Ketika Plagiator Meminta Maaf kepada Yamaha

21 06 2010

Permohonan Maaf Terbuka

Baca Kompas hari ini, halaman 8. Disana terpampang iklan sebesar setengah halaman full.. Tertulis nama Ignatius Kartiman di pojok kanan bawah. bunyinya sebagai berikut:

“Kami, PT. Triangle Motorindo, telah menjual dan memproduksi sepeda motor sepeda motor Starfit Z, Star Z dan Star MX dengan merk VIAR.

Desain Starfit Z, Star Z dan Star MX telah melanggar hak-hak desain industri yang dimiliki oleh Yamaha Motor, Co. Ltd. (Yamaha Hatsudoki Kabushiki Kaisha), dan tindakan memproduksi dan menjual model-model ini melanggar ketentuan Undang-undang Desain Industri.

Pabrik kami digeledah sebanyak tiga kali pada tanggal 20, 24 Agustus 2009 dan 11 Januari 2010 dan cukup banyak dari model-model Starfit Z dan Star Z ini yang disita.

Oleh karena itu, kami dengan ini  kami secara tulus memohon maaf kepada Yamaha Motor, Co. Ltd. selaku pemilik Hak Desain Industri tersebut. Kami juga memohon maaf kepada khalayak konsumen dan pihak-pihak terkait atas terganggunya pasar sepeda motor akibat aktifitas kami yang melanggar hukum di atas.”

Wow..rupanya masih ada saja tindakan plagiat motor sampai hari ini. Iklan di atas hanyalah yang terlihat mencontek desain motor kemudian minta maaf. Bagaimana dengan para plagiat motor lain yang tidak jujur mengakui asal-usul motornya, padahal sudah banyak pengguna yang mengeluhkan kualitas produknya yang katanya abal-abal.

Yah semoga produsen motor yang seperti itu cepat sadar.

BTW, ane jadi penasaran sama beberapa hal berikut:

  1. Motor bebek Yamaha jenis apa sih yang dijiplak?
  2. Berapa tarif pasang iklan sebesar itu di Kompas?
  3. Apa sanksi hukum lainnya selain permintaan maaf terbuka ini ya?
Iklan

Aksi

Information

24 responses

21 06 2010
zaqlutv

tindakan mengakui sebagai plagiator itu sudah cukup gentle (tapi jangan diulang :mrgreen:), tinggal bagaimana dari sikap si pemegang paten.

21 06 2010
zaqlutv

wah pertamax toh? :mrgreen:

21 06 2010
Maskur

si mimin kemana nih?

21 06 2010
bennythegreat

@ Maskur

coba tanya mas Saranto.. :mrgreen:

21 06 2010
phones camera

lagian gk kreatif banget…

makasih infonya….

salam hangat…

21 06 2010
agus yapin

Si mimin sdh keburu punya design sendiri dan sdh dipaten…ga ada lagi istilah plagiat2 buat si mimin krn bagi yg tdk kreatif saja yg main plagiat2

21 06 2010
arif rakhman

Viar juga memproduksi motor yang mirip CBR 150R.

21 06 2010
Legenda Rider

ma hsx 125 juga ada yang mrip bgt.

21 06 2010
Gojay

LIKE THIS Gan…

22 06 2010
SkyrideR

ko ama honda ng minta maaf…?

22 06 2010
Komengtator

Setau ane produk Yamaha yg dijiplak VIAR adalah Yamaha Jupiter MX, X-1, dan X-1R…
CMIIW

22 06 2010
Komengtator

Yang laen mo nyusul gak neh???
Masi ada K*M, Hap*y Motor, To*sa, dll…
Kalo Mimin Athena yg mirip Revo 100 itu masi dipasarkan gak ya??

22 06 2010
Maskur

mimin vx geser spion ke fairing trus dipatenkan. Hehe. CBR125 masi kliatan kok

22 06 2010
blognyamitra

Itu pabriknya dmn sih ? kayaknya perlu berkunjung kesana deh 😀

22 06 2010
arie sesat

yup…masih ketara banget CBR 125, ngaku2 desain original…
belom lagi yang 250 cc pas awalnya dibilang buatan jerman…
sayangnya inipun disampaikan oleh seorang blogger kalau tuh motor buatan jerman! males banget dengernya… nggak lagi deh percaya info tuh blog, jualan!

22 06 2010
bennythegreat

blogger mana yang bilang mimin 250 buatan jerman?

22 06 2010
Arie Prawira, Jakarta, Indonesia

plagiat nya apa ya, atau mereka dulu pernah diminta untuk memproduksi beberapa spare part Yamaha, jadi setelah tau mereka buat sendiri.

22 06 2010
Maskur

Blooger juga macam2, nggak semua artikelnya obyektif
pernah protes gara-gara blogger di luaran sono nybeut type motor A, B, C xxx cc yyy cc
padahal salah semua itu

22 06 2010
selaludidepan

Iklan segitu puluhan juta bos…aq dulu pernah masang 1/8 halaman aja 10 jt an, tahun 2000 padahal, hitam putih lagi…yg lebih penting lg, tidak akan menjual lg model2 itu…

22 06 2010
lekdjie

pantesan pabrik koran masih eksis ya?la sekali ngiklan puluhan juta gt..

28 06 2010
just call me ......Sany

Yah semoga produsen motor yang seperti itu cepat sadar.

BTW, ane jadi penasaran sama beberapa hal berikut:

1. Motor bebek Yamaha jenis apa sih yang dijiplak?
2. Berapa tarif pasang iklan sebesar itu di Kompas?
3. Apa sanksi hukum lainnya selain permintaan maaf terbuka ini ya?

==
ane coba jawab gan
1. kalau ngeliat dari gambar diatas, keliatan banget yg dijiplak tuh motor j****r mx, j****r z, (satunya lagi kurang jelas)
2. yang jelas untuk harian nasional sebesar gitu, pasti harganya mahal gan
3. pada umumnya yang ane tau, suatu produk/desain didaftarkan oleh produsen pemilik hak produk/ desain tsbt ke dirjen haki, yang bertujuan untuk melindungi hak pemegang paten atas produk/ desain tsbt, n untuk mengindari produk tersebut, ditiru, dipalsukan, diakui oleh pihak lain.
ngeliat hal ini, jelas2 itu udah ada unsur kesengajaan karena udah meniru/ menjiplak abis2an desain dari produk produsen lain, yg beda cuma nama mereknya aja gan, pihak yang dirugikan, dalam hal ini pihak Y****HA, sebelumnya udah keberatan n melayangkan somasi kepada pihak yang melakukan plagiat atas produk/desainnya untuk ditarik dari pasaran, namun engga diindahkan, makanya produk trsbt disita.
yang jelas permintaan maaf aja di media tuh ga cukup, perlu ada proses hukumnya gan, baik tuntutan secara materill maupun immateril, karena disini udah ada pihak yg memperoleh keuntungan dengan cara melawan hukum, n ada pihak yang dirugikan.

maaf kalau komentar ane ada yg salah gan, mohon diluruskan.
-PulsaR LOVER-

28 06 2010
bennythegreat

mantabs jawabannya… ternyata ada sanksi hukum yg berat juga.. tapi gak diekspose nih gan

28 06 2010
just call me ......Sany

jelas ada gan, n itu udah diatur dalam undang2 yang mengatur tentang hak cipta, merek n paten, mengenai jenis tindakan sanksi pidana perdatanya. apalagi ini udah meniru, menjiplak suatu produk/desain demi mengejar yang namanya profit dan sama sama bersaing dalam ruang lingkup pasar yang sama. menurut ane itu bukan persaingan usaha yang sehat gan. menurut ane proses hukumnya mungkn udah berjalan gan, tapi kalah ekspose ama berita video mirip artis…(hehehe)

1. yang jadi pertanyaan ane gan, knapa yang ane liat dari dulu produk yang ditiru ama produsen lain tuh ga jauh dari yg namanya H****DA & Y*****HA?
2. apa kedua produsen mtr tersebut memang udah memberi ijin agar produk/desainnya dijiplak, atau produsen mtr pemilik produk/desain tsbt tidak mempatenkan produk/desainnya trsebut di indonesia? (menurut ane ga mungkin perusahaan sebesar itu ga mengerti tentang hukum hak paten atas produk/desain)

gitu aja gan dari ane….hatur nuhun
-PULSAR LOVER_

28 08 2010
subhan basri

gabung saja deh…………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: