Lusa kemarin ane menerima DVD berisi pengujian helm yang sesuai dengan SNI. Ternyata untuk dapat menyandang “gelar” emboss SNI di outer shell, sebuah helm harus melalui sembilan tahap pengujian.
Apa saja tahapan pengujian itu?
- Uji penyerapan energi kejut (impact test).
- Uji penetrasi.
- Uji ketahanan impak miring.
- Uji pelindung dagu (khusus untuk helm model full face).
- Uji kekuatan sistem penahan.
- Uji kelicinan sabuk / tali helm.
- Uji keausan sabuk / tali helm.
- Uji efektifitas sistem penahan
- Uji sifat mudah terbakar (sudah direvisi).
Menurut Pak Thomas Lim, pakar helm Indonesia, uji sifat mudah bakar direvisi (ditiadakan) dari SNI 1811-2007 karena uji sifat mudah terbakar lebih tepat diaplikasikan untuk helm-helm proyek.
Simak foto-foto di bawah ini, dan klik masing-masing untuk memperbesar.
Salam, kalau boleh saya kopi gambarnya untuk disebarluaskan..?
terimakasih..
Pertamax
ultah pulsar ke 3 ga di buat artikel om,??
Ngarep pulsar modifikasi di ulas…
percaya deh klo uji dilaksanakan sesuai prosedur, helm akan aman, tp siapa yang menjamin setiap buah helm yang dilepas di pasaran benar2 memenuhi standar walaupun udah ada tempelan SNI nya?
kalo yg diuji cuma sample yg memang kualitasnya lebih bagus dari yg dipasarkan gmna tuh om??….bisa berabe kan??
Ya memang sample dibuat bgus biar lolos. Tp,yg diproduksi ya standar pabrik.
monggo masbro disikat gambarnya…jgn lupa disebutkan sumbernya yah..dari BSN..hehehe
kutulis sumbernya..dari: https://bennythegreat.wordpress.com/2010/04/23/ini-dia-syarat-lulus-helm-sni/..wkwkwk..thx bro
siip..makasih bro..
mantab …. klomau cari kerja kesini yah…
http://bursa-lowongan-kita.blogspot.com/