Road Safety Association (RSA), Gerombolan Kepagian Yang Dipanggil Orang Kesiangan

9 09 2011

Rasanya judul artikel kali ini tepat dan mengena. Jauh sebelum ane bergabung dengan RSA, para founder LSM yang sebelumnya bernama Forum Safety Riding Jakarta ini telah menggodok konsep dengan api idealisme mereka. Sejak berdiri tahun 2007 silam, RSA gencar meneriakkan jargon aman berkendara..jauh sebelum kemunculan berbagai macam organisasi beraroma safety riding dan sebangsanya.

Sayangnya, tipikal gerakan yang timbul dari grass root adalah minimnya sumber daya, terutama dana. Meskipun belakangan pendanaan swadaya kecil-kecilan cukup untuk menggerakkan idealisme dan pergerakan RSA, namun tetap saja.. Institusi dan Lembaga-lembaga lain bernafaskan aman berkendara lebih kencang bergaung berkat sokongan dana yang kuat. Namun RSA tetap bersemangat..seolah tidak peduli ide-ide dan jargon mereka begitu banyak diadopsi pihak lain yang lebih kuat modal, RSA bergerak tanpa pamrih.. “Tidak peduli siapapun yang meneriakkan road safety, selama bisa menurunkan angka kecelakaan..kami cukup senang” demikian kutip Rio Octaviano, ketua umum RSA.

RSA @ O-Channel

Setidaknya demikian cuplikan singkat obrolan off-air antara ane, bro Rio dan eyang Edo Rusyanto di studio O-Channel pagi ini.. Selebihnya, pada obrolan on-air, selain menuntut pemerintah menyediakan transportasi massal yang aman, nyaman, cepat dan terjangkau secara akses dan finansial, kami mengangkat salah satu produk RSA yaitu segitiga RSA (Rules-Skill-Attitude) yang sudah berkali-kali dibahas di blog ini. Silakan cari dan pahami maknanya.. (bagi yang ingin menambah ilmu tentunya).

Segitiga RSA

Maraknya kecelakaan lalu-lintas seolah bagai badai bertubi-tubi yang menyerang dan menghempaskan ratusan pengguna jalan. Belum lepas ingatan kita tentang kasus lakalantas tragis di Jl. Sudirman, pada periode libur lebaran 2011 kemarin 710 jiwa harus melayang akibat laka lantas. kalau dirata-ratakan, berarti selama periode tersebut, sekitar 50 orang tewas setiap harinya..Masih dalam suasana lebaran, seorang artis turut membumbui dan mempopulerkan “budaya” kecelakaan lalu lintas. Akibatnya..? “laka lantas is now a trending topic”

Tiba-tiba saja bermunculan para pakar dan pengamat aman berkendara belakangan ini di berbagai acara di media massa, terkadang unsur promosi dan politis turut bermain di dalamnya. Bagaimana dengan RSA..? RSA bukan kumpulan para pakar..RSA tidak lebih pintar dari rakyat pada umumnya..RSA bukanlah manusia super yang dijamin aman dari resiko kecelakaan..

Setelah memaknai lini masa belakangan ini, pantaslah kiranya bahwa RSA telah bangun terlalu pagi meneriakkan jargon aman berkendara..sementara pihak yang seharusnya lebih bertanggung jawab dalam pencegahan kecelakaan telah terlalu pulas tertidur dan bangun terlalu siang..kemana aja pak waktu RSA dulu membahas aman berkendara..?

Last..RSA sepertinya lebih pantas disebut gerombolan guru BP (pelajaran yang disinyalir paling tidak diminati di sekolah) yang gemar meneriakkan lawakan tidak lucu bertajuk “road safety”.


Aksi

Information

24 responses

9 09 2011
maknyus

Siiipppppp….

9 09 2011
maknyus

Yg penting dimulai dari diri sendiri dulu..

9 09 2011
yudibatang

pertama

9 09 2011
fajardinihari88

2 paragraf terakhirrr……cadassss

9 09 2011
Satu Hati Dua Jiwa

saya gak ngerti soal RSA, yang saya tau safety first itu hal terpenting dalam berkendara. gud lak buat campaign nya.

salam Gaptek Update

9 09 2011
dwitri oktaria

Saya sampai berulang kali membaca artikel bagus ini. Maju terus RSA, Klo yg udah tua2 susah “diajarin” berikan penyuluhan aman berkendara kepada anak2 usia remaja. Sebab dari mereka2 mungkin generasi berikutnya sudah memahami dan mengapllikasikan Road Safety dan Safety Riding.

9 09 2011
bjl

artikel beginian biasanya sepi komen. orang lebih mempedulikan elo nulis justin bieber atau saipul jamil cuk…!!!

hellooo???? pada kemana yaaaa????

9 09 2011
bennythegreat

huehehehe…penghuni forum sebelah itu baru heboh kalo ane bilang saipul jamal = dog…!!

9 09 2011
Azdi Scouzie
9 09 2011
goyobod

Buka chapter di Bandung dong, ben…

9 09 2011
Man

Ibarat motor RSA = SUZUKI FXR ya bro

9 09 2011
9 09 2011
asmarantaka

itu bekicot satu nyempil siapa om?? 😀

Jalan Aspal Mulus…Doamu Belum Di Dengar!!

9 09 2011
assassin

yah pantang mundur om…semoga ada kemajuan di bidang transportasi setidaknya…..monorail lah dijadiiin…byar gak diketawaiiin dan jadi bahan lelucon deh…..imbasnya rim gak mau buka di indonesia kan……!!!!!!!!

9 09 2011
9 09 2011
9 09 2011
john

Sbg penggiat RSA tutur kata ente termasuk kasar ya kyk kamplengisisan dkk. Kesannya jd mirip preman :p

9 09 2011
Wenda Kalubis R

Maju terus RSA,,,
No Politic, Money, or other credit.. Just Safety

10 09 2011
cafebiker

manteb

10 09 2011
dhadyan

Untuk merubah budaya berkendara masyarakat Indonesia untuk lebih safety dalam berkendara memang perlu perjuangan keras..
Kami membutuhkan orang2 yg tanpa pamrih terus meneriakkan tentang pentingnya keselamatan berkendara..
Teruslah berjuang RSA.. kobarkan semangatmu..
(…Dengan semangat 45) 😀

10 09 2011
electra

setiap melihat aspal di jalanan seperti melihat kuburan masal
seolah olah kita berkendara di atas jalan yg penuh dgn darah dan rintihan kesakitan arwah2 yang menjadi korban keganasan jalanan di negri ini

10 09 2011
jaos

Ya, γάπĝ baca2 blog mtr semestinya memulai riding γάπĝ tidak egois…

10 09 2011
kang_ulid

sippp

11 09 2011
karis

mas…dua paragraf terakhir sadisss….I Like That!! Negara ini sudah terlalu kronis mas, petinggi2 di atas cuma ngurusi prutnya dewe, saatnya kita2 yang bergerak

Tinggalkan komentar