Berkenalan dengan TVS Motor Indonesia – (part.2)

9 06 2010

Andalah Inspirasinya..

Inilah slogan TVS Motor Indonesia..dengan merekrut Iwan Fals sebagai product messenger, TVS mencoba mengambil hati masyarakat. “kami mencoba membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dengan tujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat” demikian ucap Pak Benny Widyatmoko, General Manager Marketing. Pak Benny juga menambahkan bahwa TVS telah melakukan survey ke pengguna motor di perkotaan besar untuk mencari motor seperti apa yang diidamkan konsumen.

Benny Widyatmoko - GM Marketing TVS Motor Indonesia

Presiden SBY Meninjau Produk TVS

Produk

Bicara motor dari India, maka wajib hukumnya membandingkan produk TVS dengan Bajaj. Perbedaannya banyak dan pastinya cukup signifikan. Namun karena sedang membahas TVS maka ane akan bilang ke TVS bahwa untuk segmen motor sport, kualitas detail dan engine TVS Apache sudah lebih superior dari Bajaj, namun jika saja TVS berani memperbesar ukuran cc mesin sejajar dengan varian-varian Pulsar maka TVS akan lebih memiliki daya saing.

Saat ini angka penjualan TVS masih di bawah Bajaj, bisa jadi “brand awareness” TVS belum dikenal di masyarakat perkotaan yang umumnya perlu lebih diyakinkan untuk mencoba sebuah produk baru. Bajaj, di sisi lain telah sukses membersihkan nama baiknya dari kendaraan roda tiga yang berasap dan bising menjadi motor sport yang gagah dan pas untuk komuter terbantu dengan adanya momen kebosanan masyarakat terhadap itu-itu saja ditambah lagi antusiasme penggunanya yang meleburkan diri ke berbagai komunitas, salah satunya Pulsarian Community.

Price List Motor TVS (sumber: Stephen Langitan)

TVS sendiri bukanlah pemain baru di India, di sana mereka adalah produsen motor terbesar ketiga, setelah Bajaj dan Honda. TVS di India memiliki beragam varian produk dari mulai skutik, motor bebek hingga motor sport. Ketika ditanya langsung, Pak Kutani dari Engineering mengatakan bahwa di Indonesia baru kali ini TVS menelorkan motor bebek, ini karena motor bebek kurang mendapat respon pasar positif di India. Diharapkan dengan membuat motor bebek, TVS dapat lebih akrab dengan masyarakat Indonesia. Begitu tukas Pak Kutani.

TVS Scooty

Di segmen matic, TVS Scooty menjadi trend di kalangan mahasiswa-siswi dan ibu rumah tangga di India. Ini karena Scooty, yang di India sana masuk ke dalam kelas “scooteret” – sebutan India untuk skutik dibuat dalam 99 pilihan warna. Pabrikan membuat motor, dan dealer, bekerja sama dengan rumah produksi rekanan mengecat Scooty sesuai request calon pembeli. Itulah yang membuat Scooty menjadi primadona. Di Indonesia, Pak Kutani pesimis motor ini akan laku karena diameter velgnya yang kecil – 12 inch. Sementara konsumen Indonesia terbiasa dengan 14 inch.

TVS Fiero

TVS Star

Di segmen motor sport, TVS mempunyai varian Fero dan Star yang diproduksi tahun 90-an dan hingga kini masih merajai jalanan kota India. Lagi-lagi masalah desain yang menyebabkan motor ini tidak diproduksi di Indonesia. Well, memang kedua motor batangan ini bentuknya jadul banget sih.

Iklan TVS (sumber: Stephen Langitan)

Indonesia kebagian produk dengan fitur yang tidak umum di India, dengan harapan masyarakat akan tertarik, seperti dulu Pulsar memesona calon pembeli dengan speedometer digital dan auto shut off sign lamp dan LED lamp, begitu pula TVS mencoba menawarkan nilai lebih dengan kualitas detail motor yang mulus dan fitur unggulan yang unik.

sumber foto: googling, Stephen Langitan.com


Aksi

Information

20 responses

9 06 2010
penerjemah a.k.a arif rakhman

mas, ente pernah nyinggung kalo kualitas detail yang lebih baik itu menyangkut, salah satunya, las-lasannya ya. nah, kalo engine, ente bilang juga lebih superior daripada bajaj. bisa tolong dijelasin lebih detail seperti apa… oh iya…. mudah2an ente mau juga bahas tentang layanan purna jual TVS… sorry banyak request-nya nih… :mrgreen:

9 06 2010
Maskur

Wah sesama Benny
#mencurigakan!
cerita nih:
di kota kecilku cilacap, ada dealer TVS, tapi belum pernah liat di jalan…caoba promosinya digencarkan…apalagi dengan harga lebih murah…bolehlah saya beli satu

9 06 2010
blognyamitra

Gitar yg dipake Iwan Fals mereknya Yamaha 😀

9 06 2010
aWi

Kalau saya justru memilih TVS karena iklannya kurang gencar, jadi biar di jalan cuma sendirian …. hihihihi.

Walaupun tetap saya melihat bibit bebet bobotnya. Perusahaannya OK, insya Allah produknya gak jauh beda… begitulah penelusuran saya memilih nih motor.

9 06 2010
lexy

Nungguin review RTR 180 oleh blogger tanah air. Kalo baca reviewnya blogger2 India sana (yg juga bandingin dg Pulsar 180) kelihatannya RTR 180 mantap juga.

9 06 2010
asmarantaka

yg jadi modelnya scooty hmm..sippp :mrgreen:

10 06 2010
sabdho guparman

kalau yang CBU ane percaya kualitas mesin dan mutu bajanya . . .
tapi kalau udah produksi sini ane jadi ragu , kemungkinan spec down mutu sangat besar

keep brotherhood,

salam,

10 06 2010
hadiyanta

yang banyak membantu bajaj, saya kira karena komunitasnya yang solid, sehingga orang yang akan beli bajaj, pastinya akan melihat-lihat dan membaca-baca dulu web komunitas bajaj. Jadi harusnya bajaj berterimakasih kepada komunitas, salah satu yang masih merisaukan saya soal motor india, adalah suku cadangnya.

13 06 2010
indihebanget

kalo liat ada pabrikannya yg luas banget begitu, pasti serius maen di indonesia. kalo ttg penjualan, menurut ane sih tinggal tunggu waktu aja.

4 07 2010
chandra

terus terang aja gue tertairk banget ama tvs tapi berhubung di bali gak ada maka aq gak tau detail prodaknya aq cuman tau waktu temanqu dari jawa membawa apache ke tempatqu dibali barangnya sih lumayan keren kapan deler tvs buka di bali aq langsung beli 1 cash oke

21 07 2010
Lyla

TVS motor akan segera beroperasi di Bali mulai tanggal 6 juli 2010, tempatnya di Gatoto Subroto Timur, kalo mau liat-liat barangnya datang saja atau hubungi Lyla lewat email di boylyla@yahoo.com

21 07 2010
Lyla

Soft opening TVS Motor Bali tanggal 6 Agustus 2010, bagi yang berminat segera datang dan buktikan ketangguhan TVS, mumpung masih promo dapatkan harga special, info lebih lengkap hub. Lyla di boylyla@yahoo.com

13 10 2010
T. Pasaribu

Sy pencinta dan penggemar produk TVS khususnya type sport, ingin memiliki tp tu appache new ada nggak ya???

2 11 2010
suharyatmo

kapan promo di yogya ?

23 11 2010
Colot Bin Katob

Mau akhir tahun nih…biasa TUTUP BUKU…
Stock unit nya diskon abis ga Boss…
lumayankan kalo bisa ngurangin stock…heheeee
syukur syukur abis tuh stock rakitan 2010 nye…
ane bantuin jualan deh…heee.eeee

24 11 2010
bejorahayu

kapan TVS keluarin type trailnya? cepetan dong….

14 12 2010
titus

Sudah ad yang liat motor tvs narik tuk.. bukan yg di iklan… cikidut om….

6 06 2011
arwan

kapan tvs bikin motor sport yang ful fairing, aku langsung beli

11 07 2011
Sarizawa

Pengen beli tvs tormaxnya, udah tau spesifikasinya tinggal nunggu aja tu motor tormax, gw sneng bnget, tar gw ma edi ngebore up tu mtor biar bisa ngalahin cbr , pulsar, scorpio, ma vixion, hahaha
sukses tvs !

11 07 2011
Sarizawa

Pengen beli tvs tormaxnya, udah tau spesifikasinya tinggal nunggu aja tu motor tormax muncul d cirebon , gw sneng bnget, tar gw ma edi ngebore up tu mtor biar bisa ngalahin cbr , pulsar, scorpio, ma vixion, hahaha
sukses tvs !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: