[Komparasi 250-250cc] Riding Impression Honda CBR250R..Ternyata..

23 09 2011

bro Ade "Hansip" mejeng dulu

Inilah artikel penutup ane seputar uji akselerasi beberapa motor yang dilakukan di MKT minggu lalu. Kali ini ane ingin berbagi kesan menguji coba Honda CBR250R non ABS. Motor bercorak silver-merah itu adalah milik bro Adrian “yoyon” yang baru berusia 5xx kilometer. Tentunya akan sangat terasa perbedaannya dibandingkan sesama motor 250cc yang ane kendarai tiap hari.

Ketika ane mendaratkan diri di jok, posisi kaki lebih jinjit, meskipun ane masih bisa menapak, barangkali seat height CBR lebih tinggi yah. Posisi lengan juga lebih tegak dibandingkan Ninja 250, namun bentangannya lebih kecil dari Ninja yang lebih “mbaplang”.

Ketika kunci dinyalakan, terdengar suara pompa injeksi berdesing..zuiiing..mirip dengan Vixion, sementara speedometer berpendar biru dan jarumnya berputar untuk self check.

Ane lalu mencoba memiringkan motor untuk merasakan beratnya dan…wow..sangat..sangat lebih ringan dibandingkan Ninja 250 yang berat itu. Ketika ane melongok ke area di bawah spedometer, rasanya lebih “kopong” dibanding Ninja 250. Build quality materialnya menurut bro Yoyon masih di bawah Ninja 250. Ini ia buktikan ketika mengetuk fairing CBR. Menurutnya material fairing CBR lebih getas dari Ninja 250.

dashboard CBR 250

Tombol start engine diputar dan suara mesin terdengar…hmmm..kok mirip suara mesin Yamaha Vixion ya..? Ketika throttle diputar raungan mesin terdengar seperti suara mesin satu silinder pada umumnya..hanya saja pada saat langsam terasa sekali tendangan khas mesin berkompresi tinggi yang lebih dug..dug..dug..

Hal yang sangat menggangu ane rasakan ketika menaikkan dan menurunkan standar samping aka side stand. Rasanya posisi standar samping terlalu ke depan deh. Ah.. tapi ini kan subjektif..mungkin karena ane terbiasa dengan habit di motor lain.

Motor pun ane masukkan ke gear-1. Ane berjalan pelan menyusuri jalan akses kantin MKT sekaligus membiasakan diri akan feel CBR ini. Lebar tangki lebih bersahabat bagi mereka yang bertubuh pendek karena tidak terlalu ngangkang..namun bagi ane..ini jelas terlalu kecil.. motor ini ringan sangaat dibanding Ninja 250, menggoyangkannya ke kiri kanan untuk sekedar swerving tidak memerlukan tenaga besar..akibatnya ane hampir oleng ketika mencoba swerving namun menggunakan tenaga kelewat besar..

Naah..mulai deeh betot gas. Di sini review dari website luar ane buktikan bahwa akselerasi CBR 250 memang mantab..sudah diulas detail kan dalam bentuk grafik..? RPM 1300 menuju 6000 dikail dengan sangat cepaat..tak terasa sudah saatnya ane putar balik di #2 untuk mencoba akselerasi yang lebih panjang..

Weleeh…mantab bener akselerasinya..kalau ane tidak nunduk mungkin badan bisa wheelie yah..namunnn.. sayang sekali kenikmatan inersia itu hanya berlangsung singkat..ketika gear-3 berpindah ke-4 rasanya motor sudah kehabisan tenaga dan akselerasi sepertinya tidak dapat diharapkan lagi. Penyebabnya tak lain RPM limit yang sudah bergetar gak karuan di range 10-11 ribu. Waaah..rasanya seperti ejakulasi dini..padahal lagi nikmat-nikmatnya merasakan inersia.

Getaran mesin di sini sangat terasa. Ane melihat bayangan di spion menjadi sangat blur, font speedometer pun terasa terlalu kecil untuk dibaca, sehingga ane tidak jelas melihat berapa sebenarnya kecepatan ane. begitu juga terdengar getaran body plasik beradu dari wilayah dashboard. Ada apakah..? Sementara itu cuaca yang sedikit berangin turut membuat ane sadar bahwa motor ini tidak terlalu stabil jika menghadapi angin kencang. Lagi lagi terlihat bedanya dengan Ninja 250 yang getarannya lebih halus pada RPM yang sama.

Memutari hotel Ritz Carlton berarti saatnya mencoba cornering..karena begitu ringan..ane berasa bagai Son Goku yang baru tiba di bumi sehabis latihan di planet asalnya..semua terasa begitu ringan.. cornering  dan swerving dapat dilakukan dengan mudah..hanya saja..ane masih belum percaya dengan ban IRC RX-01 bawaannya..jadi..gak perlu terlalu rebah..

Masuk kembali ke MKT, memarkirkan motor menjadi soal mudah. Ane bisa geser-geser dengan enteng dan tak perlu keluar banyak tenaga untuk mengatur posisi parkir motor. Disinyalir tukang parkir turut senang karena bisa menggeser motor dengan mudah.

***

Naah..kekurangan CBR 250 terlihat jelas ketika bro Aru ingin menjajal motor tersebut..dengan posisi mesin sudah menyala, ia masuk gear-1 dengan kaki masih menapak. Akibatnya kaki bro Aru hampir saja “konslet” dengan standar samping.

Waduuh..ini dia major flaw CBR250..untuk motor 250 cc berharga 39 juta dan 46 juta (ABS), seharusnya fitur safety yang akan mematikan mesin jika masuk gear ketika standar belum naik disematkan. Dengan posisi standar samping seperti itu, kaki pengendara akan mudah sekali terluka tergores side stand..apalagi kalau sampai motor berjalan dan berbelok..wuihh…serem..

Pada Ninja 250, fitur keamanannya akan otomatis mematikan mesin jika pengendara masuk ke gear-1 namun side stand masih belum naik. Demikian halnya pada Bajaj Pulsar. Lampu merah akan menyala pada speedometer jika side stand lupa dinaikkan.

Semoga fitur keamanan side stand ini menjadi perhatian Honda. Dengan harga kelas premium seharusnya konsumen juga mendapatkan fitur safety premium juga dong. Kecuali ya..AHM mau membayar sekian ribu orang karyawan untuk mengawasi para rider CBR yang lupa menaikkan side stand lantas berteriak..”Broooo…standarrrr broooo…”

Kalo ane yang diteriakin begitu yaa..tinggal balas…”muke lu standar…motor modip neeeh…!!

:mrgreen:

###

nb: foto diperagakan “stuntman”  bro Ade Hansip dan ane sengaja tidak menampilkan foto ane di atas CBR 250 karena selain lupa foto..juga…disinyalir ane akan terlihat “tidak proporsional” di atas motor ini.

About these ads

Aksi

Information

49 responses

23 09 2011
bebektengil

Wkwkwkwk…..muke lu standar

Hahahahahaha……ngakak guling2 bacanya

23 09 2011
soekotjock

cobain lagi minggu ini oom…
tu yoyon skrg dah pake BT92 120/60 ama 150/60 :mgreen:

23 09 2011
bennythegreat

Siappp…

23 09 2011
bejo

naikin gajah aja masih terguncang:P

23 09 2011
SteveA7X

manteb ulasannya :)

23 09 2011
Virus

FIRE IN THE HOLE!!!
*siap-siap rusuh…ahihihihihi…

23 09 2011
Pak Bambang Nunggang Byson

stiker “AWAS STANDAR DINAIKKAN” pasang didasboard solusi hemat, hemat beib, padahal tukune 49,2jt jhe

23 09 2011
23 09 2011
smartf41z

Bro bandingin simpangan gps dan speedo dunk. Sukur2 compare sama motor lain yang udah di test ride. Suwun

23 09 2011
ardhinugros

perhatian nih buat AHM.. mosok motor sports premium kalah fitur safety nya dengan matic yang harga cuma sepertiganya :mrgreen:

23 09 2011
bennythegreat

Emangnya di matic itu ada fitur apa bro?
Monggo di share..

23 09 2011
Triyanto Banyumasan

matic Honda jika side stand tidak dinaikan, maka ga bisa nyala tu mesin Mas Ben…

23 09 2011
akibdg

di beat klo masih pake standar samping motor g bisa nyala om ben
atau klo masih nyala trus standar samping motor langsung mati

21 03 2013
Jamsoy

Kalo menurut pengalaman ane yg namanya standar CBR bakal mentok ketanah kalo standar gak dinaikin beda dg bebek masih bisa nyaman jalan walopun standar gak dinaikin. Jd untuk masalah standar gak perlu dibesar2in krn bukan masalah besar, mending gimana caranya biar motor gak terasa panas karena baik cbr apalagi ninja panasnya bisa bikin mandul.

23 09 2011
jaos

Wah ulasan γάπĝ mendetil soal impresi ΐйï cb250. Saya cuma pernah tengok cukup lama ΐйï mtr γάπĝ pas lg markir aja. Mengecewakan bodynya dan tampak gǟƙ terlalu solid, agak kopong, tidak beraura racy, konsol speedo ok la, dan tebakan saya selalu ini ‘torsinya palingan singkat aja, gǟƙ terlalu penting’..eh ternyata benar ada jg artikel γάπĝ nulis hal itu.

Tapi bgmanapun jg torsi di cb250 ini gǟƙ cocok buat pemula dan labil di lampu merah…

23 09 2011
blognyamitra

Komparasi bebek kapan cak ??? :mrgreen:

23 09 2011
bennythegreat

bebek goreng..?
bebek bakar..?
bebek cah jamur..?
bebek gosong..?

23 09 2011
wenk

Jadi laper……

24 09 2011
geraltofrivia

nasi bebek jahanam

23 09 2011
bman

aduh jaos tulisannya ada logo2 character aneh itu pake apaan? Sebagai pemakai CBR250 setuju dengan review diatas. Beberapa memang apa adanya. Cuma masalah kenceng dan tarikan, berhubung udah tua, gak masalah lah. 3 alasan gak ambil ninja; lebih mahal, gak selera sama garis desainnya dan berbahaya. Tangan suka gatel betot gas tapi refleks dah berkurang..hehehehe

23 09 2011
jaos

Pake bb pak..hehehe..yah γάπĝ penting hati hati aja kalo lg riding.

23 09 2011
harisxyz
23 09 2011
23 09 2011
23 09 2011
23 09 2011
gogo

mantab dah, jadi nyamanan mana buat harian?

23 09 2011
Datuk

“NGGATELI” :D :D :D

25 09 2011
adamsyahputra

KOPLAK

23 09 2011
Mas Agus Ninjers Riyanto

kalau CBR 250 R juga 2 cyl mungkin ane tertarik krn ane juga suka Honda……

24 09 2011
Review Blogz,… Lho Honda CBR 250R kok nggak safety …??? « Rudi Triatmono Personal Blogs

[...] kalah feature safety …??? Last,… artikel ini mengacu kepada tulisan Bro Benny… so monggo lebih lengkapnya lihat ke TKP …!!! Share this:EmailPrintTwitterLike this:SukaBe the first to like this [...]

24 09 2011
ipanase

hahahahahahahahahahaha, geter

24 09 2011
vecky

nyaman yg mana utk harian rasanya kembali ke si rider ;) selain masalah budget hohoho..ada sebagian orang ga pusingin soal berat body motor yg penting stabil, ada lagi yg mo kenceng tapi ga tahan pegel. riders’ call, which one r u? :D

24 09 2011
agoey
24 09 2011
ariiiiii

t kirain plastik bodinya lebih bagus dari motor hnd lain eh… nyatanya sama aj kaya supri injeksi yang sy pake. kemlothak n geter-geter. Trus jangan-jangan catnya cepet kusem juga.

24 09 2011
chikimaster

Iya mas, bener di rpm 10rb ke atas emang nge-drop, cbr250r saya bahkan pernah bener2 kosong, untung bisa segera recovery…beda bgt sama cbr150r yg baru enak di 7rb ke atas. Standar juga sering kejadian nyangkut tanah :(
Btw, beneran Mike Portnoy keluar dari DT?

24 09 2011
Arsenal is down

Angin buaran,..ada logo di karikatur.

24 09 2011
dio.jet

wah suara mesinnya kayak Vixion,ehhh karakter mesinnya juga kayak Vixion (torsi besar doank).tapi kok sama FBH karakter mesin kayak Vixion d cerca yahh??

24 09 2011
kang_ulid
24 09 2011
jaelaniutup

hahhahaha…..
Muka lo standar, motor modif nih..hhahhahahahahaha
hhahah

24 09 2011
Amama Ali

pembodohan otomotif kah?

24 09 2011
Rockhead95

Kalau build quality CBR sama dengan ninja mungkin harganya akan lebih mahal lagi kalee..

24 09 2011
mastermeong

walaah..alamat ninja gak turun2 harganya kalo gini…

@ jaos : pake karakter aneh gitu buat apa? kurang kerjaan aja (apa bener2 kurang kerjaan)..mirip para alay fb. apa pak jaos ini masih ababil kah??

24 09 2011
mastermeong

walaah..alamat ninja gak turun2 harganya kalo gini…

@ jaos : pake karakter aneh gitu buat apa? kurang kerjaan aja (apa bener2 kurang kerjaan)..mirip para alay fb. apa pak jaos ini masih ababil kah.??

25 09 2011
adi_blackvixy

senyam senyum ane baca tulisan ini..
“..ane berasa bagai Son Goku yang baru tiba di bumi sehabis latihan di planet asalnya..”
penggemar dragon ball ya om..??
coba punya motor yg bisa terbang kaya bulma..?? hehe..

26 09 2011
AH*=CHM

hahahaha…muka lo standar…

kan udah pernah di ulas, komparasi single cylinder sama dual cylinder. Mungkin fitur safetynya sengaja ga dipasang buat cut cost kali bro…barangkali…

26 09 2011
AH*=CHM

kayaknya dah pernah dikomparasi deh bro ttg single cylinder dan dual cylinder.

safetynya memang sengaja ga dipasang x bro, buat cut cost, biar untungnya lbh gede. x ….

26 09 2011
bjubah hitam

hidup standar samping hidup muka standar ……hidup mobil yg akan dipakaikan standar samping dan tengah….

30 09 2011
olala

artikelnya sesuatu banget om ben…:)

30 09 2011
olala

artikelnya sesuatu banget om benny …:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.910 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: