
wuzzz...keasyikan ngebut pakai Ninja 250 bisa berbahaya..
Sekedar sharing pengalaman nih bro n sist, pagi tadi ane melintas di Jl. Danau Sunter Selatan dengan kecepatan lumayan tinggi, kalau gak salah jarum speedometer sempat menunjukkan 140-an km/jam selama beberapa saat. Nah, karena ane merasa sudah terlalu kencang maka ane pelankan tuh Ninja 250 ane ke sekitar 110-an km/jam dengan menurunkan gear untuk mencari engine brake dibantu dengan sedikit kecupan di rem depan dan belakang.
Kecepatan terus turun sampai sekitar 80-an km/jam dan karena jalan di depan kosong, ane tancap gas lagi. Mendekati sebuah pertigaan, ada mobil Avanza di sebelah kanan ane yang berjalan pelan. Lah…ini mobil ngapain jalan pelan..jalanan di depannya kan kosong…??
Oalah..baru saja ane mendekati mobil tersebut pada jarak kira-kira 5 meteran tiba-tiba sebuah mobil muncul dari depan Avanza, rupanya di situ adalah putaran balik. Duh..kok ane bisa lupa…??
Karena itulah ane refleks menarik tuas rem depan dan injak rem belakang. Alhasil karena jarak pengereman begitu pendek, ane semakin kuat melakukan pengereman..dan ban belakang pun terkunci dan mengalami skid. Dalam sepersekian detik ane menambah tarikan tuas rem depan dan mengurangi injakan pada rem belakang. dan motor pun berhenti dengan sukses..barangkali hanya sekitar 1 meteran dari mobil yang juga kaget itu..

illustrasi sudden braking
***
Nah, apa moral dari kejadian ini?
- Keasyikan ngebut dapat membuat terlena dan cuek terhadap kondisi sekitar. Kewaspadaan pun berkurang
- Pada saat sudden braking, pastikan bahwa tekanan pada rem depan lebih besar dari rem belakang. Porsinya sekitar 70% rem depan dan 30% rem belakang.
Moral yang lain spesifik ke Ninja 250 adalah bahwa motor ini tidak dilengkapi fitur ABS dan memiliki kaliper (kepala babi) rem depan dan rem belakang yang sama, lha wong kampas rem nya bisa ditukar depan-belakang (meskipun diameter disc berbeda). Oleh karena itu, pengguna Ninja 250 harus mampu mengatur proporsi pengereman antara rem depan dan belakang.
Inilah yang perlu dilatih. Meski tidak sulit membagi porsi rem depan dan belakang, namun dalam waktu sepersekian detik…bisakah jurus tersebut secara refleks dilakukan dengan tepat…?
Perlu diketahui bahwa ketika sudden braking, seluruh beban inersia akan disalurkan ke ban depan sehingga traksi (gaya gesek ban dengan jalan) meningkat, sementara ban belakang akan semakin kehilangan traksi dan tidak menutup kemungkinan untuk terangkat. Nah, oleh karena itulah pengereman dipusatkan pada ban yang memiliki traksi terbesar.
Oh iya..meskipun tidak dilengkapi ABS, namun ketika ban mengunci, motor tidak skidding (ngesot) ke samping dan geal-geol…namun tetap lurus. Ini tidak seperti Pulsar 180, 200 dan juga Honda Tiger Revo yang pernah ane coba namun ketika sudden braking sering ngesot kiri-kanan.
Apa rahasianya ya sehingga Ninja 250 bisa stabil ketika sudden braking…??
kegedean mesin om ama orang jg mkny g geal geol……..piss
wew………pertamax di bolg papan atas
Pertamaxx
Tenaga badak tp rem tdk pakem ato kampas rem depan cepat bgt “habis”,,itu sdh jd curhatan rutin teman2 ane pemakai ninin 250..
Joss
klo pulsar ane sih sering banget ngesot kiri-kanan ban belakangnya klo sudden braking (gara2 reflek rem belakang yg diinjak abis) :hammer:
Mantep!
Ngomong2, fairing di ninja250 ada getaran gk ya bro?
Kekurangan dari pulsar220 adalah fairingnya getar lumayan mengganggu di RPM 5 ribuan.
gak ada getaran bro.. kalopun ada getaran, itu dari toolbox yg ane taruh di bawah jok belakang/single seater
kompon ban juga berperan penting, dan juga keadaan cuaca plus kondisi jalan.
Jika didepan bang ben ada genangan air sedikit saja dan kebetulan sedang menggunakan ban kompon hard(keras) ditambah kondisi jalan berpasir, resiko gesrot dan dlosor lebih besar.
wuiihhh itu motor impianku masbro….
titip masbro penting…
http://thewillion.wordpress.com/2011/10/19/inilah-major-change-vixion-hadapi-sasis-teralis/
kenapa ninja lebih stail, rangka yang lebih rigid, unsprung weight yang diperhitungkan lebih matang, sehingga stabil, harga gak bohong, wkwkwkwkwk
oom…unsprung weight itu apa yah..?
mohon di share…
udah bawaan kawasaki bro,dr dulu pasti ngesotnya kedepan,dr kaze-ninja
Aq ngepasin biar 70:30 tidak bisa
yang ane tau seech.. kalo sudden brake ban belakang ngesot itu karena setelan komstirnya lemah bro.. lemah disini bisa karena emang bawaan motornya atau bisa jadi dah kendor.. trus karena posisi ban depan dan belakanng dah gak sejajar.. trus karena posisi motor saat pengereman gak tegak.. ada yang mo tambahin…??
rahasianya ada di harganya.
seting suspensi yahud bang ben sehigga ngak geal2 geyoll…
Pasti itu kan…
Kayak di pilem taxi3 kekuataan suspensi…
kalo suspensi, ane atur di posisi paling keras bro..
sajake meh ganti motor 250cc ber ABS …wkwkkwkw 😀
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/10/19/iklan-bodoh-sebuah-pabrikan-terkenal-yang-sangat2-idiot-sekali-nih/
nice share mas ben, itu sebabnya teknologi ABS perlu ya biar gk ngelock.. 😀 tapi kan gk sering2..
nitip masben..
http://boerhunt.wordpress.com/2011/10/19/menyalakan-lampu-motor-di-siang-hari-berdampak-global-warming/
ane ada sedikit trick om ben…
kurangi 1-2 psi tekanan angin ban standar nya…sangat-sangat berguna menambah cengkraman ketika bejeg rem…tp klo boncengan tentu ny lebih baik tekanan angin sesuai dgn standar nya…
repot ny hnya itu yakni mengukur tekanan angin ban nya…
Apa rahasianya ya sehingga Ninja 250 bisa stabil ketika sudden braking…??
jawaban : bodi om ben yg besar ikut mempengaruhi kestabilan motor. klo yg bawa ninja 250 ceking orangnya pasti geal-geol
kalo saya, .krn rem belakang ninka terlalu gigit, maka sengaja mengurangi tekanan rem belakang….artinya sengaja dibiarkan sedikit masuk angin…jadi selanjutnya porsi terbesar selalu lebih kuat gigitan rem depan.
tapi dulunya kalo rem belakang ngunci krn gak sengaja terinjak kuat…mtr tetap lurus aja kepalanya…..sasisnya emang mantap. Beratnya pas ke depan.
Ngomong2 soal geal geol dan ban (komen di atas ada yg ngungkit soal ban).. Jadi inget waktu servis pertama N250R ada anak SMP (pake sragam SMP, gela anak SMP pake N250R) bawa N250R bannya pake Swallow X-Worm.. Ga kebayang bawa N250R pake ban X-Worm dan kondisi hujan.. selamat sudah..
terus apa donk bang ben… Rahasia jamu anti geyal-geyolll… Nya???
semuanya juga tergantung proporsi amal dan ibadah…
Apa rahasianya ya sehingga Ninja 250 bisa stabil ketika sudden braking…?? n Product Kawasaki laennya. Sm Om Hampir smua Product kawasaki ketika sudden Braking pd gak Geal geol. pd umumny berat motor kawasaki di atas rata2 motor laen yg se kelas n lebih stabil. I Love Kawasaki.
yang geal-geol pke ban apa tuh??kalo IRC dan sebangsanya sih gak kaget
kalo pke Bridgestone ato Michelin sih kayaknya kayak kejadian d atas.hehe
beberapa kali sudden brake pake ninja 250 sampe rem blakang ngunci tp nggak sampai ngesot walaupun boncengan bedua ma bini,yang ada bini kelempar (lebay) di jok depan wkwkwkwk
harga membawa rupa.. yang kasian bannya neh, umurnya kepangkas..
justru ngesat ngesot kiri kanan itu bro yang jadi seninya
coba cek di youtube, motor drifting deh :p
beberapa hari lalu sempet sudden break juga gara” lampu lalin yang tiba” berubah warna dari hijau ke merah… jarak mungkin kurang dari 10 meter, tapi dari speed 80KM/jam jadi 0 itu lumayan bikin spot jantung.
bejek rem depan dan belakang, entah berapa porsinya tapi yang pasti ban belakang skid lumayan lama sekitar 1-2 detik, anehnya, body motor bener” stabil… 🙂 ini kejadian habis ganti ban Battlax sih, sebelumnya pake IRC ya geal geol juga :p