben, tapi lebih ke arah gaji..karena sulit untuk saya bisa menyaingi mereka yang berkulit putih dengan paspor USA, walaupun secara skill mereka masih dibawah.

14 10 2011
MasMaryono.com

sejenak berpikir positif terhadap pekerjaan

Mantab

14 10 2011
14 10 2011
B M W ♣

Sip

14 10 2011
14 10 2011
14 10 2011
bennythegreat

Kerjaan gede dicari ling..
Yuk semangat cari penghasilan..

14 10 2011
cafebiker

manteb, kerjo tim memang gampang 2 susah

14 10 2011
Innocent Rider d^^,b

Thanks sharenya, ikutan share bro, gw kerja di Holding Company yang lagi bertumbuh di daerah, sharenya begini.

1. TRUST memang mahal harganya. Akhir-akhir ini kadang gw ngerasa ga balance antara kerjaan ma social life aseli serasa kerja di KAP big 4, konsekuensi dari TRUST salah satunya hukum paretto berlaku, mostly masalah or kerjaan selalu gw yang nyelesaiin bahkan mpe kerjaan yang bukan job desc gw or ga relevan sekalipun kadang harus gw kerjain T.T

2. Kebetulan gw juga jadi satu2nya orang yang orang lapangan iya orang kantoran juga iya bahkan sering banget ditugasin cross business unit (sayang gaji ga double T.T), tapi status gw orang kantoran. Setiap ada kerjaan administrasi selalu gw kerjain cepat, kalo pemegang jabatan yang dulu butuh waktu 15 hari gw cuma butuh 7-10 hari (analoginya kira2 segitu), itu gw lakuin supaya tetep punya waktu luang buat baca2 n nambah wawasan. Tapi celakanya orang2 lapangan sering ngira gw ini punya banyak waktu nganggur jadinya suka jadi omongan di belakang, belum lagi prejudice2 yang muncul ngirain gaji gw paling gedhe ngalahin senior2 T.T

3. Sebenrnya prinsip gw kalo gw digaji 5juta gw akan bekerja seolah-olah gw digaji 6juta, kalo digaji 6jt determinasi gw seolah-olah digaji 7juta dst, intinya gw akan beri “free topping buat customer gw” tapi kok lama-lama ya itu tadi bro cuaaapekkk tenan beban kerjaan ga ada batasnya sementara gw punya keterbatasan, padahal kalo semua itu gw stop bisa2 kehilangan TRUST, dilema T.T

yo wislah disyukuri dulu aja, dengan bersyukur setidaknya membantu meringankan beban……..maap jadi curhat:mrgreen:

14 10 2011
bajigur

senasib kita brader…

15 10 2011
15 10 2011
15 10 2011
15 10 2011
15 10 2011
reborn

tidak berlaku kalo bosnya orang india 😀

trust me

16 10 2011
dwi

Paling susah kl team leader main one man show..aspirasi gak diserap mlh dimentahkan..wl decision doi terbukti salah dan ujung2nya make usulan2 yg ada dan pahitnya lg achievement yg diraih dianggap dari doi semua…
Ini yg bikin demotivated..jurusnya challenge your boss to show all people that he knows nothing..xixixi

16 10 2011
smartf41z

@reborn: haha… bener tuh ane 5 tahun ikut India. Work more, less money

16 10 2011
smashrider

Mudah2an Mas Bro-Mas Bro sekalian diberikan jalan yang mudah buat mencari rizki yang halal oleh 4JJI SWT….amiinn…

16 10 2011
kasamago

benar om, wejangan yg bagus, mengalir aja, nikmati pekerjaan, banyak bersyukur, mampu membuat diri bangga dan membuat orang lain tertawa.. memang nyerap ilmu dari atasan itu penting, pelan2 ane lakuin.. tp memang butuh diaplikasikan jg

26 12 2011
Rail Su

spongebob adalah contoh bagus pecinta pekerjaan ^_^ selengkapnya disini http://ergonomi-fit.blogspot.com/2011/06/spongebob-sebuah-contoh-dalam-mencintai.html

Do What You Love and Love What You Do selengkapnya disini http://ergonomi-fit.blogspot.com/2011/06/cintai-pekerjaan-do-what-you-love-and.html

Tinggalkan Balasan

