Inilah artikel penutup ane seputar uji akselerasi beberapa motor yang dilakukan di MKT minggu lalu. Kali ini ane ingin berbagi kesan menguji coba Honda CBR250R non ABS. Motor bercorak silver-merah itu adalah milik bro Adrian “yoyon” yang baru berusia 5xx kilometer. Tentunya akan sangat terasa perbedaannya dibandingkan sesama motor 250cc yang ane kendarai tiap hari.
Ketika ane mendaratkan diri di jok, posisi kaki lebih jinjit, meskipun ane masih bisa menapak, barangkali seat height CBR lebih tinggi yah. Posisi lengan juga lebih tegak dibandingkan Ninja 250, namun bentangannya lebih kecil dari Ninja yang lebih “mbaplang”.
Ketika kunci dinyalakan, terdengar suara pompa injeksi berdesing..zuiiing..mirip dengan Vixion, sementara speedometer berpendar biru dan jarumnya berputar untuk self check.
Ane lalu mencoba memiringkan motor untuk merasakan beratnya dan…wow..sangat..sangat lebih ringan dibandingkan Ninja 250 yang berat itu. Ketika ane melongok ke area di bawah spedometer, rasanya lebih “kopong” dibanding Ninja 250. Build quality materialnya menurut bro Yoyon masih di bawah Ninja 250. Ini ia buktikan ketika mengetuk fairing CBR. Menurutnya material fairing CBR lebih getas dari Ninja 250.
Tombol start engine diputar dan suara mesin terdengar…hmmm..kok mirip suara mesin Yamaha Vixion ya..? Ketika throttle diputar raungan mesin terdengar seperti suara mesin satu silinder pada umumnya..hanya saja pada saat langsam terasa sekali tendangan khas mesin berkompresi tinggi yang lebih dug..dug..dug..
Hal yang sangat menggangu ane rasakan ketika menaikkan dan menurunkan standar samping aka side stand. Rasanya posisi standar samping terlalu ke depan deh. Ah.. tapi ini kan subjektif..mungkin karena ane terbiasa dengan habit di motor lain.
Motor pun ane masukkan ke gear-1. Ane berjalan pelan menyusuri jalan akses kantin MKT sekaligus membiasakan diri akan feel CBR ini. Lebar tangki lebih bersahabat bagi mereka yang bertubuh pendek karena tidak terlalu ngangkang..namun bagi ane..ini jelas terlalu kecil.. motor ini ringan sangaat dibanding Ninja 250, menggoyangkannya ke kiri kanan untuk sekedar swerving tidak memerlukan tenaga besar..akibatnya ane hampir oleng ketika mencoba swerving namun menggunakan tenaga kelewat besar..
Naah..mulai deeh betot gas. Di sini review dari website luar ane buktikan bahwa akselerasi CBR 250 memang mantab..sudah diulas detail kan dalam bentuk grafik..? RPM 1300 menuju 6000 dikail dengan sangat cepaat..tak terasa sudah saatnya ane putar balik di #2 untuk mencoba akselerasi yang lebih panjang..
Weleeh…mantab bener akselerasinya..kalau ane tidak nunduk mungkin badan bisa wheelie yah..namunnn.. sayang sekali kenikmatan inersia itu hanya berlangsung singkat..ketika gear-3 berpindah ke-4 rasanya motor sudah kehabisan tenaga dan akselerasi sepertinya tidak dapat diharapkan lagi. Penyebabnya tak lain RPM limit yang sudah bergetar gak karuan di range 10-11 ribu. Waaah..rasanya seperti ejakulasi dini..padahal lagi nikmat-nikmatnya merasakan inersia.
Getaran mesin di sini sangat terasa. Ane melihat bayangan di spion menjadi sangat blur, font speedometer pun terasa terlalu kecil untuk dibaca, sehingga ane tidak jelas melihat berapa sebenarnya kecepatan ane. begitu juga terdengar getaran body plasik beradu dari wilayah dashboard. Ada apakah..? Sementara itu cuaca yang sedikit berangin turut membuat ane sadar bahwa motor ini tidak terlalu stabil jika menghadapi angin kencang. Lagi lagi terlihat bedanya dengan Ninja 250 yang getarannya lebih halus pada RPM yang sama.
Memutari hotel Ritz Carlton berarti saatnya mencoba cornering..karena begitu ringan..ane berasa bagai Son Goku yang baru tiba di bumi sehabis latihan di planet asalnya..semua terasa begitu ringan.. cornering dan swerving dapat dilakukan dengan mudah..hanya saja..ane masih belum percaya dengan ban IRC RX-01 bawaannya..jadi..gak perlu terlalu rebah..
Masuk kembali ke MKT, memarkirkan motor menjadi soal mudah. Ane bisa geser-geser dengan enteng dan tak perlu keluar banyak tenaga untuk mengatur posisi parkir motor. Disinyalir tukang parkir turut senang karena bisa menggeser motor dengan mudah.
***
Naah..kekurangan CBR 250 terlihat jelas ketika bro Aru ingin menjajal motor tersebut..dengan posisi mesin sudah menyala, ia masuk gear-1 dengan kaki masih menapak. Akibatnya kaki bro Aru hampir saja “konslet” dengan standar samping.
Waduuh..ini dia major flaw CBR250..untuk motor 250 cc berharga 39 juta dan 46 juta (ABS), seharusnya fitur safety yang akan mematikan mesin jika masuk gear ketika standar belum naik disematkan. Dengan posisi standar samping seperti itu, kaki pengendara akan mudah sekali terluka tergores side stand..apalagi kalau sampai motor berjalan dan berbelok..wuihh…serem..
Pada Ninja 250, fitur keamanannya akan otomatis mematikan mesin jika pengendara masuk ke gear-1 namun side stand masih belum naik. Demikian halnya pada Bajaj Pulsar. Lampu merah akan menyala pada speedometer jika side stand lupa dinaikkan.
Semoga fitur keamanan side stand ini menjadi perhatian Honda. Dengan harga kelas premium seharusnya konsumen juga mendapatkan fitur safety premium juga dong. Kecuali ya..AHM mau membayar sekian ribu orang karyawan untuk mengawasi para rider CBR yang lupa menaikkan side stand lantas berteriak..”Broooo…standarrrr broooo…”
Kalo ane yang diteriakin begitu yaa..tinggal balas…”muke lu standar…motor modip neeeh…!!”
###
nb: foto diperagakan “stuntman” bro Ade Hansip dan ane sengaja tidak menampilkan foto ane di atas CBR 250 karena selain lupa foto..juga…disinyalir ane akan terlihat “tidak proporsional” di atas motor ini.
Wkwkwkwk…..muke lu standar
Hahahahahaha……ngakak guling2 bacanya
cobain lagi minggu ini oom…
tu yoyon skrg dah pake BT92 120/60 ama 150/60 :mgreen:
Siappp…
naikin gajah aja masih terguncang:P
manteb ulasannya 🙂
FIRE IN THE HOLE!!!
*siap-siap rusuh…ahihihihihi…
stiker “AWAS STANDAR DINAIKKAN” pasang didasboard solusi hemat, hemat beib, padahal tukune 49,2jt jhe
ringan,wuzzz…wuzzz…
Bro bandingin simpangan gps dan speedo dunk. Sukur2 compare sama motor lain yang udah di test ride. Suwun
perhatian nih buat AHM.. mosok motor sports premium kalah fitur safety nya dengan matic yang harga cuma sepertiganya
Emangnya di matic itu ada fitur apa bro?
Monggo di share..
matic Honda jika side stand tidak dinaikan, maka ga bisa nyala tu mesin Mas Ben…
di beat klo masih pake standar samping motor g bisa nyala om ben
atau klo masih nyala trus standar samping motor langsung mati
Kalo menurut pengalaman ane yg namanya standar CBR bakal mentok ketanah kalo standar gak dinaikin beda dg bebek masih bisa nyaman jalan walopun standar gak dinaikin. Jd untuk masalah standar gak perlu dibesar2in krn bukan masalah besar, mending gimana caranya biar motor gak terasa panas karena baik cbr apalagi ninja panasnya bisa bikin mandul.
Wah ulasan γάπĝ mendetil soal impresi ΐйï cb250. Saya cuma pernah tengok cukup lama ΐйï mtr γάπĝ pas lg markir aja. Mengecewakan bodynya dan tampak gǟƙ terlalu solid, agak kopong, tidak beraura racy, konsol speedo ok la, dan tebakan saya selalu ini ‘torsinya palingan singkat aja, gǟƙ terlalu penting’..eh ternyata benar ada jg artikel γάπĝ nulis hal itu.
Tapi bgmanapun jg torsi di cb250 ini gǟƙ cocok buat pemula dan labil di lampu merah…
Komparasi bebek kapan cak ???
bebek goreng..?
bebek bakar..?
bebek cah jamur..?
bebek gosong..?
Jadi laper……
nasi bebek jahanam
aduh jaos tulisannya ada logo2 character aneh itu pake apaan? Sebagai pemakai CBR250 setuju dengan review diatas. Beberapa memang apa adanya. Cuma masalah kenceng dan tarikan, berhubung udah tua, gak masalah lah. 3 alasan gak ambil ninja; lebih mahal, gak selera sama garis desainnya dan berbahaya. Tangan suka gatel betot gas tapi refleks dah berkurang..hehehehe
Pake bb pak..hehehe..yah γάπĝ penting hati hati aja kalo lg riding.
tirulah matic-nya hehehe …
http://harisxyz.wordpress.com/2011/08/23/avanza-baru-rp-160-jt/
cbr250 worthed dah
lanjut kan om, motor semprot emang top.
gak cocok buat beruanggg..wkwkwkkw
mantab dah, jadi nyamanan mana buat harian?
“NGGATELI” 😀 😀 😀
KOPLAK
kalau CBR 250 R juga 2 cyl mungkin ane tertarik krn ane juga suka Honda……
[…] kalah feature safety …??? Last,… artikel ini mengacu kepada tulisan Bro Benny… so monggo lebih lengkapnya lihat ke TKP …!!! Share this:EmailPrintTwitterLike this:SukaBe the first to like this […]
hahahahahahahahahahaha, geter
nyaman yg mana utk harian rasanya kembali ke si rider 😉 selain masalah budget hohoho..ada sebagian orang ga pusingin soal berat body motor yg penting stabil, ada lagi yg mo kenceng tapi ga tahan pegel. riders’ call, which one r u? 😀
mantap..buat counter ninja juga ya..
t kirain plastik bodinya lebih bagus dari motor hnd lain eh… nyatanya sama aj kaya supri injeksi yang sy pake. kemlothak n geter-geter. Trus jangan-jangan catnya cepet kusem juga.
Iya mas, bener di rpm 10rb ke atas emang nge-drop, cbr250r saya bahkan pernah bener2 kosong, untung bisa segera recovery…beda bgt sama cbr150r yg baru enak di 7rb ke atas. Standar juga sering kejadian nyangkut tanah 😦
Btw, beneran Mike Portnoy keluar dari DT?
Angin buaran,..ada logo di karikatur.
wah suara mesinnya kayak Vixion,ehhh karakter mesinnya juga kayak Vixion (torsi besar doank).tapi kok sama FBH karakter mesin kayak Vixion d cerca yahh??
wkkkkk…. muke loe satndard… wkwkwkkw
http://jheren.wordpress.com/2011/09/24/pr-besar-untuk-kang_ulid-smangat/
hahhahaha…..
Muka lo standar, motor modif nih..hhahhahahahahaha
hhahah
pembodohan otomotif kah?
Kalau build quality CBR sama dengan ninja mungkin harganya akan lebih mahal lagi kalee..
walaah..alamat ninja gak turun2 harganya kalo gini…
@ jaos : pake karakter aneh gitu buat apa? kurang kerjaan aja (apa bener2 kurang kerjaan)..mirip para alay fb. apa pak jaos ini masih ababil kah??
walaah..alamat ninja gak turun2 harganya kalo gini…
@ jaos : pake karakter aneh gitu buat apa? kurang kerjaan aja (apa bener2 kurang kerjaan)..mirip para alay fb. apa pak jaos ini masih ababil kah.??
senyam senyum ane baca tulisan ini..
“..ane berasa bagai Son Goku yang baru tiba di bumi sehabis latihan di planet asalnya..”
penggemar dragon ball ya om..??
coba punya motor yg bisa terbang kaya bulma..?? hehe..
hahahaha…muka lo standar…
kan udah pernah di ulas, komparasi single cylinder sama dual cylinder. Mungkin fitur safetynya sengaja ga dipasang buat cut cost kali bro…barangkali…
kayaknya dah pernah dikomparasi deh bro ttg single cylinder dan dual cylinder.
safetynya memang sengaja ga dipasang x bro, buat cut cost, biar untungnya lbh gede. x ….
hidup standar samping hidup muka standar ……hidup mobil yg akan dipakaikan standar samping dan tengah….
artikelnya sesuatu banget om ben…:)
artikelnya sesuatu banget om benny …:)