Mengenang Tragedi Kecelakaan Bro Philip #006

29 03 2011

bro Philip di rumah bro Andy, masih bercanda ria

Awalnya bro Philip, ane dan bro Deni hanya berniat menengok bro Andy Priyantoko yang baru saja dioperasi kedua kakinya karena kecelakaan sewaktu touring. Bro Andy harus mendapatkan beberapa pasang pin penyangga tulang pahanya yang patah.

Pulang dari rumah bro Andy, kami pun bergroup riding ria menuju Kampung Rambutan. Bro Philip berada di posisi kedua setelah bro Deni, sementara ane berada di posisi paling belakang.

Usai melibas tikungan, ane melihat bro Philip tancap gas, namun tiba-tiba Pulsar 180 itu tersungkur ke depan..sempat ane lihat ban belakang terangkat ke udara. Setelah itu motor jatuh ke aspal dan menarik bro Philip yang tersangkut kaki kanannya.

kondisi motor pasca kecelakaan

Ane yang berada tepat di belakang bro Philip mati-matian mengerem. Meskipun ban belakang sempat geal-geol khas Pulsar, akhirnya ane dapat berhenti kurang lebih 10 cm di depan kepala bro Philip yang berbalut INK Vector itu.

Bro Philip tak bisa berdiri. Ia mengerang kesakitan. Ane dan bro Deni lantas menggotongnya ke pinggir jalan.

Ane lihat keadaan bro Philip..

kondisi helm pasca benturan

Helm Ink Vector berwarna biru yang ia beli bersama dengan Ink Vector hitam ane itu retak pada bagian rahang. Rupanya tadi bro Philip jatuh dengan rahang terlebih dahulu. Begitu pelindung rahang itu dibuka, bagian antara hidung dan mulut bro Philip mengucurkan darah. Rupanya entah karena benturan atau retakan helm, telah membelah kulit bro Philip.

Sarung tangan bro Philip habis karena gesekan, sementara telapak tangannya nyaris tidak terluka sedikitpun.

kondisi sarung tangan dan isinya

Pergelangan kaki tak dapat digerakkan dan terasa sakit, pasti ada persendian atau tulang yang patah. Rupanya ini akibat kaki bro Phil tersangkut tuas rem, lantas tertindih motor dan terseret lumayan jauh.

Sebuah taxi dicegat dan segera meluncur ke RS Jatinegara.

Disana bro Philip langsung mendapatkan rontgen tulang dan memperoleh jahitan pada bibir atasnya yang sobek.

digelandang ke RS Jatinegara

Tulang tumit terlihat patah dan harus ditanamkan pen, demikian ucap seorang dokter.

Tak terbayang jika waktu kejadian kecelakaan tersebut bro Philip mengenakan helm open face dan tanpa sarung tangan.

Helm flip up saja sampai retak parah.

dirontgen dulu yaa..

masih bisa cengar-cengir...xixixixi

biar gubrak, mejeng dulu deeh

Bagi yang penasaran dengan sebab musabab jatuhnya bro Philip. Rupanya adalah sebongkah batu berbentuk kotak berukuran sekitar 10×10 cm yang disinyalir digunakan oleh kenek bis untuk mengganjal ban bis. Sepertinya kenek lupa meminggirkan batu tersebut, sehingga masih tertinggal di tengah jalan selepas tikungan menuju terminal. Padahal dalam pengalaman ane riding bersama bro Philip, seorang trainer senior dalam bidang HRD ini ane ketahui sebagai rider yang kalem dan humoris namun selalu waspada dalam berkendara.

Kejadian ini sudah lewat kurang lebih 3 tahun yang lalu, hingga kini pen masih ada di tumit bro Philip, dan kecelakaan tersebut kini hanya menjadi bahan candaan sekaligus mengingatkan kami untuk lebih waspada terhadap lingkungan sekitar ketika bermotor.


Aksi

Information

21 responses

29 03 2011
vrz_evolution

safety first

29 03 2011
vrz_evolution

rc7 ane aja retak di rahang,waktu nabrak blkng angkot di speed 40kph..
-.-“

31 03 2011
dwi

Parah gak Bro dgn rahangnya?

31 03 2011
bennythegreat

rahangnya gak kenapa2…cuma luka aja di bibir atas, mungkin kena helm

29 03 2011
Triyanto Banyumasan

tiati tiati.. ga sruntulan aja nggeblak, apalgi sruntulan ya..

29 03 2011
Igfar Pramarizki

makasih mas..
sejak kejadian Mbak Mel, saya yg pake helm Snail modular sekarang selalu nutup helm sempurna. ga pernah dibuka lagi mukanya. paling buka kalo macet aja.
Apa lagi tambah baca ini. Naudzubillah deh.. sampe kecelakaan..

Think Safety and Respect Others

http://motorbiru.wordpress.com/

29 03 2011
noFUN

Curcol,

6x jatoh (1x karena ngebut 120kmph dan jadi superman di aspal waktu baru belajar, sisanya karena gak ahli soal rem dadakan saat jalan licin.. bayangin aja 20kmph, ngerem bisa jatoh..) tapi luka di helm Full face untungnya gak pernah bagian depan..

bahkan bisa dibilang, luka gores di helm FullFace gw cuma bagian samping-belakang karena memposisikan jatoh dengan helm menghadap langit (ke atas)..

Dan barusan beli helm OpenFace cuma karena masalah “Duit terbatas di 200rb” dan harga helm FullFace berkualitas kebanyakan di atas 300rb.. meskipun nabung sih bisa aja, tapi gw butuh saat itu juga atas alasan safety..

Banyak orang beli helm Openface, juga karena masalah harga.. namun selain masalah harga, ada juga yg gak tau kekurangan helm OpenFace dibanding FullFace terutama disisi keamanannya.. hingga akhirnya helm Openface yg dipilih..

Nah klo orang beli helm Mahal tapi Open Face .. itu yg jadi tanda tanya — ❓

29 03 2011
gasspoll

ohh batu kotak di jalan tuh bekas ganjel truk ane pernah lagi riding solo dari bandung ke pangandaran pas di tanjakan dan menikung ada batu kotak untung smpt di hindari cuman dl ga kebayang maksud orang nyimpen baru kotak di tengah jalan nyesel sih ga berhenti dulu trus minggir dulu buat buang tuh batu dari tengah jalan soalnya waktu itu sekitar pukul 8.00 pm takut juga berhenti malem2 di daerah yang asing

29 03 2011
willy

hanya gara2 sebongkah batu di jalan bisa kyk gitu.. waduwh musti lebih extra hati2 nih 😥

29 03 2011
njokipan

Gila, . . .batu 10cm aja bahaya, . . .

29 03 2011
vanz21fashion

haduh2, batu oh batu.. tapi emang kalo kondisi jalanan lintas kota si jangankan batu buat ngeganjel truk, batu kerikil pun bisa buat celaka soalnya kebanyakan yang riding lintas kota ga akan santai2 kayak lagi di dalem kota.. (kecuali macet), biasanya rider cenderung untuk ngegas secara dinamis dan berakselerasi..

serem bener.. mudah2an ga terulang kejadian kayak gitu

29 03 2011
sabdho guparman

sering juga balok kayu ditengah jalan tuh om, gak boleh meleng sedikitpun para biker . . .

keep brotherhood,

salam,

30 03 2011
kmphlynx

apalagi di daerahku, om sabdho. jakarta utara seputaran Ca-Cing.
tinggal pilih, dari batu kerikil sampe con-block, dari pasir kali sampe pasir kimia.
ngga kelupaan balok kayu, paku, plastik (yg on-air maupun on the ground.
lubangnya pun sering pindah2..
plus ranjau model baru, potongan ban dalem ditancepin paku…
buat yg mau main ke utara, extra hati2, yah..

black P180 UG3 w/ green engine-glow

29 03 2011
extraordinaryperson

batu di tengah jalahn…… ulah siapa itu

29 03 2011
terong amnesia

kena batunya…

30 03 2011
kang_ulid

ane pernah jatoh pd kec 20kpj, d jaln penuh lumpur… Ga papa sich, hanya betis kna knalpot, pdhl dah pake spatu boot

30 03 2011
Komengtator

Mau Batu kek, Lobang kek.. orang yang namanya motor itu rodanya cuma dua, so memang resikonya sebesar itu walaupun sudah berhati-hati… Anehnya banyak orang sadar akan pentingnya kewaspadaan, dan safety riding tentunya setelah orang celaka dahulu… seperti ane… setelah pipi dijahit, baru ane pake helm Full-face…

30 03 2011
Iksa

Wah sharing pengalaman yang baik …
Mengingatkan bahwa kecelakaan tak pernah kita duga ..
Safety in riding memang mutlak

31 03 2011
gogo

cerita yg menarik, jd mengingatkan ane buat make helm fullface yg gak pernah dipake krn eman2.

9 06 2011
Jenis-Jenis Helm, Kenali Resikonya…!! « bennythegreat.wordpress.com

[…] Yang pertama adalah kecelakaan bro Philip yang harus sobek bibirnya, padahal sudah memakai helm full face. Artikelnya ada di sini. […]

18 10 2011
Jizz Dancer

terima kasih sharingnya kak
saya habis baca di sini Mengenal dan Mencegah Osteoporosis Sejak Dini ngeri banget

Tinggalkan Balasan ke bennythegreat Batalkan balasan