Oke, pertama ane tegaskan dulu mengenai jenis helm agar tidak terjadi salah definisi. Jadi helm untuk motorcyclist itu ada 3 macam. Menurut salah satu ahli helm di Indonesia yaitu pak Thomas Lim, menurut bentuknya helm itu ada tiga (3) macam yaitu:
- Helm Full face – adalah helm yang menutupi tempurung kepala, bagian belakang kepala dan bagian dagu (chin guard).
- Helm Open face – adalah helm yang menutupi bagian tempurung kepala dan bagian belakang kepala, tanpa chin guard.
- Helm Half face – adalah helm yang menutupi bagian tempurung kepala saja (telinga terlihat). Helm ini disebut juga helm “cetok”. Pemakaian helm cetok terlarang di Indonesia, namun di Amerika helm cetok masih diperbolehkan karena memenuhi standar DOT.
helm full face
helm open face
helm half face (cetok)
Di blog nya Mbah Dukun dituliskan bahwa pemakai helm open face tidak seharusnya diberi gelar sebagai orang yang tidak paham safety riding. Ya..menurut ane menghakimi seperti itu jelas tidak tepat karena dengan memakai helm open face pun seseorang sudah melakukan ikhtiar untuk mengamankan dirinya dari resiko benturan.
Sekarang bicara resiko..Sudah dilakukan penelitian oleh Pak Dietmar Otte dan Pak Harry Hurt yang melakukan penelitian statistik mengenai daerah pada helm yang rawan benturan. Artikel selengkapnya bisa dibaca di sini. Ini dia hasilnya.

persentase resiko benturan di wilayah helm
Dari gambar di atas jelas terlihat bahwa berdasarkan data kecelakaan di Los Angeles sana, daerah dagu memiliki resiko benturan terbesar. Jadi jelaslah bahwa dengan menggunakan helm open face, maka pemakainya akan menanggung resiko benturan tersebut.
“Lhooo..tapi itu kan data di Amerika, kondisinya beda dong dengan Indonesia..?”
Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, ane cukup share pengalaman kecelakaan dari beberapa kawan yang terluka pada bagian sekitar dagu.
Yang pertama adalah kecelakaan bro Philip yang harus sobek bibirnya, padahal sudah memakai helm full face. Artikelnya ada di sini.
Dan yang paling membuat ane kapok memakai helm open face apalagi helm cetok untuk bermotor adalah meninggalnya Sist Melanie akibat benturan keras di kepalanya..Artikelnya ada di sini.
Kebetulan saat itu ia memakai helm open face, jika saja pakai helm full face..mungkin lain ceritanya.
Nah, data, pengalaman dan resiko sudah ane ungkapkan, tinggal ente sendiri yang menilai dan memilih jenis helm yang terbaik bagi diri ente dan orang-orang terdekat.
Sippp
helmku sudah fullface
lebih sering pakai full face… takut kaya bro philip soale,…
Good !!
wew
helm ku apa ya..
gambarnya gak sama ama yang punya om ben, xixixixixi..
saya pake helm fullface kok pakdhe!
Oya, kalo buat boncenger kan harusnya beda tu resikonya (% benturan di kepalanya) ya tho? jadi mungkin emang beda pilihan helm yang paling sesuai….
Sejak pertengahan 2009 saya udah tobat pake helm half face. Dan terbukti waktu kecelakaan Desember 2009 kepala saya masih utuh walaupun udah keseret beberapa meter & helm bagian pipi kegerus sedalam 1mm. Sejak itu, even boncenger pun ga boleh pake helm half face klo mau naik motor saya. Klo maksa, mending tak temenin cari angkot. Insap dah!
kalo ane ke jalan raya pake fullface, kalo cuma sekitaran koplek rumah (ke pasar, minimarket, rumah ibu) pake openface 😀
fullface
ane pake open face… akhir taon kemarin kecelakaan n terseret… idung terselamatkan oleh masker… sejak saat itu… kemana2 selalu pake masker…
BENY BIEBER !!! INI ARTIKEL GW BESOK !!! JAHAT !!!! :EVIL: *LINDES PAKE DIAVEL*
Bennnnn Biber !!! Ini Artikel Gw BesooooooK !!! GRRRR
Yeeee..sapa suruh ente moloooorrrr..
Di bbm kagak nyaut..
Xixixixi
kalo snell ada yang open face ga ya? sebab setau saya salah satu pengujian snell itu ada yang impak di daerah dagu, jadi gak tau deh ada yang open face ga.
kagak nerima bebem kok weeeeek
jiah, kagak jadi gue posting soal helm…
kacrut dah…
nih si mbah bences juga mau posting…
alamak, kok bisa sama begince sih booooooo
ih dese bisa aza sich … iy ike jadi gemesh !
Sempet mikir, klo udah restorasi si Honda 70, bakalan beli half face KYT buat nemenin si RC7 yang udah jadi temen jalan pas pake FD110X. Tp bgt bca artikel ini, dan tau persentase disttribusi energi tabrakan di bagian dagu, jadi mrinding juga. Ya udah deh, ntar pake full face aja deh, tapi pastinya stylenya gak nyambung dgn Honda 70 (persetanlah style, yg penting safety).
Kalo dari teori.. iya sih helm half face bermerek kecanya bener2 kuat.. Tapi gimana kejadiannya kalo pas jatoh yang kena bagian bawah kaca dan kacanya kebuka.. Selanjutnya ya muka yang nyium aspal.. Jadi biar gimanapun helm full face tetep lebih baik daripada helm open face..
Tapi helm adalah usaha untuk meminimalisir dampak benturan.. Yang harus kita usahakan adalah, bagaimana meminimalisir kemungkinan kecelakaan..