Segitiga RSA, Pedoman Wajib Para Pengguna Jalan

22 06 2010

Segitiga RSA

Sejak kita mulai mengenyam bangku pendidikan formal, materi pendidikan berlalu-lintas hampir tak pernah diajarkan. Kalaupun pernah, hal tersebut bukan tidak mungkin telah dilupakan oleh murid-murid yang sekarang telah memiliki kendaraan pribadi.

Saat ini, 21 Juni 2010 kondisi lalu lintas semakin semrawut, seperti  ane tuliskan di artikel sebelumnya. Terinspirasi dari perkataan banyak pihak yang ane baca, komentar terbanyak adalah mengandung kata “balik ke diri masing-masing”. Komentar ini menurut ane sebenarnya terkesan basi dan juga terkesan yang mengucapkan terlalu malas berpikir atau dapat diartikan juga “urusin diri masing-masing aja deh..”

Nah itu kan kalo ane suudzon alias berpikiran rada miring..hehehe :D. Kalau ane positive thinking, kalimat “balik ke diri masing-masing” dapat diartikan lebih mendalam dan mendetail yaitu penguasaan diri selama berkendara.

Apa saja yang harus dikuasai seorang pengendara, secara umum lagi pengguna jalan yang dapat menyelamatkannya dari kecelakaan, menyebabkan kecelakaan ataupun terlibat dalam kecelakaan?

Road Safety Association (RSA) sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang peduli dengan keamanan pengguna jalan telah meramu jawabannya. Kendaraan jelas tidak akan bisa berjalan tanpa pengendaranya, jadi si pengendara dan pengguna jalan ini harus dibekali sesuatu!

1. Rules

Rules (peraturan) mewakili penguasaan terhadap peraturan lalu-lintas. Apa itu peraturan lalu-lintas? Saat ini Undang-Undang no.22 tahun 2009 adalah produk hukum negara yang mengatur lalu-lintas dan jalan. Silakan download di sini. Apakah peraturan tertulis saja yang harus dikuasai? Tentu tidak. Ada etika dan tata-krama menggunakan jalan yang tidak tertulis di Undang-Undang tersebut. Rules berhubungan erat dengan kata BENAR dan SALAH.

2. Skill

Skill (keahlian) berhubungan dengan kemampuan motorik seseorang dalam mengendalikan kendaraannya. Terkadang seseorang beranggapan bahwa memiliki skill berkendara adalah segalanya, padahal tidak seperti itu. Oleh karena itu di dalam segitiga RSA, Skill ditempatkan pada bagian bawah, karena memang sebagai pengguna jalan biasa, kita tidak dituntut untuk menguasai skill seperti pembalap. Apa yang digunakan untuk mengendalikan Skill? Jawabannya ada di bawah ini. Skill berhubungan erat dengan kata MAMPU dan BISA.

3. Attitude

Attitude adalah kemampuan manusia untuk membedakan benar dan salah, baik dan buruk. Otak kanan manusia bertanggung jawab untuk itu. Attitude pengguna jalan pula yang disinyalir menjadi biang kerok kesemrawutan dan berbagai penyimpangan berkendara. Attitude berhubungan erat dengan kata MAU.

Simak kata-kata di bawah ini.

Cukup jelas bukan menggambarkan hubungan Rules, Skill dan Attitude?

Jika Rules, Skill dan Attitude terus menerus dibiasakan setiap kali berkendara, maka Habit (kebiasaan) akan terbentuk

Bentuk Habit dengan Segitiga RSA..!

Jadi sudahkah Rules, Skill dan Attitude berkendara ente benar? Sekedar informasi, pengguna jalan bukan hanya mereka yang mengendarai kendaraan bermotor, tapi juga pejalan kaki dan pengendara sepeda.


Aksi

Information

11 responses

22 06 2010
Eddy Suryantono

RULES : aturan main selaku orang islam yang beriman harus ngikutin dan patuh sama rukun islam dan rukun iman.

SKILL : kemampuan seseorang untuk mengaplikasikan, interaksi ke diri sendiri dan lingkungannya

ATTITUDE : mampu membedakan benar atau salah, baik atau buruk (artinya sehat jasmani dan rokhani … alias tidak gila

kalau ketiga hal tersebut ada di diri seseorang yang terus menerus di kesehariannya ada, maka akan terbentuk HABIT yang positif buat diri dan lingkungannya, maka nggak ada lagi pelanggaran (saat waktunya sholat masjid penuh, korupsi hilang, zakat bisa terkumpul dsb), muncullah manisia2 yang rahmatan lil alamin…….

thanks bro benny.001

eddie.996

22 06 2010
Eddy Suryantono

RULES : aturan main selaku orang islam yang beriman harus ngikutin dan patuh sama rukun islam dan rukun iman.

SKILL : kemampuan seseorang untuk mengaplikasikan, interaksi ke diri sendiri dan lingkungannya

ATTITUDE : mampu membedakan benar atau salah, baik atau buruk (artinya sehat jasmani dan rokhani … alias tidak gila

kalau ketiga hal tersebut ada di diri seseorang yang terus menerus di kesehariannya ada, maka akan terbentuk HABIT yang positif buat diri dan lingkungannya, maka nggak ada lagi pelanggaran (saat waktunya sholat masjid penuh, korupsi hilang, zakat bisa terkumpul dsb), muncullah manusia-manusia yang rahmatan lil alamin ……. sebagai rahmat untuk alam semesta ….

thanks bro benny.001

from: eddie.996

22 06 2010
Maskur

wah bisa nih disebarin ke orang2

22 06 2010
bennythegreat

Sebarin bro..!
Ini ilmu berguna. Silaken copas sebanyak2nya..

22 06 2010
nunoe

ajiibbb…..
bener nih…kalo ini diterapin di kehidupan sehari2, insya Allah ngga cuman jalanan aja yg rapih…negara juga rapih 😀

22 06 2010
zaqlutv

menarik untuk diterapkan secara bertahap, sebab semua perlu proses dan kesabaran. dimulai dari diri masing-masing. insya Allah energi positifnya menyebar ke sekitar..
salam super

22 06 2010
one08

harusnya ini jadi materi bagi pemohon SIM baru bro! jadi tidak hanya asal bisa berkendara tapi juga menyentuh sisi psikis, emosi dan mentalitas pemohon SIM sehingga bisa terbentuk dan diterapkan di jalan raya!
great post!!! 😉

22 06 2010
orentropusbastardus

Teori yg mantap kang ben….

perlu kiranya realisasi pendidikan untuk ‘attitude’ berkendara nih kang…

untuk skill dan rules, menurut gw mah udah ada program yg jelas dgn adanya event safety riding goes to school dsb., walau baru hanya segelintir masyarakat yg kena imbasnya.

again, good job kang.

22 06 2010
Adi

Wah ilmu buat dijalan ne, sangt bermanfaAt. .

24 06 2010
Halaman tidak ditemukan « bennythegreat.wordpress.com

[…] Segitiga RSA, Pedoman Wajib Para Pengguna Jalan […]

24 06 2010
Ibu Atin Tewas Diseruduk Mobil..Bagaimana Kai Fin Tanoto bisa punya SIM? « bennythegreat.wordpress.com

[…] penyakit epilepsi bukanlah penyebab utama yang harus diselidiki, tetapi lebih penting lagi sesuai artikel ane sebelumnya, attitude seseorang juga harus diselidiki […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: