Gonjang-Ganjing JATIMOTOBLOG Geger…!! Plus Secuil Kisah Raja Kecil…

21 02 2012

Judul artikel lebay di atas mewakili kekagetan ane membaca adanya berita pating dedhel-dhuwel dari dedengkot Jatimotoblog, bro Eko Deby bahwa beliau mengundurkan diri dari posisi Ketua Jatimotoblog. ada apakah gerangan…?? Meskipun ane tak begitu dalam mengenal para blogger otomotif yang bernaung di dalamnya, satu hal yang ane perhatikan dari Jatimotoblog adalah semangatnya dalam menyiarkan road safety di belahan timur Jawa sana patut diapresiasi.. Duh Gusti..seandainya saja ane bisa bantu..

Lantas apa penyebab kekisruhan di Jatimotoblog? Sebagai orang luar yang tak tahu apa-apa tentunya harus mengorek informasi.. Bro Eko Deby sendiri mengatakan adanya perbedaan paham antar personil menjadi pemicunya.

Coba ente baca-baca dulu artikel dari para dedengkot Jatimotoblog yang rame-rame royo-royo undur diri..Silakan klik link di bawah ini.

Walah..ane tiba-tiba teringat ketika beberapa blogger otomotif di Jakarta serentak undur diri dari koboi dan mendirikan Otoblogger Indonesia. Sebagai salah satu blogger nubie yang ikut undur diri dari sana, ane sedikit banyak melihat kesamaan fenomena yang barangkali hanya ada di sudut pandang ane.. Apakah itu…??

Fenomena Raja Kecil..
Sebagai makhluk sosial yang gemar berkomunitas, fenomena pergaulan bernama Fenomena Raja Kecil ini bukanlah hal asing bagi ane. Sejak zaman ane dibesarkan bersama para serigala-serigala bijaksana di Komunitas Pulsarian Indonesia hingga kini ane selalu saja melihat dan merasakan Fenomena Raja Kecil ini di dalam suatu organisasi.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan Fenomena Raja Kecil ini? Hmmm..dari definisi ane sih, Fenomena ini berarti adanya seseorang atau beberapa orang yang mencoba mengarahkan atau mengambil manfaat dari komunitas demi kepentingan pribadi atau sekelompok orang di dalam komunitas tersebut. Yah..ini sih definisi sempit saja, tapi kurang lebihnya ya begitu deegh… Mari kita simak contoh kasus..

The Story of Penderita "Fenomena Raja Kecil"
Contohnya sederhana saja..misalkan dalam sebuah komunitas blogger berinisial "K" terdapatlah seorang blogger yang dekat dengan ATPM tertentu. Nah, blogger penderita "Sindrom Raja Kecil" yang ternyata juga mengidap "Sindrom Blogger Materialistis Akut" ini ternyata baru ketahuan modus operandinya bahwa ia menjadikan anggota komunitas blogger "K" tersebut sebagai "massa" ketika menghadiri acara-acara undangan ATPM. Alhasil ia pun memetik manfaat begitu besar dari budidaya ternak blogger ini.. Oh iya..ciri-ciri penderita sindrom ini antara lain tingkah lakunya selalu ingin dekat dengan sang pemilik modal dan selalu ingin eksis di media. Ia pun tak segan mengemis dana dari pihak ATPM demi media yang ia pelihara.

Ciri lainnya adalah gila pencitraan…Ia selalu menginginkan menjadi yang pertamax mengabarkan kemunculan produk baru. Baginya setiap blogger dan komentator adalah umat dan wajib melakukan ritual "kultus individu" diantaranya secara implisit mengisyaratkan dengan cara memajang link blog/media online nya di posisi paling atas sebuah agregator. Ciri selanjutnya adalah kurang peduli masalah sosial. Barangkali sang penderita menganggap bahwa "Aaah..paling si blogger nganu yang sering cuap-cuap road safety itu udah nulis" namun anehnya ketika ada blogger baru meminta saran tentang bagaimana menulis artikel produk baru motor anu, si penderita malah menyarankan agar artikel tersebut segera dituliskan dengan sudut pandang baru..bla..bla..bla..

Oh iya..perlu pula diketahui bahwa ternyata bagi beberapa blogger yang menderita "Sindrom Blogger Kere Munggah Bale", ternyata undangan dari ATPM itu ibarat menerima blok mesin runtuh…!! Harkat dan martabat seorang blogger langsung terangkat dan merasa bangga karena dengan bergabung dalam komunitas blogger tersebut ia berhasil mendapatkan kesempatan langka untuk dapat dekat dengan motor-motor baru yang belum pernah dirilis ke publik. Ia pun lantas merasa eksklusif dan hatinya berbunga-bunga. Apalagi jika berhasil test ride sebuah motor baru..wuaah…makin bangga saja rasanya…

Lantasss…sebagai wujud rasa bangga bin berbinar-binar hati, maka ia pun gak segan untuk menuliskan pengalaman nan memukau bin eksklusif yang baru saja dialaminya itu ke dalam sebuah artikel di blognya. Akhirnya tujuan ATPM pun tercapai…dengan memanfaatkan rasa bangga sang blogger penderita "Sindrom Blogger Kere Munggah Bale" promosinya pun berhasil… artikel pun akan mengungkap hal-hal indah dari acara tersebut. Sementara sisi lainnya seolah terlupakan..minggir dulu lae…!!

STOP…!!
Faktanya…tidak semua blogger seperti itu…Ternyata eh ternyata, ada pula blogger otomotif yang tidak ketularan penyakit "Sindrom Blogger Kere Munggah Bale" dan malah lantang mengkritisi hal lain. Simplenya…mampu berpikir "out of the box". Dan..sang blogger tidak sendiri… Masih ada segelintir blogger lain yang satu pikiran dan akhirnya…Mereka pun memerdekakan diri dari belenggu sang Blogger Tjap Raja Kecil yang ternyata juga mengidap "Sindrom Blogger Materialistis Akut". Sayang seribu sayang…sesuai kata peribahasa bahwa "Populasi Orang Bodoh Pasti Lebih Banyak Dari Populasi Orang Cerdas" jumlah blogger semacam ini tidak banyak.

Kembali ke Jatimotoblog
Ane sih berharap tidak ada fenomena nista seperti kisah di atas terjadi di Jatimotoblog, namun ketika membaca sedikit email dari bro Eko Deby…haduuh…alangkah sayangnya jika paseduluran harus rusak karena ulah segelintir penderita sindrom… Ane masih ingat waktu membaca berita deklarasi Jatimotoblog di blognya Ridermatic di sini. Ane seolah dapat melihat keguyuban yang terpancar di sana. Alangkah sayangnya jika paguyuban semeriah ini harus runtuh.. Yaah,..meskipun ada kata "keep brotherhood" ane menganggap semuanya tak akan sama lagi lhooo.. Ah..sudahlah..ini kan hanya ndobos ngawur dari ane saja…

Inline image 3

Harapan ane sih, para blogger otomotif yang bernauh di dalamnya dapat saling mengenal lebih dalam. Kalau kata sang blogger cantik bin cerdas pujaan ane sih..tahap perkenalan itu kan terdiri dari tiga tahap yaitu Persepsi –> Perspektif –> Persuatif.. apakah itu? Silakan baca lebih lanjut di blog nya yah..he hee..

Belajar dari OBI
Jujur saja, satu tahun ditempa di kerasnya milis OBI bersama para blogger senior yang sepertinya sudah kena imunisasi anti sindrom raja kecil membuat ane lebih menghargai dan memaknai makna kegiatan blogging.
OBI lebih mirip sebagai "Knights on the Round Table" ketimbang majikan dan babu dimana semua duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi…meskipun perut tidak sama buncit..ha ha..Barangkali karena para ksatria OBIwan ini sudah kenal lengket secara dalam, barulah membentuk komunitas…bukan bikin komunitas sembari menjalani tahap perkenalan… Tapi ah… tak usah lah kita mengkotak-kotakkan diri…iya tokh… Yang penting isi pikiran dan artikel kita harus tajam dan trengginas..he he he..bukan begituh…??

Sekian artikel ngawur dari ane… Buat yang baca sampai habis, Selamat menikmati sensasi cita rasa di pikiran ente..ditunggu komentarnya…:mrgreen:


Aksi

Information

86 responses

21 02 2012
Triyanto Banyumasan

pecasndaheblog #entupsisan

21 02 2012
Aa Ikhwan

Kalo pertamax dalam berkomentar gak masalah kan bro Benny😀

21 02 2012
bennythegreat

pertamax bisa digondheli kok…:mrgreen:

21 02 2012
Aa Ikhwan

gondheli apa ya? kaga ngerti bahasa jawa xixix

21 02 2012
bennythegreat

gondheli itu artinya apa ya..nggendong atau ditempel gitu kali ya..

21 02 2012
Aa Ikhwan

oo..oce2 sip😀

21 02 2012
barminosisi

mbok yo angota OBI yang keluar satu dan gabung lagi ke indomotoblog itu di bikinin artikel khusus
ada pertemuan ada perpisahan gitu ohm ben
jangan malah buat artikel untuk orang lain:mrgreen:

21 02 2012
vixy182

masalh interen jadi kurg tau…nyimak perkembangan nya aja deh🙂 .. Sukses buat jatimotoblog

21 02 2012
HRM® Corp

“Populasi Orang Bodoh Pasti Lebih Banyak Dari Populasi Orang Cerdas”
=========================================================
bahasanya ngeri….:mrgreen:

21 02 2012
AA OGY

KALAU ENTE MASUK BLOGER JENIS MANA NICH BEN..

21 02 2012
bennythegreat

saya blogger KW1000

21 02 2012
zaqlutv

1000 ons maksudnya yach om ben?
:mrgreen:

21 02 2012
beckhem

nyimak ….wait and see……..semoga gonjang ganjingnya berakhir indah….

enjoy blogging aja…..

http://beckhem.wordpress.com/2012/02/21/merajai-jualan-di-kelas-motor-sports-midlow-end/

21 02 2012
joetrizilo

aku juga berasal dari Jatim loh!!!! tapi gak ikut-ikutan lah… lha wong ora anggota… xixixixiiiii…😀

http://joetrizilo.wordpress.com/2012/02/21/lomba-desain-logo-mobnas-sang-surya-universitas-muhammadiyah-surakarta/

21 02 2012
bennythegreat

lha..itu di jatimotoblog yo ono wong mbogor cak…kesasar opo yooo..

21 02 2012
hndy12

iya..ya..
KTPnya Jatim mungkin om hahaha..

21 02 2012
joetrizilo

asal Jatim tapi saiki KTP Kaltim….. wakakakak….
*** tidak perlu ganti KTP, terima kasih ya..

21 02 2012
joetrizilo

aku juga lulusan STM kimia Madiun loh…..

21 02 2012
zaqlutv

ra takon

21 02 2012
joetrizilo

AKU ORA NJAWAB SAMPEAN KOK…. WAKAKAKAK…. :d

21 02 2012
zaqlutv

😆

21 02 2012
ya2kzzz

apa raja kecil = kaypang kemarin ya..:mrgreen:

21 02 2012
demungan

Klo menurut ane, blogger kebagi menjadi dua.
Pertama blogger yg murni hanya melampiaskan hasrat dan bakat menulis.
Kedua blogger punya ‘bakat’ atau idealisme untuk mewartakan / memberitakan. Yah bisa dibilang sedikit-banyak memiliki jiwa jurnalistik.

Ane punya blog, dan tujuan ane adalah hanya untuk melampiaskan hasrat menulis saja. Apa yang ada diotak, apa yg sedang terlintas, kalau ane lagi mood ya ane tulis. Ada yang baca syukur, ada yang komen ane seneng, klo nggak ada ya gapapa.

Ane lebih memilih independen, karena tujuan ane ngeblog ya hanya sebagai salah satu cara ane mengalihkan dari kesibukan ane sehari-hari saja. Berjalan sendiri, namun asyik juga membaca artikel dari blog-blog lainnya.

Sobat mau mampir? Monggo. http://duniahariyadi.wordpress.com/

21 02 2012
ridertua

😀

21 02 2012
mas wahyu

Wah,ane korban sensasi cita rasa

21 02 2012
21 02 2012
milky bo

layu sebelum berkembang…

21 02 2012
ryanquman

hemmm… *mikirkeras

21 02 2012
jape methe

hanyalah perang yang bisa menyatukan orang indonesia

21 02 2012
Tulus_Budi

╔══╦═╦═╦══╦═╦═╦╦╦╗
║║║║║║║╠╗╔╣║║║║║║║
║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝╚╩╩╝

21 02 2012
Blackcat

Hadeww…. Fotoku ikutan nampang.😦
Jadi ingat saat ikut rombongan Koboys chapter jogja dan karesidenan madiun menembus hujan dan gelap malam menuju Batu Malang akhirnya harus berakhir sampai disini. bukannya mau ikut campur urusan internal, tapi sebagai sebuah paguyuban memang harus saling menghormati dan menghargai sesama anggotanya. Semangat toleransi dan keterbukaan dalam bingkai silaturahmi harus dijauhkan dari niat dan tujuan yang bersifat ambisi pribadi untuk keuntungan pribadi juga. Karena jika sudah mengatasnamakan paguyuban berarti membawa tanggungjawab yang besar kepada seluruh anggotanya. Harapan saya semoga hubungan yang baik tetap terjaga diantara semua bloger dan komentator, terlepas dari apa dia dari indomotoblog, otobloger, koboys dan jatimotoblog. Menurut saya ikatan silaturahmi jauh lebih berharga dari sekedar agregator.

21 02 2012
jape methe

Angel mas, itu sudah kodrat orang Indonesia pasca reformasi semua berjiwa pemimpin bukan dipimpin. Nikmati saja sampai kita dapat musuh bersama untuk semua, atau kalau tidak ada musuh yg bisa menyatukan ya mungkin bencanalah yg bisa menyatukan

21 02 2012
Blackcat

Tetep semangat mas!😀

21 02 2012
jape methe

tapi agak gimna gitu, bagi saya yg bukan blogger niatnya cuma nyari info seputar otomotif tapi nemunya malah masalah politik. Tapi gimana lagi baca media apapun isinya juga konflik. Jadi ya nikmatin saja itung2 baca novel action plus horor. sambil sekali2 komen ternyata menghibur juga

21 02 2012
Mas Wiro

Benar masbro….
Lebih penting ikatan silaturahmi seperti kata sampéan

Tapi sayang, setidaknya “opini liar” akan semakin
menderu beberapa hari ke depan…..semakin kencang
sepertinya….

21 02 2012
Amama Ali

ahi hi hi akhirnya
betul juga trawanganku:mrgreen:

21 02 2012
bennythegreat

ahihihihi opo..ora mudeng ane..:mrgreen:

21 02 2012
Amama Ali

UUD + HGB

21 02 2012
smartf41z

Sip jadi bisa protect blog ane dari serangan yang mengacaukan independensi. Sebagai newbie dibidang perbloggeran ga nyangka ada juga fenomena raja kecil materialistis. Kalo boleh tau pmin donk bro siapa saja blogger kategori penebar racun

21 02 2012
bennythegreat

sampeyan pasti sudah bisa merasakan..

21 02 2012
smartf41z

Suerr.. secara personal sy belum kenal masing2 blogger🙂 . Ketemu langsung pun ga pernah blas. Blog juga baru jalan 8 bulan. Undanga dari atpm ga ada (paling ada juga ga bisa ta datengi, sibuk soale🙂 ) .jadi ga ngrasa apa2 , kaget saja tiba2 ada heboh di jatimotoblog dan indomotoblog. Suwun bgt cak dengan adanya artikel ini jadi bisa mencegah🙂

21 02 2012
Adhitya Ramadian

sama bro….ketemu aja belum pernah, apalagi kenal, tapi kalo kita simak aroma siapa si raja kecil itu sudah kelihatan kok

21 02 2012
az3angle

ane yakin raja kecil berbadan kecil juga

23 02 2012
pikimi

🙂

21 02 2012
Cah Nglegok

“Populasi Orang Bodoh Pasti Lebih Banyak Dari Populasi Orang Cerdas”….

piye ngitunge kiiy???

mung ngerti carane sitik…
selama menyikapi penomena dengan kepala dingin dan hati adem pasti termasuk orang cerdas…karena dia menggunakan seluruh kemampuan indranya…

21 02 2012
bennythegreat

1+1=3

21 02 2012
CEBOKER 250R HRC aka Hondut Racing

k = koboys maksud ente …wkwkwk …mending ikut the dukun blog …ketuanya sattar …

21 02 2012
bennythegreat

bukan

22 02 2012
goyobod

Koboi

21 02 2012
chicks

mas ben……ndengaren……artikelmu menarik…siiipppp…heheheheh
pissssss

21 02 2012
Endrix

gak ngawur kok Bang Benn, baru kali ini ane menemukan sisi bijak Bang Benn… ck..ck..ck.kaburrr.

pencerdasan dunia blogger otomotif nih, mudah-mudahan ane tidak terserang sindrom yang sama, nulis blog kudu netral, jangan berat sebelah

21 02 2012
boerhunt

tingkat cerdas itu ada tiga tingkatan mas ben, cerdas ketika mengenali, cerdas ketika meresapi, dan cerdas ketika mengambil sikap..
cerdas sampe pada tingkat mengambil sikap ini paling sedikit,
bisa jadi kita cerdas bisa mengenali, “ini maksudnya apa yah..”
atau sampe “kira2 ke depannya bagi (independensi) saya bagaimana ” mungkin bnyk..tp yg diambil malah “ah manut wae lah..”
nah sampe tahap “tidak, saya tidak mau terjebak, ini langkah saya..” ini yg jarang mas ben.. 😀

21 02 2012
Ari CX Rider

weew.

Keep bruterhud lah.

21 02 2012
schyte

nggilani pek..geger kog bangga..ancen blogger wingi sore

21 02 2012
az3angle

klo saya mah baca blog2 ternak begitu cuma buat hiburan doank,mklum tipe org keras kepala…ga percaya ma omgn org lain sbelum mencoba…..

21 02 2012
21 02 2012
ken39

tulisannya kali ini uenak di baca :D… wis kurus ben ?

21 02 2012
Mercon C gak Mretelli

wah, aku bloger matre je,,, gimana nih?:mrgreen:

21 02 2012
jaos

Sayang seribu sayang…sesuai kata peribahasa bahwa “Populasi Orang Bodoh Pasti Lebih Banyak Dari Populasi Orang Cerdas” jumlah blogger semacam ini tidak banyak.
===
dua jempol buat kutipan ini….

21 02 2012
vanz21fashion

Kalo ga terpampang di agregator malah bisa jadi ‘bahan percobaan’ blog seberapa populer kah blog kita, seberapa detectable kah blog kita. :p

heuheuheu.. cape aaah.. dari jaman kasus ‘ayumi’ sampe jatimotoblog saya ga ngerti apa2.. blog2 motor malah bahas politik :p heuheuheu..

21 02 2012
Bonsai Biker

manyimak ajah

21 02 2012
Asron

oo…. gt, baru ngerti sekarang

21 02 2012
speed

tmc ye maksude?
#nanya doank gak ikut ikutan

23 02 2012
experia

tmcblog.com
KOBOI
bener sih kayaknya

22 02 2012
uungferi

oalaaahhhhh,…. mbuh lah ora urusan ora urunan ora mangan,…. hehehehe sing penting kumpul

22 02 2012
bapakeVALKYLA

walah.. ternyata gara2 raja kecil toh..

#manggut2 padahal ora mudeng

22 02 2012
wolfy

om… klo mau nyebutin blognya sebutin aja sekalian, jadi ga rancu dan bertanya2 dan ujung ujungna timbul pitnah…
klo mau di samarkan, samarkan sekalian dengan menggunakan inisial yang jauh dengan yang di maksud…
dan satu lagi, menurut ane klo ada orang yang mau mencari nafkah atau materi melalui blog bukanlah suatu kesalahan, yang penting masih dalam koridor yang benar….

22 02 2012
asmarantaka

blogger raja singa sopo om ben??..bhuahhahaha:mrgreen:

22 02 2012
yahonsuwakanja

dulunya komentator…
lalu jadi fanboy..
lalu jadi blogger…
lalu…..???

22 02 2012
joko t

jadi raja kecil..heheheh

22 02 2012
SuRyA

Wakakakaka

http://www.dk8000.co.nr

22 02 2012
aaa

mantap mas bro
semoga blogger ternak aka raja kecil baca artikel ini, supaya mereka malu dengan blognya yg nyampah

22 02 2012
tumini

dinikmatin aja……..wong seng penting isi informasinya bener..bukan yang memberikan informasi toh…

22 02 2012
shembah

KOK SARANTO JOIN INDOMOTOBLOG LAGI??GMN CERITANYA OM??

22 02 2012
dz

Wah keren om ben tulisanya enak didenger wkwk Awesome..

Imho yg bikin ksel tuh ktika liat mreka brlagak sok idealis tpi matrealistis bikin artikel ga brmutu cuma buat kejar setoran..
Review test ride yg tlisanya main aman n lebe.. so apa bedanya antra blogger (idealis) n media online?

23 02 2012
pikimi

itu dia yang saya fikirkan, jadinya membosankan bacanya,

blognya benny banyak resikonya, lebih asik dibaca.

22 02 2012
Nabra

kenapa gak blogger ternakan/raja2 kecil bikin perkumpulan ndiri ?

22 02 2012
yudibatang

walah..telat infone…

23 02 2012
kosuke

blogger ternak ??? ck ck ck ,, saya jadi inget cerita blogger senior mas tri ,, awalnya saya emg jarang blog walking keblognya mas tri, tp setelah disaranin + baca2 artikelnya beliau pantes temen gw bilang itu blognya ymh bgt … entah ini mungkin pendapat pribadi ato apa yg pasti itu yg gw rasain …
Pernah sekalinya gwe komen ” ati2 dibilang blog ternak lho ” eh malah gwe ditereakin Fansboy … alah2 ,,, pliss deeehhh … blog udah jadi lahan duit jg ternyata …. sekarang2 malah keluar isu soal KOMENTATOR TERNAK ,, wkwkwkwkw … edan blogsphere sekarang … hahaha ..

keep brotherhood & safety riding aj lah …. hahahaa

28 02 2012
EISCELL

betul banget.. sampe2 q dikerubutin ma fanboi pake capslock semua dg akun ternak kloningan… sampe q dituduh2 mbandingin2 bloggerlah.. yang kalau komen musti dpt dpertanggungjawabkanlah.. jadi males koment di ntu blog dah..

1 01 2013
pak tarno

kayanya imbang sama blog tanpa nama yaitu P2R yg juga cenderung keHONDA- HONDAAN😀

25 02 2012
gogo

dunia tanpa perang hampir mustahil

25 02 2012
Donal Terores

woohhhh…………..
gitu toh ceritanya,,

26 02 2012
Polenk Merkesenk

NJELIMET

8 03 2012
cah cilik melu melu

raja kecile sopo iki?
triatmono to kang?

jaman dulu blog isinya sharing ma gojekan..
sekarang kok kyk gini..
kangen jamane guspur cs..😦

8 03 2012
cah cilik melu melu

triatmono opo tmcblog e kang?

mbok aku dikandhani..
:nangis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: