Rangka motor baru, terekspose, alias berada di luar body/cowl kok bisa karatan? ini berarti elemen frame terbuat dari atau mengandung besi baja. unsur besi secara alami akan mudah teroksidasi oleh udara bebas sehingga menghasilkan noda karat alias “tayeng”. Ini berarti pelapisan rangka oleh cat tidak sempurna sehingga kelembaban masih bisa menembus daa menyebabkan karat.
Kalau dilihat gambar dari blog kang Irfan, karat terjadi di lipitan-lipitan frame dekat engine mounting. apakah ini beresiko? resiko pasti ada dan sifatnya kasuistis. Kalau apes dan karat sudah kadung menjalar seperti kanker, rangka motor bisa melemah dan patah apabila menerima beban diluar kemampuan elastisitasnya.
Karatan pada rangka motor normal aja sih. Tapi ketika terjadi pada motor yang berumur hitungan minggu ini menarik. Apa kabar QC alias Quality Control dari pabrikan? Ataukah produksi motor ini kejar setoran sehingga pengerjaannya buru-buru?
ane teringat dengan Yamaha XJR 400 tahun 99 yang pernah ane miliki, setelah 10 tahun lebih, bagian rangkanya yang tidak tertutup body nyaris tidak ada karat, disinyalir karena proses coating yang bagus pada jaman itu.
Nah dalam kasus ini, terjadi pada Honda CB150 Streetfire yang notabene masih baru, mengapa masih ada karat? Seburuk itukah kualitas motor Honda? ah..harap maklum lah, ada harga ada rupa..
Apakah karat akan berpotensi menyebabkan turunnya kekuatan rangka yang akan beresiko mencelakakan?
Ah..only time will tell deegh..
wis sue bgt lek, iki jare sing marai geger blog q ke suspen, padahal yo ora, mbuh ki honda, aku kaan mung cerita sambil siul2 😀
pipa ledeng
saya hari minggu kemaren juga ketemu CB150R… pas gue plototin juga ketemu warna kuning pada rangka… tak amati ternyata bukan karat,,,
ntah pada percaya atau nggak… 🙂
SEBENERNYA SICH BUKAN KARAT CATNYA KURANG TEBEL,AM QC NYA MASIH PKL KALI,GW DAH TERLANJUR PUNYA BRO….G MANA DONG?
bosen karatnya di tangki terus… hhe
http://trexton.wordpress.com
maklum . . .
Kumbah nganggo wd40 :p
nek ora di gerindo kasar,,,,,,di jamin pasti kinclong kembali
kilap seperti baru
pernah dimiliki, berarti skrng udah pindah tangan ya? waduh…motor bagus tuh
nah…
bahannya dari besi apaan tuh?
wah kalau konstruksi di oil&gas nyambung pipa itu harus di xray dulu sebelum di las trus sand blasting trus cat
ke balik bosss… sandblast dulu baru di las, qc baru turun apakah las2 nya diterima or gk. setelah itu baru di painting. tks
itu bikinnya aja pake kaleng susu,kaleng krupuk
trus konsumen dicekokin iklan motor kentjang,rangka teralis,mesin teknologi balap dari generasi CBR
lakulah produk murahan tersebut,apalagi dibumbui kompor meleduk FBH
hehe..market leader memang joss promosinya..
ayo AHM denger tuh sura om ben..dan para jamaahnya..ga malu ama nama besarrr hah! 🙂
dari dulu emang honda raja karat…ini fakta
hmm..banyak koq cara cegah karat…cuma masalahnya apa AHM udah ngelaksanain 🙂
Pencegahan
Karat
Kerugian yang cukup besar akibat proses pengaratan mengharuskan adanya upaya-upaya pencegahan terjadinya karat. Prinsip pencegahan nya dengan cara melindungi besi dan penyebab terjadinya karat. dilihat dari faktor-faktor yang memengaruhi proses pengaratan besi, banyak cara pencegahan yang dapat dilakukan, seperti modifikasi lingkungan, modifikasi besi, proteksi katodik, dan pelapisan.
Cara modifikasi lingkungan. Oksigen (O2) dan kelembaban udara merupakan faktor penting dalam proses pengaratan, mengurangi kadar oksigen atau menurunkan kelembaban udara dapat memperlambat proses pengantaraan. Sebagai contoh, kelembaban di dalam gudang dapat dikurangi dengan mendinginkan gudang menggunakan pengondisi udara (Air Conditioner / AC).
Cara modifikasi besi. Ketika besi membentuk aloi (logam campuran) dengan unsur-unsur tertentu, besi akan lebih tahan terhadap pengaratan. Baja (aloi dari besi) mengandung sebelas persen hingga dua belas persen kromium dan sedikit mengandung karbon, disebut stainless steel. Baja ini ini tahan karat dan sering digunakan dalam industri, untuk bahan kimia, dan di rumh tangga.
Cara proteksi katodik.
Jika logam besi dihubungkan dengan seng, besi tersebut akan sukar mengalami korosi. Hal ini disebabkan seng lebih mudah teroksidasi dibandingkan dengan besi. Potensi reduksi besi adalah E°Zn2+|Zn = -0.76V, lebih negatif dari pada potensi reduksi besi, yaitu sebesar E°Fe2+|Fe = -0.44V. Seng akan beraksi dengan oksigen dan air dalam lingkungan yang mengandung karbon dioksida. Seng karbonat yang terbentuk berfungsi melindungi seng itu sendiri dari korosi. Cara perlindungan logam seperti ini disebut cara proteksi katodik (Katode Pelindung). Selain seng (Zn), logam magnesium (Mg) yang termasuk alkali tanah, banyak digunakan untuk keperluan ini.
Cara pelapisan.
Jika logam besi dilapisi tembaga atau timah, besi akan terlindung dari korosi. Sebab logam Cu (E°Cu2+|Cu = +0.34V) dan Sn( E°Sn2+|Sn =-0.14V) memiliki potensi reduksi yang lebih positif dari pada besi (E°Fe2+|Fe = -0.44V). Namun, bila lapisan ini bocor, sehingga lapisan tembaga atau timah terbuka, besi akan mengalami korosi yang lebih cepat. Selain dengan tembaga dan timah, besi juga dapat dilapisi dengan logam lain yang sulit teroksidasi. Logam yang dapat digunakan adalah yang memiliki potensial reduksi lebih positif dibandingkan besi, seperti perak, emas, nikel, timah, tembaga, dan platina. Selain senyawa logam, pelapisan dapat pula menggunakan senyawa nonlogam. Proses pelapisan logam besi ini dapat dengan cara membersihkan besi terlebih dahulu, kemudian melapis dengan suatu zat yang sukar ditembus oleh oksigen, misalnya cat, gelas, plastik, atau vaselin (gemuk). Perlu diperhatikan, seluruh permukaan besi harus terlapis sempurna untuk menghindarkan kontak dengan oksigen. Proses pelapisan yang tidak sempurna dapat lebih berbahaya dibandingkan besi tanpa pelapis. Pengaratan dapat terjadi pada bagian yang tertutup sehingga tidak terdeteksi.
Om,itu XJR pake knalpot pulsar ya?
yak, betul, pakai punya P200
cakep juga ye 😀 hehe
gbr atas keren banget euy
mungkin yg karatan itu motor bekas dipake test ride kan keujanan. yg di yogya atau bandung kan acara test ride hujan. ane kmaren udah ke dealer honda di bandung ada karatnya. tapi di rangka sebelah kiri
Jadi, motor honda enggak boleh kehujanan? Hanya mungkin terjadi di gurun Sahara.
Ini motor buat menghadang laju vixion,makanya jadi motor anak emas Honda….
Yg namanya emas ya harus berkarat..
kasus CBR terulang lagi 😦
mungkin dikira hnd, selama piston dan silinder gak karatan……….maka bagian lain gak masalah kalo karatan…….yg penting mesinnya awet…dan ini diamini semua fbh.
*hahahahahahaah
sampe tangki yg sering karatan yak hahaa 😀
Hahahaha ketawanya JAOS puas bener liat lawannya karatan,, enaknya klo karatan diapain ya? Di.. Sobek sobek!
2 minggu lalu saya langsung melihat unit cb150r di Jombang,Jawa Timur sama kayak gini juga ada banyak titik2 karat,tidak sempat ambil gambar krn diikutin sama mbak-mbak salesnya *facepalm*
NVL juga kesan kualitas finishingnya sdh downgrade dari Old Vixion periode awal.
Saya bukan fans boy manapun,obyektif,,,jadi rencana beli motor baru nunggu yang bagus,worthed,dan value for money
tetep ninja yg sudah terbukti
emang rentah bang
http://designforbike.wordpress.com/2013/01/04/cb150r-memang-betul2-rentan-karat/
Ini gambarnya dewa motor kan. yg di tag ke FB om Ipan. kasus karat ama pipa knalpot cat ngelotok.
==
Dah ada tanggapan cuman sayang knalpot pengganti karat juga
====
44. dewa motor – 4 Januari 2013
waduh pada gak percaya rangkanya ada karat. hari ini perwakilan honda udah datang ke rumah saya dan mendata motor saya yang saya komplainkan. Mereka foto2 bagian rangka yang saya anggap berkarat, dan mereka MEMBENARKAN bahwa itu karat, bukan cat atau lapisan las-lasan atau lainnya. Keputusannya untuk penggantian rangka mereka masih menunggu keputusan honda pusat Jakarta mau diganti utuh apa di cat ulang saja. Kalau untuk knalpot langsung diganti baru, knalpot saya catnya nglotok di bagian leher silinder kalau mau lihat fotonya kaya apa ke fb pertamax7 banyak tuh.
kalau ada teman2 sekalian yang punya CB150R dan rangkanya mulus2 aja bisa dishare dong, saya jujur penasaran apakah ini cuman saya yang mengalami atau ada yang lainnya.
=====
dewa motor – 4 Januari 2013
knalpot karatan saya juga percaya mas, tadi ceritanya udah dibawain knalpot pengganti buat saya. Setelah dicek bagian lubang exhaustnya banyak karatnya akhirnya ga jadi dipasang dan besok baru diganti. Lucunya tuh knalpot ikutan didata difoto karena karatan.
=====
Karat bagian dalam lebih bahaya
Lebih tanggap mending…. kualitas yg utama
QC yg masalah ini
Quality Controlnya kali neeh… Kayak yg diceritain dikaskus
http://www.kaskus.co.id/show_post/50e6375405346a0748000018/369/
=====================
AHM hebat euy.
unit dah ready di dealer 31 Des 2012 (saya liat sendiri di gudang, nyocokin no. mesin), sampe rumah 2 Jan 2013.
eh pas liat sticker QC di jok nya, Final QC nya 4 Jan 2013
======================
===============
AHM ngibul banget
Wah ko bisa ? Sekelas honda yang katanya pabrikan no 1 itu lho ?
honda produk global sih kualitasnya oke, kalo buatan ahm baru jelek.
Berarti si cebe emank positif jadi vixion killer, soale sama2 gampang karatan tapi yg beli tetep bejibun
Assalamualaikum.
Buat yang punya blog ini, bang benny, tolong sering2 ngeblog, karena kami butuh hiburan dan pemikiran yang” enlightning” opo kuwi tjuk? Mencerahkan tjoy… Terima kasih
ada harga ada rupa, mau rangka tanpa karat? wani piro? #kataAHM ehehe :b
Betulll harus ada pemberitaan yang baru terutama dari segi minus suatu produk sehingga konsumen tau kelebihan dan kekuranganya. Blog blog lain selalu terkonsen dengan peeforma lah, style lah, konsumsi bbm lah, tp jarang teliti denagn minusnya……keep obyektif mas bro…..ngga usah melu melu liyane…..
bijaknya AHM segera menyempurnakan kelemahan ini !!! …kelemahan yang jelas nampak dan banyak kritikan itu jadikan sebagai masukan untuk penyempurnaan, yg sulit adalah kelemahan yg ditutup-tutupi, yg pada akhirnya menjadi purna jual kiloan,
untuk AHM type ese nangka aja masih banyak yg kelar di jalanan, berarti semua elemen/bahan ese nangka baik ko, nah untuk CiiB juga knp ngk,…kasihan tuh yg hatinya condong ke sayap mengepak…..berikan jaminan motor valuenya … dari ketiga type produk sayap mengepak yg kita mpunya, NMP, SX125, & MatikT oke ko! …kayaknya untuk CiBi …sy tunggu penyempurnaan dulu sekaligus uji komponen yg lain ada hasilnya ah…
maaf selera itu HAM…perawatan tergantung yg mpunya..ok
buset, masih baru padahal
eh dulu ane pengalaman yang sama di ninja rr tahun 2010, kurang lebih jarak 1 bulan sejak tanggal pembelian muncul karat di sekitar lipatan rangka. nggak mau ambil pusing langsung ane tutul2 pake cat besi+cotton bud.
nunggu penjualan si cb setelah 1 semester atau 2 sms, biasanya terlihat ap aj kekurangannya..
baru karat yg nongol,,,yg lain2 belum nongol
tetep masih bagusan cb150r daripada vixion sincan..
vixion am cs1 ajah bisa kalah..hadeh *sambil korek upil
vixi kelaut aje..itu bukan karat tp emass..
saya malah barusan kecelakaan ama nih motor.
padahal masih baru…. 😦 😦
http://www.catatanbryant.com/2013/01/kecelakaan-honda-cb150r-review-pengalaman-riil.html
betul ane jg ngerasa cb ane speednya lbh cepat dari spedonya
sekeras apapun kita menghina mencela mencaci memaki tetap jadi juara rakyat indonesia.
kata harus akui itu.
XJR tahun segitu berapa duit sekarang om? itu XJR nya legal / ilegal / semi legal om?
(saya sangat tertarik membahas motor XJR 400 anda ini om, motor impian saya neh, ora neko neko)
itu bukan karat gan ,, itu kyg kuningan , wong cb temen ane cek juga gt , kuningnya metalik bukan kuning karat itu mah wkwkwkkkk , supra 125 jg ada bgian sambungan las tp itu bukan karat hahaha , masak karat kuningnya mengkilat coba di liat lg
tergantung pemakaian bro, kalo nyuci motor makanya yg bersih, gw pemakai harian Tiger 98 aja masih oke smpe sekarang, pulang pergi depok-BlokM tiap hari, motor xjr ente paling malem minggu doank kluarnya
saya psan montor ini kok lama banget ya,,,,,,,,,udah 1 bulan blm datang2
soale motore habis dari pantai jd langsung karatan, motor merek apa aja baru or lama sm saja. pasti karat!!!! berani taruhan wis
biasa lah bro, persaingan produk,,,,, pada pengen ngejatuhin lawannya,,begini caranya !!!
hahaha,coba bisa beli?apa masih komentar?:)
Saya dah check abis beli nih motor, saya kupas sedikit bagian sambungan las yg warna kuning ternyata bukan karat tp Material sambungan las nya Kuningan tdk tecoating secara baik, seperti nya masih panas dah buru2 dicat ngelupas dah.. lega tapi sedikit kecewa dengan finishing detailnya..
tangki megapro baru 2th jebol,dasar kaleng krupuk.jancuk
karatan mah biasa namanya jg logam besi, di tempat ane vega r, jupi z, old vixi jg karatan padahal tahun muda sekali, masalahnya bukan produk H, Y, S, K yg gokil tapi SDM yg ngerjainnya byk yg asal2an krjanya biasa ngejar tayang…n bagian QC na jg ga bener…
motor CB100 gw banyak karat ga apa2 tuh malah sering gw pake ke gunung :p
karatttttttttt ya karattttttttt,
LOL ….. 😉
old vixi and nvl jg karatan ga ribut2 tuh…
Bner tu apa kta gombal mukio.
ane mo bli tuh mtr tpi ga da rp
waduh ane pngn bli tuh mntor
saya pgen bli cb ni,tp a.posturq kq ky gag cocok dg paduan tggiq 186cm,pke roda mtor 17″ jd ky naek mtor maenan,,,gag adkah CBSF pke roda 18″?? hahahaahah,,,,,
itu bukan karat bro itu lasan kuningan yang akhirnya cat gak bisa lama nempel di kuningan lasan tersebut coba perhatikan dan dikerok lebih teliti klo kaeratan pasti rontok karatannya tapi ini gak rontok malah keras
makax tiang jemuran ane ilang wat rangka motor,to?..
pancene honda dhobol njaran kog
mf sblumnya,, teliti sbelum ngambil kputusan. itu bukan karat. tp ngelasnya pake las tambal warna emas, alias tembaga.. atau kawat kuning. mungkin agan smua bsa mmabedakan warna karat n warna bahan lkasan… mksh